[Tips] Mau Jalan-Jalan Hemat? Yuk, Manfaatkan Voucher dari Paylesser sebelum Berangkat!

| On
October 10, 2016
kode vouche gratis paylesser





"Sudahkah liburan tahun ini?"


Weekend, Liburan, jalan-jalan adalah kata mujarab buat ngilangin penat seharian, 24 jam tanpa jeda di rumah. 

IYA TANPA JEDA. 

Bahkan waktu nulis inipun masih ada sapu bertengger manis disamping laptop. Iya, aku nulis sambil mandangin sapu buat nyari inspirasi. 

Rutinitas oh Rutinitas

Rutinitas tanpa jeda itu membuat kami para Emak, selalu mendambakan liburan. Lari ke hutan, ke pantai, ke pasar, kemanapun asal judulnya liburan, emak pasti senang. Lupain cucian, setrikaan, cucian piring, lantai berdebu, karena kalau nggak, hati kami ini yang lama-lama jadi butiran debu. 

Liburan emang dirasa ampuh ya buat ngilangin segala keluh kesah yang ada di rumah. Santai sejenak, ngelurusin punggung, pinggang, kaki yang tiap hari digelayutin anak-anak. Ngerefresh otak yang selama ini kurang tidur karena sejam sekali si bungsu haus minta ASI.

Kalau ditanya bosen apa nggak tiap hari ngelakuin kerjaan yang sama, jawabannya pasti serentak sama. BOSEEENNN. 

Tiap hari kita udah default banget mau ngerjain apa aja. Pas lagi nyuci pun berasa de javu, 

"ini perasaan celana si kakak udah dicuci deh kemarin, kok ada lagi ada lagi, omaigat aku dejavu" 

Setiap anak nanyain baju favoritnya, udah gak inget posisinya ada dimana, entah ada di lemari, di mesin cuci, di keranjang setrika, atau masih di jemuran. Entahlah emak yang lain, kalau saya sih suka mendadak amnesia kalau ditanyain kaos bola sama Abang Kifah

Rutinitas emang bikin kita bosen setengah mati. Kalau gak lupa sama konsep ikhlas dan cinta sama keluarga, udah deh, bhai aja sama cucian. Tapi cucian itu udah bagian dari hidup emak banget, persis kayak cinta, yang gak bisa hilang gitu aja. Ketika gak ketemu sehari, kepikiran melulu, pengen cepetan dieksekusi, biar cepat kelar, tapi faktanya cucian itu gak akan pernah kelar sampai manusia mencoba migrasi ke Mars juga. 



Uang Liburan atau Uang Belanja?

Ini banget yang bikin galau. 

Punya uang cukup buat liburan tapi malah kebayang belanja kebutuhan sehari-hari. Tas sekolah si kakak yang mau diganti, sepatu si ade yang udah kekecilan. Sampai seprei di rumah yang udah lusuh minta yang baru. 

Galau banget kan jadinya? Mau liburan atau beli kebutuhan rumah aja? 

Dari pada emak jadi galau, baca dulu deh tips yang satu ini. Mudah-mudahan membantu yaks. 


1. Liburan Sendiri

Ada kalanya saya mupeng banget liat temen yang upload foto awan dan sayap pesawat, suweerrr. Atau upload foto di depan Merlion, Menara Petronas, Eiffel, apalagi foto di depan Ka'bah. Beneran itu bikin mupeng berat. Karena paling banter saya liat menara sutet pas mau ke pasar. 

Sedih.

Saya suka iri melihat kenyataan bahwa temen-temen masih bisa melenggang kangkung, modal hape, kacamata item, koper atau ransel, cus deh aplod foto tiket ke Macau. Liburan ya tinggal liburan, gak kepikiran macem-macem.

kode voucher gratis paylesser


Liburan sendirian juga sebenernya bisa lebih hemat sih, apalagi kalau bisa dapet tiket murah meriah dari maskapai penerbangan tertentu. Tapi mungkin pertimbangan untuk liburan sendiri harus lebih kompleks. 

