Optimasi SEO Melalui Gambar di Blogspot

| On
July 31, 2015
optimasi seo melalui gambar di blogspot

Alohaaa..


Kali ini saya mau membahas tentang dunia blogging dan SEO. Topik yang saya ingin bagikan adalah tentang optimasi SEO melalui gambar di blogspot.

Saya rasa sebagai seorang Blogger, kita sudah tau lah ya apa itu SEO. Sudah banyak blog yang membahas seluk beluk dan warna warni SEO. Mulai dari SEO Off Page, SEO On Page, and bla bla bla.

Atau untuk yang belum paham apa itu SEO berikut definisi SEO secara sederhana:

"SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses untuk mengoptimalkasn website kita supaya bisa menempati peringkat yang optimal pada hasil pencarian mesin pencari. Tujuan SEO adalah menjadikan website kita punya peringkat yang optimal di mesin pencari. Dengan SEO optimal, website kita bepeluang untuk ranking 1 di Google" -Jefferly H- 

Salah satu hal yang dapat dimanfaatkan untuk membuat web kita menjadi ranking satu di google adalah menggunakan kata kunci yang tepat pada gambar yang kita upload pada sebuah postingan di blog.


Kuncinya adalah kita sedang menyimpan file gambar yang akan kita upload di blog. 

Contoh: Artikel saya mengenai "Naik Motor ke Taman Safari Indonesia" menjadi salah satu artikel yang sering dicari oleh pengguna internet.

Ketika saya menyimpan file gambar yang ada pada postingan "Naik Motor ke Taman Safari Indonesia" saya langsung menembak kata kunci tersebut pada gambar.

Saya menyimpan gambar dengan nama file: naik-motor-ke-taman-safari-indonesia. (menggunakan tanda strip). Jadi walaupun gambar yang diupload gambar gajah atau kudanil, nama filenya jangan "foto gajah" "gambar kudanil" tapi langsung saja menggunakan kata kunci yang sekiranya akan dicari oleh banyak orang.

optimasi seo melalui gambar di blogspot
Jika kita ingin membahas mengenai naik motor ke taman safari indonesia, maka beri nama file pada gambar ini
naik-motor-ke-taman-safari-indonesia

Nah, sebelum saya tau tentang teknik ini, setiap kali menyimpan gambar, saya menggunakan nama file yang asal-asalan, jangankan supaya bisa dicari mesin pencari, judul gambar sama judul postingan kadang gak singkron. Hehehe.. itu dulu, sekarang gak lagi lagi.

Kemudian, cara selanjutnya adalah ketika menempelkan gambar pada postingan, pastikan kita mengisi kolom PROPERTIES gambar dengan tepat. 


optimasi seo melalui gambar di blogspot
Klik 'Properties'



Isi kolom tittle text dan alt text dengan kata kunci yang kita inginkan. Kalau saya tadi tentang "Naik Motor ke Taman Safari Indonesia" ya. 



Daaannn, selesai. Gambar yang kita upload di blogspot telah teroptimalisasi dengan baik. Selamat mencoba :)


Baca juga:

Agar Postingan Tidak Bisa di Copy Paste

Blogger Profesional VS Blogger Amatiran

The History of Blog


15 comments on "Optimasi SEO Melalui Gambar di Blogspot"
  1. Biasanya namanya sesuai dengan judul Mak tanpa -
    Ihiiiirrrr ilmu baru nih.
    Makasiiiih ya Mak :D

    ReplyDelete
  2. Wah, dapat ilmu baru lagi nih. Aku udah tau step-step di atas, tapi baru tau kalo nyimpen nama filenya juga harus pake tanda strip. Aku pake SEO hanya utk lomba SEO hehehe... makasih ilmunya, mak.

    ReplyDelete
  3. ternyata ada stripnya ya,dulu pernah dapet ilmu tanpa strip hehe...wokeh,dicoba..makasih mak^^

    ReplyDelete
  4. ooo gitu to caranya kadih judul gambar ketika upload. klik properties ya. thanl youuu mba tipsnya :)

    ReplyDelete
  5. Klo memberi nama file dari gambar di blogpost sy sudah praktikkan mak, cuma yg kedua yg belum. Jadi itu dua proses yang harus dilakukan ya?? bukan sekedar menamai file gambarnya?

    ReplyDelete
  6. Aseeek, dapat ilmu baru lagi nih...

    ReplyDelete
  7. Waaahhh dapat ilmu baru lagiiii. Keren nih. Selama ini cuek sama nama file. Ternyata justru awalnya dari nama file yaa. Makasih udah sharing maaakk

    ReplyDelete
  8. Aduh makk, saya gaptek... Kalau di blogspot cara edit nya dimana makk? Karena pas upload gak dinamain. Aku upload di picasa makk, trus edit nya di caption atau yang kayak di gambar atas makk? Makasih pencerahannya :))

    Http://beautyasti1.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. Mbak Asti: ini saya pake cara di blogspot. Pas simpen gambar di laptop/PC jangan lupa dinamain pake target kunci, namainnya pake strip. Jangan lupa propertiesnya juga, tinggal klik gambar aja yg kita tempel di postingan :)

    ReplyDelete
  10. waaa.. terima kasih ilmunya... iiihh berarti selama ini saya salah dong ya, suka kasih caption asal-asalan :))))

    ReplyDelete
  11. Waahh... saya bener2 baru tau ttg ini mbak *efek males belajar*

    ReplyDelete
  12. Ih tety.. kl teteh dr aplikasi blogspot di tablet nulis nya,, tp ga ada fsilitas caption gambar., jd tiap gambar di blog..cm bisa posting gambar 1.. pemposisian pun teteh ga ngerti kl pake aplikasi blog mah,, heu.. apa kudu pake laptop ya? Btw makasih ilmunya ... keren lah pokonya... !

    ReplyDelete
  13. Teh Putri: iya mendingan di laptop kalo posting, lebih lengkap fiturnya. :)

    ReplyDelete
  14. Oh harus pake tanda (-) ya mbak, biasanya sih gak pake hehehe, oke siap praktek :)

    ReplyDelete
  15. Wah baru tahu. Makasih, Mbak ...

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D