Ini Dia 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Nge-Blog

| On
August 20, 2015
sumber gambar pinterest

Hellow readers..

Gak enak banget nih kalau seharian gak posting blog, bawaanya ada yang kurang *haaa anaknya belagu* 

Emang kenapa sih? ada apa dengan nge-blog? kok segitu ketagihannya. Menurut saya sih banyak banget alasan kenapa ngeblog jadi asyik banget. 

Ini nih alasannya:

1. Menuangkan Ide

Asli. Ide kalo didiemin di kepala itu bawannya gak enak banget, dipendem aja, lama-lama jadi peuyeum. Trus yang lebih kesel ketika kita punya ide, trus gak ditulis, dan tau-tau ide kita ditulis/dicuri orang pasti bawaanya tambah kzl kan.

2. Mengasah Tulisan

Awalnya, nulis itu buat saya kaku banget. Menumpahkan ide dari kepala ke tulisan itu susahnya minta ampun. Dan, ternyata obat yang paling ampuh untuk ngilangin rasa kaku itu ya dengan nulis terus-terusan. Semakin dilatih semakin lancar deh nulisnya. *walaupun sampai sekarang pun tulisan saya masih berantakan* 

3. Menuangkan Hobi

Ada yang hobi masak? Hobi ngerajut? Hobi jalan-jalan? Hobi make up?

Ngeblog aja lagiiii. Banyak banget para blogger yang sukses jadi travel blogger, food blogger, biyuti blogger, random blogger (itu mahhh sayahh). Mereka semua sukses dengan hobi mereka masing-masing. 


4. Dapat Penghasilan

Masih nyambung sama no 3 juga sebenernya.

Pekerjaan apa yang paling enak di dunia ini hayo?

Pekerjaan yang paling enak itu yaa hobi yang dibayar! Kenal Mariska Prudence (salah gak sih ini nulis namanya) dia itu travel blogger yang punya hobi jalan-jalan dan dibayarin orang. Dibayarin buat jalan-jalan??? Siapa yang bisa nolak sih. 

Selain dibayarin/disponsorin orang, kita juga bisa kerja sama dengan brand untuk review produk atau pasang google adsense di blog.

5. Terapi Jiwa

Udah banyak banget buku yang mengulas bahwa menulis adalah terapi jiwa. Iya bener banget. Ketika kita galau, gelisah, punya unek-unek yang tak tersampaikan, maka blog adalah salah satu media yang bisa menampung itu semua.

Menulis bener-bener melatih hati dan jiwa untuk bicara, dan dengan bicara, emosi-emosi jiwa yang terpendam itu bisa keluar di jalur yang benar. Hihi.

Baca juga: keluh kesah saya tentang supermarket disini.

6. Menjalin Banyak Pertemanan

Blogger yang juga rajin berkomunitas tentunya punya nilai plus tersendiri yakni memiliki banyak temen. Coba deh kalau kita liat beberapa komunitas blogger, mereka sering ngadain kopdar alias kopi darat alias ketemuan secara langsung di tempat tertentu. Dan disana lah para blogger saling berinteraksi dan punya banyak sahabat baru.

7. Dapet Hadiah dari Lomba

Kalau saya sih seneng banget ikutan lomba blog. Haaa ketauan banget deh banci lomba. Tapi gak apa-apa dong. Saya seneng aja ikut lomba supaya blog saya terisi dengan aneka macam posting (walau itu adalah postingan lomba) dan pastinya bisa ngasah terus keterampilan kita dalam berkompetisi.

Dan yang paling penting, pas menang itu rasanya seneeennggg banget. Ada kebahagiaan tersendiri ketika tulisan kita terpilih jadi pemenang.

Baca juga: kesalahan fatal ketika mengikuti lomba blog disini.

8. Dapet Barang Gratis (Jadi Reviewer)

Sebenernya ini bukan hal utama sih, tapi kalau kita dapet produk gratisan dari brand kan seneng juga. Saya pernah dapet Power Bank Gratis dari Asus berkah dari ngeblog. Dan Alhamdulillah sampai sekarang power bank-nya bergunaaa banget.

9. Melatih Konsistensi

Menulis blog juga menuntut kita untuk konsisten. Apalagi program One Day One Post deh. Disitu kita dituntut supaya bisa konsisten bisa nulis satu artikel dalam satu hari. 

Bukan artikel aja sih sebenernya, apapun. Pointnya adalah bukan dari artikel-artikelnya, tapi bagaimana cara kita belajar untuk konsisten, sabar, belajar manajemen waktu, dan membangun habit yang positif, yaitu menulis.

10. Media untuk Berbagi

Gak semua yang kita tahu juga diketahui orang lain kan?

Maka dari itu, alasan lain untuk memulai blogging adalah untuk memberikan informasi kepada orang lain. Informasi itu bisa berupa pengalaman, hasil bacaan, hasil ikut pelatihan, hasil ikut seminar, hasil kuliah kita, macem-macem deh. Banyak banget yang bisa kita bagikan di dunia maya. Sekalian nabung pahala juga kan?




Nah sekarang, apa alasan kamu untuk ngeblog? Share yuk!
19 comments on "Ini Dia 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Nge-Blog"
  1. Buat menyalurkan hobi, awalnya sih
    Tapi sekarang isinya malah campur-campur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aq juga gado gado nih.. hihi ceritanya mau jadi lifestyle blogger *maksa*

      Delete
  2. Sepatu, Mbak. Eh, sepakat maksud saya ...

    ReplyDelete
  3. lewat blogging,jadi bisa keliling dunia juga hehe

    ReplyDelete
  4. Iya iya setuju sekalinya nggak update blog ada yang kurang ya Mak. Tapi dasar saya dableg, dah tahu ketagihan ya kadang nggak update, besok updatenya jadi numpuk. Bayar hutang gitu jadinya. Hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy juga kadang gtu.. makanya kalo lg mood postingannya di jadwal aja buat besok.. jd pas ga mood ada tulisan yg otomatis ke.post sendiri..

      Delete
  5. dulu memang nyalurin hobi. Dan sekarang mlh jd kerjaan yg menghasilkan

    ReplyDelete
  6. Alesannya udah di borong sama postingan teh tetty hihihi. Tapi mau nambahin, ngeblog adalah bentuk eksistensi. Orang mah update status di fb, path, twitter sama iG buat eksis, saya mah di blog aja biar puas curhatnya wekekekekee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh amy.. eksistensi itu kebutuhan manusia juga.. alhamdulillah bs dipenuhi dgn blogging.. :)

      Delete
  7. blogging is fuuuun indeed :)..saya juga sangat menikmati ngeblog...apa pun alasannya :). Haveee fuuun yoooo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hwaa ada mbak indah.. iya.. ngeblog emg fun bgt.. obat seteress pisan.. hihi :)

      Delete
  8. Replies
    1. makasih mbak udah mampir kesini :)

      Delete
  9. Saya suka nulis sebenarnya, Mbak. Tapi kok ya enggak telaten buat posting-posting. hehe. Jadi buat blog udah lama, tapi jarang ditengok. Alhasil, banyak sarang laba-laba :-D

    ReplyDelete
  10. yang no.3 samaaa...menuangkan hobi yang jadinya random blogger =D

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D