[Info Buku] Menulis Itu Mudah Bagian #2

| On
April 15, 2015

Sebelumnya, saya sudah memposting cara menulis mudah bagian satu disini. 
Bab yang lalu membahas mengenai bagaimana membangkitkan semangat menulis dan bagaimana mengasah diri untuk menjadi penulis. Dan, benar adanya bahwa menjadi seorang penulis tidak memerlukan bakat, tetapi diperlukan niat dan tekad yang kuat serta kemauan untuk selalu belajar.

Apa aja sih yang ada di bagian dua ini? 


menjadi penulis, mudah menulis


1. Manfaat Menulis
Menulis akan menjadi pekerjaan yang sangat menyenangkan manakala dilakukan secara tekun. Manfaat yang sulit dinilai secara nyata adalah berupa kekayaan pahala dan pengetahuan, kekayaan uang, dan kekayaan sahabat. Menulis dengan mengangkat berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat dan bernilai edukasi akan membawa nilai manfaat yang tak terhingga bagi masyarakat dan juga bagi penulis sendiri.

Pekerjaan menulis juga akan mendapatkan kepuasan batin karena dapat mengekspresikan pemikiran melalui gagasan untuk mencerdaskan masyarakat.


2. Menulis itu Sehat
Dalam buku 'Quantum Writting' dikatakan bahwa menulis mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Kesimpulan ini didapatkan berdasarkan penelitian.  

Menulis mampu menjernihkan pikiran, menulis juga mampu mengatasi trauma. Menulis juga mampu membantu memecahkan masalah karena proses menulis mendorong proses integrasi informasi.Menulis juga mampu memperluas pengetahuan dan mempertajam daya pikir seseorang.

3. Kiat Mudah Menulis
Menulis adalah pekerjaan yang memerlukan keseriusan, oleh karena itu hal ini penting untuk menjadi landasan bagi seorang penulis. Menulis merupakan pekerjaan yang terhormat dan mulia, sejatinya dilakukan oleh orang yang kreatif, pekerja keras, pekerja cerdas tanpa mengenal lelah.

Salah satu kiat menulis adalah melakukannya secara terus menerus sesuai dengan bidang penulisan yang disenangi. Kemudian, penulis pemula haruslah banyak membaca tentang apapun yang disenangi, karena dengan membaca kita akan menemukan gagasan-gagasan baru dan ide-ide brilian.

4. Menulis Kebenaran
Kebenaran adalah hal fitrah yang dicari oleh semua orang, maka dari itu tulislah mengenai kebenaran-kebenaran. Perkembangan ilmu pengetahuan harus memacu para penulis untuk menyebarkan kebenaran sebanyak-banyaknya.

5. Naluri Kebenaran Manusia
Kebutuhan manusia akan ilmu pengetahuan sangatlah nyata. Oleh karena itu, sebuah gagasan brilian akan menjadi sebuah ilmu pengetahuan jika ditulis (dengan metode tertentu).

6. Cara Mudah Menulis
Menulis akan menjadi mudah apabila seseorang memiliki keinginan untuk membuat karya bagi masyarakat dan tentunya memiliki dampak yang positif. Sekali lagi, membaca menjadi kunci yang utama bagi seorang penulis. Karena membaca akan membuka ruang-ruang ilmu pengetahuan baru yang akan menjadi sebuah inspirasi untuk menulis. 

Menulislah hal yang disenangi, karena ini akan mudah dilakukan.

7. Kreativitas Menulis
Kreativitas menulis akan meningkat seiring dengan meningkatnya minat membaca. Kreativitas akan tumbuh dan berkembang sejalan dengan kemauan yang dimotivasi oleh keinginan untuk mencerdaskan personal dan masyarakat pembaca.

Kreativitas menulis dilakukan secara santai tapi serius. Menulis tidak bisa dipaksakan, tetapi harus dilakukan dengan senang hati. Kreativitas menulis juga bisa terasah dengan mengikuti berbagai perlombaan menulis. 

Menulis di media massa juga dapat meningkatkan kreativitas menulis, dimana media massa seringkali menyediakan rubrik khusus yang dapat menerima tulisan dari pembaca (non redaksi). Manfaatkan media massa ini sebagai ajang mengasah kreativitas menulis.

8. Langkah Awal Menulis
Langkah pertama adalah menulislah dengan benar. Langkah kedua adalah kuasai Bahasa Indonesia secara baik dan benar. Ilmu kebahasaan ini penting seperti pembentukan kalimat, pembentukan alinea, pilihan kata, serta penempatan tanda baca yang tepat. Ini semua tetap harus diperhatikan.Langkah ketiga adalah meningkatkan intensitas membaca mulai saat ini.  

Untuk memulai suatu tulisan perlu diperhatikan:

*Tema*

Tema tulisan harus jelas dan tegas agar tidak ada kekeliruan dalam menafsirkannya. Tema tulisan harus menarik, agar dapat memancing minat baca masyarakat.

*Judul*

Judul juga harus menarik agar pembaca tertarik untuk membaca apa yang kita tulis. Dan harus mencerminkan tema tulisan.

*Kerangka Tulisan*

Sebelum menulis kita juga harus membuat kerangkan tulisan. Seperti pada pembukaan, kita harus menentukan, apakah pembukaan tulisan akan menggunakan ringkasan tulisan, anekdot, pelukisan, amanat langsung, pertanyaan, kutipan orang lain, dan lain sebagainya.

*Diksi*

Diksi atau pemilihan kata ini juga penting untuk diperhatikan. Diksi akan menunjukan suasana-suasana tertentu pada tulisan, dan  diksi yang digunakan juga harus sesuai dengan target pembaca. 

Untuk mendapatkan pembendaharaan kata yang kaya, penulis harus rajin membaca dan tentunya bersahabat dengan kamus bahasa.





Ada sebuah dialog menarik antara seorang anak dengan penulis novel ulung. "Dapatkah aku menjadi penulis jika aku tidak menulis? Toh, saya menuliskannya di kepala saya, berpikir layaknya penulis, dan percaya akan kekuatan kata". Dia mendengarkan, kemudian menggelengkan kepalanya. "Tidak" jawabnya. "Untuk menjadi penulis, kamu harus menulis."




Related Post:

Jadilah Pribadi yang Menarik dalam 10 Langkah Sederhana Ini!

Other Post:

Bertumbuh Bersama Teknologi Pintar Honda


3 comments on "[Info Buku] Menulis Itu Mudah Bagian #2"
  1. Benar sekali itu mbak... utk menjadi penulis kita harus menulis... Selama ini aku byk beli buku2 teori maupun panduan ttg menulis... Tetapi semua itu tak ada artinya bila tak dilatih dengan membuat tulisan.. Nah...aku melatih diri menulis di blog... Selain itu bisa mengasah ketrampilan dan kreatifitas menulis kalau rajin updat tulisan di blog...

    ReplyDelete
  2. Betul banget Mak, saya jadi tambah semangat belajar menulis. Makasih sharingnya Mak :

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D