5 Kesalahan Fatal Ketika Mengikuti Lomba Blog

| On
August 04, 2015
kesalahan fatal ketika mengikuti lomba blog
Icon by Freepik.com

Aduh ni postingan judulnya sotoy banget. Hihi, tapi gak apa-apa dong ya sotoy sedikit aja mah, biar blog ini makin berwarna. Hatchihhh.

Sebenernya postingan ini terinspirasi dari diri sendiri. Lebih tepatnya diri sendiri yang seringkali GAGAL -______- dalam mengikuti kompetisi blog, giveaway dan semacamnya.

Karena berdasarkan pengalaman dan pengamatan pribadi, mungkin ada beberapa orang yang setuju ataupun tidak setuju  dengan postingan ini. Pokoke yang berbeda pendapat tinggal tulis aja di kolom komentar dibawah ini yaks.

Oke, ini dia resume 5 kesalahan ketika mengikuti lomba blog!


1. Tidak mengikuti aturan kompetisi dengan baik dan benar

Setiap kompetisi blog selalu saja ada peraturan yang harus diikuti, misalnya minimal kata, pasang banner, like media sosial penyelenggara, nge-tag temen, topik dan tema yang spesifik, dan lainnya.

Syarat dan ketentuan lomba blog baiknya diikuti dengan baik dan benar, karena bisa jadi itu merupakan salah satu kriteria penilaian yang akan diberlakukan. Kalau kita malas atau asal-asalan dalam mengikuti peraturan lomba ya jangan harap bisa menang.

Memang ada yang seperti itu?

Ada. Saya pernah membaca sebuah postingan blog yang diikutkan dalam sebuah lomba yang tulisannya tidak sesuai dengan tema. Bahkan sepertinya blogger tersebut berimajinasi dalam dunianya sendiri. Mwaaaaa, gaswat. Mungkin dia sangat kurang piknik.

2. Tulisan terlalu singkat

Konten sebuah postingan adalah hal yang paling utama, yaiyalah, mosok lomba blog gak ada kontennya. Hihi. Ada penyelenggara lomba yang mensyaratkan batas minimal dan maksimal kata, dan ada pula yang membebaskan blogger menulis sebebas-bebasnya.

Isi tulisan yang telalu singkat, menurut saya, seperti sedang mencerminkan tulisan yang 'gak niat'. Aduh kasar amat. Tapi ya begitulah, kalau tulisan kita sedikit maka bacanya pun gak enak. 

Saya pernah banget ikut lomba tulisannya secuil, padahal rasa-rasanya waktu nulis udah lama dan panjang banget.

***ingatlah menulis dan membaca memiliki speed yang berbeda, ketika kita menulis selama 5 menit, mungkin tulisan tersebut hanya terbaca selama 1 menit, atau bahkan kurang dari 5 detik, kalau tulisannya diskip*** 

Apalagi ketika kita mengikuti lomba blog yang judulnya review produk. Kudu banget nulisnya detail dan pastinya banyak dan panjang. Karena kalau saya liat-liat, kebanyakan blogger yang menang lomba review adalah yang postingannya detail tentang produk yang diulas.


3. Desain komunikasi visual yang seadanya

Menurut saya, tulisan di blog, surat kabar, majalah, koran memiliki beberapa perbedaan. Contohnya dengan koran, di koran rata-rata tulisan lebih banyak dibandingkan gambar visual. Sedangkan di blog, tulisan yang menarik justru yang memiliki desain komunikasi visual yang bagus.

Kenapa?

Ya karena, membaca lewat layar PC, laptop, smartphone, gadget, jauh lebih 'pegel' ketimbang baca di media cetak. 

Jadi, harus ada gambar visual yang memanjakan mata supaya postingan kita menarik dan gak di-skip oleh pembaca.

4. Tidak memiliki nilai lebih atau ciri khas

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya (lagi), pemenang kompetisi blog rata-rata memiliki unsur 'nilai lebih' pada postingan yang diikutsertakan dalam kompetisi.

Entah itu dari segi visualnya (foto dan desain grafis), cara bertuturnya, data statistik yang digunakan, pengalaman pribadi, dan lain sebagainya.

Sehingga saya berkesimpulan bahwa dalam postingan blog yang diikutsertakan dalam kompetisi harus memiliki 'nilai lebih' yang akan membuat juri-juri tertarik dengan apa yang kita tulis.

Dan memang, kadang inilah yang sulit, perlu kreatifitas yang super duper untuk memberikan sebuah sentuhan yang berbeda pada setiap tulisan kita.

5. Deadliners sejati!!!

Ngahaaahaaaa... ini mah gak usah dibahas. GUE BANGETTTTTT. 

Dan inilah yang kemudian saya pikir SALAHHH BANGETTTT. Posting lomba blog kadang cuman 10 menit sebelum lomba ditutup. Apa-apaan coba? Gak niat amat jadi blogger. 

Dan saya semakin kesini makin introspeksi diri, bahwa jadi deadliners sejati itu tidak membawa kesuksesan. Walaupun sebenernya ada juga blogger yang posting mepet DL tetep menang. Tapi itu jarang sekali terjadi.

Sebisa mungkin ketika mengikuti lomba blog dibuat rencana sebaik mungkin, bahkan kalau bisa kumpulkan data penunjang, visual penunjang. Karena postingan saya kalau lagi ngejar DL amat sangat terlihat gak niat dan hobinya KOPAS aja dari website penyelenggara lomba, gak diedit lagi, wkwkwkwk.


