11 Cara Ampuh Menghadapi Istri Bergolongan Darah B

| On
March 15, 2017
cara menghadapi istri bergolongan darah B


Pernah membaca buku atau komik tentang menganalisa karakter orang melalui tipe atau golongan darah? 

Beberapa tahun yang lalu, saya pernah membaca buku dan komiknya, entah lupa itu pinjem atau beli, atau bahkan numpang baca di Gramedia. Hahaha.

Tapi pas baca buku/komik itu, saya jadi ngangguk-ngangguk sendiri dan berkata di dalam hati: 

“Wes, iya nih gue banget” 

“Loh kok tau sih?” 

“Ih kok bener banget ini” 

Edenbrei, edenbrei. 

Baca buku itu emang bikin kita jadi nginget-nginget memori, kejadian, respon atau suasana hati kita dalam kondisi dan situasi tertentu.

Misal, ketika melihat suasana ruangan yang berantakan. Reaksi setiap golongan darah itu berbeda-beda. Ada yang langsung mangkel/dongkol/uring-uringan/bete. Dan ada pula yang nyantai kayak di Pantai, dan tipe nyantai cuek bebek itu biasanya adalah golongan darah B.

*dijitak pake samurai*

Sebagai pemilik resmi golongan darah B, saya sendiri merasa lumayan “khatam” dengan berbagai tingkah polah pemilik golongan darah yang terkenal dengan karakter cuek, bebas, dan gak mau dikekang ini.

Dan yang mau saya bahas kali ini adalah, bagaimana menangani istri bergolongan darah B ketika sudah menikah. Jadi, tulisan ini saya dedikasikan untuk para suami yang memiliki istri dengan golongan darah B ya.


Pliss, ini bukan ramalan. Kalau mau baca detail kenapa golongan darah bisa membuka cakrawala kita mengenai karakter atau kepribadian, coba baca dulu komik atau bukunya, atau minimal googling di internet, biar logikanya nyampe dan sefrekuensi sama saya.

Saya menulis postingan ini semata untuk memberikan informasi atau gambaran bagaimana “mengendalikan” istri bergolongan darah B, ya semuanya sesuai pengalaman sendiri.

Okesip.

1. Bebaskan dan Beri Pilihan

cara menghadapi istri bergolongan darah B

Kebebasan itu memang nafassss banget buat golongan darah B. Jadi, pliss ya para suami, jangan pernah mengekang istri dengan golongan darah B. Pamali!

Ia terlahir sebagai sosok yang “berjiwa petualang” dan bebas. Ia lebih senang memiliki dunia sendiri “tanpa aturan orang lain”

Loh? Kan istri harus taat sama suami? Gimana dong kalau gak mau diatur?

Yaps, ini cuman masalah cara dan teknis aja kok. Bukan gak mau diatur orang lain sebenernya, golongan darah B memang “malas” mendengar ocehan orang lain yang seakan mengatur hidupnya.

Karena “prinsip kebebasan” yang ia pegang itu lah yang membuatnya seperti diluar kendali, tapi ada kok cara untuk “mengendalikan kebebasan” mereka, yaitu dengan memberikan pilihan.

Studi kasus:

Suami (S) dan Istri (I)

I: “Ayah, hari ini Bunda izin keluar ya, mau ketemu temen-temen”

S: “Gak boleh, ah”

Ketika suami berkata seperti ini, sudah bisa diprediksi, istri dengan golongan darah B langsung masuk kamar dan banting pintu.

Jika kamu, suami, tidak mengizinkan istri pergi, maka cobalah dengan memberikan pilihan seperti ini.

Ulangi ya.

I: “Ayah, hari ini Bunda izin keluar, ya, mau ketemu temen-temen”

S: “Hmm, gimana kalau Bunda nanti aja keluarnya, mau temenin ayah ke toko elektronik lihat harga AC baru, atau nemenin Ayah  di rumah sambil Ayah masakin seblak seuhah istimewa buat Bunda?


EEEAAAAAA...

