Menumbuhkan Premium Bonding Dengan Anak Bersama Lotte Choco Pie. Together, More!

| On
April 25, 2017
cara menumbuhkan kebersamaan dengan anak review lotte choco pie

“Children don’t need more things. The best toys a children can have is a parent who gets down on the floor and plays with them.” –anonymous-

Akhir-akhir ini, saya akui seringkali “lepas kendali” waktu menghadapi Kifah. Apalagi “penyakit” susah makannya itu loh, yang tak kunjung sembuh sejak zaman Kifah batita sampai sekarang, bikin hati mangkel dan berujung pada luapan emosi yang membabi buta.

Karena Kifah susah makan, anaknya jadi gampang sakit. Apalagi Kifah punya riwayat alergi dan sekarang sering banget batuk karena asmanya suka kambuh. Ketika dia ogah-ogahan makan, atau jajan sembarangan, otomatis emosi saya tersulut begitu aja, karena hal seperti ini selalu berulang, gak mau makan, asma kambuh, kemudian sayanya yang uring-uringan.

Baca juga: Batuk Anak yang Tak Kunjung Sembuh
cara menumbuhkan kebersamaan dengan anak review lotte choco pie
Ini dia sang Picky Eater yang suka bikin, roaarrrr.

Kalau inget suka marah-marah karena hal itu, saya suka malu sendiri. Kenapa kok gak sabaran amat ngadepin anak? Kenapa ya saya mah sumbunya pendek amat? Apalagi ya itu tadi, Kifah GTM aka Gerakan Tutup Mulut terus setiap dikasih makanan dengan gizi lengkap (Sayur, buah, ikan, telur, dll).

Sungguh, Sang Picky Eater ini membuatku tak shanggup, kadang rasanya pengen give up aja, nyari cara supaya anak makan lahap dan gak pilah pilih jenis makanan.

Baca juga: Orang Tua Sempurna

Dan sebuah takdir baik akhirnya datang, ditengah  moment kegalauan saya di rumah menghadapi anak lelaki yang nguji kesabaran ini, saya menerima undangan untuk menghadiri Blogger Gathering bersama Lotte Choco Pie dan Kumpulan Emak Blogger atau KEB.

cara menumbuhkan kebersamaan dengan anak review lotte choco pie
Lotte Choco Pie, biskuit coklat lembut dengan marshmallow yang chewy di dalamnya

Lotte Choco Pie, sebuah brand makanan biskuit coklat asal Jepang ini sedang mengkampanyekan konsep “Together, more” dimana para ibu multitasking diingatkan pentingnya kebersamaan atau bonding bersama anak.

Hmmm, sebenernya saya merasa terhantam dan tertampar ketika mendengar penjelasan dari beberapa narasumber di acara Blogger Gathering kemarin. Diantaranya Psikolog Anak Mbak Novita Tandri, Mbak Oci C Maharani dari Lotte Choco Pie dan tentunya Brand Ambasador Lotte Choco Pie Mama Carissa Putri yang datang bersama Quenzino putra semata wayangnya yang kiyut abisss.

cara menumbuhkan kebersamaan dengan anak review lotte choco pie
Kiri ke kanan, Mbak Oci, Mr. Hiroaki, Mama Carrisa Puteri dan Quenzino, Mbak Novita/Psikolog Anak

Acara dipimpin dan dibuka dengan suasana santai oleh Mbak Mira Sahid yang pada tanggal 22 April kemarin menjadi MC di acara Blogger Gathering bersama Lotte Choco Pie.

Seperti yang kita ketahui bersama ya, Mbak Mira Sahid ini merupakan founder atau penggagas berdirinya komunitas KEB atau Kumpulan Emak Blogger.

cara menumbuhkan kebersamaan dengan anak review lotte choco pie
Mbak Mira membuka acara, eh ada Quenzino itu ikut kefoto

Setelah acara Blogger Gathering dibuka oleh Mbak Mira Sahid, dilanjutkan sambutan yang dibawakan oleh President Director of Lotte Indonesia, Mr. Hiroaki Ishiguro.

cara menumbuhkan kebersamaan dengan anak review lotte choco pie
Mr. Hiroaki Ishiguro memberikan sambutan dengan aksen Jepang yang menambah semangat kita semua :D

