[Review] Cloth Diapers Merk PemPem! Nyaman dan Ekonomis

| On
October 17, 2016
review clodi cloth diapers merk pempem
Clodi Punya Aldebaran

Ayoooo #TeamClodi mana suaranyaaa?

Di Mommy Diary hari ini, saya mau mereview salah satu merk cloth diapers [clodi] yang pernah dan sedang dipakai oleh anak saya ya. 

Kali ini merknya adalah: PemPem!

Duh, namanya nyerempet sama merk yang ono yaa, haha, mungkin biar keinget atau familiar aja kali yaks. Postingan ini juga bukan sponsored post aka iklan, ini murni review saya pribadi.

Baca: Pengalaman Melahirkan Anak Kedua

Clodi PemPem!

Saya coba PemPem! ketika anak saya yang pertama Kifah lahir. Ini juga hasil rekomendasi temen. Katanya bagus dan harganya lumayan terjangkau dibanding yang lain. 

Iya sih, emang merk Clodi itu banyak banget, kalau gak tau atau awam banget emang sempet bingung juga, yang mana yang bagus.

Baca: Trik Siasati Membeli Perlengkapan Bayi


Bahan Luar:

Dari segi warna dan motif bagus dan lucu lucu. 

Suka tembus gak? Suka kalau banyak pipisnya. Tapi kalau sedikit gak terlalu basah, paling berasa anget anget gitu.

Bahan luarnya juga lumayan kuat, Kifah beli 4 clodi waktu lahir, karena sering cuci kering pake, warnanya jadi agak pudar, ada sobekan sedikit sedikit karena faktor pencucian kali ya, dan karet pinggirannya jadi longgar kalau kelamaan cuci kering pake.

Masih dalam batas wajar sih, namanya juga sering dicuci kering pake. Tapi ya makin lama jadi sering bocor kalau cuci kering pake terus. 

review clodi cloth diapers merk pempem



Insert:

Buat insert sendiri, waktu zaman Abang Kifah, saya beli microfiber yang mirip handuk kecil gitu. Nah, pas Al kemarin lahir saya beli lagi, tapi pakai insert litty. Litty katanya sih perpaduan serat bambu gitu deh. 

review clodi cloth diapers merk pempem



Insert Microfiber:

Bahannya mirip handuk gitu, ukurannya pas untuk dimasukkan ke dalam pocket clodinya. Warnanya putih, agak tebal juga ukurannya.

Beberapa bayi ada yang pakai lebih dari satu insert, tapi kalau saya sih cukup satu aja karena ketebelan aja gitu kalau pake dua, agak aneh diliatnya.

review clodi cloth diapers merk pempem


Insert microfiber ini cukup menyerap pipis, tapi kalau lagi banyak sih tetep aja bocor, harus sering ganti. Gak enaknya pakai insert jenis ini, kalau kena pup nyucinya agak lama. Rada susah dikucek gitu lah.

Insert Litty:

Insert ini baru saya pake di Aldebaran, bahannya lebih tipis dan mirip bahan katun biasa, gak kayak handuk. Tapi walau tipis, daya serapnya lumayan kalau bayinya jarang pipis, 2 sampai 3 jam kadang masih gak basah.

review clodi cloth diapers merk pempem


Salah satu yang saya suka dari bahan ini, karena bisa dibuka [dilebarin gitu] cucinya lebih gampang. Apalagi kalau kena pup, jauh lebih mudah dikucek dibanding insert microfiber. Udah gitu cepet kering juga pas dijemur, karena bisa dibentangkan posisinya.

Plus:

Clodi pempem! kualitasnya cukup bagus, bahan cukup kuat, warna dan motif cakep cakep. Harganya juga ekonomis, so far nyaman dipake juga sama bayinya. Gak terlalu gendut banget, kalau pake satu insert.

Soalnya kalau bayi pake popok kegedean katanya nanti jalannya bisa "ngengkang", hmmmm.

