Blogging Seru: Kalau Otak Lagi Kusut, Ya Ngeblog Aja!

| On
February 03, 2016

 Hallo readerrrsss...

Sesuai janji saya minggu kemarin, kalau di label Blogging Seru tiap hari Rabu, saya akan menulis, review, ngomentarin atau apalah itu, sebuah blog yang suka saya baca.

Dan di edisi review blog perdana ini, saya ingin mereview sebuah blog yang kebanyakan isinya tentang ceritaaaa...

Haa iya nih, empunya blog ini orangnya demen banget cerita, sampai hal-hal kecil juga diceritain, dari Koper suami yang ketinggalan, anaknya yang foto bareng Nanny-nya di Daycare,  sampai cerita tentang operasi plastik.

Si Mbak yang satu ini asli orang Indonesia, tapi nyatanya sekarang karirnya meroket di Negaranya Kate Middleton.

Perkenalkan, Blog perdana yang saya review adalah:







Siapa dibalik Blog?

Saya sendiri kurang ‘ngeh’ kapan saya ketemu blog nayarini.com. Tapi saya lebih inget sama tag linenya sih “Otakku Kusut” haa udah kayak kaset aja kusut. Jangan-jangan Mbak Naya emang suka benerin kaset kusut pake pensil diputer-puter.

Mbak Nayarini, hasil kepo dari akun FB pribadinya


Mbak Naya ini asli Indonesia peranakan Jawa yah kayaknya, dan sekarang menetap di Inggris karena memang menikah dengan orang sono.

Dulu saya pernah baca buku tentang “Nikah Sama Bule” waktu awal kuliah. Isi bukunya tentang perempuan Indonesia yang memang menikah dengan warga negara asing. Banyak cerita kocak, seru, sampai yang bikin terharu. Nah, waktu pertama kali buka trus kepo-kepo blognya Mbak Naya, eh ternyata Mbak Naya ini nikah sama bule. Jadi keinget lagi deh sama buku itu.

Karena Mbak Naya ini seorang Working Mom, Mbak Naya juga sering cerita tentang anak semata wayangnya Ethan yang sehari-hari dititip di Day Care. Malah Mbak Naya pernah cerita kalau dia cemburu sama Nanny-nya Ethan waktu ngaplod foto bareng Ethan.

Ini foto yang bikin Mbak Naya cemburu 


Suka yang Panjang-Panjang

Tipikal tulisan Mbak Naya itu panjaangggg, jadi kalau cerita itu sampai detail banget, kejadian per kejadian. Mungkin daya ingat Mbak Naya ini emang tajem, atau emang Mbak Naya suka cerita banget orangnya?

Cerita panjang bergaya “Aku-kamu” ini emang kadang suka bikin “duh, kapan selesainya ceritanya?” Tapi teuteup sih saya kalau baca suka ampe abis, soalnya penasaran sama endingnya.

Itu ngetiknya lama apa nggak sih Mbak? Soalnya saya kalau nulis gak bisa panjang (perasaan udah panjang, tapi pas dibaca jadi pendek) haha.

Ya jadi kalau baca tulisan Mbak Naya itu pasti panjang deh. Ada openingnya, ada tengahnya, ada endingnya. Apalagi kalau cerita tentang kejadian, jalan ceritanya meliuk-liuk gitu. Tapi ada juga beberapa cerita yang pendek, gak melulu panjang.
                                      
Tinggal di Enggreeesss

Seperti yang saya udah bilang di atas ya, Mbak Naya ini tinggalnya sekarang di Inggris. Karena memang menikah dan bekerja di sana. Mbak Naya suka posting juga sih tentang kehidupan di sana. 

Dan menurut saya itu menarik banget. Karena saya jadi tau tentang budaya, keadaan sosial negara lain, kalau bisa nanti makin banyakin lagi tulisan tentang itu ya mbak, haa request ini. Apalagi kalau nanti Ethan sekolah, ceritain juga tentang pendidikan di sana ya Mbak. Sapa tau bisa jadi referensi.


Tentang Ethan

Ethan udah bisa naik sepeda belum? Ini di Indonesia lagi musim banget sinetron balapan. Mau ikutan nggak? *dikeplak sama emaknya*

Mbak Naya ini punya anak laki-laki yang masih balita, namanya Ethan.





Mbak Naya pernah nulis tentang rasanya punya anak bule look. Kalau di Indonesia kan udah jadi artis aja ya tampang bule dikit juga, tapi kalau kata Mbak Naya sih, ya kalau di Inggris yang bule-bule ya emang ‘pasaran’ jadi gak ada yang spesial. Kalau mau terkenal ya harus dengan prestasi, hoo Mbak saya setuju banget. Di Indonesia kebanyakan artis itu asal wajah indo udah langsung jadi selebriti, ya prestasinya sih wallahualam. Walau memang ada juga yang tampang dan prestasi sinkron, tapi bisa diitung juga sih yang kek gitu.

