Weekend Review: Ini Dia Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Weekend di Rumah

| On
February 26, 2016
cara mengisi weekend di rumah

Hallo Readers...


Biasanya sih saya mengisi bahasan ini dengan informasi tempat jalan-jalan seru atau kulineran di luar rumah. Tapi, akhir-akhir ini saya lebih sering mengisi weekend di rumah ajaaaa.

Setiap weekend, namanya keluarga, pasti gatel aja bawaannya buat keluar rumah. Apalagi dengan rutinitas yang segudang selama seminggu, bosen dong ada di rumah terus. 

Nah, kalau memang akhir-akhir ini weekend kamu gak kemana-mana, sstttt... don't worry be happy

Ternyata, walaupun cuma di rumah aja, kita masih bisa loh ngisi weekend kita dengan kegiatan seru. 

Yuk cus!


1. MAR-KI-BUN

MARI KITA BERKEBUN. 

Yes. Setiap Sabtu pagi, dari pada tidur lagi, mending kita tengok halaman depan rumah. Apakah masih kosong melompong? gersang? dan tampak mengenaskan? Lebih baik kita bercocok tanam alias berkebun. Ya minimal tanam rumput di halaman rumah. 

Biasanya sih, mata jadi seger kalau liat tanaman hijau. 

cara mengisi weekend di rumah


Ayo menanam pohon di rumah! Selain rumah jadi hijau, ya itung-itung ikut gerakan menanam seribu pohon.

Di lingkungan rumah saya sendiri, harga tanaman hias masih sangat murah. Kisaran harganya dari Rp.3.000,- sampai Rp. 35.000,- per pot. Terjangkau kan? Jadi gak ada alasan deh ya buat gak nanam pohon.

Kalau pun lahannya sempit, sekarang udah banyak banget trik untuk menanam tanaman di area-area yang terbatas. Bahkan bisa digantung di dinding atau membuat hidroponik menggunakan pipa.


2. Mendekorasi Ulang Rumah

Daripada bete atau jenuh dengan kondisi rumah yang begitu-begitu aja penampakannya, lebih baik kita dekorasi ulang tata letak rumah yuk. Apalagi sekarang musimnya DIY alias DO IT YOUR SELF. Kita bisa mendekorasi rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan juga bisa dikerjakan sendiri.

Selain rumah akan punya nuansa baru, membuat barang-barang untuk mendekorasi rumah akan menghabiskan waktu kita dengan tidak terasa loh. Weekend kita jadi lebih produktif dan gak bosen juga kan jadinya?


cara mengisi weekend di rumah


cara mengisi weekend di rumah

Foto ini diambil di Nutrifood Inspiring Center ketika Kopdar Perdana Blogger Muslimah.



3. Membaca Buku

Baca buku itu memang gak ada matinya. Setelah seminggu otak kita dipaksa berpikir banyak hal, inilah saatnya men-charge ilmu pengetahuan, informasi, dan inspirasi baru di hari Sabtu dan Minggu.

Masih banyak buku yang belum dibaca? Nah, ini saatnya kita berjalan menuju rak buku dan membukanya halaman demi halaman.

cara mengisi weekend di rumah


Tuh, dari judulnya aja udah Sabtu bersama Bapak. Walaupun kita gak keluar rumah, kita masih bisa mengisi weekend kita bersama Bapak di rumah. Hehe.

atau kamu juga bisa baca buku yang lain, yang bisa mengupgrade skill kamu dalam menulis atau berkomunikasi. 

cara mengisi weekend di rumah


cara mengisi weekend di rumah


4. Bermain Bersama Anak

Bermain bersama anak juga merupakan kegiatan yang menyenangkan. Apalagi sebagai orang tua yang bekerja Senin hingga Jum'at, ini lah saatnya bermain bersama anak di rumah.

Gak melulu bermain di luar rumah kan? Di dalam rumah pun bisa seru-seruan. 

cara mengisi weekend di rumah

cara mengisi weekend di rumah

Membuat mainan semacam ini sebenarnya mudah, bisa juga dengan menggunakan tepung terigu yang diberi warna. Anak-anak pun akan merasa senang saat membuat mainan sendiri bersama orang tuanya.


5. Nonton DVD 

Kalau ini udah sering banget jadi alternatif ketika kita malas keluar rumah ya. Apalagi kalau bukan nonton DVD. Selain nonton via DVD player, sekarang sih udah lebih canggih dengan nonton film via internet (kalau ada koneksi maksimal).

