Galaxy S6 dan S6 Edge, Kecantikan dan Kekuatan dalam Satu Genggaman

| On
June 16, 2015


Teknologi diciptakan untuk mempermudah segala 'urusan' manusia. Dari mulai membuka mata (bangun tidur) hingga memejamkan mata (tidur kembali).


Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. (Wikipedia)

Maka dari itu, hingga saat ini, teknologi sangat sulit dipisahkan dari kehidupan manusia, salah satunya adalah teknologi Smartphone.

Baru-baru ini, produsen elektronik terbesar asal Korea, Samsung, mengeluarkan inovasi terbaru dalam teknologi smartphone. Yakni Samsung smartphone Galaxy S6 dan S6 Edge.

Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge ini hadir tentunya untuk menjawab tantangan era baru dalam penggunaan smartphone. Postingan blog saya kali ini adalah untuk membahas kehadiran Samsung smartphone Galaxy S6 dan S6 Edge sebagai jawaban atas tantangan tersebut.



"Top to Toe" Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge.

foto: www.samsung.com
Desain "body" Keseluruhan

Kali ini, Samsung Galaxy S menggunakan "baju baru" yakni Logam dan kaca anti gores pada Galaxy S6 dan S6 Edge. Karena pada tipe Galaxy S sebelumnya, smartphone asal negeri K-Pop ini masih menggunakan cangkang berbahan dasar plastik.

Dan pada seri Galaxy S6 Edge, samsung memberikan desain yang lebih elegan dengan konsep layar yang melengkung pada sisi kanan dan kiri.

Samsung Galaxy S6 Edge juga dibungkus dengan anggun menggunakan kaca Gorilla Glass 4 pada bagian depan dan belakang. 

Sumber Gambar

Sumber Gambar

Kali ini Samsung membuat desain smartphone yang bersifat 'Unibody' dimana cangkang smartphone ini menjadi satu kesatuan sehingga kita tidak bisa membuka bagian belakang smartphone untuk melepas baterai. 

Lalu bagaimana cara untuk memasang dan melepas SIM Card dan Micro SD?

SIM Card

Sumber Gambar

Ada semacam slot khusus yang bisa dibuka pada sisi atas smartphone sebagai tempat untuk menyimpan SIM Card.

Micro SD

Untuk Galaxy S6 Edge tidak ditemukan slot Micro SD. Maka dari itu, Galaxy S6 Edge memberikan kapasitas bawaan yang cukup besar yakni 64 GB.

Pada bagian bawah smartphone Galaxy S6 Edge ini terdapat Port Konektor Micro USB dan Jack Audio 3,5 mm dan grill speaker.



Walaupun terbuat dari logam dan kaca anti gores dengan layar 5,1 Inci, Galaxy S6 dan S6 Edge ternyata memiliki bobot yang lebih ringan yakni 132 Gram saja.

Sementara pada Galaxy S5 sebelumnya bobot smartphone mencapai 145 gram dengan berbahan dasar plastik.


Layar Beresolusi Tinggi

Foto: www.samsung.com
Dengan layar super Amoled dengan angka 2560x1440 (quad-HD) menciptakan sensasi layar yang jernih, tajam, dan cemerlang. Tentunya hal ini merupakan kepuasan tersendiri bagi pecinta smartphone yang ingin melihat gambar lebih terasa maksimal.


Ada "Kekuatan" di Dalam

Untuk mendukung kecantikan desain, Galaxy S6 dan S6 Edge memiliki kekuatan prosesor tercepat  di dalamnya. Galaxy S6 dan S6 Edge memiliki prosesor octa-core Exynos 7420 dengan empat core Cortex-A57 2,1 GHz dan empat core Cortex-A53 1,5 GHz, dipadu RAM sebesar 3GB.

Galaxy S6 Edge menjalankan sistem operasi Android 5.0.2 Lollipop yang belakangan mulai diperbarui ke versi 5.1. 

Kekuatan maksimal ini tentunya dapat memuaskan para gamers smartphone. Downloading dan playing games di Smartphone sangat minim kendala.

Aplikasi

Aplikasi bawaan Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge tidak terlalu banyak. Seperti S Health dan S Voice. Sehingga ruang dalam Micro SD masih memungkinkan untuk menginstal aplikasi lainnya.

Sumber Gambar

Sumber Gambar
Sumber Gambar

*Tampilan Home Screen dan Multi Tasking Galaxy S6 Edge*

Tampilan multitasking sekaligus menyediakan akses ke mode multi-window, di mana dua aplikasi berjalan sekaligus dalam satu layar (split screen). Untuk mengaktifkannya, cukup tekan simbol berbentuk dua persegi di sebelah kiri simbol “x” pada window aplikasi yang sedang berjalan.

