Mau Kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia-Bandung? Baca Dulu Informasi Seputar Kost-kostan UPI Di sini!

| On
November 04, 2016
informasi kostan universitas pendidikan indonesia bandung

Ketika tahu diterima kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI di Bandung, selain senang luar biasa, saya juga galau tiada terkira. 

Galau kenapa? 

Galau mau gimana nanti hidup di sana. Gimana soal hidup, ngekost, biaya kostnya, biaya makan sehari hari, dll. Soalnya saya baru pertama kalinya harus tinggal terpisah, sendirian, jauh dari orang tua. 

Apalagi kota Bandung, salah satu kota besar di Indonesia, saya mikirnya biaya hidup di Bandung itu pasti mahal. Pikiran tentang mahalnya biaya hidup di Bandung membuat saya rajin tanya tanya ke alumni atau temennya alumni yang kuliah di Bandung, khususon yang kuliah di UPI. 

Nanya soal harga kamar kost, dibayarkan setiap tahun atau bulan, saya juga nanya, apakah UPI sendiri punya asrama sendiri untuk mahasiswa atau nggak. Jawabannya, ada yang memuaskan ada juga yang nggak, dan akhirnya saya pasrah aja sih buat kuliah di Bandung, lillahita’ala dengan modal informasi seadanya dari alumni. 


... 

Kampus UPI utama yaitu Kampus Bumi Siliwangi terletak di Bandung Utara. Tepatnya di jalan Dr. Setia Budi No 229. Jalur utama ketika kita hendak pergi berwisata ke daerah Lembang, Gunung Tangkuban Parahu, atau ke Ciater Subang. 

Suhu udaranya cukup tiris alias dingin. Buat yang hidupnya di daerah panas, seperti saya dulu. Tinggal di Bandung perlu penyesuaian banget. Awal awal, saya selalu kemana mana pake jaket. 

Malah masih suka kebiasaan ketika udah kembali ke Bogor, padahal Bogor panas banget. Malahan suhu udara di Bandung pernah sampai 18-16 derajat celcius. Berasa di dalem kulkas.


informasi kostan universitas pendidikan indonesia bandung
Kartu Tanda Mahasiswaku Dulu

Ketika registrasi mahasiswa baru, waktu itu saya masuk tahun 2008, saya dan Bapak main ke Bandung. Registrasi sekalian keliling keliling di daerah Kampus UPI sendiri. 

Waktu itu UPI sedang renovasi besar besaran, khususnya FPIPS dan FPBS. Sedangkan fakultas saya sendiri FIP aka Fakultas Ilmu Pendidikan adalah Fakultas yang paling mungil. 

Tapi jangan salah loh ya, walaupun mungil, FIP itu fakultas paling tua di UPI, dan dulunya memang FIP itu salah satu Fakultas yang ada di Universitas Padjajaran (fakultas keguruan UNPAD) yang kemudian memisahkan diri karena semakin berkembang dan terbentuklah Universitas sendiri seperti sekarang. 

*yeay prok prok prok* 

Dimana Saja Sebaran Kostan di daerah sekitar Universitas Pendidikan Indonesia? 

Sebenernya ada juga kampus di dekat UPI ini, ada Universitas Pasundan, Institut Manajemen Telkom, dan juga kampus Sekolah Tinggi Pariwisata ENHAI. Jadi, sebenernya ini bisa barengan ya sebaran kostannya. 

1. Geger Kalong 

Geger kalong juga masih banyak sebarannya lagi ya. Ada geger kalong girang, geger kalong hilir, geger kalong tonggoh, Perumahan KPAD (perumahan tentara), geger kalong tengah, geger kalong baru. Ada juga kelompok Geger yang lain, yaitu geger suni, geger sari, geger asih, geger arum, geger kiara.

Lokasi ini favorit banget buat ngekost, bangunan kostan udah banyak banget, penuh, pokoknya padat penduduk banget nget nget. 

Plus: 

Di daerah geger kalong itu enaknya banyak fasilitas tersedia buat mahasiswa. Makanan banyak banget, coba aja susurin jajanan yang ada di gerlong, uang saku sebulan pasti langsung abis dalam waktu sehari. 

informasi kostan universitas pendidikan indonesia bandung
Ramen Favorit, ada di Jalan Geger Kalong Hilir

Counter HP, warnet, toko pakaian, mini market, toko buku (Yang dulu ngehits itu Mas Azzi Agency di jalan geger kalong tengah). Di jalan geger kalong tengah juga ada pasar, namanya pasar gerlong tengah atau masyarakat setempat bilangnya pasar jalan tengah. 