Jadi pengen ketemu deh sama Ethan.

Beasiswa

Salah satu yang menarik di blog Mbak Naya ini adalah tentang beasiswa. Iya lah secara saya pun tipikal yang akademik oriented, bahkan sampai sekarang masih. Dan selalu berharap kalau suatu saat saya bisa melanjutkan pendidikan dengan beasiswa. Aaminn. *kemudian inget umur*

Mbak Naya tinggal di Inggris juga berkat kegigihannya nyari beasiswa. Ternyata beasiswa yang mengantarkan Mbak Naya bisa berkarir seperti sekarang.

Kalau mau tau beasiswa apa aja yang didapat sama Mbak Naya, silakan ubek-ubek aja blognya ya. Lumayan banyak lah postingan tentang beasiswa dan pengalaman Mbak Naya kuliah di luar negeri.

Nah, buat yang lagi berburu beasiswa berikut pengalaman-pengalamannya, bisa banget mampir ke blognya Mbak Naya.

Tentang Perjuangan


Mbak Naya juga sering cerita tentang kehidupannya di masa kecilnya. Tentang ibunya, tentang keluarganya. Mbak Naya keliatan udah dididik mandiri dari kecil ya, dan si Mbak ini sering banget masak masakan Indonesia di Inggris karena  merasa dirinya anak “Tukang Warung” haha. Jadi, kalau cuman bikin adonan Bakwan, si Mbak Naya jagonya.


Di postingan terakhirnya, Mbak Naya cerita tentang bikin gudeg Jogja ala Eropahhh.


Penampakan Gudeg Eropa ala Mbak Naya. 


Mbak Naya pernah dapet beasiswa waktu lulus SMA, tapi sedihnya Mbak Naya gagal  bekerja di tempat yang dijanjikan oleh penyelenggara beasiswa. Mbak Naya malah dapet kerja di tempat yang lain, kemudian bekerja di perusahaan Korea, hingga melanjutkan studi sampai ke Inggris.

Skenario-Nya emang nggak terprediksi. Disitu saya jadi belajar, dimana ada kemauan keras, akan selalu ada jalan. Dan cerita-cerita tentang itu semua Mbak Naya tulis di Blog. Nggak tersurat tentang perjuangan Mbak Naya sih, tapi kalau kita bisa ambil pelajaran, ya gitu deh. Banyak jalan menuju Roma asal kita mau berusaha. Ciee bijak amattt, hihi.


Pricilla Chan

Kalau menurut saya, Mbak Naya ini wajahnya asia banget. Yaiyalah, Indonesia kan emang ada di Asia, kapan pindah ke benua Australia. Khas banget wajah asia lah pokoknya, coba aja liat fotonya Mbak Naya hasil kekepoan saya.

Selintas saya jadi inget wajahnya istri Mark Zuckeberg, Pricilla Chan. Kalau Pricilla sih emang asli orang China, tapi sebelas dua belas lah sama Mbak Naya, oriental-oriental gimana gitu. Ini menurut aku loh Mbak, ya gak apa-apa lah mirip sama istri yang punya facebook. Siapa tau ketularan juga bekennya, *eh.

 Foto Mbak Naya pake Toga


Priscilla Chan dan Mark Zuckeberg


Haa ini maksa banget yaaa.. Bilang mirip ajalah please.. -____-




Ayo dijawab!

Karena review blog-nya suka-suka yang punya blog, jadi gak apa-apa dong ya kalau saya juga nodong pertanyaan suka-suka. Abis kalau harus wawancara dulu sayanya belum bisa, jadi dijawab dikolom komentar aja ya Mbak, nanti aku kopas lagi ke postingan.

Suka penasaran aja sih kalau baca blog orang tuh, ada aja yang pengen ditanyain. Buat Mbak Naya, ada pertanyaan titipan sponsor nih. Wkwkwk.

*Kenapa mbak suka nulis blog detail-detail banget, gak pegel gitu Mbak ngetiknya?

*Apa sih mbak yang paling mbak suka dari ngeblog?

*Biasanya Mbak kalau ngeblog itu kapan aja nulisnya? Waktu di kantor atau di rumah?

------

Baca blognya Mbak Naya itu serasa didongengin, walau kadang sampe nguap-nguap gitu bacanya, haha. Etapi tetep seru sih, apalagi kadang ceritanya suka kocak.

Kalau buat tampilan blognya sih udah enak dibaca, cuman kadang suka ada typo-typo dikit di tulisannya, *ah aku juga suka typo deng kalau buru-buru nulisnya*

Buat yang seneng baca cerita sehari-hari, yang ringan, walau kadang ada juga isinya yang agak berat, mampir ke blognya Mbak Naya deh, banyak postingan yang seru buat dibaca.