Layar Melengkung 

Salah satu keunikan dan keunggulan Samsung S6, yakni S6 Edge adalah bentuk layar yang melengkung (edge). Keunikan dan keunggulan layar yang melengkung ini bukan hanya untuk 'mempermanis' tampilan desain. Tapi memiliki fungsi yang aplikatif untuk para pengguna smartphone.

Foto: www.samsung.com
Bagian layar melengkung di sisi kanan dan kiri yang dinamakan “Edge” ini bisa dipakai untuk menampilkan beberapa jenis informasi. Kita juga dapat memilih apakah informasi tersebut akan ditampilkan di sisi melengkung sebelah kanan atau kiri, tapi tidak keduanya sekaligus.

Sumber Gambar

Salah satu contoh informasi yang bisa ditampilkan adalah daftar 5 orang kontak favorit. Pilihan ini bisa ditampilkan dengan menyalakan opsi “People Edge” pada bagian pengaturan layar Galaxy S6 Edge di menu settings. Kita  bisa memilih ke-5 orang kontak dan memberikan kode warna untuk masing-masing kontak.

Kemudian, apabila pengguna menerima notifikasi (misalnya email) dari kelima kontak favorit, sebuah penanda akan dimunculkan di sisi layar, dengan warna sesuai kode warna kontak pengirim.

Waw, fitur ini akan memudahkan kita untuk mengetahui siapa saja yang menghubungi kita hanya dengan melihat warna yang muncul saat smartphone berdering.

Sumber Gambar

Sumber Gambar
*Lampu 'edge lighting' yang menyala berwarna oranye, sesuai dengan 'kontak edge' yang telah kita setting*

Bagian Belakang

Selain memliliki layar 'edge' yang unik, sisi belakang smartphone Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge juga memiliki 'tambahan' yang memudahkan kita sebagai pengguna smartphone.

Denyut Nadi dan Sidik Jari

Seperti Galaxy S5 sebelumnya, Galaxy S6 Edge juga dibekali dengan sensor denyut nadi di bagian belakang, bersebelahan dengan unit flash kamera, dan pemindai sidik jari yang digabungkan dengan tombol home.

Pemindai sidik jari Galaxy S6 Edge lebih canggih dibandingkan milik sang pendahulu. Pengguna hanya perlu menyentuhkan jari di permukaannya untuk melakukan input, tak perlu dengan gerakan menyapu seperti pada Galaxy S5. 
Memakainya pun jadi jauh lebih gampang. Apalagi, jari bisa disentuhkan dari berbagai arah, tidak mesti tegak lurus dalam orientasi tertentu. 

Sumber Gambar
Pemindaian sidik jari ini tentunya sangat berguna bagi keamanan pengguna smartphone, sehingga tidak bisa sembarangan orang mengakses smartphone yang kita miliki.

Tetapi jangan khawatir, apabila kita ingin 'berbagi sidik jari' dengan orang lain yang kita beri akses masuk untuk menggunakan smartphone. Karena Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge ini mampu menyimpan banyak data sidik jari sekaligus.

Keunikan lainnya yang dimiliki smartphone Samsung dibandingkan dengan smartphone lainnya adalah pemeriksaan denyut nadi.

Sumber Gambar
Selain itu, sensor denyut nadi ini bisa berfungsi layaknya tombol shutter saat kamera depan aktif. Pengguna bisa menjepret selfie dengan menyentuhkan jari di bagian sensor ini, lebih mudah dibanding menjangkau icon shutter release di layar. 

Powerfull Battery and Fast Charging

Kelemahan penggunaan smartphone selama ini salah satunya adalah pada borosnya baterai. Penggunaan berbagai aplikasi, media sosial, kamera, dan lain sebagainya membuat baterai smartphone sangat cepat habis.

Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge menawarkan solusi yang sangat baik bagi kita para pengguna smartphone. Yakni dengan menggunakan Ultra Power Saving Mode. 

Secara umum, baterai 2600 mAh bawaan Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge ini akan bertahan pada pemakaian umum (aplikasi dan media sosial) selama 12 jam. Dan bisa menyusut hingga 9 jam apabila penggunaan dilakukan lebih intens.

Tetapi kita tidak perlu khawatir, Ultra Power Saving Mode bisa membuat baterai bertahan lebih lama. Bahkan 4% baterai akan bertahan selama 2 jam jika menggunakan Ultra Power Saving Mode ini. 

