Modal Tidur Rileks Itu Penting

| On
December 16, 2015


Fakta tentang tidur

Tidur merupakan kebutuhan manusia, cung siapa yang kuat gak tidur sehari semalem alias 24 jam tanpa memejamkan mata?

Kalau saya sih nggak deh, jam sembilan malam aja udah ngantuk berat. Siang pun harus bisa tidur walau sebentar. Kalau nggak, ya badan jadi gak enak, cepet pusing.

Tapi ada juga orang yang memang biasa tidur sedikit, gak tidur siang pula. Ya karena ritmenya sudah seperti itu biasanya gak akan ada masalah.

Tidur itu nampak sepele, sesepele liat bantal, ngantuk, kemudian nutup mata. Sadar-sadar udah pagi lagi. Begitu setiap hari. Tapi, setelah saya googling, ternyata tidur banyak memiliki hal-hal yang terjadi.

Mau tau apa aja?

*Sewaktu tidur, tubuh kita meregenerasi sel dan memproduksi hormon baru. Jadi, walaupun seakan kita ini gak ngapa-ngapain, ternyata unit-unit kecil di dalam tubuh kita justru melakukan banyak aktifitas saat kita tidur.

*Tidur adalah saatnya untuk bermimpi. Ingat ya, mimpi itu NORMAL dan WAJAR. Kalau kita gak mimpi justru kita sedang dalam kondisi tidak normal.

*Kita hanya bermimpi tentang orang yang kita kenal saja loh, baik yang masih kita ingat walaupun yang sudah kita lupakan.

*Seorang yang tuna netra pun masih bisa bermimpi, walau bukan mimpi tentang visual, mimpi seorang tuna netra berupa audio, bau, perasaan, juga sentuhan.

*Kurang tidur lebih mematikan dari pada kurang makan. Nah loh. Kita bisa meninggal jika tidak tidur selama 10 hari. Ckckckc.. serem ya.


Bahaya Kurang Tidur.

Menyambung ke poin no 5 di atas, ternyata kurang tidur justru lebih berbahaya. Cung siapa yang hobi nge-drama korea sampe jam 4 subuh?

Saya pernah loh sekali, gara-gara dramanya emang seru banget, jadi penasaran. Waktu liat jam tau-tau udah jam 3 pagi. Kepala rasanya pusing tapi nggak bisa tidur, dan efeknya saya merasa jadi zombi seharian, bahkan lebih.

Atau biasanya blogger yang hobi banget posting lomba mepet DL –tunjuk idung sendiri- pasti aja jadi lanjut begadang dan jadi kurang tidur.

Efek begadang juga ternyata banyak, sistem kekebalan tubuh kita bisa menurun jadi cepet sakit. Selain itu, kebanyakan begadang juga mempengaruhi kesuburan khsususnya bagi perempuan, dan juga bisa meningkatkan berat badan. Bisa aja waktu begadang itu kebanyakan ngemil karena lapar, jadi aja gemuk dan penyakitan, hahaha, ini mah diri sendiri banget deh ah.

Selain mempengaruhi fisik, kurang tidur juga bisa mempengaruhi kondisi emosi. Seharian kita bisa jadi bad mood dan kurang konsentrasi, uring-uringan, marah-marah, pokoknya suasana hati berubah jadi buruk.

Gak mau kan seharian bete gegara kurang tidur?

Sebenernya penyebab susah tidur bagi saya itu lebih ke cuaca yang membuat tidur tidak nyenyak. Apalagi cuaca panas, aduh itu bikin tidur gak nyaman banget, sering kebangun juga tengah malam karena kepanasan.

Sebelumnya saya pernah nulis di sini tentang bagaimana tidur nyaman di cuaca panas.

Mengapa tidur rileks itu penting?

Nah, jadi tidur dalam keadaan rileks dan nyaman itu penting banget. Apalagi setelah tahu bahaya buat kesehatan fisik dan mental. Tidur rileks itu jadi penting banget. Saya sendiri, walaupun tidak bekerja di luar rumah tetap harus memiliki kesehatan fisik dan mental yang prima demi ‘kewarasan’ mengurus anak dan juga merawat rumah. 

Selain itu, sebagai blogger *ecieeehh* menjaga mood supaya bisa produktif nulis hukumnya fardhu ‘ain, kalau nggak, ya blog ini bisa terbengkalai karena gak bisa konsentrasi untuk nulis.

Cara memilih sprei yang nyaman

Tentang memilih sprei yang nyaman sudah saya bahas juga di postingan sebelumnya. Sprei yang nyaman adalah kunci untuk mendapatkan tidur yang nyaman. Seperti yang udah saya ceritain di postingan ini ya, keluarga saya kebanyakan drama kalau mau tidur, drama BONGKAR PASANG SPREI. 

Mwaahaaa.