Begono ya caranya ngelarang istri bergolongan darah B pergi. Bikin dia mikir dan memilih, jangan plek ngelarang-larang kalau gak mau ngambil resiko tidur di luar semaleman.

2.  Si Cuek yang Tetap Perasa



Walau dikenal sebagai si cuek bebek, istri bergolongan darah B sebenernya tetep peka dan perasa loh! Cuman peka-nya itu belakangan, alias telatttt bangettt.

Karena perasaanya yang kurang peka (aneh ya, perempuan tapi perasaannya malah gak peka) sebenernya ia sedang berpikir dan menganalisis apa yang sedang terjadi.

Cuma ya itu, mikirnya lebih lama dari golongan darah lainnya. Perlu waktu dan proses bagi istri bergolongan darah B untuk menerka dan menganasilis dalam-dalam situasi dan kondisi yang sedang berlangsung.

Studi kasus:

S: “Bun, ayah capek banget, di kantor tadi atasan nyuruh kerja terus gak boleh istirahat sebelum kerjaan selesai”

*modus, aslinya minta pijitin*

I: “Oh, yaudah istirahat aja”

Asli, buat suami yang sering ngasih kode ke istri, jangan harap istri dengan golongan darah B bisa paham begitu aja sama teka-teki yang dibikin sama suaminya.

Sekilas, istri bergolongan darah B ini kok jahat bangettt, suaminya minta pijitin aja gak ngerti. Dan biasanya kalau suaminya “pundungan” alias gampang ngambeuk, yaudah pecahlah perang saudara.

Tapi, sebelum kamu hei para suami marah, coba inget lagi di KTP Istri, golongan darahnya apa. Kalau memang bergolongan darah B, yo wess ini memang wajar adanya, jangan marah-marah kalau kode kamu gak kebaca meski pake nyanyian kode ala warkop segala.

Solusi:

Istri bergolongan darah B lebih baik diberi arahan/instruksi langsung, tapi tetep caranya juga harus pas.



Misal,

S: “Bun, seharian ini anak-anak bikin capek gak? Masih punya tenaga cadangan buat mijitin ayah barang 5 menitttt aja, plisss”

I: “Mmm, lumayan sih, tapi bener ya cuman 5 menit?”

DAAAANNN AKHIRNYA SUAMI BERHASIL DAPAT PIJITAN GRATIS SELAMA 5 MENIT.

Mau dapet pijitan lebih dari 5 menit gak?

Caranya adalah, ajak istri bergolongan darah B itu ngobrol ngalor ngidul sesuai dengan kesukaannya, biarin dia sampai curhat ini itu. Kan sambil mulutnya berbusah-busah, tangannya masih tetep mijitin.

Dapet deh 30 menit pijitan kasih sayang kalau kamu para suami pakai cara ini.


3. Jangan Marah Ketika Tidak Teratur

cara menghadapi istri bergolongan darah B

Bertindak sesuai syntac atau keteraturan adalah sebuah ujian maha berat bagi istri dengan golongan darah B.

Pernah gak liat istri melakukan sesuatu secara “insidental” atau gak biasa dia lakukan sehari-hari? Misalkan, satu hari istri bergolongan darah B mendadak rajin. Peralatan dapur semua dibersihin, karpet disapu  sampai bersih, kaca digosok sampai mengkilat, semua debu dilap sampai hilang tak bersisa.

Tapi di hari lain, istri bergolongan darah B ini bisa malas semalas-malasnya. Tiduran di sofa sambil nonton TV, atau main hape sambil tiduran gak bangun-bangun, dan waktu ditanya:

“Ada makanan apa Bund, di rumah?” sama suami, eh malah bilang:

“Beli aja ya Yah buat makan malemnya.”

EEAAAAAA.


Keteraturan memang menjadi musuh besar istri dengan golongan darah B. Kenapa? Karena dia bosan, ia bosan melakukan hal-hal yang ia selalu ia kerjakan setiap hari di rumah.

