Bertumbuh Bersama Teknologi Pintar Honda

| On
April 15, 2015
"Orang melihat kesuksesan saya hanya satu persen. Tapi, mereka tidak melihat 99% kegagalan saya" Soichiro Honda


Benar adanya apa yang dikatakan oleh Soichiro Honda pendiri salah satu perusahaan produsen otomotif terbesar di dunia. Keberhasilan merupakan akumulasi dari berbagai kegagalan.
 
Indonesia adalah Negara yang pernah mengalami ‘kegagalan’ pada tahun 1998. Dimana krisis ekonomi memaksa masyarakat masuk ke dalam lingkaran keterpurukan dan keputusasaan, tak terkecuali keluarga saya sendiri.
 
Pasca rezim Soeharto diturunkan secara paksa oleh para demonstran, penjarahan, PHK besar-besaran terjadi, kondisi ekonomi benar-benar carut marut kala itu. Harga bahan pokok yang melambung tinggi, membuat orang-orang berpikir dua kali untuk membelanjakan uang diluar keperluan pokok rumah tangga. Masalah ini tentu berimbas langsung pada pekerjaan bapak saya sebagai seorang wirausahawan. Bapak yang sehari-hari bekerja sebagai tukang tambal ban, dan servis sepeda ikut mengalami penurunan pemasukan karena krisis ekonomi.
 
Selain krisis ekonomi, kami juga dihadapkan dengan masalah kepindahan tempat tinggal. Kami harus segera pindah rumah. Jarak yang jauh membuat Bapak harus gulung tikar sementara, sembari mencari lokasi baru untuk membuka bengkel. Di saat kondisi sulit itulah, seorang saudara memberikan sebuah motor Honda S90z. Jadul memang, tapi kami sangat bahagia. Itulah motor pertama keluarga kami, Honda pertama kami.

Ini dia penampakan Honda pertamaku, image



Sejak saat itulah, Bapak bisa kembali membuka bengkel. Walaupun jarak bengkel lumayan jauh dari tempat tinggal baru kami, ada Honda yang selalu menemani. Sejak saat itu pula, kondisi ekonomi keluarga kami berangsur membaik.
Usia saya baru genap 10 tahun waktu itu, masih lekat benar rasanya naik Honda ke sekolah setiap pagi bersama Bapak. Selain ke Sekolah, Bapak juga sering mengajak saya jalan-jalan bersama Honda kesayangan. Ke pasar, ke toko mainan, ke supermarket, kemana pun, kami diantar Honda kemana-mana.

-----------------

15 tahun, tidak berlalu begitu saja. Banyak kenangan bersama Honda pemberian paman. Honda yang setia menemani perjalanan hidup saya hingga saat ini. Honda yang setia berjalan di shubuh hari, Honda yang setia melawan hujan, Honda yang setia menembus batas perjuangan. Kalau kata Tulus, Honda sudah menjadi ‘teman hidup’ buat saya.

Honda telah bertumbuh bersama saya hingga sekarang. Kami sama-sama bertumbuh menembus dunia. Kalau sekarang saya berhasil duduk pada program Magister, Honda pun meraih pencapain yang sama. Kini ia memiliki teknologi pintar yang membuatnya makin mempesona. Hebat ya!

Dengan hondasmarttech yang ia miliki, sekarang ia bisa hemat bahan bakar, lebih ramah lingkungan, dan memiliki performa yang tinggi dengan teknologi eSP (Enhanced Smart Power).




Image






Sekarang, Kamu Jadi Honda Smart Technology!

Kamu Jadi Motor Hemat Bahan Bakar 

 
Dengan mengaplikasikan teknologi minim gesekan dan pembakaran yang sempurna, ternyata Honda bisa membuat ia tampil sebagai motor yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Teknologi minim gesekan ini menurunkan resiko energi terbuang percuma dan efisiensi bahan bakar dilakukan dengan rotasi vertical dan aliran maksimal pada saat pencampuran bahan bakar dengan udara. Hasilnya, penyebaran merata untuk pembakaran lebih baik dan efisien.

Kalau dulu saya cuma bisa dibonceng naik Honda punya Bapak, sekarang lain cerita. Semenjak Honda memproduksi motor matic, saya bisa ikut menikmati rasanya naik motor kesayangan. Apalagi dengan Teknologi Pintar Honda yang irit BBM, bertenaga dan ramah lingkungan. Honda Matic, jadi andalan!



Image

eSP merupakan rangkaian teknologi terbaru yang diterapkan Honda secara global sejak 2011 melalui Honda PCX 125. Di Indonesia, AHM memplopori pengaplikasian eSP sejak 2012 melalui Honda Vario 125 dan Honda PCX 150. Sebagai pelopor teknologi terbaik ramah lingkungan, pengaplikasian eSP berlanjut melalui model terbaru All New Beat ESP Series.


Teknologi pada eSP memberikan pembakaran sempurna melalui rotasi vertikal dan aliran maksimal saat pencampuran bahan bakar dengan udara, sehingga penyebaran lebih merata. Selain itu, teknologinya mengurangi gesekan dengan aplikasi offset cylinder, roller rocker arm dan dinding silinder bertekstur untuk menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainnya.

