[Info Buku] Menulis itu Mudah!

| On
April 07, 2015
menjadi penulis, menulis mudah
Buku Cara Mudah Menulis

Weellll.. karena saya penasaran banget gimana caranya menulis tulisan yang bagus, menarik, baik, dan benar akhirnya saya putuskan untuk keliling gramedia untuk cari buku tentang tata cara membuat tulisan yang baik, dan tentunya mudah diaplikasikan bagi penulis pemula seperti saya ini. 

Daannn.. akhirnya pilihan saya jatuh kepada buku 'Cara Mudah Menulis' karya Saidulkarnain Ishak. 

Buku ini intinya sih tentang teknis menulis yang baik dan tentunya menarik untuk dibaca. Berhubung yang nulis buku ini pun seorang jurnalis senior, jadi menurut saya buku ini sudah 'valid' untuk dijadikan acuan kita sebagai penulis pemula.


Apa aja sih isi buku ini?



menulis mudah, menjadi penulis


Tanpa panjang lebar lagi, ini dia resume dari buku ini:


1. Tulis yang disenangi


Tulislah apa yang kita senangi terlebih dahulu, jangan memaksakan diri untuk menulis yang tidak disenangi. Misalnya, kita tidak suka politik, jangan paksakan untuk menulis tema tentang itu. Apabila kita senang menulis cerpen, cerita inspiratif, resep memasak, maka tulislah. 

2. Energi menulis


Energi positif yang dimiliki oleh manusia, sebisa mungkin disalurkan kepada kebaikan dan kebenaran, nah salah satunya adalah dengan menulis. Menulis bisa menyalurkan energi positif. Apabila kita menyebarkan energi positif ini dalam bentuk tulisan, tentunya kita pun akan menerima feed back yang baik. Bangkitkan keberanian dan dan kemauan untuk terus menulis dalam hal menebarkan energi positif.

3. Keinginan menulis


Tanamkan motivasi dan niat yang kuat untuk menulis. Tidak ada kendala yang sulit jika kita memiliki tekad yang kuat untuk menghasilkan tulisan-tulisan yang bermanfaat. Salah satu upaya untuk memunculkan keinginan untuk menulis adalah banyak MEMBACA. Bisa dengan membaca informasi terkini, membaca buku, dan termasuk membaca tanda-tanda atau situasi dan keadaan yang tejadi di masyarakat.

Menulis tidak perlu bakat, hanya perlu niat dan tekad yang kuat dari dalam diri, salah satunya adalah dengan banyak membaca. Lawan terus rasa malas itu!


4. Belajar menulis


Hal yang paling penting dilakukan oleh penulis adalah banyak membaca. Karena membaca dan menulis adalah satu paket yang tidak bisa dipisahkan. Selain itu, perlu juga mempelajari tata bahasa yang baik dan benar. Kita juga harus memperkaya pembendaharaan kata, diksi, dan juga mempelajari gaya bahasa. Pengolahan kata ini bertujuan agar tulisan tidak monoton dan menarik untuk dibaca. Mau tidak mau, kita juga harus berteman baik dengan kamus bahasa. 

Kita juga harus mempelajari bahasa secara menyeluruh, mulai dari tanda baca, penyusunan kalimat, dan pembentukan alinea. Ini penting karena bahasa merupakan alat komunikasi masyarakat dalam kehidupan, lebih-lebih tulisan merupakan komunikasi sepihak yang dilakukan oleh seorang penulis.


5. Menulis Investasi Ukhrawi


Banyak yang tidak menyadari bahwa menulis merupakan investasi ukhrawi. Menulis juga merupakan sedekah sosial apabila tulisan kita memiliki nilai manfaat atau edukasi yang diperlukan oleh masyarakat luas. Jadi, jangan pernah ragu untuk menulis!


6. Menulis Pengalaman Pribadi

Bagi penulis pemula, menulis pengalaman pribadi atau pengalaman orang lain merupakan hal yang menarik. Seperti tulisan tentang perjalanan ke tempat tertentu, pengalaman memakai produk tertentu, atau pun kisah yang bernilai edukasi bagi pembaca. 

Dalam menulis pengalaman pribadi pun tetap harus memperhatikan tata bahasa, diksi, dan gaya bahasa. Dan jangan lupa memberikan argumentasi, yakni suatu retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis.




Bersambung ke bagian dua, 






7 comments on "[Info Buku] Menulis itu Mudah!"
  1. Saya kadang masih suka kesulitan menulis topik tertentu. Tips yang bermanfaat mak tetty. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir mak cantik :)

      Delete
  2. Menulis pengalaman pribadi memang lebih mudah Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, udah ngerasain sendiri ya. Udah valid rasanya :)

      Delete
  3. Betul-betul. Pertama-tama nulis pengalaman pribadi, lama-lama menulis kisah hidup orang lain :D

    ReplyDelete
  4. Menulis tidak perlu bakat, hanya perlu niat dan tekad yang kuat dari dalam diri, salah satunya adalah dengan banyak membaca.

    Waah, bermanfaat banget mak. Apalagi penulis pemula kaya saya yg masih suka ga jelas nulis apaan hihii

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D