Ngeblog Bareng di Muslimah Blogger Community Yuk!

| On
May 16, 2015

"Membaca dapat membuatmu mengenal dunia.
 Dan menulis membuat dunia mengenal siapa dirimu"


Quotes di atas membuat hati tertampar-tampar rasanya. Kalau selama ini saya gak pernah bisa menulis, kemana aja saya? ngapain aja?

Bukan untuk 'ajang pamer' supaya dikenal banyak orang. Tapi menulis lebih membuat saya mampu 'berbagi' dengan orang lain. Memberikan manfaat untuk orang lain, menyebarkan ayatNya walaupun hanya sebuah. Sebisa yang saya mampu, sebatas apa yang saya tau.

Bunda Helvy Tiana Rosa pernah memposting suatu gambar di akun media sosialnya tentang 'mengapa kita menulis'. Tujuan menulis itu diantaranya:

1.   Menyalurkan hobi
2.   Untuk mengucapkan diri
3.   Menuangkan perasaan
4.   Mengikat ilmu
5.   Berbagi pengetahuan
6.   Mendapatkan uang
7.   Mempengaruhi orang
8.   Aktualisasi diri dan eksistensi
9.   Agar dikenal orang
10. Meninggalkan jejak abadi di dunia



Kita bebas-bebas saja, memilih mana tujuan kita menulis yang sebenarnya. Karena setiap amalan memang tergantung niatnya, dan kita hanya memperoleh sesuatu sesuai dengan niat kita diawal. Begitu kan ya saudara-saudara?


Menulis Perlu Dukungan

Jadi single fighter itu gak enak saudara-saudara. Begitupun halnya dengan menulis, salah satunya nulis di blog. Shalat berjamaah aja pahalanya 27 kali lipat dari pada shalat sendiri, menulis pun demikian, menurut saya. Perlu ada 'bala bantuan' perlu ada support dari luar. Gak enak kan ya kalau capek-capek nulis tapi ternyata blognya fakir komentar, fakir apresiasi, fakir semangat yang membangun. Lama-lama blognya bisa berjamur dan tutup akun.

Dukungan yang bisa membuat kita semangat untuk tetap menulis di blog biasanya datang dari para komentator, blogger berprestasi, dan kompetisi blog yang hadiahnya lumayan.

Dari situlah biasanya kita terus terpacu untuk menulis, menulis, dan menulis. Salah satu cara untuk mendapatkan dukungan itu yang dengan berkomunitas. 

Setuju?


Terdampar di Blog Mbak Novia

Ceritanya waktu itu saya lagi googling. Entah apa yang saya googling, eeeehh tetiba saya masuk blognya Mbak Novia. Blognya keren, kontennya bagus, dan mbak Novia ini memang seorang penulis sungguhan. *Kalau saya masih penulis bayangan*

Habis ngubek-ngubek blognya Mbak Novia, kemudian saya menemukan sebuah banner lucu bertuliskan Muslimah Blogger Community. 


Banner Muslimah Blogger Community


Kepincut warnanya.

Saya suka sesuatu yang full colour, meriah, fun, energic. Pokoknya mah saya suka gambar-gambar yang warnanya cerah ceria dan gak monoton. Nah, ini. Bannernya Muslimah Blogger Community warna-warni. Memberi kesan semangat, penuh cerita, ceria, fun, dinamis, energic *sok-sok-an hafal filosofi warna*

Kata Muslimah

Selain warna, saya juga tertarik dengan kata-kata muslimah. Berarti komunitas blogger ini lebih spesifik dibanding komunitas blog perempuan lainnya. Pikir saya waktu itu. Its so interesting! 

Dan akhirnya saya pun mengklik tautan yang ada pada gambar tsb. Dan Voila! saya pun akhirnya terdampar di Grup Facebook Muslimah Blogger Community.

Facebook Group Muslimah Blogger Community



Berbeda dari Grup Blogger Lainnya

Karena ini spesial khusus muslimah. Komunitas blogger ini terbilang cukup ekslusif. Kenapa? ya karena tidak semua perempuan bisa bergabung di komunitas ini. Hanya yang beragama Islam saja.

Tapi bagi saya, 'keterbatasan' ini bukanlah halangan. 

Justru saya melihat bahwa ada 'visi' dimana muslimah pun harus berdaya dengan menulis di blog. Muslimah harus berkarya dan produktif. 

Kalau perempuan-perempuan lain bisa menulis dan produktif dengan blog? kenapa muslimah tidak.


Harapan untuk Muslimah Blogger Community

1. Menjadi wadah untuk berbagi informasi, ilmu, dan pengetahuan

Senangnya apabila ada orang yang sukarela membagi ilmunya secara gratis. Selain memberikan manfaat untuk orang lain, ini juga bisa dijadikan sebagai investasi sosial dan tabungan di akhirat kelak.

2. Menjadi sarana berbagi apresiasi tentang kepenulisan dan blogging

Bagi saya yang newbie begini. Apresiasi dari teman-teman sesama komunitas itu bagaikan suntikan vitamin dan energi. Apalagi tulisan-tulisan saya di blog masih 'berantakan', dikasih komentar "thanks for sharing" aja sudah membuat saya ingin belajar, belajar, dan belajar terus. 

3. Community Oriented

Maksudnya adalah gimana caranya agar semua anggota komunitas memiliki "standar kompetensi yang sama". Caranya bisa dengan membuat pelatihan-pelatihan seputar blogging, kepenulisan, dan lain-lain baik offline maupun online. 

Bukankah orang sukses yang sesunggunya adalah yang mampu menyukseskan orang lain?


