Mau Jalan Kemana Aja di Kabupaten Bogor?

| On
March 04, 2016
jalan-jalan di kabupaten Bogor

Cung siapa yang baru pindah domisili ke Kabupaten Bogor? 

Seiring dengan berkembangnya kota besar seperti Jakarta, dan berkembangnya moda transportasi commuter line Jabodetabek, banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk pindah ke daerah penyangga ibukota (salah satunya kabupaten Bogor) sebagai tempat tinggal. 

Posisi kabupaten yang strategis memang banyak dijadikan lokasi untuk membangun beberapa perumahan yang bisa terakses oleh jalur KRL Jabodetabek.

Nah, bagi yang baru aja pindah domisili ke kabupaten Bogor, sudah jalan-jalan kemana aja nih?

Kabupaten Bogor adalah salah satu kabupaten yang sangat luas. Mulai dari ujung Puncak (perbatasan Cianjur) hingga ke kecamatan Parung (berbatasan dengan Tangerang Selatan). Kalau naik motor sih bisa 1-2 jam waktu tempuh dari Puncak sampai ke Parung, saking jauhnya. Belum lagi daerah lainnya, masih luas dan belum saya kelilingi. 

Mau kemana aja di Kabupaten Bogor?

Berikut beberapa tempat yang pernah saya kunjungi.


1. Puncak Bogor


jalan-jalan di kabupaten bogor
Kebun Teh terhampar hijau
Bosan dengan rutinitas kantor dan nuansa perkotaan?

Mampir sebentar ke puncak yuk! Banyak kebun teh yang terhampar luas. Nuansa hijau pasti mampu membuat mata kita betah berlama-lama melihat maha karya sang kuasa.

Saat saya melakukan Family Touring Bogor-Bandung, wah senang sekali rasanya liat kanan kiri jalan begitu hijau dan segar.

Kita bisa beristirahat dan main di kebun teh ketika tiba di puncak pas. Ada beberapa kedai makanan dan minuman serta lahan parkir bagi mobil dan motor.

jalan-jalan di kabupaten Bogor
Salah satu tempat "nongkrong" di Puncak Pass



2. Agro Wisata Gunung Mas

Agro Wisata Gunung Mas

Agro Wisata Gunung Mas ini berada di puncak Bogor. Ada banyak fasilitas di sini. Hotel, penginapan, tea walk, wisata berkuda, out bound, camping ground, dan lainnya.

Cocok untuk melepas penat dan lelah setelah seminggu bekerja. Review lengkap ada di bawah ini ya.



3. Taman Safari Indonesia

jalan-jalan di kabupaten bogor

Wah udah familiar banget dong dengan tempat wisata yang satu ini. Tapi menurut saya sih, makin ke sini Taman Safari Indonesia makin seru tempatnya. Oh ya, saya pernah loh ke sini naik motor.

Mau baca ceritanya?


4. Gunung Kapur Ciseeng Bogor

jalan-jalan di kabupaten Bogor

Gunung kapur ini terletak di kecamataan Ciseeng Bogor. Di area wisata ini terdapat gunung yang banyak mengandung zat kapur dan belerang. Sehingga tersedia juga nih pemandian air panas belerang di sini.

Selain itu, terdapat beberapa permainan anak dan juga danau yang tidak terlalu luas.



5. Danau Dora-Ecopark Cibinong Science Centre


jalan-jalan di kabupaten Bogor


Bertempat di daerah Cibinong, Ecopark ini adalah tempat yang seru untuk jalan sehat bareng keluarga. Danau yang berada di kawasan terpadu Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini juga sering dijadikan arena olah raga, foto-foto, bahkan untuk pesta pernikahan.



6. Hutan Pinus di Wisata Alam Gunung Pancar Bogor

jalan-jalan di kabupaten Bogor


Di Bogor masih ada hutan pinus loh. Rasanya wah seger banget. Nuansa alam hutan pinusnya sangat alami dan juga sedap dipandang mata. Jaraknya juga gak terlalu jauh dari pintu tol sentul.

Hutan pinus ini ada di daerah wisata Gunung Pancar Bogor di kecamatan Babakan Madang kabupaten Bogor. 

Biasanya hutan pinus ini dijadikan area wisata alam, camping ground, sekedar menghirup udara segar, dan juga sering digunakan untuk foto pre-wedding.

Selain hutan pinus, di sini juga terdapat pemandian air panas dan juga air terjun.



7. Cibinong City Mall

jalan-jalan di kabupaten Bogor

Kok Mall sih?

Bagi yang bosan dengan Pusat Perbelanjaan yang itu-itu aja atau sedang mencari referensi baru untuk membeli barang, di Cibinong (dekat PEMDA Bogor) ada mall yang cukup luas. Di sini tersedia toko buku, tempat makan untuk wisata kuliner, barang branded, alat elektronik, furniture, dan masih banyak lagi.

