The Power of Social Media dan Pelayanan Gangguan Listrik PLN

| On
January 09, 2016
pengaduan pelayanan gangguan listrik PLN

Kenal PLN kan? alias perusahaan listrik negara? ha ya pasti dong,kecuali lahir di tahun sebelum Thomas alfa edison menemukan bola lampu.

PLN atau Perusahaan Listrik Negara adalah perusahaan negara yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa penyediaan listrik/energi untuk masyarakat. Rumah tangga, UKM, perusahaan besar, sekolah, kampus, hampir seluruh kegiatan hidup manusia ditopang oleh listrik yang disediakan oleh PLN.

Tanpa ada listrik bahkan saya gak akan bisa nulis postingan ini. 

Iya kan?

Sebagai konsumen listrik, saya bersyukur negara kita sudah melayani masyarakatnya dengan baik khususnya untuk pemenuhan sumber energi. Walaupun katanya, di beberapa daerah di Indonesia masih sulit dijangkau oleh listrik. Mudah-mudahan sih segera teratasi ya.

Tapi memang, kinerja PLN sampai sekarang masih perlu perbaikan, karena di beberapa daerah pula (termasuk daerah tempat tinggal saya sekarang, kabupaten Bogor) tenaga listrik yang disuplai oleh PLN belum sepenuhnya optimal. Seringkali terjadi pemadaman listrik, apalagi ketika turun hujan.

Teman saya yang tinggal di Provinsi Jambi pun merasakan hal serupa, masih sering terjadi pemadaman listrik, padahal lagi butuh-butuhnya listrik untuk kegiatan sehari-hari.

Belum lama, saya pindah ke daerah Tajur Halang, kabupaten Bogor. Karena saya pindah ke perumahan yang baru saja dibangun, listriknya juga baru dipasang sekitar satu minggu oleh PLN. Dan ternyata listrik yang dipakai menggunakan sistem token/pulsa. Sebelumnya sih saya pakai listrik biasa yang pakai abodemen (pasca bayar).

Jadi ceritanya pada suatu malam, listrik di rumah saya mati. 

Dan malam itu memang sedang turun hujan. Saya dan Abbiy sih cuek-cuek aja, soalnya biasa mati listrik kalau sedang hujan.

Keanehan terjadi ketika hujan mulai reda, dan abbiy pergi keluar rumah. 

LAMPU RUMAH TETANGGA NYALA TERANG BENDERANG.

Loh?

Kok Bisa?

Pas kita lihat nih, ternyata Kwh Meter rumah gak nyala. Biasanya kan ada lampu hijaunya gitu. Ini mah mati banget. Ga ada tanda kehidupan.

Setelah minta tolong tetangga yang ngerti listrik, ternyata emang bener, Kwh meter rumah kita mati total. Dan ia berniat untuk menghubungi kenalannya yang bekerja di PLN. 

Malam itu sudah menunjukkan jam 8 malam. Saya pesimis, mana ada petugas PLN yang masih jaga, mana lagi hujan gini, gerimis rintik-rintik.

Abbiy googling no telpon PLN. Dihubungi satu satu, tapi gak ada yang nyambung. Wajahnya mulai desperado. 

"Yaudah coba ditweet aja ke PLN," Abbiy nyuruh saya ngetweet ke akun @pln_123.

Emang sih biasanya kalau ada pemadaman saya langsung mensyen akun @pln_123 dan langsung direspon.

pelayanan pengaduan gangguan PLN

akhirnya saya ngetweet



Setelah ngetweet, saya nunggu balesan adminnya. Lumayan agak lama, mungkin karena udah malem.

Lalu munculah notifikasi, ada balasan dari PLN.

Saya diminta memberikan data diri dan ID pelanggan ke email PLN.

"Bi, ini disuruh email" kata saya.
"Yah masa ngimel, minta no telepon aja gitu" Jawab Abbiy.

Saya ragu sih, mau ngimel apa nggak. Gak yakin banget imel-imelan malem-malem sama PLN.

Tapi yasudahlah, saya imel data diri dan ID pelanggan.

Saya nunggu lagi.

Gak lama ada imel masuk, pasti dari PLN, eh beneran aja.