Salam kenal ya Mbak, teuteup cerita-cerita lagi seperti biasanya. Semoga suatu saat bisa kopdaran, entahlah dimana kopdarnya.Wkwkwk.  Salam cup cup buat Ethan.


Salam Blogger juga, ditunggu postingan selanjutnyaaaa...  



13 comments on "Blogging Seru: Kalau Otak Lagi Kusut, Ya Ngeblog Aja!"
  1. Yeayyy... dapet satu rekomendasi baru blog yg oke buat dibaca :))

    ReplyDelete
  2. Langsung add ke feedly nih

    ReplyDelete
  3. jd penasaran sma blognya :)

    ReplyDelete
  4. meluncur ke blognya mbak naya..

    ReplyDelete
  5. Melipir ke blognya Mbak Naya :D

    ReplyDelete
  6. KU MALAH GAK BISA KONSEN NGEBLOG KALAU LAGI KUSUT Mba... Blank gak yahu apa yang mau ditu;is..

    ReplyDelete
  7. Pertama-tama, mari kita panjatkan… eh salah ya. Pertama-tama makasih banyak sudah memilih Otakkukusut jadi blog pertama yang dikupas tuntas di program Rabu Blogging Seru! Senangnyaaaa… lalala lala

    Yang kedua, menjawab pertanyaan-pertanyaan titipan, to the point aja yah (nanti jadi panjang kalo ga haha):

    1) *Kenapa mbak suka nulis blog detail-detail banget, gak pegel gitu Mbak ngetiknya?

    Jawab:
    Hehe, pegel sih enggak, cuma capek aja, eh sama aja ya haha.

    Ga kok becanda. Mungkin karena aku kalo ngetik lumayan cepet jadi ngetik banyak ga pernah berasa. Kecepatan ngetik ini mungkin yang berpengaruh banyak kenapa aku suka posting panjang-panjang tapi ga berasa kalo udah ngetik panjang, hehe.

    Alasan yang lain, mungkin karena setiap kali muncul sebuah topik postingan di kepala, aku langsung analisanya dari semua sudut pandang haha. Kalo tiap sudut pandang dibahas, ya tau sendiri akibatnya, tulisannya jadi panjang *pembaca pingsan*.

    Selain itu, mungkin karena terbiasa mengikuti pola intro-inti-penutup, jadi hampir rata-rata postingan otakkukusut berpola sama. Ada pembuka, ada bahasan inti topik, dan ada penutup. Meski beberapa ada juga yang di luar pakem, ini kalo lagi eror mungkin bloggernya hehe.

    Nah, kalo pas temanya agak berat, atau berbau kontroversi, biasa aku lebih hati-hati dan membatasi scope pembahasan dengan disclaimer di mana-mana. Kalo ga, bakalan banyak celah untuk didebat. Mungkin karena aku terlalu sibuk nutup celah-celah ini, jadi postingan makin panjang deh. Masih perlu belajar banyak pastinya untuk bisa membahas topik dengan ulasan yang lebih pendek tapi intinya tersampaikan, ga pake muter-muter.

    Kalo postingan iseng yang isinya lucu-lucuan aja sih biasanya pendek. Kalo kepanjangan kan ga lucu lagi yah, malah garing.

    Udah gitu aja jawabnya untuk pertanyaan #1, ntar kepanjangan haha…

    ReplyDelete
  8. 2) *Apa sih mbak yang paling mbak suka dari ngeblog?

    Jawab:
    Banyak! Eh yang ‘paling’ doank yah, hehe. Hmm, apa yah. Ngeblog itu bikin otak ga kusut lagi.

    Artinya, daripada cuma komentar pendek-pendek mengenai sebuah topik, yang mana rata-rata tulisan pendek itu riskan untuk disalahtafsirkan, aku lebih suka membahas sebuah topik dengan panjang lebar dalam sebuah tulisan utuh. Kan lagi kekinian tuh ya di sosmed apa-apa yang lagi heboh dibahas di mana-mana. Trus pada berdebat deh, yang rata-rata perdebatan itu selalu ga berujung. Daripada ikut-ikutan berdebat yang seperti itu, aku mending bahas sendiri aja mengenai pendapatku terhadap topik tersebut, di blog. Jadi bisa mengutarakan opini, pendapat, kalo bisa sukur-sukur ngasih saran, atau berbagi ilmu dan pengalaman. Siapa tahu bisa lebih bermanfaat dibandingkan kalo cuma urun komen satu dua kalimat di sosmed. Tapi sekali dua kali ikutan komen pendek juga boleh-boleh saja lah. Walaupun masih kurang puas aja hehe.

