Family Backpacker, Liburan Keluarga Impian

| On
May 07, 2015



Siapa yang bisa menolak kalau diajak liburan? Saya rasa gak ada yang bisa. Liburan adalah impian semua orang, apalagi yang setiap harinya berkutat dengan pekerjaan. Liburan benar-benar menjadi suatu moment yang sangat dirindukan, apalagi kalau liburannya bareng keluarga tercinta. 

Emang ada orang yang gak mau liburan? ya mungkin ada. Salah satunya Bapak saya sendiri. Hihi. Bapak tuh rada susah kalau diajak liburan pergi ke suatu tempat. Alasannya capek, lelah, gak suka suasana ramai karena banyak orang yang datang ke tempat yang sama. Tapi kalau anaknya yang satu ini sih lain cerita.



Kenapa sih kita perlu liburan?

Menurut sumber yang saya baca, liburan memang memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat liburan yang bisa kita rasakan yaitu:

1. Memperpanjang Usia


Menurut sebuah penelitian, liburan secara teratur menurunkan 17% resiko kematian dari berbagai macam sebab. Oleh karena itu, berlibur paling tidak bisa dilakukan 2 kali dalam setahun.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung


Sebuah penelitian yang melibatkan 13.000 pasien jantung beresiko tinggi memiliki resiko kematian yang lebih rendah karena mengambil cuti tahunan. Hal ini dikarenakan berlibur dapat menurunkan resiko serangan jantung sebanyak 29%.

3. Menimbulkan Rasa Bahagia


Kalau yang ini sih gak usah ditanya lagi. Berlibur pastinya menaikkan level bahagia kita. Hidup dengan rasa bahagia tentunya lebih menyenangkan ketimbang hidup dalam kesedihan kan?

4. Meningkatkan Produktivitas


Setelah liburan, biasanya semangat kita untuk bekerja atau berkarya pasti kembali terisi penuh. Oleh sebab itu, liburan bisa mengembalikan lagi produktivitas kita setelah kembali bekerja. 

5. Meningkatkan Kualitas Hubungan


Liburan is a family time. Disinilah kedekatan keluarga bisa kembali diperkuat. Liburan bersama keluarga tentunya akan semakin mendekatkan ikatan antara suami istri, orang tua dan anak, juga anak satu dan anak yang lainnya. Setelah sekian hari disibukkan dengan rutinitas masing-masing, berlibur adalah cara ampuh untuk menghangatkan kembali hubungan diantara anggota keluarga.


Konsep Liburan Keluarga Impian

Keliarga saya terdiri dari tiga orang. Yakni saya selaku kanjeng ratu, abbiy sebagai raja, dan Kifah sebagai pewaris tahta. halah. Intinya sih keluarga kita baru bertigaan aja. 

Waktu zaman kuliah, saya dan suami sering melakukan perjalanan dengan berbagai organisasi yang kami ikuti. Dan biasanya sih backpakeran. Yah namanya juga mahasiswa, isi kantongnya gak seberapa. Mana bisa angkat koper terus naik pesawat terbang. Paling banter naik kereta api atau pakai bus malam. Tapi disitulah menariknya, konsep liburan yang menantang adalah backpakeran.

Sejauh ini saya belum pernah benar-benar backpakeran bertiga sama keluarga mungil saya. Berhubung Kifahnya baru bisa diajak jalan-jalan jauh baru sekarang, karena sudah berusia 4 tahun. Kebayang sih kalau bawa balita backpakeran kan repot juga.

Tapi naluri untuk 'berpetualang' tidak bisa dihindari. Untuk petualangan liburan keluarga, biasanya kami melakukan family touring pakai motor. Karena Kifah masih kecil, jaraknya pun belum bisa jauh. Baru nyoba ke Ciamis sama Sukabumi. 

Ke Jogja Naik Kereta Api

Seumur-umur, saya belum pernah keluar dari Jawa Barat. Kalau liburan paling di sekitaran Bogor atau Bandung aja. Gak pernah jauh. Kepingin banget rasanya liburan ke luar Jawa Barat. Salah satu destinasi yang ingin saya kunjungi pertama kalinya adalah JOGJAKARTA.

image

Alasan utama kepingin banget ke Jogja adalah Jogja kota yang unik dan klasik (menurut saya). Banyak bangunan sejarah, banyak destinasi wisata budaya, dan tentunya bisa ditempuh dengan naik kereta api. 

image
Selain Jogja, destinasi selanjutnya adalah Nusa Tenggara Timur. Loh jauh amat? Kami ingin sekali mendaki gunung dan melihat indahnya danau Kelimutu. Entah kenapa, alam Indonesia selalu memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Dan pastinya tetap pakai konsep backpakeran. 

Berharapnya sih bisa keliling Indonesia dan keliling dunia suatu saat. Sambil bawa backpack bareng suami dan anak-anak. Impian banget pokoknya. 

Persiapan 

Saat ini, kami masih mereka-reka, kapan liburan impian ini akan terlaksana. Sambil atur-atur budget, mencari rekomendasi penginapan, tempat wisata, dan tentunya pengajuan cuti suami ke kantor. 

Beberapa peralatan yang diperlukan untuk liburan ala-ala backpaker juga sudah kami cicil-cicil dari sekarang. 

Yang utama pasti Backpack-nya. Alhamdulillah, ini lah barang pertama yang kami beli untuk persiapan family backpacker kami suatu saat nanti. Kemudian sepatu. Kami juga menyiapkan sepatu seperti apa yang kira-kira cocok buat dipake berpetualang nanti. Gak mungkin kan ya saya pake flat shoes atau wedges. Dan akhirnya pilihan sepatu jatuh kepada sepatu olah raga. 

Untuk Kifah sendiri, karena masih balita. Kami berusaha untuk menyiapkan fisiknya dengan baik. Jangan sampai cepat sakit, apalagi nanti kalau dibawa pergi jauh. Kesehatan anak harus dipersiapkan dengan baik dari sekarang.


Semoga tahun ini, liburan keluarga impian kami bisa terwujud. Aamiin.


Referensi data: www.ciricara.com




Tulisan ini diikutsertakan pada:




8 comments on "Family Backpacker, Liburan Keluarga Impian"
  1. Pengen juga suatu hari backpacker-an berdua sama suami...

    ReplyDelete
  2. ihik....aku bukan backpacker kalau bawa anak...kebayang kemaren rempong kalo ama anak...jadinya jalan2 hemat asal anak nyaman..semoga terkabul next honeymoonnya ya mak ^^

    dan bener banget kalo kita emang perlllluuu banget liburan :*)

    ReplyDelete
  3. Semoga cepat terlaksana, Mbak :)
    Asyiiik, jadi pengen ikutan rencanain liburan juga hehehe

    ReplyDelete
  4. @Suci itu dari internet mak, saya nya kan belum pernah ke jogja, hehe

    ReplyDelete
  5. @Ika Hii.. semoga ya Mak.. :)

    ReplyDelete
  6. @susi: enakk ya mak udah jalan ke Jogja. :)
    @Lia: Amiin mbak lia :)
    @Suria Riza: aaminn.. aamiin.. :)

    ReplyDelete
  7. Jalan2 sama anak emang paling membahagiakan. Rempong sih pasti... tapi rempong2 bahagia hihi....

    ReplyDelete
  8. Sama saya juga pengen ke Jogjakarta, kebetulan dari Banjar. Cuma blm siap bawa keluarga, berempat sama si kecil. Mau nyoba backpaker an. Semoga bisa terwujud tahun ini.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D