Mulai dari ninggalin anak dan suami, gimana teknisnya, siapa yang jagain anak dan ngerjain pekerjaan rumah selama ditinggal. Berapa lama batas maksimal emak boleh ngebolang sendirian, 3 hari kah, 7 hari kah, semua harus dimusyawarahkan barengan. 

Liburan sendirian bisa jadi alternatif buat ngehemat anggaran, tapi ya itu tadi harus well prepared banget pas ninggalin keluarga di rumah. 

Kalau suami setuju sih alhamdulillah banget, tapi kalau nggak ya bisa lah dilobi-lobi lagi. hihihi. 

2. Liburan Bareng Keluarga

Kalau ini kayaknya udah pasti bisa dan sering ya, jalan bareng keluarga. Ya minimal pas liburan lebaran. Selain hemat anggaran karena barengan, bonding satu keluarga juga makin kuat. 

Tapi kalau menurut saya kadang liburan keluarga nggak seutuhnya bisa ngilangin stress di rumah, yang ada malahan NAMBAH STRESSS. LOL. 

Nambahin stress kalau pas liburan anak malah pada rewel, karena jalan macet, trus jadi sakit, emaknya malah repot ngurusin anak yang rewel di jalan. Dan ngurusin anak yang lagi rewel saat berpergian itu lebih rumit dari pada ngurusin anak yang rewel di rumah. 

Dan kalau udah kayak gini, biasanya rencana liburan emak jadi GAGAL TOTAL.

Pernah sih, waktu liburan lebaran kemarin saya agak malas-malasan buat liburan. Karena lebaran kemaren tuh anak udah dua, yang satu masih bayi banget, satu bulan. Udah kebayang malesnya ngurusin bayi rewel dan tek tek bengeknya di dalam mobil sambil macetos-macetosan.

Gak hemat tenaga, gak hemat biaya kan jadinya kalau anak rewel. Emak pasti capek banget, dan biaya juga bisa jadi over budget, buat beli mainan [ngediemin anak], buat beli makanan [capek sist ngadepin anak rewel di jalan].

Tips: Bikin Perjanjian

Waktu liburan lebaran kemaren saya sempet gak pingin kemana-mana, tapi si Abbiy pengen liburan ke Bandung. Soalnya lebaran, masa iya sih gak kemana-mana. Duh, saya jadi galau. Iya juga sih, tapi repotnya gimana? Aku gak mau repot sendirian kakaaaaa.

Yaudah jadinya bikin perjanjian gitu sebelum berangkat, ya pokoknya perjanjian kalau saya full pegang adek bayi, Abbiy full pegang Abang Kifah. Gak boleh ngeluh pokonya jagainnya sampai nyampe lagi ke rumah. Saya harus bisa ngatasin kalau bayi rewel, dan Abbiy harus mau ngelayanin aktifnya Abang Kifah.

Oke, deal.

Perjanjian gini sebenernya ngebantu banget. Emak bisa fokus liburan, walaupun emang disela-sela itu ada aja pasti ya drama anak rewel mah. Tapi seenggaknya energi emaknya gak terkuras habis buat jagain anak-anak dan gak menikmati liburannya sama sekali. 

Selain itu, anak yang paling besar juga harus dibriefing untuk bisa lebih mandiri baik di jalan atau di tempat tujuan. Pokoknya, komunikasi sebisa mungkin kalau kakak harus lebih bisa melayani dirinya sendiri, jangan ngerengek pas minta sesuatu. 

3. Destinasi Wisata

Jauh dekat sebenernya bisa jadi masalah kalau gak dipersiapkan dengan baik. Mau liburan ke Bali misalnya, yang jauhan dikit dari Jabodetabek, yang namanya persiapan kudu maksimal.