Pasarnya lumayan komplit, buat yang suka masak di kostan, sabtu minggu atau pas libur kuliah, bisa deh belanja di sini buat masak bareng temen satu kostan. Lain lagi di geger kalong girang. 

Di geger kalong girang ada pesantren yang terkenal punya Aa Gym, Pondok Pesantren Daarut Tauhid namanya. Udah familiar banget kan? Mesjidnya ada di pinggir jalan geger kalong girang, jama’ahnya gak pernah sepi. 

Kajian rutin, buka puasa bersama, dan kegiatan pondok pesantren lainnya juga bikin hati adem kalau kita ngekost di daerah geger kalong girang. Daerah geger kalong surga kuliner banget lah pokoknya. Kulinernya enak, dan harganya menyesuaikan KANTONG MAHASISWA. 

Kuliner di gerlong itu hampir gak ada matinya, bahkan di bulan Ramadhan, rumah makan ada yang buka 24 jam, atau buka di jam sahur. Enak banget kan? Jadi gak perlu repot masak kalau pas sahur di bulan Ramadhan. 

Selain itu, buat mahasiswa yang males nyuci baju, tersedia banyak pengusaha laundry kiloan. Harganya murah, sesuai budget mahasiswa, mulai dari yang paling murah yaitu Rp 4.000 per kilonya. 

Mau beli pulsa, servis HP, servis komputer, beli printer, lengkap tersedia di daerah geger kalong. Intinya di daerah gerlong itu, fasilitas untuk melangsungkan kehidupan sangat banyak, mudah, dan cukup murah. 


Minus: 

Karena saking femesnya daerah geger kalong, pengusaha properti saling berkompetisi membangun rumah kost kostan. Mulai dari yang 2 lantai, 3 lantai, hingga 4 sampai 5 lantai. Mirip apartemen lah jadinya. 

Di daerah geger asih ada sebuah kostan yang tinggi mirip rusun/apartemen. Kamarnya udah jelas banyak banget, dan di lantai atas biasanya dipakai untuk menjemur pakaian. 

Dampaknya? 

Udah jelas, daerah geger kalong makin padat dat dat. Jalan jalan cuman bersisa gang kecil, yang kalau motor papasan aja udah susah buat lewat. Jangan berharap juga ada tanah yang masih merah. Halaman, jalanan, semua sudah berlapiskan semen dan pasir. 

Daerah geger suni, geger asih, geger arum, sudah padat sekali. Jalan masuk hanya berupa gang sempit yang hanya bisa di akses dengan jalan kaki atau naik motor (susah tapi naik motor juga). 

Semakin banyaknya “penghuni” geger kalong, juga membuat kenaikan harga kostan yang cukup signifikan. Kalau zaman dulu sih, biasanya naik Rp. 500.000 tiap tahunnya. Harga kamar kostan di gerlong cukup beragam, tergantung tipe kamar. 

Untuk kamar yang hanya berisikan tempat tidur dan lemari, kamar mandi di luar, biasanya dibandrol dengan harga Rp.5.000.000 s/d Rp.6.000.000 per tahun, bahkan lebih, ada yang sampai Rp.10.000.000 tergantung fasilitas kamar. 

Makin mahal biasanya punya fasilitas lahan parkir luas untuk yang bawa kendaraan, kamar mandi di dalam, sudah ada perabotan seperti kasur, lemari, plus AC (padahal Bandung utara udah dingin banget broh), ada fasilitas laundry, dan lainnya. 

CATATAN: 

Kostan di daerah UPI dan sekitarnya biasanya dibayarkan dengan harga PER TAHUN. Sangat jarang pengelolan kost kostan yang mau menerima uang kost bulanan. Ada sih, tapi jarang banget. 

Ada juga yang menyewakan dengan harga per tiga bulan, tapi lagi lagi, cukup jarang. Contohnya kostan ibu mertua saya sendiri, yang kebetulan di Jalan Geger Kalong Girang. Satu rumah kost dengan 7 buah kamar disewakan dengan harga TAHUNAN, sedangkan satu lagi, yang berada di lantai dua rumah tinggal, berisi 4 kamar, disewakan dengan harga BULANAN. 