Sumber Gambar

Selain menggunakan Ultra Power Saving Mode, Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge memberikan solusi yang sangat briliant yakni metode Fast Charging. 

Galaxy S6 Edge mengisi baterai dengan sangat cepat. Hanya dalam hitungan waktu 10 menit, baterainya sudah terisi 20 persen yang mampu menghasilkan waktu pakai lebih dari 4 jam (menurut perkiraan mode “power saving”).

Catatan: Fast Charging hanya berlaku untuk wall-charger yang disertakan dalam paket penjualan Galaxy S6/ S6 Edge. 

Selain charger berkabel, Samsung juga menyediakan aksesoris berupa wireless charger untuk Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge. 

Wireless charger ini bisa dipakai untuk mengisi baterai tanpa kabel. Cukup letakkan Galaxy S6 Edge di atas permukaan bulatnya, dan smartphone pun akan mulai mengisi baterai. 

Foto: www.samsung.com
*aksesoris wireless charger berbentuk bundar*

Kamera Smartphone Rasa Fotografer Profesional

Kebutuhan akan fotografi tentunya semakin meningkat akhir-akhir ini. Selain untuk eksistensi diri sendiri alias selfie, fotografi juga menjadi kebutuhan para profesional untuk menunjang kinerja mereka sehari-hari.

Sebut saja seorang Food Blogger. 

Seorang food blogger tentunya sangat membutuhkan kamera untuk menangkap moment wisata kuliner yang mereka lakukan. Biasanya, para food blogger membutuhkan kamera saku atau DSLR untuk menangkap gambar kuliner-kuliner fantastis yang mereka cicipi. 

Bagaimana jika fungsi kamera saku dan DSLR ini ada pada sebuah smartphone? 

Sumber Gambar

Dibekali dengan kamera 16 megapixel, bukaan lensa f/1,9 dan optical image stabilizer, memungkinkan kita para pengguna smartphone mendapatkan sensasi fotografi ala fotografer profesional. 

Semua ini karena samsung memberikan kamera ponsel terbaik untuk Galaxy S6 dan S6 Edge.

Bisa kita lihat pada gambar di atas, kamera smartphone Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge memberikan efek Depth Of Field yang biasanya kita dapatkan ketika menggunakan kamera saku atau DSLR saja. 

Kamera yang Gesit

Kenapa saya bilang gesit? karena kamera smartphone Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge mudah diakses ketika kita berada pada situasi yang membutuhkan perangkat kamera cepat untuk menangkap suatu moment yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Kita tinggal menekan tombol HOME sebanyak 2x. Fitur kamera pun segera muncul pada layar smartphone. Walaupun smartphone dalam keadaan mati, ketika kita menekan tombol home sebanyak 2x, maka fitur kamera akan langsung terbuka.



*Beberapa mode pengambilan gambar Galaxy S6 dan S6 Edge*


Fitur Real Time HDR dan Mode Pro 

Real time HDR dan Mode Pro adalah beberapa fitur powerful yang berguna untuk pemotretan, sebut saja real time-HDR dam mode pro yang menyediakan beberapa opsi pengaturan tingkat lanjut, seperti tingkat ISO, white balance, dan exposure compensation.

Ada juga mode pengambilan gambar baru bernama “virtual shot” yang mengharuskan pengguna mengambil foto sebuah obyek dari semua sudut secara berputar hingga 360 derajat. Hasil akhirnya berupa gambar bergerak serupa animasi GIF yan menyajikan tampilan obyek dari berbagai sudut tadi.

Tapi yang paling berguna dalam kegiatan sehari-hari mungkin adalah fitur real-time HDR. Berbeda dari teknologi dengan nama yang sama sebelumnya, real-time HDR pada Galaxy S6 Edge tidak membutuhkan waktu proses setelah gambar diambil.



*Perbedaan tangkapan foto kamera dengan menggunakan mode biasa (kiri) dan mode HDR  (kanan)*


Pengambilan Gambar di Luar Ruangan





Pengambilan Gambar di dalam Ruangan

Selain 'bersinar' di luar ruangan, kamera smartphone Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge juga memiliki performa luar biasa ketika digunakan di dalam ruangan.

Kemampuan untuk mengantisipasi 'low light' membuat gambar tangkapan dalam ruangan Galaxy S6 dan S6 Edge tetap prima.

Ini membuktikan bahwa Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge memiliki kamera ponsel terbaik diantara smartphone lainnya.





Galaxy S6 dan S6 Edge juga dibekali dengan LED Flash yang bisa memberikan cahaya memadai ketika cahaya di dalam ruangan sangat minim.