Waktu mau mudik ke Bandung doang aja saya preparenya sebulan. Haha lama amat, iya biar bener-bener gak ada yang kelupaan, gak ada yang ketinggalan [walaupun faktanya waktu itu kayu putih Abang Kifah ketinggalan, dan dia suka minta pake kayu putih di perut pas lagi di jalan].

Kalau mau sendirian berangkatnya, bisa jadi lebih simpel, tapi kalau mau bawa umat, liburan 3 hari aja udah mirip orang mau minggat.

Jauh dekat destinasi wisata juga bisa menenutukan anggaran. 

Iya lah, naik pesawat sama naik motor kan beda jauh ya anggarannya. Bensin sama avtur kan beda jauh harganya ya cyin. 

Kalau saya sendiri punya itung-itungan begini, misalkan harga tiket untuk sendiri atau sekeluarga itu Rp. 5OO.OOO,-. Berarti minimal akomodasi buat di perjalanan itu 5O%-nya atau mungkin bisa 1OO%nya. Karena kita gak pernah tau di jalan itu mau beli apa. Kadang tiba-tiba lapar, kadang kehabisan pospak atau minyak telon, atau kadang lupa bawa handuk, sisir, sabun, dan semua itu UUBJ [Ujung-ujungnya beli di jalan]. Belum lagi untuk sewa penginapan dan lainnya. 

Jadi, uangnya harus digandakan ke Dimas Kanjeng, eh maksudnya disiapin dua kali lipatnya. Ya syukur-syukur sih ya kalau emang gak kepake uangnya, alhamdulillah, masih ada baju yang lama oohhh yaaa. 

#EEAAA-KETAHUAN-ANGKATAN-BERAPA

Yang jauh otomatis sih, bisa aja menimbulkan lonjakan dana. Apalagi buat sekeluarga. Kalau emang budget terbatas, bisa dicoba touring pake motor. Saya suka tuh jadi boncengers, jauh lebih hemat anggarannya. 

Bisa baca di sini deh, tentang family touring.

Kalau emang emak mau jalan-jalan tapi budget terbatas, gak usah muluk pengen ke Bali atau Raja Ampat, di Jabodetabek juga ada kok beberapa tempat wisata yang gak kalah bagusnya. 


4. Tabungan Liburan

Sebegitu niatnya liburan Mak?

Ya gapapa juga sih, bagus malah. Punya liburan yang direncanakan dengan baik, termasuk anggarannya. Bisa lebih semangat nabung kan jadinya. Dan gak akan terlalu terasa berat karena udah dicicil. 

Kadang yang berat itu kadang ngegunainnya pas udah cukup angkanya. Berasa gak tega gitu deh. Berasa lebih baik gunain yang lain dari pada buat liburan yang cuma sebentar.

Ya ini lah godaan. 

Tapi beneran deh, mending nabung dulu yang banyak kalau mau nabung. Tapi budget pas-pasan banget buat anggaran dapur? 

Pinter-pinter aja sih nyiasatinnya, bisa dengan cari tambahan pemasukan, atau berhemat di pos lain. 

Mandi gak pake sabun selama setahun misalnya?

[Dikepret Satpol PP]


5. Menang Hadiah

Mungkin ini lah yang paling dinantikan sama emak sekalian, menang hadiah liburan sendirian atau bareng keluarga. Tapi biasanya kalau menang buat sendirian malah bikin galau.

Gak ada salahnya ikutan kuis atau lomba yang bisa menerbangkan kita jalan-jalan ke luar kota apalagi keluar negeri. Hmmm, kayaknya lagi banyak banget deh kontes macam begini.

Ayo mak ikutan!

Siapa tahu jerawatmu bawa HOKI [Apa deh hubungannya] atau memang keberuntungan sedang berpihak ke arah kita. Yah namanya juga usaha kan ya. Biasanya sih lomba blog banyak loh yang hadiahnya jalan-jalan gratis. Udah banyak blogger yang membuktikannya. 