Jangan dikira di rumah gak kerja ya Pak Suami. Setiap bangun pagi, sarapan istri yang sesungguhnya adalah setumpuk cucian yang belum dieksekusi, satu bak cucian piring yang menunggu disentuh, anak menangis minta digendong, mainan yang masih berserakan karena semalam belum sempat diberesin saking capeknya jadi ketiduran.

Jadi, istri dengan golongan darah B ini akan sangat lebih mudah bosan dibanding perempuan lainnya. Mungkin ada perempuan yang memang bisa disiplin waktu dan tertib melakukan semua urusan, tapi berbeda dengan istri bergolongan darah B, keteraturan membuatnya seperti tersiksa, sementara hal yang bersifat spontan, menarik untuk dikerjakan atau lebih menantang, membuatnya bisa melewati hari-hari di rumah lebih bahagia.


Solusi:

Biarkan ia memilih pekerjaan mana yang ingin ia selesaikan lebih dahulu. Karena orang yang bergolongan darah B cenderung memiliki “cara sendiri” untuk melakukan pekerjaan dan membuat dirinya tertantang untuk menyelesaikannya hingga selesai.

4. Si Keras Kepala

cara menghadapi istri bergolongan darah B


Duh, sulit ya yang satu ini.

Iyes, istri bergolongan darah B cenderung bukan tipikal istri penurut. Tapi lagi-lagi, mungkin ada cara “memerintah” yang kurang elegan dan mengusik “kebebasan” yang dimiliki istri bergolongan darah B.

Sekali lagi saya katakan, ia tidak suka diperintah. Berikan ia pilihan yang membuatnya banyak berpikir dan tertantang untuk menemukan jawaban atau solusi atas masalahnya. Memaksakan kehendak atau idealisme kepada istri bergolongan darah B justru akan memicu konflik dan membuatnya semakin keras kepala.

5.  Memang Agak Kurang Sopan Sih, tapi...

cara menghadapi istri bergolongan darah B

Sikapnya yang terkesan cuek dan “semau gue” membuat istri bergolongan darah B terlihat kurang sopan dan kurang beretika. Ia memang sangat enggan untuk berbasa-basi.

So, pliss. Kalau memang ini kekurangan dari istri bergolongan darah B, coba dibantu untuk diatasi, minimal ketika akan menerima tamu atau berkunjung ke tuan rumah yang menjunjung tinggi nilai moral dan tata krama.

Karena sikap cueknya ini akan menimbulkan kesan kurang etis atau kurang sopan, dan membuat orang lain tersinggung. Padahal dalam lubuk hati yang paling dalam, orang bergolongan darah B sama sekali tidak pernah ingin menyinggung perasaan orang lain.

Hal ini hanya dikarenakan sikapnya yang cuek dan terlalu terbuka.

Solusi:

Berikan briefing dan gambaran situasi yang akan dihadapi oleh istri bergolongan darah B ini sebelum melakukan kunjungan atau dikunjungi tamu yang sangat peka akan sopan santun. Apa saja yang boleh dikatakan dan tidak boleh, atau apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

6. Sedikit “Berantakan” Pertanda Ia Makhluk Kreatif dan Ceria

cara menghadapi istri bergolongan darah B

Jangan sedih kalau istri di rumah malah sering membuat seisi rumah berantakan dan tidak beraturan. Karena selamat! Kamu memiliki istri yang berjiwa kreatif tingkat tinggi.

Dapur yang berantakan karena rajin trial and error resep kue dan masakan. Living room yang lebih terlihat seperti kelas Taman Kanak-Kanak karena ia sibuk membuat mainan untuk anak-anak dari barang bekas, atau bahkan melihat tumpukan buku, majalah, kertas laptop, modem, kopi, susu, roti, handphone berantakan di meja.

*Nah ini mungkin istrinya seorang blogger*

Maklumi aja yak! Jangan bunuh kreatifitas mereka!

Solusi:

Jika memang tidak ingin melihat sudut rumah “berantakan” beri saja istri bergolongan darah B ruang khusus untuk bereksplorasi dan berkreasi sesuai dengan passion yang hidup di hatinya. Buatlah semacam “workshop” di sisa ruangan yang ada di rumah, atau buatlah ruang kerja khusus untuk mereka.