Yaaaa... itu aja yang mau saya share hari ini, kurang lebihnya mohon dimaafkan, yang mau nambahin atau ngurangin silakan dengan senang hati.


Selamat ikutaannn lombaaaa...



Sekian, semoga bermanfaat :)
35 comments on "5 Kesalahan Fatal Ketika Mengikuti Lomba Blog"
  1. Rasanya keren banget jadi deadliner :D

    ReplyDelete
  2. Siaaapppp suhuuu....Laksanaken....
    Akh mba tetty mah apaan, kerjaannya juga menang lomba ikh hehehe...
    Semoga aku segera menyusul mengikuti jejak dirimu ya yg selalu menang lomba...Amiiinnn...
    Emang aku ikutan lomba apa aja ini ya? wkwkwk...Kadang kl lagi males uda DL pun bingung mau nulis apaan...apalagi kl gak menguasai materi...Duuuhhh...bikin postingan hore hore ajalah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiinnn.. klo mu menang satu lomba.. kudu aja ikut sepuluh.lomba dulu.. hihi

      Delete
  3. ...dan kesalahan fatal paling parah adalah ga ikut lomba blog tapi pengen menang, hiiihii

    ReplyDelete
  4. Deadliner sejati itu akuuhh.. Herannya klo gak deadline, gak menang lomba walaupun sekedar pemenang hiburan. Hihihi..Makanya sempat agak gemes2 gimana gitu pas sudah posting 10 menit sebelum kereta Cinderella menjadi Labu ternyata besok harinya panitia mengumumkan waktu kompetisi diperpanjang. Heeeaaaaaaa deeeeeh... heheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin itu the.power of kepepet yg benar benar terjadi..hmm iya itu sebel bgt klo kek gitu.. diundur undur terus..

      Delete
  5. bener deh.. nilai lebih itu yang susah, harus terus diasah..

    Dan sayapun ngakak baca komennya Mbak Fenny :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mwahaha.. iya mbak fenny bs aja..

      Delete
  6. Nah, yg nomer lima itu juga saya banget he he he

    ReplyDelete
  7. Hahaha... deadline sejati, termasuk aku juga. Kadang udah selesai ditulis, eh... lupa di posting bahkan nunggu waktu deadline baru di posting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang bgt klo smpe lupa.. trus kelewat..

      Delete
  8. Nulis OOT pernaaaahhhh saya banget malah. Hihihi...

    ReplyDelete
  9. tulisan terlalu singkat, kadang karena maksain ikut sekalian isi blog hehe pengalaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. aq juga gtu klo maksain.. huuuu.. huuu..

      Delete
  10. Ya ampun saya belum mosting link tulisan lomba saya ke medsos! Efek blog saya acak kadul sejak beberapa hari yg lalu. Alhamdulillah hari ini sdh mulai kece lagi tampilannya. Hehe... yo wis, tak posting dulu ya lombanya. Hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak.. nnti kelewatan dlnya..

      Delete
  11. Aku pernah lupa pasang banner lomba..gara2nya gak tahu gimana cara pasangnya.. Tadinya mau minta bantuan teman sesama blogger tapi kelupaan..hehe..

    ReplyDelete
  12. Semoga #odop #BloggerMuslimah nya istiqomah ya 😊

    ReplyDelete
  13. Hahahaaa

    Ngakak baca ini.

    Akuh banget soalnya

    ReplyDelete
  14. Sudah lama ga ikut lomba....keder duluan hihi....

    ReplyDelete
  15. iya ya, poin harus perhatikan ketentuan lomba itu bener banget...

    ReplyDelete
  16. saya jarang ikut lomba sekarang.. hiks.. T_T kangen sebenarnya..

    ReplyDelete
  17. setuju. dan lomba blog yg terakhir ini nih... yg mepet banget DL nya begitu saya daftarkan. serasa jantung ajrut2an hehehe

    ReplyDelete
  18. Saya kalo mau ikut lomba suka minder duluan sama peserta lain yang namanya sudah malang-melintang di lomba blog.. jadinya ga pernah ikut lomba deh :D

    ReplyDelete
  19. pernah jadi deadliner pas ikut tantangan ASEAN dulu,tau2 inet bermasalah...duh,nyesek rasanya,langsung cabut ke warnet..ribet banget hahaha.

    ReplyDelete
  20. Sip dicatet buat panduan ikutan lomba, dari beberapa artikel lomba yang aku baca, memang rata-rata ngasih penjelasan detil banget, bahkan ada yang visualisasinya niat banget, harus gitu ya biar menang

    ReplyDelete
  21. walau jarang ikutan lomba blog tapi saya rasa ada benar juga ini... tapi kadang suka bingung juga sama ketentuan lomba makanya gk jarang aku lewatinyg deadliner itu sama ya

    saat ni pun saya lagi dikejar deadline event menulis nih

    ReplyDelete
  22. Bisa komeeen, wkwkwk..

    Aku masih perlu banyak belajar nih, ngikut2 lomba baru setahunan ini itupun pilih2 banget dan tergantung mood (maklum moody), sering banget jd detlener, dan sering banget juga gak menang, haha.

    TFS ya teeeh :*

    ReplyDelete
  23. Yang nomor 3 masih perlu buanyak belajar

    ReplyDelete
  24. Dan kesalahan fatal saya ikut blog pengen menang, tapi edit photo kagak ngeri hahaha. Ajarin atuh ya teh ok ok

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D