Bersiaplah Menjadi Mompreneur!

| On
April 16, 2015

Menjadi perempuan yang memiliki kemandirian secara finansial adalah sebuah impian yang dimiliki oleh setiap perempuan apalagi bagi yang sudah berkeluarga. Memiliki kemandirian finansial berarti mampu membantu perekonomian keluarga, memperbaiki kesejahteraan keluarga, menambah bekal di masa depan, memiliki kemampuan lebih untuk menyekolahkan anak ke jenjang yang paling tinggi. Siapa yang mampu menolak kenikmatan ini jika kita bisa menjadi Mompreneur?


Disamping itu, sosok Mompreneurr, selain mampu membantu perekonomian keluarga, juga bisa dijadikan cara untuk membantu perekonomian masyarakat sekitar tempat tinggal. Tidak sedikit Mompreuner yang memiliki usaha di rumah, ikut andil dalam memperbaiki keadaan ekonomi di lingkungan sosial masyarakat.

Bagaimana memulai karir sebagai Mompreneur? Simak ulasannya disini.


1. Membuat Perencanaan

Perencanaan yang matang akan membuat awal perjalanan karir sebagai Mompreneur akan berjalan dengan baik. Rencanakan bisnis apa yang akan ditekuni, rencanakan siapa saja partner yang akan bergabung, rencanakan keuangan, marketing, tempat, dan lainnya dengan sebaik-baiknya. Ingatlah, gagal dalam merencanakan, berarti merencanakan kegagalan.


2. Komunikasi dengan Keluarga terutama Pasangan

Keputusan untuk memulai karir menjadi Mompreneur tentunya akan berdampak pada orang-orang terdekat. Terutama pasangan, anak, orang tua, dan sanak keluarga lainnya. Bicarakan rencana kedepan, dan mintalah mereka memberikan masukan, saran, dan bagaimana mempersiapkan teknis ketika kita telah terjun menjadi seorang Mompreuner.


3. Menyiapkan diri dan Keluarga

Setelah komunikasi berhasil dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan diri, pasangan, anak, dan keluarga lainnya. Misalnya pada perubahan pola atau ritme yang biasa kita lakukan di rumah. Contoh, selama kita sibuk ‘mengurus’ bisnis yang kita rintis, bagaimana dengan pekerjaan domestic rumah tangga, apakah dibantu oleh pasangan atau merekrut tenaga Asisten Rumah Tangga.


4. Membuat Jadwal

Membuat jadwal sangatlah penting. Kenapa? karena sebagai Mompreneur, waktu dan tenaga kita akan tersita oleh urusan-urusan bisnis. Apabila semua kegiatan bisnis kita tidak terjadwal dengan baik, maka jadwal untuk keluarga biasanya akan ikut berantakan. Membuat jadwal yang fleksibel namun tetap bisa maksimal untuk keluarga dan bisnis adalah hal yang penting.


5. Mengatur Skala Prioritas

Jangan sampai karir kita sebagai Mompreneur justru merusak hubungan kita dengan pasangan dan anak-anak. Kita harus mampu membuat urutan kegiatan yang sangat genting, genting, sangat penting, penting, kurang penting, dan tidak penting. Apabila kita telah mampu mengatur skala prioritas, maka karir sebagai Mompreneur dan sebagai ibu juga istri akan berjalan dengan sinergis.


6. Membuat Jaringan atau Bergabung dengan Komunitas

Bisnis adalah tentang jaringan dan komunitas, kita tidak bisa berdiri sendiri dalam menjalankan bisnis. Perlu peran orang lain, seperti para entrepreuneur lainnya, yang bisa dijadikan partner untuk mengembangan bisnis. Aktif dalam komunitas bisnis tentu akan memberikan keuntungan dan manfaat yang sangat besar untuk kemajuan karir sebagai Mompreneur.


7. Jangan Ragu untuk Meminta Bantuan

Apabila suasana sudah tidak terkendali, keadaan diluar kontrol kita lagi, maka inilah saatnya untuk meminta bantuan. Baik kepada rekan bisnis ataupun pada pasangan dan keluarga. Jangan pernah menyimpan masalah bisnis sendirian. Apalagi bagi seorang perempuan yang harus memiliki penasihat logika yang ulung dalam merintis bisnis. 
6 comments on "Bersiaplah Menjadi Mompreneur!"
  1. Uwaaa..mantap mbak.jadi mompreuner itu susah2 gampang ya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. menantang-menantang gimana gitu ya :)

      Delete
  2. Bermanfaat sarannya bu.. :)

    Salam kenal
    www.nurhadiarian.in

    ReplyDelete
  3. Nice post... semoga bisa menjadi rukukan buat sahabat2 lainnya...

    ReplyDelete
  4. pengen mba jadi momtrepreneur..

    ReplyDelete
  5. pengen banget nih, banyak juga yang harus disiapkan ya

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D