Dijamin deh, hal ini membuat istri bergolongan darah B makin laaaaffff sama suaminya.


7.  Sayangilah Ia Karena Berjiwa Sosial Tinggi

cara menghadapi istri bergolongan darah B

“Ngasih barang melulu sih?”

“Kok sering nyumbang ke sana terus?”

Maaf aja ya, memang “mental sedekah” pemilik golongan darah B memang on fire banget. Mereka selalu bersemangat kalau ada acara charity atau ada tetangga atau teman yang memang terlihat kekurangan.

Tapi sih harunya bersyukur dong ah punya istri yang senang berbagi dengan sesama, bukan malah dibatasi atau dikekang. Karena ketika mereka berbuat kebaikan atau menolong orang lain, mereka tidak pernah berpikir panjang dan selalu ikhlas tanpa mengharap imbalan.

8. Berikan To Do List

cara menghadapi istri bergolongan darah B


Istri dengan gologan darah B ini juga cukup pelupa saudara-saudara. Biasanya, saking overload informasi, ia seperti orang bingung mau mengerjakan apa terlebih dahulu.

Efeknya? Ia mudah bete dan frustasi, dan bisa dibayangkan dong siapa yang paling pertama terkena imbasnya?

You-know-who lah

Solusi:

Bantu ia membuat to do list atau daftar prioritas. Ingatkan pekerjaan apa saja yang belum selesai atau yang harus diprioritaskan. Suami bisa membantu mengingatkan via telepon atau via aplikasi chat.

Bahkan kalau mau lebih romantis, kirimin cheese cake dan lemon tea dari kantor pake ojeg plus notes pengingat dan penyemangat. Karena logika tetap harus ditunjang oleh logistik yang memadai.

#Eeeaaaa


9. Beri Tauladan


Karena paling gak taat aturan dan gak mau diperintah, istri bergolongan darah B lebih suka melihat contoh teladan, siapa lagi kalau bukan kamu ya kamu sebagai suaminya.


Jangan bilang, “ayo cepetan sholat dulu sana! Main facebook aja terus.” Sementara suami juga sedang asyik nonton final piala AFF di TV. Kan gak singkron namanya.

“Memerintah” istri bergolongan darah B sebenarnya cukup sederhana. Dengan contoh aja, gak perlu ngomong sambil maksa-maksa, ia bisa langsung melaksanakan, karena memang hatinya sangat mudah tersentuh walaupun keseringan cuek.

Tapi kalau urusan begini, doi paling suka melihat suaminya melakukan terlebih dahulu apa yang harus ia kerjakan.

10. Cara Lain Memberi Nasehat

cara menghadapi istri bergolongan darah B

Cuek, keras kepala, gak taat aturan. Pas banget! Pasti susah untuk dikasih nasehat secara verbal. Pasti dia sulit buat mendengar, hal ini karena ya itu tadi, berbenturan dengan prinsip kebebasan yang ia anut.

Walau memang terkesannya jelek banget ya, istri gak mau dinasehatin suami, tapi apa salahnya mencoba menasehati dengan cara lain.

Misalnya,

Beri istri bergolongan darah B video mengenai masalah yang sedang kalian alami beserta solusisnya. Video ini bisa kamu cari di Youtube bersama, bisa berupa cerita fiksi/drama, cerita inspiratif, atau mendengar ceramah ustadz/ustadzah favorit istri.

Atau biarkan dia pergi ke majlis ta’lim untuk mencari siraman rohani. Karena pada hakikatnya, mencari ilmu agama atau mendengar kajian Al-Qur’an seperti orang yang sedang “NGAJI” alias NGACA JIWA.

Ia akan menemukan banyak hikmah, pelajaran, ilmu, evaluasi dari orang lain yang justru lebih ia “dengarkan” dan ia akan laksanakan.