    Kalo boleh kasih satu alasan lagi kenapa suka ngeblog, karena nambah temen :-)

    Gara-gara punya blog, jadi bisa kenal dengan banyak orang hebat di luar sana yang ternyata mau berteman dengan tulus jadi kita bisa ikutan belajar banyak dari kelebihan-kelebihan mereka. Ciehhh *awas ini pencitraan*

    3) *Biasanya Mbak kalau ngeblog itu kapan aja nulisnya? Waktu di kantor atau di rumah?

    Jawab:
    Dulu pas belum punya anak, lebih sering ngeblog di rumah, sebelum jam tidur, sama kalo pas wiken dan pas ga ada acara ke mana-mana, sementara suami tercinta sibuk nonton acara olahraga kesayangan di tv dan istrinya dicuekin, heu heu. Kadang-kadang juga dulu suka ngeblog di kantor pas jam maksi.

    Sejak punya si Ethan, aku batasi pake laptop/ipad/hp di rumah supaya Ethan juga ga minta ‘screen’ sering-sering. Karena penerapan batasan waktu screen-exposure ini, yang mana ortu harus ngasih contoh ke anak hehe, jadi ya jarang banget pake laptop di rumah. Bahkan lebih seringnya emaknya ikutan ketiduran pas ngelonin, kapan ngeblognya donk nih hehe.

    Untuk menyiasati problema ini #halah, sekarang seringnya ngeblog di kantor saja. Kalo pagi sebelum mulai kerja dan kantor masih rada sepi, biasa pertama-tama ngecek email kantor dulu, trus ngecek blog. Kalo pas mood-nya bagus, bisa ngedraft postingan pagi-pagi. Kalo pas mood-nya jelek kadang ga ada kemajuan draft-nya hehe.

    Ide postingan dari mana? Banyak, dari mana-mana, dikumpulin dulu aja. Biasanya kalo pas ada ide muncul, aku langsung ketik di note hp, judul sama kerangka kasarnya. Kalo ada waktu, coretan di hp ini aku pindah ke draft di blog. Jadi ga pernah kehabisan ide ngeblog, lha draftnya udah banyak hehe. Saat ini ada sekitar 50-60 an draft yang masih terbengkalai. Hiks.

    Nah, kalo pas jam maksi dan ada mood nulis, biasa aku pilih satu draft yang siap dilanjut. Kalo di otak semua ide nulis udah ada dan siap tuang, dalam artian intro udah jelas, yang mau dibahas alurnya udah jelas, dan penutup (biasanya pernyataan sikap, hehe) juga udah mantap di hati, pas ngetik ngalir aja gitu semuanya keluar.
    Ngelarin satu tulisan biasanya cepet kalo idenya udah utuh di kepala. Yang susah itu biasanya ngedit. Butuh waktu agak lama. Kalo buru-buru biasa emang masih banyak typo, atau alurnya mbulet gitu deh. Kalo malas moles lagi ya udah langsung tayang. Jadilah postingan yang kurang bermutu hehe.

    Tapi kalo pas ada waktu banyak dan otaknya lagi lempeng, proses editing biasanya lancar jaya. Typo ga ada, alur cerita jelas, dan penutupnya ajib. Jadilah sebuah postingan yang bermutu. Tapi yang kayak gini biasanya jarang banget haha.

    Sebagai penutup, intinya Otakkukusut masih jauh dari sempurna. Bloggernya masih harus terus belajar memperbaiki konten, dan masih harus belajar jadi blogger yang lebih baik. Dukungan pembaca dan teman-teman baik non-blogger maupun blogger juga sangat berpengaruh.

    Akhirnya, terima kasih banyak atas kunjungannya ke Otakkukusut, mudah-mudahan postingan-postingannya memberi manfaat *awas, ini pencitraan lagi* hehe.

    Maaf panjang #ditimpuk

    salam,
    Priscilla Chan

    ReplyDelete
  9. Haha,panjang lg mbak,tp aq termasuk salah satu org yg kepo bgt sama blog mba naya,dulu bisa nemu blog mba naya dr postingan ttg kawat gigi.walau blm jd bloggers aq suka bgt baca blog orang.salam kenal mba naya dan mba tety

    ReplyDelete
  10. Waaah thank you banget rekomendasinya, kebetulan sdg berburu beasiswa utk anakku. Aku cuma mengijinkan anakku kuliah di UGM, almamaterku & suami. Kalau nggak mau, ya dia harus cari beasiswa di luar negeri aja. Jebakan batman akal2an ibunya sih sebenarnya krn nggak mau pisah dg anak kecuali ada yg worth it utk dikejar hahaaa. Tapi kalau otak lagi kusut, aku malah nggak ngeblog, takut salah omong.

    ReplyDelete
  11. Membacanya asik bener mbak.. Gak bosenin bahasanya, keren dah. Oh ya, mau dong nyobain Gudeg ala Eropahhhnya mbak Naya.. :D Thanks to inspire me

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D