Mau Makan Mie Tanpa Tapi? Mie Kering Tropicana Slim Aja!

| On
May 28, 2015
"A woman with a beautiful body is good for a night, but a woman with beautiful mind is good for a lifetime" -anonymous-




Kalau baca quotes di atas, kita pasti sepakat bahwa kecantikan seorang perempuan tidak berfokus pada satu hal yaitu tubuh. Bahwa perempuan yang cantik tidak hanya harus memiliki tubuh yang indah, lebih penting lagi adalah jiwa yang indah.

Ya, saya sepakat.

Sebelum menikah, saya gak pernah kepikiran sama sekali untuk 'memperindah' tubuh. Diet misalnya. Toh berat badan saya udah pas-pasan. Malah bisa dibilang kurus. 

Hampir semua makanan saya 'libas'. Gak ada yang dipantang-pantang. Termasuk makanan berlemak. Karena aktivitas saya yang segudang pada waktu itu, membuat saya sulit gemuk. Bersyukur sekali sih, alhamdulillah.

Tapi, semenjak menikah dan punya baby. Ternyata tubuh saya yang dulunya sulit gemuk, sekarang mulai berubah sedikit demi sedikit.

Kalau saya analisis penyebabnya sih gara-gara saya yang jarang 'gerak' alias jarang olah raga. Ya karena tiap hari full di rumah, jaga anak, urus suami, urus rumah, olah raga yang bener-bener olah raga jarang sekali saya lakukan.

Walhasil, ada beberapa bagian tubuh yang menjadi 'sarang lemak'. 

Ada gak sih yang senasib sama saya?

Kalau dulu makan apapun gak masalah tuh. Tapi sekarang, karena pola hidup yang berubah, membuat tubuh jadi 'rawan' sama makanan atau cemilan yang berpotensi menaikkan berat badan. 

Apalagi ditambah jarang olah raga. Harus mulai hati-hati. Salah satunya harus selektif dalam memilih makanan. Usahakan yang kadar lemaknya rendah.

Nah, ceritanya suatu sore saya belanja-belanji di sebuah mini market deket rumah. Selain cari sembilan bahan pokok alias sembako, saya juga cari cemilan atau makanan instan yang bisa saya konsumsi kalau lagi darurat. 

Salah satu makanan di daftar belanjaan saya adalah Mie Instan. Yaiyalah, siapa sih yang gak suka mie instan. Cepet masaknya, cepet juga abisnya. Apalagi kalau lagi hujan, favorit banget makan mie instan.

Coba tebak, apa yang saya temukan di rak khusus mie instan? 

Ternyata ada varian baru mie instan dari Tropicana Slim lho. Biasanya Tropicana Slim kan identik dengan gula untuk para penderita diabetes. Eh ternyata sekarang ada mie instannya rendah lemaknya juga. 


Ini dia penampakan Mie Kering Tropicana Slim Rasa Ayam Bakar



Kekhawatiran Makan Mie

Pernah denger kan katanya mie instan itu mengandung lilin?

Buktinya bisa dilihat di sisa air rebusan mie yang tampak kuning dan keruh. Katanya itulah lapisan lilin yang digunakan untuk memproduksi mie instan. 

Eiitttss, itu semua ternyata CUMA MITOS. Tidak ada penambahan zat lilin saat memproduksi mie instan. Warna sisa air rebusan mie yang berwarna kuning dan keruh itu adalah tingginya kandungan lemak yang luruh ketika mie sedang dimasak. 

Jadi, itu bukan lapisan lilin ya. 





Percobaan Sederhana

Untuk membuktikan bahwa Mie Kering Tropicana Slim ini rendah lemak, saya membuat percobaan sederhana di dapur. Saya ingin tahu, apakah benar kandungan lemak di Mie Kering Tropicana Slim ini lebih rendah dibandingkan dengan mie instan merk lain.

1. Saya merebus Mie Kering Tropicana Slim di wadah A

2. Disaat yang bersamaan saya juga merebus mie instan lain pada wadah B.

3. Saya merebus kedua mie tersebut dalam jangka waktu yang sama sekitar 5-15 menit.


Dan hasilnya:


Perbandingan sisa air rebusan Mie Kering Tropicana Slim dengan Mie Instan merk lain



Foto di atas benar-benar percobaan yang saya lakukan sendiri, tanpa ada rekayasa sedikitpun. 

Warna sisa air rebusan Mie Kering Tropicana Slim terlihat Kuning dan Jernih. Sedangkan air sisa rebusan mie instan merk lain terlihat pucat dan keruh. 

Mengapa sisa air rebusan Mie Kering Tropicana Slim tidak keruh?

Karena Mie Kering Tropicana Slim diproses dengan cara dipanggang, bukan digoreng.


Kandungan Mie Kering Tropicana Slim 

Untuk melihat lebih jauh lagi mengapa sisa air rebusan Mie Kering Tropicana Slim lebih jernih dibandingkan dengan mie instan merk lain, saya juga membandingkan komposisi yang terkandung dalam Mie Kering Tropicana Slim dengan mie instan merk lain.


Informasi Nilai Gizi Mie Kering Tropicana Slim

Berikut tabel perbandingan kandungan yang ada pada Mie Kering Tropicana Slim dengan mie instan merk lain.

Tabel Perbandingan Kandungan Mie Instan Tropicana Slim dan Mie Instan Merk Lain

Bisa kita lihat, Kadar lemak, natrium, dan karbohidrat Mie Kering Tropicana Slim lebih rendah dibandingkan dengan mie instan merk lain.

