Blogging: Ketika Iklan dari Google Adsense Mendadak Hilang

| On
September 28, 2016


Ternyata yang dadakan itu bukan cuma tahu bulat. Iklan dari Google Adsense yang tayang di blog ini juga menghilang secara tiba tiba.

Tepatnya beberapa minggu yang lalu saya baru 'ngeh' kalau gak ada lagi iklan wara wiri di blog. Biasanya kan ada tuh di atas, di tengah, di samping, di bawah, iklan seliweran. Ya itu karena blog ini saya monetize dengan Goggle Adsense.

Simpelnya, Google Adsense itu adalah iklan titipan Google yang nantinya muncul di blog kita. Jadi semacam kita ngasih lapak iklan gitu deh.

Bayarannya perklik [PPC]. Jadi setiap ada orang yang berkunjung ke blog kita dan ngeklik iklan, kita bakalan dapat duiddd. Mata uangnya bukan Rupiah ya, tapi $$$$$, yeah Dollars.


Baca: 1O Tips Menembus Google Adsense

Semenjak disetujui sama Mbah Google [karena kalau mau pasang Adsense harus daftar dan lolos seleksi Google] [Tipsnya udah kasih tau di atas yaa kaka, baca ya kakaaa] iklan di blog ini selalu tayang. 

Dan kenapa tiba tiba kok jadi hilang?


Saya Googling bentar.

Berikut beberapa jawaban dari blogger lain:

1. Cache dan Cookiesnya harus dibersihin dulu katanya. Nanti kalau udah bersih iklannya muncul lagi. Waktu YBS nyoba sih bisa, tapi pas saya kok ngga ya. Masih gak ada iklannya. Tempat iklan biasa nongol masih blank putih aja.

2. Blog kita dibanned Google. Biasanya karena ada peraturan Google yang dilanggar. Bisa jadi blog kita dibanned deh. Tapi seinget saya, saya gak ngelanggar peraturan apa apa deh.


3. Gak tau lagi. 

Karena bingung, kenapa iklannya hilang begitu saja, saya jadi buka email. 

LOH KOK MALAH BUKA EMAIL.

Ya soalnya dulu pernah email emailan sama orang dari Google. Niatnya sih mau nanya lagi. Tapi ketika saya buka email, ternyata ada beberapa email dari Adsense yang saya gak baca. Soalnya email kemaren rusak, gegera hapenya juga rusak dan baru bener semingguan ini.

Email dari Google Adsense itu isinya adalah:

"Iklan saya akan dihentikan kalau gak ngisi PIN"

WHAAATTT


Akhirnya saya baru inget [karena kemarin gak internetan sama sekali, punya bayi soalnya] jadi lupa sama email dari Google Adsense.

Jadi begini,

Di Google Adsense itu ada ambang/batas yang harus kita penuhi untuk ngambil uang dari hasil iklan Adsense itu. 

Ambang batasnya kalau gak salah $1OO.

Sebelum ambang batas yang $1OO itu, kita wajib ngisi PIN yang akan dikirim Google ke rumah kita. Ambang batasnya kalau gak salah $1O. 

Nah, berarti blog saya ini udah mencapai ambang batas yang $1O tapi belum masukin PIN karena suratnya gak kunjung datang.

Soal PIN yang tak kunjung datang

PIN yang harusnya saya terima ternyata gak datang sampai sekarang, sampai saya ubah 2 kali. Emang sih alamat yang saya kasih itu alamat domisili sekarang, bukan alamat KTP. Jadi entah gak bisa dikirim karena bukan alamat KTP, entah emang suratnya nyangkut dimana.

Yaudah, akhirnya saya ubah lagi alamat pengiriman PIN sesuai alamat yang di KTP. Sambil menyertakan scan KTPnya.

Masalahnya adalah, alamat KTP saya Bandung, saya tinggal di Bogor. Dan alamat yang di KTP itu adalah alamat rumah yang dijadiin rumah kost sama keluarga suami.

Ngerinya, pas Pak Pos datang, gak ada yang bisa nerima. Yah namanya juga anak kost, adanya kan pagi sama malem doang. 

Sampai di sini saya jadi bingung harus gimana supaya dapet PIN itu. Harap harap cemas sih, mudah mudahan suratnya nyampe ke tangan yang tepat. Trus dititipin ke orang tua dan diterima sama saya, amiin.

Ada yang pernah punya masalah yang sama gak? sharing dongggsss tentang PIN yang gak nyampe.

Iklan Tayang Lagi

Setelah ngasih perubahan alamat sesuai KTP, Adsense ngirim email lagi tentang tata cara pembayaran. Udah saya pilih tata cara pembayaran di akun Adsense. Selesai.

Dan tadaaaa, gak lama kemudian, iklan yang hilang muncul lagi mengisi ruang hampa dihatiku, eh diblog. 

Yaudah gitu.

....

Intinya diriku belum masukin PIN karena emang belum dapet PIN sampe sekarang. Hikz. Kzl.

Pas alamatnya diubah sambil ngasih scan KTP, iklannya muncul lagi. Dan sekarang saya tinggal duduk manis dan berdo'a semoga PIN nya gak nyangkut di suatu tempat antah berantah.

Ada yang pernah ngalamin juga gak iklan hilang begitu saja? dan gimana sih kalau gak dapet PINnya? ada yang pernah punya pengalaman berjuang dapetin PIN adsense? 


Isi kolom komentar yuks!

7 comments on "Blogging: Ketika Iklan dari Google Adsense Mendadak Hilang"
  1. Ternyata bisa hilang gitu ya mba. Jd harus rajin ngecek blog sendiri dg rutin artinya, hmm. Makasih infonya, mba. Semoga surat pin-nya segera sampai yaa. Dan semoga saya juga bisa segera dapat surat dr google juga, aamiin. Hehe

    ReplyDelete
  2. Akupun ilang teh, ahahaha. Nggak tau deh kenapa. Dulu pas masih blogpost ada. Eh pas ganti .com jadi blank, terus saya hapus. Terus baru inget kmaren, eh dipasang masih blank :(

    ReplyDelete
  3. Belum ngalamin sih Mbak, soalnya belum pakai Adsense hehe

    ReplyDelete
  4. Ajarin ty gmn caranya yaa ada google adsense..hehe 😂😁

    ReplyDelete
  5. Waah bisa hilang kayak tahu bulat. hhihi saya ngakak bacanya..
    Btw gimana sih caranya bisa dapet google adsense itu mba ?

    ReplyDelete
  6. Saya belum pasang, Mbak. Jadi tiba-tiba kepengen daftar Google Adsense deh hehehe.

    ReplyDelete
  7. haha, tahu bulatnya mau donkkkkk. soal ad sense nggak tahu mak, nggak pasang iklan soalnyaaaaa

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D