Putu Ayu W'Dank Bajigur

| On
July 11, 2015
Putu Ayu W'Dank Bajigur

Assalamu'alaikum, apa kabar sahabat Blogger?

Tak terasa ya, bulan Ramadhan telah memasuki 10 hari terakhir, dimana semua umat muslim di seluruh dunia sedang sibuk meraih pahala lailatul qadar di 10 malam terakhir Ramadhan.

Bagaimana kabar puasanya? Wah, biasanya di malam-malam terakhir Ramadhan, mempersiapkan menu berbuka puasa khususnya takjil makin tidak fokus ya. Selain sibuk memperbanyak ibadah, umat muslim juga sibuk mempersiapkah hari raya Idul Fitri. 

Nah, bagi yang sudah merasa kekurangan ide untuk membuat takjil, kali ini saya akan mencoba memberikan resep takjil yang mudah, murah, dan tetap enak, pas untuk dijadikan takjil berbuka puasa.

Namanya Putu Ayu W'Dank Bajigur.



Masyarakat Indonesia sepertinya sudah gak asing lagi ya dengan kue tradisional yang satu ini, yaitu Kue Putu Ayu. Kue ini banyak sekali dijual di pasar tradisional atau pun di supermarket yang menyediakan tempat khusus jajanan tradisional Indonesia.

Kue Putu Ayu yang biasa dijual di pasaran
Biasanya, kue Putu Ayu dibuat 'standar' berwarna hijau, karena menggunakan daun pandan atau pasta pandan. Rasanya pun identik dengan manis dan gurih.

Bagi yang merasa bosan seperti saya ini, kue tradisional Indonesia bisa dimodifikasi dengan bahan yang lainnya lho. Salah satunya dengan W'Dank Bajigur.

Mau tau caranya seperti apa? Simak yuk!

Bahan-bahan

Untuk membuat Kue Putu Ayu W'Dank Bajigur diperlukan bahan-bahan berikut ini:

takjil w'dank bajigur
 *2 Sachet W'Dank Bajigur*

takjil w'dank bajigur
*Gula putih dan Kelapa parut*

takjil w'dank bajigur
*Tepung terigu*

takjil w'dank bajigur
*2 Butir telur*

takjil w'dank bajigur
*Santan kelapa*

takjil w'dank bajigur
*1 Sdt Pengemulsi*


Alat yang diperlukan

Panci untuk mengukus
Mixer atau pengaduk adonan manual
Cetakan kue 


Cara Membuat

Cara membuat adonan Kue Putu Ayu W'Dank Bajigur ini sangat mudah, yaitu:

1. Campurkan 200 gram gula pasir, 1 sdt pengemulsi dan 2 butir telur, aduk hingga adonan mengembang dan putih. Saya tidak menggunakan Mixer, hanya menggunakan pengaduk adonan manual, aduk adonan 10-15 menit. 

2. Masukkan 150 gram tepung terigu, aduk perlahan.

3. Masukkan 250 ml santan kelapa, tuangkan sedikit demi sedikit.

4. Masukkan 2 sachet W'Dank Bajigur. 

5. Tuang adonan ke dalam cetakan.

takjil w'dank bajigur
Tahapan memasukkan adonan Putu Ayu W'Dank Bajigur
6. Kukus adonan kue kurang lebih 5-10 menit dengan menggunakan api sedang, api yang terlalu besar akan membuat adonan mengembang berlebihan. 

7. Sajikan dengan menggunakan taburan kelapa parut di atasnya.

Ada beberapa tips ketika membuat Takjil W'Dank Bajigur:


takjil w'dank bajigur


Selain mudah dibuat, Takjil W'Dank Bajigur yang satu ini juga murah dan hemat untuk dibuat. 

takjil w'dank bajigur
*Total belanja untuk membuat Takjil W'Dank Bajigur ini hanya Rp.25,000,- saja*


Kue yang dihasilkan dari resep di atas bisa mencapai 17-20 buah. Sehingga jika asumsi belanja Rp.25,000,- maka satu buah kue hanya sekitar Rp.1,000,-an saja/buah.

Gimana? Mudah dan hemat kan membuat Kue Putu Ayu W'Dank Bajigur-nya?

takjil w'dank bajigur
 *Taaadaaa.. sudah jadi kan Kue Putu Ayu W'Dank Bajigurnya*


Tentang Rasa

Kue Putu Ayu merupakan kue tradisional Indonesia yang sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Kalau saya amati, kue tradisional Indonesia sebagian besar merupakan perpaduan bahan dasar tepung terigu/beras, kelapa/santan, dan gula pasir/merah. Sehingga rasa yang ditimbulkan sangat khas, yakni manis dan gurih.

Takjil W'dank Bajigur yang saya buat kali ini, merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang memiliki paduan rasa manis gula dan gurihnya kelapa. Dan, ketika ditambah dengan W'Dank Bajigur, rasanya sangat MATCHING dengan kue khas Indonesia ini.

Perpaduan manis dan gurih dari bahan dasar kue dipadu dengan W'Dank Bajigur memunculkan rasa tradisional Indonesia yang pas dan mantap di lidah. Sangat pas disajikan sebagai takjil untuk berbuka puasa.



Selamat mencoba Takjil W'Dank Bajigurnya yaa :)


19 comments on "Putu Ayu W'Dank Bajigur"
  1. enaaaak, kreatif banget nih si emak cantik ;))



    ReplyDelete
    Replies
    1. jaman sma suka bikin.. dijualin di kelas.. hihi :)

      Delete
  2. Wow...boleh nih boleh..
    Tengkiu resepnya y mak

    ReplyDelete
  3. Kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeennnnnnn....pokoknya keren binggowlah...hehe...
    Aku belum sempet posting2 resep gak ada waktunya hikshiks...pulang kerja sore, malemnya ngijah :|
    Kapan2 nyobain resep ini lah...

    Good luck mba tetty :)

    Oiya, fotonya pake kamera apaan ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo bikin buat ngemil.. ini pke kamera poket sony cyber shot :)

      Delete
  4. Kamera cihuy, desain grafis kece, artikel top markotop!
    Mantap surantaaap!
    -bukanbocahbiasa-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mak nurul.. udah mmpir kesini ;)

      Delete
  5. lama nggak makan putu ayu,jadi pingin hehehe

    ReplyDelete
  6. enak nih, mamaku suka bikin, kadang pake nangka juga...
    Dedy @Dentist Chef

    ReplyDelete
  7. kreatif... jadi pengen nyoba, menang niih kayaknya :)

    ReplyDelete
  8. kue putu kesukaaann... iyaah pake juga enak, lebih haruumm

    ReplyDelete
  9. wah unik nih mbak, jadi penasaran sama rasanya

    ReplyDelete
  10. Selamat mbak blognya terpilih juara 3

    ReplyDelete
  11. wuihhhh mbak, pengambilan fotonya keren abis, saya masih belum bisa ngambil gambar seperti itu

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D