 
Kamu Jadi Motor yang Ramah Lingkungan
 
Teknologi PGM-FI Yaitu sistem suplai bahan bakar dengan menggunakan sistem semprot sehingga pemakaian bahan bakar lebih efisien dan ramah lingkungan.

 
Teknologi Pintar PGM-Fi adalah teknologi pintar yang ramah lingkungan, karena mampu menekan dan mengurangi emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Hal ini menyesuaikan dengan standar pemerintah Indonesia yang mulai menerapkan pada kendaraan bermotor roda 2 sesuai Standar Euro 3. PGM-Fi sendiri singkatan dari Programmable Fuel Injection yang bekerja secara elektronik sebagai sistem suplai bahan bakar yang artinya sistem terprogram untuk memasok BBM dan oksigen sesuai kebutuhan mesin dengan perhitungan yang tepat dan akurat sehingga mampu menghasilkan tenaga yang responsif dan irit bahan bakar juga ramah lingkungan.

Kamu Jadi Motor yang Semakin Handal

Image


Combi Brake System (CBS) adalah sistem pengereman yang menggabungkan antara rem depan dan rem belakang, hanya dengan menekan tuas rem tangan sebelah kiri maka rem depan dan rem belakang berfungsi secara bersamaan.

Dengan adanya teknologi ini, anda dapat melakukan pengereman dengan jarak yang lebih pendek dengan bobot pengereman yang seimbang antara rem depan dan rem belakang sesuai dengan kebutuhan pengereman.


Kamu Jadi Motor yang Makin Pintar



 
Image



Teknologi Pintar ISS (Idling Stop System) adalah teknologi yang dirancang untuk mengurangi emisi dan konsumsi bahan bakar saat kondisi diam (seperti pada lampu merah). ISS akan mematikan mesin secara otomatis dan menyalakan mesin kembali hanya dengan memutar sedikit tuas gas.

TeknologiPintar ini dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar yang tidak perlu dan menurunkan emisi gas buang. Kinerja mesin lebih efisien, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.


Syarat agar Idling Stop bekerja :

  • Tekan tombol Idling Stop pada posisi “Idling Stop”
  • Putaran mesin standar 1700 rpm +/- 100
  • Motor telah mencapai kecepatan melebihi 10 kilometer/jam
  • Temperatur mesin melebihi 60 derajat celcius
  • Handle gas (throttle) dalam posisi tertutup penuh
  • Motor dalam kondisi berhenti setidaknya 3 detik, maka lampu indikator akan otomatis berkedip, dan mesin akan mati secara otomatis




Kamu Jadi Motor yang Sangat Nyaman


ACG Starter adalah teknologi pintar yang tidak menggunakan lagi mekanisme gigi starter sehingga dapat mengurangi suara kasar dari gigi-gigi starter dan minim getaran saat pengendara menekan tombol starter.

 
Jadi, tidak ada lagi suara berisik ketika kita menyalakan mesin motor.
 
Kamu Jadi Motor yang Memberi Rasa Aman

Image



Honda eSP memiliki lampu Dual Keen Eyes Headlight dengan LED yang mampu memberikan keunggulan lebih baik bagi pengendara melalui intensitas cahaya yang lebih terang, pemakaian daya listrik yang lebih hemat, dan memilliki masa pakai lebih lama. Dengan lampu yang lebih terang, pemakaian di malam hari dan di siang hari pun akan memberikan rasa aman dan nyaman ketika berkendara. Dan pastinya tidak kena tilang. 

Kamu Menjadi Motor yang Mempermudah Pengendara


Image

Pengendara All New Honda eSP dapat mengoperasikan fitur canggih Answer Back system yang memberi kemudahan bagi pengendara untuk mengetahui letak posisi motor. Dengan menekan tombol remote, motor akan memberi respon suara sekaligus semua lampu sein akan menyala. Wow! dengan fitur ini, pastinya kamu akan semakin mudah ditemukan ketika parkir.

-----------


Saya tidak menyangka kamu akan tumbuh sebaik dan sehebat ini Honda! Tumbuh menginspirasi jutaan orang untuk terus berkembang dan tidak tergerus oleh zaman. Menginspirasi tentang semangat memperbarui diri, semangat untuk terus memberikan dukungan yang terbaik untuk orang lain.

Teruslah bertumbuh Honda. Melalui blog ini saya ucapkan terima kasih telah menjadi rekan seperjuangan, menjadi sahabat memperjuangkan cita-cita. Kita tumbuh bersama, hingga kini dan nanti.


Sekali lagi, Terima Kasih Honda


 
Lomba Blog Teknologi Pintar Honda
http://microsite.detik.com/minisite/hondasmarttechnology/





 




 

6 comments on "Bertumbuh Bersama Teknologi Pintar Honda"
  1. wuaaww... good luck ya mak..
    honda mah emang keceehh tekhnologinya..

    ReplyDelete
  2. Honda memang paling irit...

    ReplyDelete
  3. Bagus sekali artikelnya :)
    btw, itu tulisan "Apa sih kelebihan teknologi PGM FI" pakai font apa ya? hehe

    ReplyDelete
  4. wah keren banget gan , bermanfaat banget deh informasi nya seperti blog gadgetsia.net

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D