Baca: Mitos Pasca Melahirkan

Ukurannya bisa distel, S, M, L [ada kancing buat stel ukuran].

Aldebaran pertama kali pakai clodi diukuran S itu sekitar usia 3 mingguan gitu. Masih keliatan gendut banget sih clodinya. Tapi sekarang karena udah 5 bulan, udah lumayan keliatan pas. Sekarang dia udah stel ukuran L. 

Baca: Kiat Mendapatkan Baju Bayi dengan Harga Murah Kualitas Istimewa

Minus:

Pas karetnya udah longgar, sering banget tembus samping. Insert yang microfibernya juga saya kurang suka sih, lebih suka yang insert litty. 

Kalau udah kebanyakan trus bocor, langsung deh bau pesing, wkwkwk. Ya namanya pipis bayi mah bau pesing yaks. 


Beli dimana:

Kemarin saya beli 6 buah di tokopedia. Saya belum pernah ketemu yang jual off line untuk produk clodi pempem! kalau yang lain, saya pernah liat di babyshop, cuman harganya masih di atas 1OO ribuan.

Harga:

Di tokopedia saya beli dengan harga 63ribuan/pcs. Lumayan ramah kantong lah untuk satu pocket clodi dan 1 insertnya. 


Catatan:

Kifah dan Aldebaran pakai clodi sekitar usia 3 minggu sampai sebulanan gitu deh, ukurannya distel yang S. 

Pertama kali beli, clodi harus dicuci dulu ya, jangan langsung dipake. Cucinya paling enak pake sabun cair, kalau pake detergen yang bubuk itu suka nyangkut disela sela insert dan bikin daya serapnya berkurang.

Saya punya 1O clodi sekarang, turunan Kifah 4 buah, beli lagi 6 buah waktu Aldebaran lahir. 

Cukup segitu? Gak kebanyakan?

Karena cuci kering pake, segitu ya lumayan bisa lah buat sambung menyambung tiap hari. Tapi kalau musim hujan kayaknya beda kasus deh. Gak akan cukup. 

Emangnya full pake clodi ya?

Enggak juga, clodi buat siang aja. Malemnya tetep pake pempes biasa alias pospak. Soalnya kalau malem kan pipisnya lebih banyak, kalau pake clodi pasti kebangun karena udah basah. 

Jadi, saya sih campuran aja, siang clodi, malemnya pospak. Alhamdulillah, gak pernah ruam popok selama pakai clodi siang hari trus pospaknya malem aja, atau pas mau pergi yang agak lama pake pospak juga. 


Oke, intinya clodi merk PemPem! Nyaman dan Ekonomis dengan segala kekurangan dan kelebihannya.


Ada yang pake PemPem! juga kah  bu ibu??? 

Komentar Yuk!



7 comments on "[Review] Cloth Diapers Merk PemPem! Nyaman dan Ekonomis"
  1. Aku blom pernah pake clodi mbak. Anak2ku pake pospak karena aku males nyuci hahaha.
    Pdhal dulu sempet punya 1 biji, tapi karena anakku minimalis jadi masih kegedean lalu terus lupa dan ga kepake -_-

    ReplyDelete
  2. Saya juga pakai merek ini :) suka sama performanya!
    Mix sama merek lain juga sih, sama pospak juga

    ReplyDelete
  3. Duh mba, tos aku juga dulu anakku pake clodi, yang penting saya cari bahan ngga bikin iritasi kulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak fika, harus yg anti iritasi kulit..

      Delete
  4. Kayaknya clodi cocok neh buat bawaan lihat bayi lahiran

    ReplyDelete
  5. Mbak, aku selama ini pny clodi sekitar 20an tp merk Pempem cm 1. Dipake 2 hari sekali krn kan gantian ama yg lain. So far sih karet di lingkar paha masih bagus ya. Ini aku beli lagi Pempem velcro dgn insert Litty di olshop fitsforyou (@ Tok*pedia), skitar 55rb aja. Aku lgsg beli 6. Semoga karet & velcro-nya awet.

    ~ndutyke

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D