11.  Selamat! Kamu Memiliki Motivator Handal 

cara menghadapi istri bergolongan darah B

Satu lagi nih gaes, sifat yang justru terlahir dari sifat cuek mereka. Harta karun yang ada di dalam jiwa istri bergolongan darah B adalah ia mampu membangkitkan motivasi dan optimisme dalam hidup.

Gak percaya?

Coba deh ngobrol dari hati ke hati sama istri bergolongan darah B ketika sedang down. Ia mampu melihat sisi lain peristiwa, melihatnya secara logis tanpa emosi negatif atau terbawa perasaan.

Sikapnya yang cuek dan “tanpa perasaan” membuatnya melihat masalah dan keadaan jauh lebih logis dan tidak emosional ketimbang perempuan bergolongan darah lainnya. Ia mampu melahirkan quotes bijak, memperdengarkan optimisme dan menyalakan kembali api semangat yang redup di hati suami.

*brb minta dibeliin apartemen*


....

Wah, ternyata sudah sepanjang ini yaaa curhatnya #eh #ketauan.

Disclaimer dulu ah, takut ada yang salah tanggap bacanya.

Memiliki golongan darah B bukan berarti menjadi golongan darah terbaik ya. Tulisan ini saya dedikasikan untuk membantu para suami ataupun calon suami untuk “memahami” seluk beluk karakter istri bergolongan darah B dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

Gak percaya sama tulisan ini?

Ya silakan aja si, da percaya mah emang sama Allah SWT  saya juga.  Silakan dibaca dan direnungkan yaa para Pak Suami, dan silakan tekan tombol share jika dirasa bermanfaat. 

Memang memahami istri itu jauh lebih sulit ketimbang  kesasar di Zimbabwe terus gak nemu aplikasi Google Map sama Google Translate.


Salam dari si B yang Sanguine dan Melankolis yeaa!



"Tulisan Ini diikutsertakan pada Program Blogger Muslimah Sisterhood"

47 comments on "11 Cara Ampuh Menghadapi Istri Bergolongan Darah B"
  1. Mbak Tetty kok dikau mengerti banget sih hahahha. Iya lho, aku menyetujui itu semua sebagai si pemilik golongan darah B :v jadi pengen share ke suami *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan merasakan setiap hari Mbak Ade.. hihihi

      Delete
  2. Suamiku udah khatam bener dalam menjinakkan aku..haha. Sebagian besar yg ditulis tadi bener sih, tapi aku nggak cuek-cuek amat siiih. Goldar B itu lebih seneng melakukan sesuatu atas kesadaran sendiri bukan karena disuruh-suruh.

    Salam dari perempuan bergoldar B
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betulll bgttt mbak, "atas kesadaran sendiri" tapi ya kadang gtu lama sadarnya, wkwkwk

      Delete
  3. Hahahhaha tos Teh, saya juga B! Tfs ya, emang sih agak keras kepala tapi aslinya baik kok wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Aku bangeeettt,
    Tengkiu sdh mewakili, :)

    ReplyDelete
  5. Kalo sri punya suami bergolongan darah B, dan ketika keinginannya belum disetujui istri, pasti tetep dilakuinnya wkwkwkšŸ˜‚šŸ˜‚šŸ˜‚ iya banget tulisannya..makasih ty

    ReplyDelete
  6. yang berdarah B sih suamiku, tapi ada beberapa sifatnya yang sama kayak tulisan di atas, berarti emang yang berdarah B rata-rata begitu ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, rata-rata begini goldar B.