Buat kaum hawa, salah satu kegiatan favorit itu nonton drama korea. Walaupun ada juga sih sebagian yang gak suka. Tapi kalau udah nyoba nonton drama Korea, pasti deh lupa waktu. Hari libur kita jadi gak terasa jadinya. 

cara mengisi weekend di rumah
Salah satu drama favorit, I Hear Your Voice


cara mengisi weekend di rumah



6. Masak-masak Dong!

Hiyaaa, daripada gak ada kegiatan, mending kita cus ke dapur. Kalau ada bahan makanan di kulkas, bisa banget kita manfaatin untuk bikin menu makanan untuk keluarga. 

Belum punya bahan makanan? Yuk kita ke tukang sayur atau supermarket sebentar.

cara mengisi weekend di rumah



cara mengisi weekend di rumah



7. Membuat Kreatifitas dan Menjalankan Hobi

Ada yang suka merajut? atau suka menjahit? 

Weekend bisa banget dijadikan ajang untuk mengasah hobi dan kreatifitas kamu loh! Jangan biarkan rutinitas selama seminggu membuat hobi dan kreatifitasmu berkurang atau bahkan hilang begitu saja. 

Yuk kita asah lagi semua hobi kita di saat weekend.

cara mengisi weekend di rumah

Kita bisa memanfaatkan kain perca di rumah untuk membuat berbagai kreasi dompet atau wadah penyimpanan yang unik. 

cara mengisi weekend di rumah

Hobi merajut? Bikin barang-barang lucu yuk!

8. Melakukan Perawatan Sendiri

Gak sempat ke salon? atau emang habis beli produk kecantikan atau make up baru? Mending dicoba di rumah, siapa tau aja ada eksperimen yang memang bikin kamu suka dan jatuh cinta. Eksperimen make up misalnya, atau eksperimen meracik lulur atau masker sendiri.

Tuh kan, seru banget kalau kita lakukan untuk mengisi weekend di rumah.


cara mengisi weekend di rumah



Gak sulit kan buat ngisi weekend di rumah?

Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan untuk bersama keluarga atau pun sekedar Me Time di rumah. Asalkan kita mau berkreasi, dan gak terhanyut untuk tidur seharian. Hehehe.




Kalau kamu, biasanya ngapain aja kalau weekend di rumah? Share Yuk di kolom komentar :D


9 comments on "Weekend Review: Ini Dia Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Weekend di Rumah"
  1. Kalau masak,, aku skip deh. Males hehehe *dicubit camer*
    Nah, baca buku yang belum khatam atau nonton DVD. Asik ini hehehe. Btw aku juga udah pernah baca Sabtu Bersama Bapak. Keren banget lah ini bukunya.

    ReplyDelete
  2. Kalo pas musim hujan seperti saat ini aku paling suka bertanaman.. Biasanya ku beli pot baru dan beli bibit tanaman baru.. Kenapa pilih waktu berkebun saat musim hujan? Karena udaranya yang sejuk bikin bibit tanaman yang kita semai cepat tumbuh..

    ReplyDelete
  3. apa yang biasanya saya lakukan di rumah pada weekend adalah: doing chores, kemudian tidur. pekerjaan produktif biasanya saya lakukan/saya usahakan dilakukan di luar weekend :)

    ReplyDelete
  4. Kalo weekend biasanya ngerjain pekerjaan yang berat2 malah..kayak nyetrika, bersih2 rumah (mindahin barang2 soalnya aku bosenan jadi gonta ganti posisi haha...trus kruntelan sama anak2 dan suami...angeeet

    ReplyDelete
  5. Bercanda sama suami.. Hehehe.. Kalau weekend ada acara sport di tv kesukaan suamiku.. Jadi aku ikut menemani sambil bercanda bareng ^.^ seruuuu..

    ReplyDelete
  6. kalo weekend biasanya saya main sama anak dan nonton drama korea atau film india sampe puas Mbak Tetty :)
    weekend kemarin baru tamatin satu drama korea lagi :D

    ReplyDelete
  7. Berkebun juga merupakan aktivitas yang seru di hari libur.

    ReplyDelete
  8. sekarang ini karena blm boleh lagi ikut acara blogger saat weekend, saya milih istirahat di rumah krn kondisi badan juga kurang fit dan cuaca sering tdk mendukung. kadng sambil baca buku atau nonton :)

    ReplyDelete
  9. Wah bisa ngerajut juga, Teh? Mantab

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D