Biasanya yang mau bulanan itu mahasiswa tingkat akhir, yang mau lulus, lagi ngerjain skripsi atau mau sidang. Kalau baru masuk sih mending nyewa tahunan aja. 

Fakultas yang dekat dengan daerah geger kalong adalah: FPMIPA, FIP, FPTK. Dekat pula dengan PASCA SARJANA, gedung BAAK, gedung BAUK (untuk urusan administrasi), dan Mesjid Al-Furqon UPI. 

2. Negla 

Daerah Negla ini terbagi beberapa daerah juga. Ada yang dekat dengan Jalan Sersan Bajuri (Jalan untuk ke daerah parongpong, kampung gajah, dusun bambu) dan ada juga yang berdekatan dengan Kampus UPI. Ada Negla Hilir, juga Negla Atas. 

Negla juga merupakan daerah kostan yang cukup padat, namun harga kamarnya tidak semahal di geger kalong. 

Plus: 

Harga lumayan terjangkau, gak semahal daerah geger kalong. Fakultas yang dekat itu FPBS dan FPIPS. 

Minus: 

Daerahnya gak seramai geger kalong, cenderung masih sepi. Ya walau pun gak sepi sepi amat sih. Penjual makanan cenderung sedikit, jadi agak ribet lah, kalau mau makan enak turun gunung dulu ke daerah geger kalong. 

Asal jangan sampe makan mie instan terus-terusan aja ya gaes karena males keluar kostan.


3. Cilimus 

Sebelas dua belas sama Negla. Kostan di cilimus juga gak semahal di daerah geger kalong. Lokasinya dekat denga Gymnasium, FIP, Perpustakaan, dan FPMIPA. 

informasi kostan universitas pendidikan indonesia bandung
Perpustakaan Kampus UPI Bumi Siliwangi


Plus: 

Harga kostan masih lumayan murah, dibawah geger kalong. Tapi kalau fasilitasnya bagus, ya sama aja sih, mahal juga. Cilimus daerahnya masih cenderung sepi juga, enak sih sebenernya buat belajar, lebih tenang dan sunyi.

Minus: 

Jauh dari geger kalong, mean jauh dari tukang makanan dan lain-lain. Duh susah sih ya kalau geger kalong yang jadi pusat keramaiannya, jadi kalau mau lengkap dan mudah harus ke geger kalong dulu. 

4. Ledeng 

Ledeng itu sebenernya nama terminal. Biasanya kalau mau ke UPI itu ya ambil jurusan ke Ledeng pas naik kendaraan umum. Walaupun deket terminal, di Ledeng juga banyak kost-kostan. 

Plus: 

Harga kamar kostan relatif murah, biasanya banyak yang ngekost di sini tuh laki-laki. Dekat dengan Museum Pendidikan, FPBS dan FPIPS. Mau pulang kampung gampang, soalnya deket terminal. 

Minus: 

Karena dekat terminal, lingkungan kostan di sini cukup berisik dan agak kotor. Ya namanya juga deket terminal sih. Kurang ramah sih kalau buat mahasiswi. Jalanan di daerah Ledeng juga cukup curam, yaitu berupa anak tangga yang tinggi-tinggi. Jadi kalau mau kuliah itu berasa banget olah raganya. Hahaha. 

Sekarang Ledeng udah mulai gak terlalu populer karena banyak yang beralih ke lokasi yang lebih nyaman dan full fasilitas, lagi-lagi, peminat banyak beralih ke geger kalong. 

*tepuk tangan buat geger kalong 

5. Panorama 

Panorama ini nama jalan ya gaess. Kalau mau ke UPI itu turun angkotnya ya di Panorama ini, soalnya kalau bilang turun di geger kalong, pasti diturunin di lampu merah geger kalong yang nyambungnya ke jalan geger kalong hilir. Dan itu masih jauh lah ke UPI, jadi jangan lupa bilang “kiri bang” di Panorama. 

Jadi, letak jalan Panorama ini ada di sebrang jalan geger kalong girang. Sebrang-sebrangan gitu deh, dipisahinnya sama jalan Dr. Setia Budi pokoknya. 

Di Panorama juga banyak kost-kostan, fasilitas lumayan lah, ada banyak tukang makanan. 