Kebersamaan adalah  Keharusan

Mbak Novita yang berprofesi sebagai Psikolog anak menjelaskan, “kedekatan kita sebagai ibu dengan anak harus dipikirkan dan dilakukan dengan sebaik-baiknya, karena waktu bersama anak apalagi ketika anak masih kecil-kecil tidak dapat dibeli dan diputar kembali.”

cara menumbuhkan kebersamaan dengan anak review lotte choco pie
Dari kiri ke kanan, Mbak Mira Sahid, Mbak Oci dari Lotte Choco Pie, Quenzino, Mama Carrisa Puteri,
Mbak Novita/Psikolog Anak

“Walaupun zaman sekarang sudah berubah, dimana ibu di era ini melakukan berbagai peran, sebagai ibu, guru, karyawan, ataupun wirausahawan. 

Segala kesibukan ibu modern yang menyita banyak waktu tersebut jangan sampai merampas hak anak memperoleh kebersamaannya dengan ibu.” Tambah Psikolog anak yang masih terlihat segar ini, padahal salah satu anaknya sudah lulus sekolah Magister loh.

“Kunci dari kebersamaan bersama anak adalah, anak ‘menikmati’ ibunya dan ibunya pun ‘menikmati’ anaknya.” Tambahnya lagi.

Dan hal ini menjadi salah satu yang menampar saya. Karena kerap kali, saya sendiri memang bersama dengan anak-anak, tapi malah sibuk pegang gadget. Jadi, fisiknya sih memang duduk bareng, berdampingan, tapi jiwanya mah entah ada dimana. Sibuk dengan dunianya masing-masing.

*elus dada*

Pernah merasa begitu juga, Mak?

Intinya sih, anak harus benar-benar merasakan kehadiran sosok ibu. Bukan uang, gadget, hadiah yang diinginkan anak, tapi kehadiran dan kebersamaan dengan ibu lah yang selalu diinginkan oleh anak-anak. 

Mereka ingin didengarkan, disentuh, dan diajak berkomunikasi tanpa penghalang apapun.

Luangkan Minimal Satu Jam

Pernah mendengar gerakan 1821, Mak?

Yaitu gerakan yang berupa himbauan kepada orang tua agar melakukan puasa gadget hanya 3 jam saja, yaitu mulai jam 18.00-21.00 dan hanya melakukan 3B, yaitu Bermain, Belajar dan Bicara.

Saking "mendesaknya" kebutuhan akan kedekatan antara orang tua dan anak, masyarakat pun secara sukarela membuat gerakan seperti ini. Mungkin masyarakat sudah sangat resah dan prihatin ya terhadap keadaan orang tua di Indonesia yang lebih sering menatap layar HP ketimbang wajah putra-putrinya. 


Kebersamaan Mama Carrisa Puteri dengan Quenzino

Cerita premium bonding Mama Carrisa Puteri dan putranya Quenzino juga menginspirasi saya. Mama Carissa Puteri ini, disela aktivitasnya sebagai aktris dan public figure, berusaha sebaik mungkin memiliki bonding dengan Quenzino di rumah.

cara menumbuhkan kebersamaan dengan anak review lotte choco pie
Sebelum acara dimulai, kami para Emak Blogger diminta menuliskan 'Bagaimana
cara mengisi kebersamaan bersama anak di rumah'

“Apalagi setiap hari kadang aku kerja dari pagi sampai sore, waktu buat bareng Quenzi bisa dibilang sedikit, untuk itu aku meluangkan waktu minimal sejam untuk benar-benar dengerin celotehnya.” Ucap mamah muda nan cantik jelita yang pertama kali saya kenal lewat perannya di Film Ayat-Ayat Cinta ini.

“Karena bagi anak, mungkin satu jam itu adalah satu jam yang paling berharga buat dia, maka dari itu, kita harus benar-benar memanfaatkan dan menghargainya, karena waktu itu gak akan pernah bisa kita ulangi kembali.” Tambahnya lagi.