      Delete
  7. Wuah andai ada suami yang mau mengerti ke 10 hal di atas ya mba :D
    Seneng pasti hahaha

    Btw aku golongan darah O tapi ada yang mirip2 dikit dari ciri ciri diatas.
    Lain kali solusinya bisa di pake, buat pembelaan *eh engga
    Buat.. biar ga kejadian perang

    sama suami
    Nanti tapi

    kalo udah nikah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Buat pembelaan, nanti kalau udah nikah jgn lupa cerita-cerita yaa

      Delete
  8. saya banget itu Mbaa, kalo lagi malas beberes dan suami udah mulai nyinggung2, langsung tak beri tahu kalo saya akan membereskannya ketika udah mood :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, beberes nunggu mood dulu haha

      Delete
  9. Aku 8 dari 11 mbak. Haha.. kok bisa gitu ya ?
    *mikir*

    ReplyDelete
  10. Really enjoy your writing. Ah keren banget gaya penulisannya :)

    Aku B, sanguin, cuek, keras kepala, dominan, justru suka keteraturan, tapi setelah menikah berubah jadi penurut dan plegmatis. Kalah sama suami yang super sanguin dan koleris ahaha ;) but I like this change though, berusaha menempatakan diri sebagai perempuan dan trying to be better.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hwaa teh Ai makasih udah mampir ke sinii yaa *tersipuu-sipu

      Delete
  11. Kalau di rumah saya, yang goldar B itu suami dan anak laki-laki saya. Hmmm ... kira-kira bisa disamain juga gak ya sifatnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau secara umum mungkin mirip2, tapi ga tau soal sentuhan gendernya, tapi B meskipun cewe ttp gak peka sih, heu

      Delete
  12. Thx u teh,, ni saya banget, , moody an,, apalg soal beberes,,
    Izin share ke suami yah

    ReplyDelete
  13. Oh my Allah, ini kenapaah cocok semua? šŸ˜‚šŸ˜‚

    ReplyDelete
  14. Seru juga dibikin karakter tokoh cerita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha, tokohnya jd istri rock n roll sedunia karena saking cueknya

      Delete
  15. Hahahhaha.
    Sebagai istri bergolongan darah B, melipir dulu ah, sambil tutupan panci šŸ˜šŸ˜

    ReplyDelete
  16. Saya baru tahu kalau orang yang bergolongan darah B itu sifatnya beda dg golongan lain. Alhasil perlakuannya juga beda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga tau sugesti apa gimana ya, tapi ya emang beginilah adanya, hehe

      Delete
  17. suamiku termasuk pendiam, apalagi kalu lagi marah. Padahal mah, aku ngerti juga ngga kenapa dia marah. :D

    Aku bilang aja, aKu kan bukan cenayang yg bisa baca pikiran orang, termasuk pikiran kamu. :D
    *malah jadi galakkan aku.

    ReplyDelete
  18. Baru tahu kalau si B "parah" kayak gini, hahaha....Maklum, saya A suami A bapakku A mamaku O, mertua O dan Ab.

    ReplyDelete
  19. Kalo akuuu istri dengan suami golongan darah B mba.. ahahahaha.. :D Bener banget itu, cuek, kurang peka, sama keras kepala dan saklek.. Jadi bener sih kalo aku mau apa gak bisa pakai kalimat yang gak jelas. Mesti jelas sejelas-jelasnya.. hihihi :D Pernah duluuu waktu kuliah nonton film Korea My Boyfriend is Type B. Abis nonton itu langsung gak mau punya pacar suami golongan darah B. Lah, malah kejadian.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga nonton itu mbak Dita, lucu filmnya yaa

      Delete
  20. berasa diadvokasi banget lewat tulisan ini. berasa jd pemeran utama, haaha.. two thumbs up utk tulisannya mbak. salam dari saya si B, plus sanguin melankolis jg :)

    ReplyDelete
  21. Kalau berantakan... saya nggak Mbak. Soalnya OCD šŸ˜€ Nambah Mbak, karakter prank-nya. Sekejap kayak badai, sekejap udah jadi angin sepoi-sepoi. Untung suami saya orang O. Entah gimana kalo sama-sama B šŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suami O, kalau sama iya yah gimana cobaaa

      Delete
  22. saya seorang suami gol darah B. wekaweka bget dah. pas dg kondisi saya

    ReplyDelete
  23. saya seorang suami gol darah B. wekaweka bget dah. pas dg kondisi saya

    ReplyDelete
  24. Eh..apa B itu jodohnya O kali yaa...
    Suamiku O..

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D