Letaknya ada di jalan Pemda Bogor ya. Kuliner yang tersedia juga cukup banyak. Ada makanan Jepang, Oriental, dan makanan khas Indonesia juga banyak kok.

jalan-jalan di kabupaten Bogor




Ketujuh lokasi di atas, bisa banget dijadikan tempat berwisata bersama keluarga untuk melepas lelah dan bercengkrama bersama keluarga tercinta.

Yuk jalan-jalan dulu di kabupaten Bogor, kira-kira kamu mau kemana dulu?
26 comments on "Mau Jalan Kemana Aja di Kabupaten Bogor?"
  1. Pengen ke hutan pinus sama kebun teh deh kayaknya...hehe

    ReplyDelete
  2. wah banyak ya yang bisa di kunjungi di bogor, aku sih pengen banget ke puncak. tp macet ga sih ?

    ReplyDelete
  3. Wahhh...Cibinong ternyata oke juga. Aku cuma tau Botani hihihi...

    ReplyDelete
  4. dari dulu pingin banget ke bogor,apalagi ke istana bogornya..pingin dari zamana dulluuuu banget

    ReplyDelete
  5. Hutan pinusnya bagus, pasti banyak spot cantik untuk foto-foto ^^

    ReplyDelete
  6. Nindya Prayastika04/03/2016, 18:33

    Jangan lu mbak, The Best of Kabupaten Bogor. Gn. Halimun!

    Tapi kayaknya.. Tunggu si kecil udah gede dulu deh :P

    ReplyDelete
  7. Pengen suatu saat punya rumah di daerah Bogor. Pengen ngerasain adem tanpa perlu pake AC hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga selamanya bener Li. Bogor itu puanaaass..lho hahaha.

      Delete
  8. Padahal sering ke Cibinong, tapi belum pernah ke Danau Dora :') Mau minta diajakin ke sana ah.
    Btw, selama aku tinggal di Bogor, kita belum ketemu-ketemu, hiks.

    ReplyDelete
  9. kalau saya pengen ke puncak bogor. seger sepertinya, bau bau teh gitu asik :D

    mind to follow me back kak?
    Dream Big!

    ReplyDelete
  10. Asyik tuh yg no 5 sm yg no 6 pgn nyobain...

    ReplyDelete
  11. asik..asik
    kapan ya ke bogor lagi..

    ReplyDelete
  12. Terima kasih rekomendasi tempat2nya, kemarin sempat melewati bogor namun tak mampir :D

    ReplyDelete
  13. yang jelas aku mau mampir tempetmu dulu kalo kebogor ceu XD

    ReplyDelete
  14. aku belom pernah ke bogor, Depok pun belom diulik, hiks

    ReplyDelete
  15. Huaaa, kenapa saya baru tahu inii.. Padahal lumayan lama di Bogor. Eh tapi kemarin lagi susah budget juga sih, jadi paling2 jalan ke yang dekat aja, semacam KRB, KRB, dan KRB.. *ngenes banget ya, mak.. hhihi

    Semoga suatu saat saya nanti bisa ke Bogor lagi, khusus buat jalan-jalan. Aduduh, mana foto-fotonya menggoda lagi. Makasih infonya ya mak.. :*

    ReplyDelete
  16. Euh, aku belum pernah main ke tempat2 tersebut di Bogor. Jarang atau hampir gak pernah main ke Bogor sih... Padahal pengen juga tuh, main ke Taman Safari, misalnya.

    ReplyDelete
  17. Ih aku kasih ya ke Bogor cuma pernah ke Taman Bunga Nusantara (itu mah cianjur mereun) + ngelewatin pas pulang dari JKT-BDG naek motor. Nanti ah mau dicobain menjelajah yang teh Tetty tulis :*

    ReplyDelete
  18. Baru pernah ke taman safari hehehe.. belum pernah jelajah bogor karena entah mengapa lebih milih bandung (lembang) :D

    ReplyDelete
  19. 12 tahun di Bogor, belum semua tempat yang ditulis di atas saya kunjungi. Maybe, one day, insha Allah. bantu do'a ya Mbak

    ReplyDelete
  20. taman saffari
    kapan kita bisa berjumpa lagi,,, wokwokwok... :D

    ReplyDelete
  21. Kebanyakan, wisata dataran tinggi. Hampir semua pernah aku kunjungi, setidaknya ngelewatin, kecuali danau itu.

    ReplyDelete
  22. Waaa.. Bogor seru yaa... Rencana September besok aku mau ke Bogor. Dulu abis nikah main ke Bogor, tpi cuma ke Taman Safari doang. Besok pengin ke Jungle Land sama anak ahh...

    ReplyDelete
  23. Ternyata bogor itu banyak juga tempat liburannya, soalnya saya belum pernah ke bogor mbak jadi sata tidak tahu :D

    ReplyDelete
  24. hehehehe CCM
    taman safari
    sama kebun teh puncak
    baru pernah ke sana

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D