Berikut kutipan sharing dari Mama Carrisa Puteri



Emang bener sih, kalau ngomongin waktu itu kok kayaknya langsung ‘jleb’ banget ya. Waktu tuh cepet banget berlalu, perasaan baru aja ngelahirin, nyusuin, tahu-tahu tahun ini Kifah udah mau kelas 1 SD aja.

Premium Bonding Bersama Lotte Choco Pie

Selain Mama Carissa Puteri dan Psikolog Anak Mbak Novita, hadir pula Mbak Oci dari Lotte Choco Pie yang ikutan sharing kenapa Lotte Choco Pie mengkampanyekan “Together, more”.

Apalagi memang Mbak Oci sendiri pun masih memiliki anak kecil yang sedang aktif bertumbuh dan butuh premium bonding bersamanya sebagai ibu.

cara menumbuhkan kebersamaan dengan anak review lotte choco pie
Pada saat gathering, anak-anak diberikan aktivitas yang melatih kerja sama, gerak motorik,
dan kedekatan bersama ibu

cara menumbuhkan kebersamaan dengan anak review lotte choco pie
Para Ibu sedang menyemangat anak-anaknya yang sedang bermain games seru
cara menumbuhkan kebersamaan dengan anak review lotte choco pie
Anak-anak juga melakukan kegiatan menghias Lotte Choco Pie dengan beragam topping
cara menumbuhkan kebersamaan dengan anak review lotte choco pie
Kifah lagi serius ngehias Lotte Choco Pie

“Lotte Choco Pie ingin mengingatkan kepada kita sebagai ibu, bahwa kebersamaan dengan anak itu perlu dilakukan, dan perlu diciptakan. Tidak mesti yang mewah atau bagaimana, makan cemilan bersama pun sudah bisa membangun premium bonding bersama anak.” Jelas Mbak Oci.

Ya memang, bener banget. Kalau kita sebagai ibu nggak berusaha menciptakan bonding atau menyediakan waktu untuk bersama anak dengan segenap jiwa dan raga, rasa-rasanya dalam sehari kita hampir selalu kehabisan waktu.

Baca juga: Underestimate!

Mulai dari ngurusin pekerjaan rumah, untuk ibu bekerja mungkin harus pergi ke kantor, atau harus pergi ngajar ke sekolah, waktu bersama anak itu udah makin minim. Ya mungkin biasanya di hari libur atau weekend bisa menghabiskan waktu bareng anak.

Tapi ya masa seminggu sekali atau sebulan sekali?

Together, more.

Nah maka dari itu, saya sebagai ibu rumah tangga yang sebagian besar waktunya dihabiskan di rumah, setujuuuuu 1.000% kalau bonding bersama anak memang harus diciptakan, kita harus punya waktunya, mau gak mau harus diluangkan.

Tapi saya kan kerja? Paling bisa saat weekend atau libur aja? Gimana dong?

Tenang ya Mak, Insya Alloh ada solusinya.

Menghabiskan waktu bersama anak itu gak perlu mewah dan mahal, gak perlu beli tiket buat keliling Eropa dulu, atau beli tiket konser Justin Bieber dan nonton bareng anak. Yang kita butuhkan hanyalah waktu luang yang benar-benar kita sediakan untuk anak, jiwa dan raga kita hadir di sana, sehingga di rumah pun bisa kita lakukan.

1. Bermain Bersama

cara menumbuhkan kebersamaan dengan anak review lotte choco pie
Mandi bolaaaa. Kayaknya semua anak suka deh mandi bola.

Buat Mama yang seneng bikin mainan edukatif dari barang bekas atau seneng nyusun lego bareng anak. Bisa lah di rumah main bareng. Gak perlu mainan mahal, mainan tradisional pun bisa dijadikan sarana menghabiskan waktu bersama anak.


2. Membuat Prakarya atau Berkreasi

cara menumbuhkan kebersamaan dengan anak review lotte choco pie
Kifah dan Abbiy bikin mainan tradisional dari bambu, kalau urang sunda  bilangnya bebedilan,
atau pistol-pistolan lah kurang lebih artinya. 

Kreasi bersama anak bisa macem-macem. Kalau anak perempuan mungkin seneng diajak masak bareng, menghias kue bareng, atau bikin pakaian boneka. Kalau anak lelaki sih biasanya senengnya bikin mobil-mobilan, pesawat terbang, kereta api, pistol-pistolan, dll.