Berani coba?

Tips: Jangan males buat nulis atau sekedar ikutan kontes foto di instagram. Di sela-sela ngerjain urusan domestik, bisa banget lah ibu rumah tangga ikutan kontes macam gini. 

Inget ya! No Pain, No Gain! [BRB nyari cream pereda nyeri otot]




6. Manfaatkan Voucher Diskon 

Beli Peralatan Liburan

Sebenernya saya termasuk beruntung sih, punya suami yang seneng liburan bareng saya sama anak-anak, gak asik sendirian. Tapi saya sekaligus kasian juga sih, soalnya si Abbiy sukanya liburan ke alam [Ciee yang mantan anak Praja Muda Karana].

Ribetnya pas udah punya anak-anak, jadi susah buat ngebolang ke alam kecuali anak dititipin dulu. 

Saking pengennya liburan ke alam, sambil kemping malah, Abbiy suka bikin hiburan sendiri di rumah yang mirip sama suasana tempat kemping. Untung rumah mendukung [baca:di tengah kampung] bisa jadi pengganti keinginan liburan sambil kemping yang membuncah. 

Abbiy tuh sampai bikin api unggun di depan rumah, beli pisau ala ala anak kemping, terispirasi dari Alone di History Channel.

kode voucher gratis
Tempat Abbiy Bikin Api 
kode voucher gratis
Oke, ini pisau, ciatttt

Properti kemping ala ala ini bisa kita kumpulkan di rumah, syukur syukur sih dibawa kemping beneran. Tapi kalau nggak, ya bisa lah dipake di rumah. 

Biasanya Abbiy suka beli properti kemping itu di toko outdoor. Atau kalau yang gak sempet belanja ke toko outdoor bisa beli secara on line pakai voucher elevenia.

Berburu Voucher Diskon, dimana?

Enaknya belanja on line itu, SUKA ADA VOUCHER DISKON. 

Pernah liat dong di TV, iklan e-commerce yang bagiin kode voucher. Misalnya: Masukkan Kode: DISKON1234 pada saat check out untuk mendapatkan potongan harga 2O%.

Nah sekarang, kalaupun kita lupa nyatet kodenya, kita tetep bisa cari-cari KODE VOUCHER dan PENAWARAN DISKON lainnya di Paylesser



Di Paylesser ini, kode voucher dan penawaran diskon dibagikan secara GRATIS. Jadi, tinggal kunjungi aja web nya yaks buat liat-liat, sapa tau ada yang gemesin diskonnya.

Selain voucher untuk membeli barang, di Paylesser juga ada voucher untuk booking hotel, tiket pesawat, yang cucok banget buat penghematan kalau-kalau emak sekalian mau liburan. Boleh coba diceki-ceki aja deh pake hape emak, yang penting jangan pake hape tetangga.

.....

Gimana Mak Tipsnya? Gak berguna yaks, hiks, baperrrr. 

Begitu ya tips liburan hemat ala emak-emak, semoga liburan impian kita terwujud ya Maks. 



Selamat Menjadi Ratu di Rumah #Eciyeeee





4 comments on "[Tips] Mau Jalan-Jalan Hemat? Yuk, Manfaatkan Voucher dari Paylesser sebelum Berangkat!"
  1. Jadi pengen tepuk Pramuka..*eh :p
    tengkiu tips nya Ummi Kikif Al

    ReplyDelete
  2. kalo pas mau liburan, eh ketiban rezeki ada voucher atau diskon tiket. rasanya seperti..... semesta merestui hehe

    ReplyDelete
  3. Huaa...dah rame nih membicarakan soal liburan.. Memang musim libur sdh didepan mata ya Mba.. Kudu persiapan nih mau ke mana ya liburan nanti? #Mikir2

    ReplyDelete
  4. Wah.. langsung cus cek playlesser :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D