Harga kostan juga biasanya gak jauh dari harga kostan di daerah geger kalong, bisa sekitar Rp.5.000.000-Rp.7.000.000 an pertahun. Panorama ini juga merupakan jalan untuk masuk ke SECAPA (Sekolah Calon Prajurit) bener gak sih singkatannya? jadi deketan sama asrama TNI lah ceritanya. 

Plus: 

Lumayan rame daerahnya, lumayan banyak juga warung makan, dll. Dekat dengan jalan Dr. Setia Budi. Jadi gampang kalau mau kemana-mana. Fakultas terdekat yaitu FPTK, dekat juga dengan Mesjid Al-Furqon UPI. 

Minus: 

Harga kostannya lumayan. Gak seramai geger kalong pastinya, dan kalau mau ke kampus agak ribet, harus nyebrang jalan Dr. Setia Budi yang kadang kala ditutup pas bagian masuk ke Jalan Geger Kalong Girangnya, jadi harus muter dulu ke bawah. 

6. Cipaku 

Daerah Cipaku ini bersebrangan dengan kampus UPI Bumi Siliwangi. Kalau mau ke kampus jadi harus nyebrangin jalan Dr. Setia Budi dulu. Daerah sini banyak rumah-rumah yang disewakan untuk jadi kost-kostan juga. 

Plus: 

Daerah Cipaku terlihat lebih “Hommy” mungkin karena jalan masuk utamanya gak terlalu banyak kendaraan lalu lalang, beda sama jalan geger kalong girang yang jalan masuknya adalah pangkalan ojeg dan becak. Fakultas terdekat yaitu FPTK, Bank BNI, Mesjid Al-Furqon UPI, Gedung Rektorat. 

Minus: 

Kalau mau ke kampus harus nyebrang dulu jalan Dr. Setia Budi, dan menurut saya lumayan ribet nyebrang jalan ini. Soalnya jalan utama dan lebar beud jalannya. Pernah dong mau nyebrang, trus ketahan di tengah jalan karena mobil lagi banyak-banyaknya, kenceng pula. 

*hwaaa pegang ransel kenceng-kenceng*

7. Ciwaruga 

Ciwaruga ini daerahnya lumayan jauh dari kampus UPI, tapi makin kesini banyak yang juga milih di sini karena harganya masih murah. Ciwaruga itu justru deketnya sama Politeknik Negeri Bandung, dan Politeknis POS. 

Ya mungkin kalau ada temen yang kuliah di sana bisa barengan ngekostnya, tapi dengan catatan bawa kendaraan sendiri, minimal motor. 

Plus: 

Harga kostan di sana masih relatif murah, karena radiusnya lumayan jauh dari kampus UPI. 

Minus: 

Karena jauh lokasinya, harus bawa motor sendiri paling. Kalau naik angkot bisa sih, tapi kalau mau ke kampus UPI, angkot cuman bisa berhenti di perumahan KPAD, kalau mau ke kampus harus jalan dan itu pun NANJAAK BOKK. 

Ada Ojeg kalau mau, cuman boros lah ngojeg tiap hari. Jarak ke kampus sekitar 10-20 menit naik motor. 

8. Cicarita 

Cicarita sebelas dua belas sama Ciwaruga. Jauh dari kampus, jadi harus bawa kendaraan sendiri. Dan Cicarita ini lokasinya masih perkampungan yang bisa diakses dari Ciwaruga atau dari perumahan Pondok Hijau. 

Plus: 

Karena jauh dari kampus, otomatis harganya masih relatif murah yaks. Dan enaknya, suasananya masih asri juga, masih banyak masyarakat sekitar, gak full mahasiswa semua. 

Dulu sih, harga sewanya masih dibawah Rp. 5.000.000 pertahun, bahkan ada yang nyewain Rp.2.000.000-Rp.3.000.000-an, bisa setengah atau sepertiga harga di daerah gerlong kan. 

Minus: 

Karena jauh, berarti harus bawa motor sendiri. Fasilitas masih belum lengkap, hanya ada warung-warung kecil biasa aja. Jarak ke kampus sekitar 10-15 menit naik motor. 

Minusnya lagi banget adalah kalau kita jadi mahasiswa yang aktif organisasi, jadi ribet bulak-balik antara kampus dan kostan T____T

.... 