3. Makan Bersama

cara menumbuhkan kebersamaan dengan anak review lotte choco pie
Lotte Choco Pie, teman ngemil bareng di rumah

Gak mesti makan berat juga, bisa sambil ngemil snack atau biskuit bareng anak. Yang penting ibu bahagia dan anak ceria. 

4.Ngobrol Bareng

Suka lucu sendiri kalau dengerin Kifah ngomong. 1. Emang anaknya ceriwis 2. Ngomongnya suka "typo" kemaren aja nyebut kuntilanak jd kuntilandak 3. Suka curhat ttg temennya di sekolah atau di pengajian 4. Kadang suka ngarang jg kalau cerita, bercampur imajinasi kali 5. Kalau ngomong gak mau gantian sama emaknya, nyelonong kek KRL Jabodetabek . . Ya gtu deh, kalau kita berdua lagi mood, mamahnya mood, Kifahnya jg mood gak uring-uringan, kadang kita suka ngobrol di rumah. Kadang pas pulang sekolah, atau ketika mau bobo malem. Di blog bahkan pernah aku tulis tuh pertanyaan sama pernyataan dia yg suka bikin ngakak guling-guling. Sometimes, jadi terapi jg sih kalau lagi gak ada yg bisa diketawain. Hahaha. Terakhir dia nanya tuh, waktu nonton berita di TV. "Mi, itu orang apa narkoba sih?" "Hah? Narkoba?" "Iya abis jahat banget, bikin orang jadi sakit" Wkwkwkw. Kebanyakan nonton berita pilkada nih anak. Weekend ini, aku mau ngajakin Kifah play date bareng anak-anak Emak Blogger lainnya di BLogger Gathering @lottechocopie.id ah biar seru . . Kalau emak, di rumah seringnya ngapain sih sama anak? Suka ngobrol juga kah? Hal apa yg paling sering atau lucu diceritain sama anak? @lottechocopie.id @emak2blogger . . #TogethermoreLotteChocoPie #KEBXLotteChocoPie #momblogger #kids #blog #tettytanoyo #mommydiary #emakblogger
Sebuah kiriman dibagikan oleh Tetty Hermawati (@tettytanoyo) pada



Pillow Talk atau ngobrol sebelum tidur juga bisa loh jadi ajang buat mendekatkan hubungan atau bonding antara ibu dan anak. Ibu bisa mendengarkan celoteh anaknya yang bisa-bisa bikin kaget, bahagia, lucu, dan emejing sendiri.

Baca juga: Pertanyaan Kifah #Part2 Bikin Keder

5. Beraktivitas Bersama

cara menumbuhkan kebersamaan dengan anak review lotte choco pie
Menggambar dan mewarnai bisa menjadi aktivitas bersama dengan anak

Lagi-lagi, yang terpenting memang kebersamaannya apapun aktivitasnya. Anak merasakan kehadiran ibu, dan ibu juga merasakan kehadiran anak. No gadget, singkirkan segala halangan dan rintangan yang sekiranya akan mengganggu aktivitas bersama dengan anak. 

Sehingga kita bisa merasakan together, more’  bersama anak tercinta.  

cara menumbuhkan kebersamaan dengan anak review lotte choco pie
Terima Kasih Lotte Choco Pie atas kesempatan gathering bersama Komunitas Emak Blogger
dan Play date bareng anak-anak para emak blogger.


Keseruan Blogger Gathering Bersama Lotte Choco Pie



Kalau Emak, gimana nih cara menghabiskan waktu berkualitas bersama anak? Sharing Yuk!
  


51 comments on "Menumbuhkan Premium Bonding Dengan Anak Bersama Lotte Choco Pie. Together, More!"
  1. Ahhh carrisa... Anaknya yg bintang iklan bedak baby udah gede ajah.. Foto2nya sukses bikin pengen ngemil

    ReplyDelete
  2. fisiknya sih memang duduk bareng, berdampingan, tapi jiwanya mah entah ada dimana...ini sering terjadi dan JLEB!!!Moga ke depan kita lebih dekat anak anak lagi ya,mak

    ReplyDelete
  3. aah ini cemilan kesukaanku juga :)

    ReplyDelete
  4. Anak jadi picky eater dan GTM emang bikin sumbu pendek ya. Jadi ingat dulu keponakanku kalau disuruh makan kabur dari emaknya cari perlindungan ke rumahku meski emaknya udah murka, hahaha.