Menurut informasi yang saya baca:

Kandungan rata-rata garam (natrium) pada mie instan biasanya berkisar antara 980 mg hingga 1.500 mg natrium per bungkusnya, sedangkan menurut PERMENKES No. 30 tahun 2013, konsumsi natrium (yang biasanya berasal dari garam pada produk makanan) lebih dari 2.000 mg berisiko meningkatkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Selain itu, kandungan lemak pada mie instan pada umumnya juga cukup tinggi (sekitar 15 – 17 gram per bungkusnya). Konsumsi lemak yang berlebihan tentu saja berujung pada peningkatan berat badan. Data dari RISKESDAS (2013), menunjukkan bahwa 2 dari 10 orang pria dewasa mengalami obesitas dan 3 dari 10 wanita dewasa Indonesia mengalami hal yang sama. Umumnya, mi instan dibuat dengan cara digoreng sehingga mengandung kadar lemak cukup tinggi. Dikarenakan kandungan lemak yang cukup tinggi pada mie instan, maka tidak heran kandungan kalori pada 1 bungkus mie instan juga cukup tinggi yaitu sekitar 400 kalori.


(Link sumber)


Bicara Soal Rasa


Mie Kering Tropicana Slim Menjadi Bekal Saya Mengantar Kifah ke Sekolah



Nah, ini juga penting. Setelah direbus dan disajikan, bagaimana sih rasanya?

Mie Kering Tropicana Slim rasa Ayam Bakar ini memang memiliki rasa dan tekstur yang berbeda dengan mie instan pada umumnya.

Kenapa berbeda?

Mie Kering Tropicana Slim dibuat dengan jenis mie keriting yang memiliki tekstur lebih lembut dibandingkan mie instan pada umumnya. Sedangkan rasanya sendiri cukup enak dan juga tidak biasa. 

Maksudnya tidak biasa adalah Mie Instan Tropicana Slim memiliki rasa yang tidak terlalu kuat. Biasanya ketika kita makan mie instan biasa, rasa asin dan gurih begitu kuat terasa dilidah. Sedangkan rasa asin dan gurih Mie Kering Tropicana Slim ini tidak sekuat mie instan pada umumnya. 


--------


Itulah sekelumit pengalaman saya ketika mengkonsumsi Mie Kering Tropicana Slim. Mie instan rendah lemak dan juga memiliki rasa yang enak. 

Kalau kamu gimana?

Yuk, saling berbagi pengalaman!

26 comments on "Mau Makan Mie Tanpa Tapi? Mie Kering Tropicana Slim Aja!"
  1. Wow ini yang bagus. Rendah lemak :)) Enak kelihatannya, jadi pengen coba Mak :D

    ReplyDelete
  2. Iya Mak, Saya udah cobain, rasanya juga enak :)

    ReplyDelete
  3. Boleh mak.. boleh.. Boleh nitip dimasakin juga gak maksudnya. hehehehe..
    Salam Kenal

    ReplyDelete
  4. lebiih jernih yaaa mie tropicana... aku sukaa banget emiii soalnyaa

    ReplyDelete
  5. @Vita: Hayu atuh ke rumah.. hehe Salam kenal juga :)

    @Winda: Iya mak, itu aku penasaran, makanya bikin percobaan :)

    ReplyDelete
  6. Jadi pengin juga ngemi nih maaaakkk :)

    ReplyDelete
  7. Sebagai penggemar mie instan, harus coba yg ini nih, rasanya ada berapa macam mbak?

    ReplyDelete
  8. Ulasan yang bagus teh :)
    Baidewei, tth suka edit foto di aplikasi apa?

    ReplyDelete
  9. @Uniek: iya yah ngemieee itu enak :)

    @Gusti: rasanya baru ada rasa ayam bakar mbak :)

    @Zahra: Pake photoshop :)

    ReplyDelete
  10. waw..lengkapnya...gudlak ya mak

    ReplyDelete
  11. kreatip, goog luck mak kontesnya

    ReplyDelete
  12. Haduuuh, jadi pengin beliii deh.
    Emang harganya rada mehong ya Mak. Tapiiii value for money lah yaaa

    Good luck, mamak ketjeeh!

    ReplyDelete
  13. @Handdriati ayo atuh beli :)

    @Nur makasih Mak :)

    @Nurul Ayo mak nurul beli juga ya ;)

    ReplyDelete
  14. Gak mau ah, kalau ada msg nya :p hihi, ada enggak ya mie instant non msg :D

    ReplyDelete
  15. Kayanya ga ada. atau sy nya yg ngga tau. Tapi!kalo mau aman mah bikin sendiri Mak mie nya. hihi :)

    ReplyDelete
  16. aduh tnda serunya typo itu Mak. Maapkeun Maap keun yaks :D

    ReplyDelete
  17. Nyam-nyam laparrrrr..enak ini dibuat nemeni ngeblog malem tanpa takutt genduuut

    ReplyDelete
  18. warna airnya jelas banget bedanya ya

    ReplyDelete
  19. Selamattt makkkkkkkkk ^^
    Kece percobaannya juga ^^

    ReplyDelete
  20. Selamat maaak.. menang sejuta. Traktirrrr!!!!

    ReplyDelete
  21. Makasih Mak Oline, Vita, Suria Riza, Daridan, aduh aku nraktir apaan yaks,, heuheu ;D

    ReplyDelete
  22. Selamat terpilih jadi pemenang. Tulisannya memang layak menjadi pemenang. Perlu belajar banyak lagi nih dari para pemenang. Hehehe.... pemula lagi ngoceh.

    ReplyDelete
  23. Selamat ya mak ! Keren sharing nya dan selamat uda jd pemenang :)

    ReplyDelete
  24. Selamat emaaakkkk.... yeayyyy
    : )

    ReplyDelete
  25. Terima kasih semua, sukses juga utk kita semua :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D