Masih ada lagi nih informasi yang mau saya bagi, untuk adek adek yang mau kuliah di Bandung, khususnya di Universitas Pendidikan Indonesia, bisa juga UNPAS, MTT Telkom, STP ENHAI. Tapi bentuknya saya bikinin FAQ aja ya.

informasi kostan universitas pendidikan indonesia bandung


Frequently Asked Question 

1. Paling enak ngekost di daerah mana ya? 

ABSOLUTELY GEGER KALONG. Soalnya paling lengkap fasilitasnya, dekat kampus, dekat pesantren Daarut Tauhid. 

2. Berapa rentang harganya? 

Tergantung fasilitas kamar, jauh dekat dengan kampus, ada harga ada fasilitas sih. Pinter-pinter berstrategi aja. Buat yang punya budget terbatas, bisa lah ambil kost yang agak jauhan dari kampus/fasilitas publik sekalian olah raga. Rentang harga Rp.2.000.000-Rp.10.000.000 per tahun. 

Jujur aja sih, biaya kost dan biaya hidup jauh lebih besar dari biaya kuliah itu sendiri. 

3. Bagaimana sistem pembayarannya? 

Rata-rata kostan di daerah UPI itu dibayar PERTAHUN, jarang sekali yang mau perbulan. 

4. Apa saja tipe kostan yang ada? 

Ada yang berupa kamar-kamar mirip apartemen, gak ada ibu kostnya. Ada juga kamar-kamar yang dibangun di lantai dua rumah ibu kost. Ada yang bentuknya rumah yang disewa bersama, jadi ada ruang tamu, ruang nonton TV, dapur, dll. 

Biasanya disewa sama satu geng gitu sih, haha. Kamar mandi ada yang di luar ada yang di dalam, ada yang berdapur ada yang nggak. Biasanya sih kalau perempuan lebih milih tipe rumah yang disewa bersama, supaya lebih bisa eksplor diri buat masak-masak, itung-itung latihan untuk berumah tangga nanti. 

*uhuk 


Dan kalau mau lebih religius, bisa juga ikutan program pesantren mahasiswa [PMW] di pesantren Daarut Tauhid. Jadi ada asrama khusus mahasiswa/mahasiswa yang ingin kuliah sambil nyantri. 

5. Adakah kost khusus putra atau putri? 

Rata-rata kostan dibagi dua, khusus putra atau putri, tapi ada juga yang campuran. Kalau saya ngasih saran sih jangan yang campuran, soalnya gak nyaman khususnya buat perempuan. 

6. Apakah UPI punya asrama mahasiswa? 

Ada, tapi setahu saya khusus untuk mahasiswa yang berasal dari wilayah Timur Indonesia. 

7. Apakah saya harus membawa barang sendiri? 

Ada kostan yang sudah siap huni, ada kasur dan lemari biasanya. Enaknya sih kalau kita pindah gak usah ribet pindahan barang, tinggal bawa baju aja, cuman itu bekas orang, mau gak pake bekas orang? 

Balik ke pilihan kita. Kalau beli sendiri sih enaknya barang baru punya sendiri, cuman pas pindah kostan atau lulus, ribetnya luar biasa. 

Barang keperluan kostan seperti lemari, kasur, dll biasanya dibeli di pasar Sukajadi. Murah dan dekat dari kampus, tapi sekarang di geger kalong juga udah ada toko perabotan lengkap, jadi gak perlu ke pasar. 

8. Bagaimana dengan keamanananya? 

Hati-hati itu kembali pada diri sendiri. Jangan teledor, jangan lupa kunci kamar, kalau bawa motor jangan lupa kunci ganda. Beberapa ada kasus kemalingan laptop, HP, Motor, tapi balik lagi ke diri sendiri ya, harus ekstra hati-hati. 

9. Bagaimana dengan lingkungannya? 

Di kampus UPI Insya Alloh lingkungannya baik, apalagi ada pesantren Daarut Tauhid. Setiap malam biasanya ada kajian, dan pas giliran Aa Gym yang ngisi kajian wah pasti mahasiswa banyak banget deh yang datang ke mesjid. 

10. Bagaimana dengan angkutan umum? 

Mudah, 24 Jam ada. Kalau mau ke kampus UPI, cari angkutan umum ke arah Ledeng yaks. Nanti turun di Panorama. 