Perbedaan tangkapan gambar dengan menggunakan LED Flash (kanan) dan tidak (kiri)
Selain memiliki kamera utama di bagian belakang yang berferforma tinggi, Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge juga memiliki kamera depan yang cukup mumpuni untuk ber-selfie ria.


Pengalaman Menggunakan Produk Samsung

Sumber Gambar
Pertama kali 'mencicipi' produk Samsung adalah Samsung Corby. Waktu itu saya masih kuliah. Dan trend gadget keren baru saja dimulai.

Pilihan saya untuk memilih smartphone keren jatuh kepada Samsung Corby. Desainnya manis, lucu, dan keren diantara smartphone lainnya. 

Samsung memberikan kepuasan ber-gadget ria bagi para konsumennya. Kualitas dan harga yang kompetitif juga membuat Samsung menjadi pilihan ponsel terbaik saya saat itu.

Hingga kini, saya dan beberapa anggota keluarga saya lainnya setia menggunakan produk Samsung. Selain karena kualitasnya yang 'bandel', Samsung selalu memberikan desain yang elegan dan kekinian.


Kecantikan dan Kekuatan dalam Satu Genggaman

Sejak pertama kali merasakan performa Samsung smartphone, Samsung selalu memberikan desain yang menawan dan juga kualitas yang mumpuni bagi pecinta ponsel terbaik di Indonesia.

Samsung menawarkan berbagai kemudahan dalam beraktivitas di dunia modern. Samsung juga berkomitmen untuk memberikan  kenyamanan dan inovasi teknologi bagi pecinta smartphone di seluruh tanah air.

Begitu pula dengan Galaxy S6 dan S6 Edge yang membuat saya jatuh hati sekarang ini, kekuatan desain dan teknologi Samsung menjadi salah satu solusi masalah manusia hanya dalam satu genggaman.


 Rasakan perpaduan kecantikan dan kekuatan teknologi di dalam smartphone dalam satu genggaman tanganmu dengan
 Galaxy S6 dan S6 Edge. 

Teruslah berinovasi untuk teknologi ponsel terbaik Samsung!




Sumber data dan gambar dari www.samsung.com, dari sini, dan dari sini.






14 comments on "Galaxy S6 dan S6 Edge, Kecantikan dan Kekuatan dalam Satu Genggaman"
  1. wow, aku suka bingit dengan Samsung S6 dan note edge... kece badai...

    aku juga suka judul artikel ini, mbak..good luck ya...

    ReplyDelete
  2. waaaw keren banget desain samsung .. jadi takjub liatnya juga :D
    kapan ya saya bisa menggunakannya -_-

    ReplyDelete
  3. ah, saya jatuh cinta sama Samsung S6 Edge.. ulasannya menarik Mak.. sukses ngontesnya ^^

    ReplyDelete
  4. @Eka : Makasih mbak Eka, saya juga pingin banget punya HP ini, hihi ;)

    @Alya: memang kemajuan teknologi itu gak bisa dibendung ya Mbak :)

    @Annisa: Makasih Mak, aamiinn :)

    @Uniek: Iya mbak, selama ini saya juga pake kamera poket. Lumayan ribet deh, kalo pengen puas fotonya :)

    ReplyDelete
  5. keren mba, lengkappppp. semoga menang ya. samsungnya jg keren, jadi ingat hape sy yg casing belakangnya retak hehe..alhamdulillah

    ReplyDelete
  6. aish,makin mupengggg.....gonjreg bangetlah ini hp >_<

    ReplyDelete
  7. @Kania: makasih Mak, mudah-mudahan bisa nyicipinn. hii ngareepp :)

    @HM Zwan: Huum, kamera poket bisa pensiun dini ini mah :)

    ReplyDelete
  8. wow bisa ukur denyut nadi..??? keren...
    hasil kameranya juga bagus ya, bikin tambah mupeng :D

    ReplyDelete
  9. Semangat mba lombanya, aku juga #eh ahhaa...

    ReplyDelete
  10. Tambah kece aja nih samsung..blm punya yg ituh sdh muncul yg keren begini....jos dah samsung..update teknologinya cpet bgd..
    Sukses ya mak :)

    ReplyDelete
  11. Wihhh... Kompleet banget ulasannya. Fotonya tsakep2, layout yang keceee... Moga JUARAAAA yaa :)

    ReplyDelete
  12. Lengkap bingits bahasan nya makk.. Good luck ya makk.. Semoga menang!!

    Http://beautyasti1.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. samsung memang memiliki teknologi yang sangat pintar ya. dan serunya artikelnya jadi pemenang, lengkap dan keren pembahasannya.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D