Blogging Seru: Darimana Memulai Blogging?

| On
December 23, 2015
darimana memulai blogging

“Ty, gimana sih caranya ngeblog?”

Banyak pertanyaan dari beberapa teman saya tentang blogging. Teman facebook, BBM, sampai teman sekolah dulu. Rata-rata mereka nanya bagaimana mulai ngeblog, karena mereka tahu kalau saya ini suka ngeblog dan nyebar link-nya di media sosial.

Sebenernya kalau ditanya gini saya juga bingung jawabnya, karena jawabannya simpel banget. Kalau mau ngeblog ya ngeblog aja. Apalagi platform blog gratisan banyak, tinggal pilih.

Saya sendiri pun sama, awalnya ngeblog itu ya bikin nama blog di blogspot. Waktu itu nama blog ini tettytanoyo.blogspot.com yang kemudian saya ubah jadi www.tettytanoyo.com pada bulan April lalu.

Blog saya pun sebenernya udah banyak dari zaman multiply. Cuma ya gitu, gak ke urus. Kalau gak salah postingannya juga cuma satu. Kemudian saya bikin blog waktu ikut kompetisi IIBF one month entrepeuneur yang diselenggarakan oleh Pak Heppi Trenggono, disitu disyaratkan tiap tim yang lulus tahap seleksi memiliki blog kelompok.

Selain blog buat kompetisi, saya juga bikin blog buat tugas fotografi. Jadi, setiap hasil jepretan kamera kita harus diupload di blog pribadi, dan tinggal kirim url blognya ke dosen lewat SMS.


Sesimpel itu lah blog. Ketika perlu membuatnya, ya buat aja.

Personal blog pun sama, kita tinggal membuatnya melalui beberapa flatform kemudian menulis postingan kah yang rajin dan konsisten. Menurut saya ada juga sih beberapa hal yang diperhatikan untuk blogger pemula seperti saya ini supaya kegiatan blogging kita makin seru dan juga terarah.

Seenggaknya ada 7 hal yang bisa jadi dasar untuk mulai menjadi blogger di dunia maya.

1.  Jangan lupa niat

Ini penting banget. Karena niat inilah yang menjadi dasar atau alasan saat kita menulis, dan tentunya waktu kita gak semangat ngeblog. Waktu kita inget-inget lagi bab niat, pasti ada sesuatu yang menggerakan hati untuk kembali nulis walau apapun yang terjadi.

Niat ngeblog tiap orang macem-macem. Ada yang pingin curhat, berbagi informasi, kepingin ikutan lomba, atau ada yang emang sengaja pengen nge-branding diri.

2. Membuat blog di platform gratis atau membuat domain sendiri?

Udah banyak kok platform gratis buat bikin blog. Ada blogspot, wordpress, tumblr, blogdetik, kompasiana, dll. Saya sendiri pakai platform blogspot miliki mbah google.

Alasannya sih supaya gampang aja konek dengan berbagai fitur yang ada di google, cukup bikin satu akun aja.

Kalau pun kita gak mau pakai yang gratis (ada embel-embel blogspot.com atau wordpress.com) kita juga bisa beli Top Level Domain alias domain sendiri ke jasa penyedia hosting dan domain. Gak mahal kok, masih ramah kantong. Apalagi jangka waktunya sampai setahun.

3. Membuat tema atau niche blog

In kembali ke pribadi masing-masing. Kalau yang seneng masak, biasanya blognya khusus tentang masak. Kalau suka parenting, blognya khusus tentang parenting. Ya terserah aja, kita mau nulis tentang apa. Apa yang kita suka, apa yang jadi hobi, tulis aja di blog.

Atau yang suka campur-campur kayak saya, tetep bisa ngeblog. Kalau dulu saya bener-bener campur aduk. Tapi sekarang saya batasin sih jadi 3 bahasan utama. Yaitu Mommy Diary untuk tema seputar keluarga, anak, parenting, dll. Blogging Seru, ya pastinya tentang seluk beluk blog (macam postingan ini), dan juga Weekend Review, kalau ini tentang cerita jalan-jalan atau wisata kuliner.

4. Percaya Diri

Awalnya saya malu banget buat nulis post. Malu kalau dibaca orang. Hehe. Pokoknya kita harus terus melawan rasa malu itu, hingga lama-lama terbiasa. Sebenernya sih sampai sekarang saya masih malu juga, tapi diberani-beraniin.

Kalau blogger malu-malu ya repot juga sih. Dan yang penting percaya diri itu dipupuk pelan-pelan. Bisa karena terbiasa gitu deh.

5. Bergabung dengan komunitas

Jangan lupa bergabung dengan komunitas blogger yang banyak banget di Indonesia tercinta ini ya. Di sana kita bakal dapat banyak temen sesama blogger. Liat blogger keren yang bikin kita selalu semangat dan terinspirasi.

Jadi jangan segan ikut komunitas blog ya.

6. Mau belajar

Life long learning harus terus jadi dasar apapun pekerjaannya, begitupun dengan ngeblog. Kita harus terus belajar dari orang lain. Kita bisa melihat berbagai sudut pandang ketika melihat blog orang lain. Dan kalau ada pelatihan-pelatihan blog jangan ragu untuk ikutan. Ilmunya banyak banget.

7.Konsisten

Ini sih yang paling susah. Kadang kita keburu nyerah waktu liat page view blog yang baru beberapa butir. Bahkan masih nol.

Karena kita merasa blog kita gak ada yang lirik, akhirnya kita jadi berhenti ngeblog. Ya di sinilah tantangannya. Ngeblog itu bukan pekerjaan instan, semua harus dibangun dari nol. Walaupun kita minta seorang developer web sekalipun untuk membuat blog untuk kita, yang namanya mbah google gak bisa dibohongi, semuanya by process, kita harus sabar.

Segitu kali ya, hihi, saya juga belum banyak tahu tentang dunia blogging. Jadi, baru itu aja yang bisa saya share, dan mudah-mudahan menjawab beberapa pertanyaan teman-teman.


Ada yang mau nambahin? Tulis di kolom komentar Yuk :)
1 comment on "Blogging Seru: Darimana Memulai Blogging?"
  1. aku ngerasin peningkatan banget saat udah gabung di komunitas mba. banyak ilmu dan kwan blogger baru.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D