Angkutan umum yang lewat ke kampus UPI: 

BUS DAMRI dari terminal Leuwi Panjang (Leuwi Panjang-Ledeng)
Angkot Kalapa-Ledeng 
Angkot Termial Cicaheum-Ledeng 
Angkot Margahayu-Ledeng 
Angkot Stasiun (Kereta Api)-Lembang 
Masuk ke jalan geger kalong juga banyak ojeg dan becak. 

11. Bulan apa biasanya waktu pencarian kostan? 

Biasanya ramai di bulan Agustus – September 

12. Bagaimana cara menghubungi pemilik kostan? 

Kalau punya kakak kelas atau alumni yang kuliah di UPI, bisa hubungi kakak kelas, atau bisa juga hubungi langsung dengan cara datang ke kampus UPI. Banyak pamflet kostan bertebaran dimana-mana, tinggal telp aja. 

13. Bolehkah berdua dalam satu kamar? 

Ada yang membolehkan ada juga yang nggak. Tergantung kebijakan pemiliki rumah kost. Kadang kala, harga sewa kamar untuk satu orang misalkan Rp.5.000.000,- (jika sendiri) tetapi jika ingin dipakai berdua, harga menjadi Rp. 6.000.000,- (jadi masing-masing orang membayar Rp.3.000.000,- 

.....

Sekedar sharing ya, cari temen kostan itu susah-susah gampang loh! Pasti ada aja kecocokan karakter yang bikin kita heppi, dan dimana ada kecocokan pasti ada juga ketidakcocokan yang bikin bete. Mirip-miriplah sama nyari teman hidup #eeaaa. 

Tips dari saya sih kalau bisa cari teman yang udah kita kenal sebelumnya, atau minimal rekomendasi teman kita sendiri, ya minimal kita udah kenal lah siapa-siapanya. 

Ada Serumah.com 

Ribetnya, gak banyak orang atau temen deket kita yang kuliah bareng juga kan? Jadi mau gak mau harus cari sendiri orang yang bener-bener baru. Uniknya, sekarang ada website yang bisa menjembatani itu semua, ya cari kostan, ya cari temennya juga, namanya serumah.com 

Seandainya serumah.com ada dari dulu, pastinya saya udah cobain deh web ini jauh-jauh hari sebelum mencari rumah kost untuk kuliah, karena fitur serumah.com ini memang membantu kita banget untuk mencari rumah kost dan (sekalian) roommate-nya. 

Apa aja sih fitur serumah.com? 

1. Pastinya untuk kita yang sedang mencari rumah kost untuk disewa, serumah.com sangat memudahkan mencari rumah kost yang sesuai dengan budget yang kita anggarkan. Kita tinggal masuk ke website serumah.com ya. 

2. Mencari teman sekamar atau roommate. Bosen sendirian? Atau harga kamar kost yang terlalu mahal dan ingin dibagi berdua? Bisa banget kita mencari roommate di serumah.com 

3. Mengiklankan kamar kost. Punya kenalan pengusaha properti yang menyewakan kamar kost? Atau mau mencoba jadi “makelar” kamar kostan kecil-kecilan? Kita juga bisa menggunakan website serumah.com untuk beriklan.
informasi kostan universitas pendidikan indonesia bandung
Tampilan Web Serumah.com

Pencarian roommate, atau room sharing ini biasanya lebih banyak di kota besar seperti di Jakarta, untuk Kota Bandung sendiri saya belum tahu sejauh mana perkembangannya.

Merantau di kota besar memang menuntut kita menjadi mandiri, termasuk dalam memutuskan untuk tinggal dan memilih partner kita dalam keseharian, termasuk di dalam rumah kost.

Dan kini memilih kamar kost dan teman kost semudah membuka aplikasi di smartphone kita dengan serumah.com


Jangan lupa klik serumah.k1com untuk sign in dan menikmati beragam fiturnya.


Huhuhu, jadi inget deh sama roommate saya dulu waktu kuliah. Kalau kamu punya pengalaman ngekost atau pernah punya roommate 
yang kayak gimana sih?


Share yuk di kolom komentar!


3 comments on "Mau Kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia-Bandung? Baca Dulu Informasi Seputar Kost-kostan UPI Di sini!"
  1. Dulu pernah main ke kostan tmn anak upi, di gerlong belakang dt... Enak ya bnyk mknan

    ReplyDelete
  2. mau tau donk alat kosan mertuanya

    ReplyDelete
  3. boleh minta infonya donk kosan bagus tp harganya terjangkau

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D