Diimel sebelumnya, saya sudah memberikan data diri dan id pelanggan, dan juga menceritakan kronologis gangguan listrik di rumah saya. Admin PLN nya kemudian meminta saya memeriksa Kwh meter, tapi saya tegaskan sih, emang mati total, gak nyala sama sekali, besar kemungkinan kwh meternya rusak.

pelayanan pengaduan gangguan PLN


Karena Abbiy gak sabaran saya cuman imel-imelan sama admin @pln_123, akhirnya abbiy memutuskan untuk ke kantor pelayanan listrik PLN Bojong Gede yang ada di daerah Pabuaran. 

Hujan rintik, becek, gelap, nekat naik motor. 

Yaudah sih ya, saya masih pasrah aja, gelap-gelapan plus banyak nyamuk.

Selang beberapa menit, Abbiy udah nyampe lagi ke rumah.

"Udah laporannya?" Tanya saya.
"Nggak, tadi di tengah jalan ada yang nelpon dari PLN, katanya mau ke sini"

Huwow, hampir jam 9 malam, petugas PLN mau ke rumah.

Dan benar saja, sebuah mobil MVP dengan tangga panjang di atasnya berhenti di depan rumah. Mobil yang bertuliskan logo PLN. Petugas berseragam biru langsung mengecek Kwh meter.

Petugas PLN yang datang malam itu dua orang, yang satu mengecek Kwh meter dan yang satu lagi manjat tiang listrik.

Kondisi masih gelap, hujan masih aja turun walau gak terlalu deras. Petugas PLN naik ke tiang listrik mengecek kabel listrik yang tersambung ke rumah. 

Dan benar saja, KABEL LISTRIKNYA PUTUS.

Pantesan Kwh meternya gak nyala, orang gak ada aliran listriknya. Gak sampai 15 menit kabelnya dibenerin, dan taadaaa...

......

LISTRIKNYA KEMBALI NYALA.

......

pelayanan pengaduan gangguan PLN

Saya salut dengan petugas PLN yang datang malam-malam ke rumah, padahal pikir saya awalnya paling listriknya dibenerin besok pagi waktu jam kerja. Tapi nggak,petugas PLN sigap datang ke lokasi yang sedang bermasalah listriknya.

Malah tetangga saya sampe heran,

"Kok bisa PLN ke rumah jam segini? Ngehubunginnya pake apa? biasanya ditelpon itu susah banget"

Saya dan abbiy sih senyum aja, dan bilang kalau ngehubunginnya pake twitter. Gak tau deh tetangga saya itu kenal twitter atau belum.

Yang jelas malam itu hati saya lega, listrik udah nyala lagi. 

Jadi, buat yang listrik di rumahnya bermasalah, jangan ragu untuk mensyen akun twitter resmi PLN.

Yaitu @pln_123
Untuk email pengaduan: pln123@pln.co.id

Adminnya fast respond, kita sabar aja buat ngimel dan ngasih data diri dan ID pelanggan. 


Makasih ya PLN, gak nyangka ya, jaman sekarang akun twitter lebih ampuh dibanding nomor telepon.

......

Ada yang mau berbagi pengalaman serupa? Tulis di kolom komentar yuk :D




6 comments on "The Power of Social Media dan Pelayanan Gangguan Listrik PLN"
  1. Serasa dpt oase baca tulisan ini. Hihihi. Biasanya kebanyakan komplain. Semoga PLN lebih baik ke depannya ya, Mbak. Terima kasih apresiasinya :)

    ReplyDelete
  2. Aku juga pernah malem-malem telpon PLN karena listrik di rumah mati, ngisi pulsa ga masuk....akhirnynya petugasnya datang, kwh meter di utak atik pake kode...eh nyala lagi deh.
    Bersyukur PLN sekarang sudah lebih baik..

    ReplyDelete
  3. belum pernah mengalami yang seperti itu Mbak :)
    tapi salut sama pegawai PLNnya yang mau datang malam-malam ditengah gerimis untuk memberikan pelayanan kepada pelanggannya *jempol*

    ReplyDelete
  4. Komen buat komennya Tarie Tarr: Loh... Lestari pegawai PLN tho?

    Wah, paling ayu sak-PLN Semarang :)))

    ReplyDelete
  5. di sini aku gpke listrik PLN, tapi follow akunnya juga haha

    ReplyDelete
  6. Wah, twitter sangat membantu, ya? :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D