Jerawatan Saat Hamil

| On
December 17, 2015



S:"Mbak ada bedak tabur yang no. 2?" 
BA:"Ada mbak, mau sekalian yang bisa ngobatin jerawat?" 
S: #$%^&*+_+%%#@ 

*gigit namsan tower* 


Sepenggal dialog di atas itu adalah cerita saya waktu mau beli bedak di counter alat make up dan kecantikan. Saya memang lagi cari bedak tabur, karena sesuai dengan kulit saya yang berminyak. Kalau pake yang compact powder atau two way cake, hulala wajah saya langsung berminyak. 

Jadi ya alternatifnya bedak tabur berwarna beidge. 

*atau kalau lagi darurat ya pake bedak bayi* 

Saya udah cerita ya di blog tentang kehamilan usia 10 mingguDan alhamdulillah sekarang udah masuk usia kehamilan 16 minggu. Selain mual muntah di trimester pertama, "gangguan" lain yang muncul pada saat hamil yaitu JERAWAT. 

Duh, sampai waktu saya nganter Kifah sekolah, ibu-ibu di PAUD ada yang nyeletuk. 

"Hamilnya ngefek ke wajah ya kayaknya" 

Saya udah tau lah arah pembicaraannya kemana. MUKAKU JERAWATAN.

Nanya ah, Teh Amy yang lagi hamil ngerasain juga gak sih?


Jerawatnya sih gak gede semacam jerawat batu. Justru jerawatnya kecil-kecil, tapi mungkin rapet semacam galaksi Bima Sakti. Bentuknya kecil, tapi ada juga yang jadi semacam bentol-bentol. Ada yang di daerah pipi, kening, dagu, pokoknya merata gitu lah kayak hujan di bulan Desember. 

Ganggu gak sih sebenernya? 

Hmmm.. kalau saya tipenya tuh cenderung cuek, tapi gegara diomongin orang jadi aja kepikiran. Pengennya sih ya biarin aja toh alamiah. Kalau menurut artikel yang saya baca kan ini akibat perubahan hormon saat hamil, sama halnya waktu menstruasi, suka tiba-tiba ada jerawat nongol sebiji dua biji di wajah. 

Normal kan? yang gak normal itu kalo dikomen orang trus jadi baper. 

ish..ish.. ish.. 

Trus solusinya gimana? 

Berhubung jerawat ini jadi beban pikiran (padahal sebelumnya nggak) saya jadi rajin banget bersihin wajah, pagi sama malem. Tadinya mah cuman malem doang, itu pun kalau inget dan gak ketiduran. Toh saya jarang pake make up dan jarang kemana-mana juga. 

Jadi rajin pakai night and day cream. Ini lumayan signifikan sih, walau berjerawat tapi ga keliatan kumel kumel amat. Sebelumnya saya juga pake krim malam sama siang, cuman ya gitu, males-malesan, seingetnya.

Terakhir, saya lagi nyoba terapi lemon. Iya jeruk yang harga sebijinya sama kayak salak sekilo. Jarang-jarang sih ini mah, tergantung budget. Haa. 

Sekilas info, waktu SMP dulu saya jerawatan banget, sampai akhirnya cari info buat maskeran alami menghilangkan jerawat. Dan jatuhlah pilihan ke jeruk nipis. Habis berkilo-kilo jeruk nipis, gak deng lebay itu mah. Beberapa biji jeruk nipis dioleskan ke wajah seminggu dua sampai tiga kali. 

Rasanyaaa, Rasanyaaa wajah kayak dimutilasi. Perih banget. Gatel-gatel malah. Tapi saya pikir waktu itu zat-zat pembunuh jerawat di dalam jeruk nipis sedang beraksi. Jadi saya tahan aja sakitnya. 

Hasilnya gimana? Alhamdulillah, jerawatnya ga muncul banyak lagi. Walau noda nya gak langsung hilang. Tapi wajah saya jadi enakan, minyak juga berkurang. 

Eh, ini percobaan jeruk nipis cocok buat saya tapi belum tentu cocok sama semua orang ya.. Jadi jangan ditiru plek. 

Habis trial dan error tentang jerawat itu rasanya saya gak kepingin lagi jerawatan. Tapi males aja bawaannya buat perawatan muka sendiri. Padahal setiap fase bulanan dan hamil gini. Kesehatan dan kebersihan wajah itu wajib dijaga, supaya jerawatnya gak dateng lagi. Atau minimal jadi sedikit. 

Dan jujur aja, saya jaraanggg banget perawatan ke salon atau klinik kecantikan, ya paling dulu suka facial aja sih, sekarang udah jarang banget. Padahal yang namanya buat wajah harusnya konsultasi ke ahlinya. Jangan trial and error sendiri. Untung aja trial and errornya pake bahan alami, yang tanpa efek samping. 

Kalau coba-cobanya pake produk pembasmi jerawat yang kimiawi/buatan gimana? Bisa berabe juga, kalau nyatanya jadi error melulu. 

Seenggaknya, kalau konsultasi ke dokter atau klinik kecantikan untuk konsultasi wajah kan enak. Pertama, ada komentar dari ahlinya. Kedua, produknya aman karena diawasi langsung oleh dokternya. Ketiga, masalah wajah kita jadi tuntas, gak mesti coba-coba sana sini lagi.

