Blogging Seru: Mengatur Waktu Ngeblog sambil Ngurus Anak

| On
February 24, 2016
tips ngeblog sambil ngurus anak

Sebelumnya saya ngeluh kalau sekarang hampir susah punya waktu untuk ngeblog. Disamping kehamilan yang makin besar, kakak kifah juga selalu minta perhatian. Entah sekedar ditemenin belajar, diajak ngobrol, atau minta diempok buat bobo siang.

Duh padahal pernah nulis ini: Manajemen Waktu Ngeblog Ibu Rumah Tangga.

Tapi semua berubah seiring berjalannya waktu ternyata.

Waktu buat ngeblog nyaris gak ada di siang hari. Kalau malam Insya Alloh ada waktu, soalnya kifah udah tidur, tapi kan sayanya juga ngantuk? Kalo ngantuk boro-boro buka laptop, gak konsentrasi sama sekali.

Udah gitu saya ini bukan tipe begadang team. Saya gak bisa ngerjain apapun malam-malam kecuali darurat atau terpaksa.

termasuk waktu ngerjain skripsi sama tugas kuliah, kalo mepet banget dipaksa begadang, tapi setelah itu saya menjelma jadi zombie selama 7 hari.

Lama kelamaan saya jadi gak enak, apa daya udah ketagihan ngeblog, gak posting seminggu sekali itu udah merana banget rasanya. Hahaha leb4yyy.



Blogging udah bikin kecanduan, apalagi sekarang hilal rupiah sudah terlihat dari blog ini..*eh dasar blogger matre* Ya gapapa lah ya, mayan buat bayar biaya pulsa internet sama perpanjang domain. 


Alhamdulillah, dengan berjalannya waktu, kesibukan demi kesibukan, kendala demi kendala, ritme menulis pun mulai terbentuk dengan sendirinya.

Tips dari saya untuk mengatasi manajemen waktu ngeblog ditengah kesibukan ngurus anak adalah:

1. Niatin ngeblog, walaupun kepaksa

Pokoknya harus niatin posting walau cuma nulis beberapa paragraf, meskipun postingan ngalor ngidul, paksa aja dulu buat nulis. Biar gak bablas banget nantinya justru tambah males.

Karena kalau gak nulis sama sekali dalam waktu yang lama, otomatis bakal keterusan. Bahasa gaulnya mah “Allohuma Paksakeun”


2. Tulis ide yang melintas

Catat ide di gadget atau notebook. Selintas ide pasti sering terjadi bahkan waktu kita cuci piring sekalipun. Nah ide itu jangan lupa dicatat di gadget supaya gak hilang dari ingatan.

Bisa menulis idenya saja, topik, atau rencana judul. Atau bisa juga sekalian dengan outline tulisan. Jadi pas ada waktu nulis gak ngeblank dan cuma ngetik "MAU NULIS APA YAAA..."


3. Ngeblog via Gadget

Awalnya saya ini adalah blogger anti ngeblog di gadget garis keras. Jadi kalo ngeblog harus di laptop. Pokoknya gak bisa kalo gak di layar laptop dan pake keyboard.

Tapi atas saran dari mbak Leyla Hana, untuk ngedraft postingan blog di email akhirnya saya luluh juga. Dan mencoba ngeblog via HP atau gadget dan menyimpannya sebagai draft di gmail saya.

Setelah nanti ketemu laptop baru deh di posting di blogspot.


4. Manfaatkan waktu si kecil sekolah atau tidur

Karena sudah ngedraft di email via gadget, saya selalu publish blog post ketika kifah sekolah. Ada waktu sekitar satu jam tanpa Kifah karena lagi di TK. Saya kemudian pulang ke rumah lalu ngeposting tulisan di blog via laptop.

Begitupun saat anak tidur siang, ini bisa dijadikan waktu yang tepat untuk ngedraft tulisan via gadget. Tapi walaupun pada kenyataannya saya lebih sering ikut tidur siang daripada ngedraft postingan. LOL


5. Ada waktu sekecil apapun, manfaatkan untuk ngedraft tulisan

Itung-itung nyicil ini mah. Kalau dulu saya seringnya sekali nulis pengen langsung beres dan langsung posting. Tapi sekarang gak bisa gitu lagi.

Semuanya serba dicicil, udah kayak rumah sama mobil.

Ya tulisannya, ya gambarnya.

Kalau kifah lagi nonton video di laptop, biasanya saya buru-buru ambil HP buat nyicil tulisan, kalau Kifah lagi anteng menggambar sendiri, buru-buru nambah cicilan. Begitulah seterusnya.


Tapi yang memang sulit diajak kompromi itu adalah MOOD. Yes!

Kalau mood udah ilang, udah deh sorry da-dah bye-bye. Paling banter ya harus naikin mood dulu. Dan memang naikin mood itu gampang-gampang susah. Udah keluar duit banyak (buat belanja, me time, sagala rupa) eh mood masih jalan di tempat.

Etapi beda lagi sih kalau postingan buat lomba, karena biasanya makan waktu lebih lama dan harus fokus (kalau emang pengen banget menang). Dan kalau posting buat lomba pakai cara-cara begini, hasilnya suka kurang greget. Apalagi ngolah gambar dan infografisnya itu loh. Bisa wassalam kalau ikutan lombanya.

Makanya sekarang jarang pisan ikut lomba blog. 




Jadi begitu kalau dari saya, pasti blogger yang lain udah pada ngelakuin ini dari lama, sayanya aja deh yang ketinggalan kereta. HAHAHAHA. *Maapkeun aja kalo gitu ya*


Ada yang mau nambahin saudara-saudara?


7 comments on "Blogging Seru: Mengatur Waktu Ngeblog sambil Ngurus Anak"
  1. aku sesempetnya aja ceu hahhaa...tp diusahakan sminggu 2x...

    ReplyDelete
  2. Aku juga moody sebenarnya...kalopun posting itu karena harus..hahaha
    makanya kadang kalimatnya kacau..

    ReplyDelete
  3. Iya semenjak punya bayi jadwal ngeblogku juga menyesuaikan jadwal bayi, ngedraft juga di HP, kalau sempet buka laptop baru deh bisa publish
    Kalau BW udah dari HP aja, gak bisa lama-lama di depan laptop, tapi tetep diusahakan minimal seminggu sekali posting ^^

    ReplyDelete
  4. Aku baru banget punya bayi dan sekaligus mahasiswi tingkat akhir juga ini.. Bisa belajar nih dari postingannya. Btw yg poin no. 3 aku masih ga ngerti gmn ngedraftnya mba hehehe :/

    ReplyDelete
  5. Bener banget tuh mbak.. Manajemen waktu sangat penting bagi seorang calon blogger sukses. Saya sendiri menulis artikel di blog anwariz.com disela-sela kesibukan ngampus dan ngeband. Rasanya senang juga melakukan banyak kegiatan sekaligus. Sukses selalu buat blognya mbak!

    ReplyDelete
  6. Sebagai wanita single masalah utama adalah kesibukan dan kuota internet. Rajin rajin aja cari wifi hehhe

    ReplyDelete
  7. Ah, lagi butuh banget ini! Thanks yaaa mbak sharingnya, nanti saya coba deh :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D