    ReplyDelete
  5. seru banget yah aktivitas bersama choco pai..gemes liat si picky eater yang ganteng :)

    ReplyDelete
  6. aktifitas bersama anak memang menciptkan kebersamaan
    seru banget acaranya apalagi bareng lotte choco pie yang uenak tenan :D

    ReplyDelete
  7. Acara kemarin memang seru banget ya mba Tetty. Aku sering juga bermain bersama anak biar makin akrab :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya main sama anak bikin akrab mbak

      Delete
  8. Acaranya seru yah..moga next ada lagi yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiinnn, mau banget ada lagi yeayyy

      Delete
  9. seru banget iiih...mau ikutan juga duung

    ReplyDelete
  10. wah, ngerasain pasti seru banget nih..

    ReplyDelete
  11. selama ini tahunya istilah bonding aja, baru tahu ada istilah premium bonding

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru tau Mbak dari choco pie hehe

      Delete
  12. Anakku ketagihan ikut acara begini. Bagus yaa

    ReplyDelete
  13. ngeliat mama dan anak semua manis sekali dilihat, sampai sulit bedain mana coklatnya

    ReplyDelete
  14. seru emang kalo main sama anak, Keyaan sukanya main-mainan yang berbau imajinasi yagitu tapi tetep didampingi takut ngayal bisa terbang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mak harus ttp didampingi takutnya malah ngehayal yang aneh2 trus jadi bahaya

      Delete
  15. anak-anak pasti suka LOTTE Choco Pie

    ReplyDelete
  16. Kebersamaan dengan anak memang menyenangkan. Mereka pun menjadi senang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teteh bener, ayo dimas kita main lagiii

      Delete
  17. Sama nih, Tetty. Aku juga sumbu pendek sama anak. Kalau ngajarin anak gak ada sabar-sabarnya, hiks. Mesti belajar sabar ya kiga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, apalagi anakku aktif, harus ekstra sabar kalau mau bikin premium bonding

      Delete
  18. Duh nyesel kemarin nggak sempet ngobrol sama mak Tetty, gapapa deh, dah inget banget nih sekarang mukanya, next event pasti langsung aku colek duluan.. Hihihiii. Acaranya seru banget ya mak, langsung dapet pencerahan ttg pentingnya bonding moment bersama anak anak kita yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh maluuu aku dicolek2 seleb blog, heheu

      Delete
  19. Wah aku jadi lospokus nih, Kifah mirip banget sama kamu ya Mbak tetty. Cakeeeppp :)))

    ReplyDelete
  20. Aaak aku gagal fokus ama ekspresi Kifah yang kiyut-kiyut 😍

    ReplyDelete
  21. Bahagiain anak itu sebetulnya simple ya. Main bersama aja juga udah hepi. Tapi kadang suka terlupakan krn kesibukan atau terlalu lelah. Semoga kita bisa lebih meningkatkan waktu kebersamaan dgn anak ya mak. :)

    ReplyDelete
  22. Kifah oooks so serious yaa ngehias Lotte Choco Pie. Kalo anakku ikut pasti seneng ikut ngehias jugaa

    ReplyDelete
  23. paling asik ikut blogger gathering yang disetting buat mamanya, ya temanya juga boleh bawa anak dan ada palyground, mama dapat ilmu anak2 happy

    ReplyDelete
  24. Memang harus disenpat2in ya supaya dapat quality time yg bernilai. Aku ibu bekerja yg susye dapatkan quantity, jd kudu manfaatin quality time.

    ReplyDelete
  25. haha iya bener banget tuh, kalau anak laki-laki sukanya mainan mobilan haha akupun begitu, si adek suka tuh minta dibikinin baju robot atau mobilan dari kardus bekas haha

    ReplyDelete
  26. Belum ada sebulan kan, tapi udah kangen aja pengen acara gini lagi. Seru! Akrab!

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D