Itu kalau liat efek samping produk abal-abal penghilang jerawat atau pemutih wajah tuh ngeri-ngeri. Ada yang wajahnya jadi kebakar, jadi malah luka, dan lebih parah ada yang masuk UGD. 

Ya emang bener sih, kalau sesuatu tidak diserahkan pada ahlinya, tunggulah kehancurannya.

Serem amat omongannya buuu...


Balik lagi ke jerawat saat hamil ini. Mudah-mudahan cepet pergi dan jangan kembali lagi. 

Dan saya mau nanya, emang bener yah kalau udah ngelahirin itu bakal ilang sendiri jerawatanya?

*nanya serius banget*



Eh tapi kata orang-orang sih mitosnya kalau wajah ibunya jadi "jelek" anaknya itu perempuan. Katanya loh katanyaaa...


Hwaa kalau yang satu ini saya aminin aja deh. hehehe.


Ada yang mau bagi-bagi tips atau pengalaman seputar jerawat di waktu hamil? 

***

MUNGKIN KAMU JUGA SUKA BACA INI:



22 comments on "Jerawatan Saat Hamil"
  1. Awalnya ada jerawat, tapi aku pake skin care set dari oriflame teh. Namanya Optimal radiance white, *harga disko buat member* hihi.. Alhamdulillah nggak ada lagi yg ngebruntus gitu. Paling satu dua kalo nggak cuci muka hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku blm pernah pake oriflame teh.. hehe. Ada sih yg udh agak cocok, akunya aja ni yg harus istiqomah buat ngerawat wajh..

      Delete
  2. nyambung nih sama postinganku mbak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, nyambung bgt ya tentang lemon...

      Delete
  3. Aku gak bisa berbagi tips, tapi yang jelas rajin aja bersihin muka...karena kalau aku gak bersihin muka gitu lgsung muncul jeriwit...hahahaha...
    Tapi, yg jelas harus pake bedak tabur kalau pake bedak padat langsung jerawatan...hhmmm terus apa lagi ya hahhaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ceu, tapi aku teh kadang hoream gitu cuci muka.. suka ngantuk beraatss... hheuheuu

      Delete
  4. aku bulan kemarin jerawatan, Mbak. Malahan dikira efek LDRan sama suami yg sebenarnya cuma 1minggu, haha. Hamil ini hormonnya agak aneh, ga mau makan banyak, jerawatan pula :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiyaaa.. ldr an bs bikin jerawatan.. hamil skrg sy juga mual bgt, baru enakan pas udah 16 minggu ini..

      Delete
  5. aku kalau stress, kalau penelitian, apalagi pas skripsi. hancuuuurrr mukaku jerawatan. abis sidang cerah kembali hahahahaaha :D

    Ini kenapa ya :D

    ReplyDelete
  6. waktu hamil Alfi gak sampe jerawatan, tapi mendadak jadi keliatan kusam aja mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gtu ya mbak, ayo mbak hamil lagi, udah gede mas alfinya.. hehe

      Delete
  7. Pas Hamil anak perempuan aku malah butek banget, tapi pas Hamil anak laki malah kinclong. *tebalik saiya mah bawaan hamilnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo perempuan katanya emaknya jadi butek ya.. duh ada ada aja..

      Delete
  8. saya waktu SMA juga jerawatan parah Mak Tetty, sama almh. Bibi saya di beri kunyit dan alhamdulillah setelah pemakaian beberapa kali jerawatnya hilang :)

    mitos yang sama juga pernah saya dengar waktu hamil, katanya kalo ibunya cantik dan bersih saat hamil nanti anaknya laki-laki, begitupun sebaliknya..
    dan waktu hamil menurut orang-orang saya cantik sih, dan setelah lahir kebetulan anak saya memang laki-laki :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi wajahnya gak kuning-kuning gmn gtu? iya pernah denger kunyit bs buat ngilangin kuman kalo kita kena luka atau infeksi..

      Delete
  9. Aku juga pernah ngerasain dialog di awal paragraf tuh. Sebeel ya, Mbak.
    Semoga cepat pulih ya kondisi kulitnya. Fokus ke yang lain aja, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu gak boleh ya sebenrnya, bkin konsumen malah gak mood kan..

      Delete
  10. Aku waktu hamil gak jerawatan, karena perawatannya ekstra banget. Saking horornya, banyak yang bilang kalo hamil bakal begini begitu.. jadi semua2 ditemplokin ke muka. dari mulai lemon, lidah buaya, gerusan daun jambu klutuk, mentimun, sampai bedak dingin 2ribuan di pasar. Gak tau yang mana yang manjur, tapi Alhamdulillah ada yang ampuh wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. baaanyaakkk amaattt.. tp bgus klo ttp mulus, kliatan kok mamahnya jiwo ttp syantik-syantik gimana gituuu..

      Delete
  11. Nggak tahu kenapa aku kalo hamil malah body jadi langsing, muka jadi cling...ga ada jerawat...beneran. Sekarang nggak hamil, body tambah melar...muka kusem...
    apa aku harus hamil lagi?? *LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah bagus itu, hamil membawa berkah..

      Delete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D