4. Tidak Judgemental dan Membunuh Karakter Blogger yang lain

Serem banget ya point-nya?

Tapi ini fakta. Saya pernah melihat ada seorang blogger yang menulis/memposting tentang sesuatu yang pernah diposting oleh blogger lain. Dan isinya jelas-jelas menyudutkan blogger tersebut, walau pun memang tidak menyebutkan nama. Tapi saya rasa itu tidak baik. Kalau saya yang merasakan bisa jadi saya malas untuk nge-blog lagi.

Tidak elok rasanya ketika kita ingin 'naik' dengan cara menjatuhkan orang lain. 


5. Mengkritik dan menasehati dengan cara yang baik

Saya rasa, sebagai muslimah, kita telah memiliki pengetahuan mengenai adab atau tingkah laku terhadap orang lain. Salah satunya adab dalam menasehati atau mengkritik orang lain. 

Salah satunya adalah tidak mengkritik di depan publik. Kita bisa mengirimkan pesan pribadi dengan bahasa yang sopan dan santun. Tidak menyakiti hati dan juga tidak membuat yang dinesehati merasa malu. Saya kira sebagai muslimah. kita sudah saling memahami akan hal itu.


Apalah artinya saya tanpa orang lain. Apalah artinya karya tanpa ada apresiasi. Apalah artinya jadi blogger jika tak mau berbagi.

Semoga Muslimah Blogger Community senantiasa saling mengapresiasi, berbagi, dan menjadi inspirasi bagi semua muslimah di seluruh dunia. 



Semoga bermanfaat :)


#MuslimahBloggerCommunity
#Muslimah
#Blogger



KLIK disini untuk bergabung

19 comments on "Ngeblog Bareng di Muslimah Blogger Community Yuk!"
  1. wah bagus nih ada muslimah blogger community, tapi denger kata 'muslimah' mungkin beberapa orang bakal mengaitkan dengan 'hijab'. Kalo orang yang masih belum berhijab kayak saya apa bisa gabung? :)

    ReplyDelete
  2. mungkin iya, muslimah identik dengan hijab. Tapi tidak ada salahnya kan kita sama-sama memperbaiki diri, bersama-sama, berjamaah. Dengan kebersamaan mungkin saja banyak kebaikan yang akan hadir untuk diri kita. Saya pun masih banyak kekurangan sbg muslimah, tapi tidak ada salahnya untuk selalu belajar memperbaiki diri. Salam :)

    ReplyDelete
  3. kok saya coba gabung tapi tdk pernah dikonfirm ya mbak. Ehh bercanda kok....

    ReplyDelete
  4. mau ikutan gabung boleh gak ya..??

    ReplyDelete
  5. wah...komunitas baru. eh baru apa nggak mak?

    ReplyDelete
  6. Wah baru tau ada komunitas itu..seru sepertinya

    oh ya, saya setuju dengan isi tulisan mak Tetty.. terutama poin 4, serem emang, berpendapat boleh tapi jangan menjatuhkan orang lain(yang belum tentu akan jatuh) :)

    ReplyDelete
  7. Bannernya lucu ya..
    Tapi aku setuju banget, ngeblog kalau dukungan dari teman sehobi itu jadi makin semangat, makin produktif! hihi

    ReplyDelete
  8. Inspiring, pasti menyenangkan dan nyaman ya bisa berada di komunitas yang suportif :)

    ReplyDelete
  9. Hayuuuu ikutaaannn semuanya yuk.. Mak @Pungky makasih udah komen dimariii yakss. @Indi ayukk ikutan yuk @irly iya mudah-mudahan ngga ada yang begitu ya, jauh-jauh deh. @Della yuk ikutan yuk Mak :), @Damarojat: Iya masih baru komunitasnya :) @GustiIndah: boleh banget mak ikutan yuks :) @obat: Yuk ikutan, biar rame @Aldy: nanti mungkin menyusul komunitas blogger muslim, hihi :)

    ReplyDelete
  10. Aku ingin gabung, bisa kan walau gak berhijab?

    Http://beautyasti1.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum ukhti....selamat berbagi bersama blogger muslimah ya

    ReplyDelete
  12. Jadi single fighter itu gak enak saudara-saudara. Begitupun halnya dengan menulis, salah satunya nulis di blog. Shalat berjamaah aja pahalanya 27 kali lipat dari pada shalat sendiri, menulis pun demikian,
    setujuuuu

    ReplyDelete
  13. Assalaamualaikum Tetty dan teman-teman yg sudah pada komen di atas. Senang membaca tulisan yg berbobot seperti ini. Alhamdulillah. Meski Muslimah Blogger Community sudah berganti nama jadi Blogger Muslimah, insya Allah isinya sama juga. Dan soal warna2 yg enegik itu.... hihi akupun menyukainya. Tapi utk logo kita butuh desain dan warna yg lebih simpel utk nanti diaplikasikan dlm berbagai bentuk seperti stempel dll. Aih kyk mau bikin perusahaan aja ya wkwkwkwk... Ya begitu deh. Tapi saya tetap mempertahankan warna2 ceria itu utk background tagline Blogger Muslimah yaitu "Gerakan Menuju Sholehah".
    Buat yg mau bergabung, kemon kita berkumpul di grup :-)

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah bisa gabung di komunitas ini :3
    Aamiin ya Rabb, semoga harapan kita untuk Blogger Muslimah bisa terwujud kedepannya ya mak *eh :'D

    mampir juga di mari ya mak tetty :*
    http://daridan.blogspot.com/2015/05/baiti-bloggernity-muslimah-blogger.html

    ReplyDelete
  15. ikutan ya.ya..sepertinya seru....

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D