Sprei yang nyaman menurut saya terdiri dari bahan yang nyaman, adem, dan juga lembut. Pokoknya gak bikin panas pas dipake deh. Asli! Kalau yang bikin gerah itu pasti langsung saya copot spreinya dan gak saya pakai-pakai lagi. Kan jadi rugi udah beli mahal-mahal tapi gak dipake.

Tapi sekaraanggg....

Untuk urusan sprei saya udah ketemu yang klik dong! IYES.

Klik banget sama Grand Shamira. Selain kualitas bahan yang bagus, motifnya juga banyak. Dan yang penting lagi, Grand Shamira ini produk lokal alias PRODUK DALAM NEGERI SENDIRI. Harganya terjangkau di kantong dong. Alhamdulillah..

seprai grand shamira


Milih sprei emang mirip-mirip seperti milih jodoh, kadang bahannya kita suka tapi motifnya nggak. Motifnya kita suka, bahannya bikin ilfeel. Yaaa gitu deh. Serba salah dan dilema.

Jadi, kalau saya milih sprei yang dilihat adalah bahan dan motifnya yes. Biar klik dua-duanya. Gak uring-uringan kalau mau tidur.

Satu lagi, Grand Shamira juga lagi baik banget untuk kita semua. Beli sprei Grand Shamira bertanda khusus bisa pergi berangkat Umroh.

Baca persyaratannya di sini yaa.

Tidur rileks dengan kasur yang tepat

Selain memilih sprei yang berkualitas, nyaman dan adem, tidur rileks juga perlu ditunjang dengan kasur yang pas nyamannya.

Iya dong, masa spreinya udah kece, tapi kasurnya gak oke.

Untuk merk kasur yang satu ini pasti udah gak asing pake banget. Dari zaman saya kecil sampe sekarang masih bertahan dengan kualitas kasurnya.

Jadi inget, kalau dulu seserahan itu pakai bawa kasur segala ke rumah calon mempelai perempuan. Kasurnya di gotong ke rumah mempelai perempuan sebelum hari H akad nikah. Dan biasanya merk ini nih yang jadi andalan kalau tetangga-tetangga saya mau seserahan.

*kecil-kecil udah jadi pengamat kasur*

Apa coba merknya?

Iyes! CENTRAL SPRINGBED.

Merk ini udah lama banget ya kita denger di dunia per-kasur-an Indonesia. Produknya udah tersebar dimana-mana, dari toko tradisional di pasar-pasar sampai di toko-toko modern.

Selain bahannya yang lembut dan motifnya yang anggun, Central Springbed juga memiliki harga yang cukup terjangkau.

central spring bed


Coba cek harganya di sini.

Ayo, yang mau beli kasur buat seserahan bisa lirik Central Springbed.

Colek calon penganten Ceu Handdriati.

Hwaaa...

Sprei Grand Shamira dan Central Springbed udah jadi pasangan yang serasi nih. Se-serasi diriku dan dirimu #hiyaaaa

Serasi untuk membuat tidur kita rileks, nyaman, dan berkualitas.

-----

Sok atuh yang lagi cari kasur dan sprei buat kehidupan baru di 2016 *uhuk* tengok sini dulu.


Yuk ah,

“Tidur sehat, nyaman, dan sempurna”







11 comments on "Modal Tidur Rileks Itu Penting"
  1. pantesan dari tadi geli-geli ternyata kamu colek colek disini ceu hahaha....
    kebetulan lagi cari seprei buat pelengkap seserahan *eh* ahhahaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ceu dipilih motifnya.. harganya juga cucok dikantong.. beneran

      Delete
  2. iya mba.. saya juga termasuk orang yg susah tidur. kalau diganti seprei yang cantik spt di atas, pasti jadi betah deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak kalo sepreinya bagus dan nyaman pasti jd ngantuk.. hihi

      Delete
  3. Aku baru tahu kalau kasur juga jadi seserahan, kalau dulu sih sepreinya aja gak sama kasurnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak indah, sampe tempat tidur sama lemari juga. Malah kalau jaman mamah mertua tempat tidur sama lemarinya dgotong manual sm org rame rame

      Delete
  4. tidur memang penting ya.. terutama buat busui kaya saya nih, krg tidur mmg bikin uring2an.. *pamer mata panda

    ReplyDelete
  5. Habis beli 2 set langsung untuk anak gadis. Sekarang bangkrut, punyaku sendiri udah jelek banget padahal. Anak yg utama :))

    ReplyDelete
  6. Pas nih, saya lagi susah tidur belakangan. Ujung-ujungnya gampang sakit :'(

    ReplyDelete
  7. Kebeeneran banget lagi cari bed buat anak-anak...pasti jodohnya ya sama sprei yah. Coba cari Shamira, aah..

    ReplyDelete
  8. Saya bednya udah central, tinggal sepreinya nih yg belim shamira :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D