Keluarga Sehat dan Bahagia 'Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang!'

| On
April 06, 2017
kampanye frisian flag saatnya keluarga minum susu sekarang


“Susu saya susu bendera!”

Hayo siapa yang masih hafal diluar kepala sama jingle yang satu ini. Pasti waktu kecil tiap hari minum susu kental manis yak? Kalau gitu sama dong kita, cie kitaaaa.

*brb masukkin KTP ke dalem kulkas*

Siapa yang suka minum susu bendera sebelum berangkat sekolah? Atau sarapan pakai roti tawar yang dioles pakai susu kental manis?

Ah rasanya pengen kembali ke waktu kecil kalau inget memori minum susu kek gini.

Waktu kecil, aku hobi banget minum susu, setiap sarapan ya minum susu, pulang sekolah minum susu, dan mau tidur pun minum susu. Rasa-rasanya satu kaleng susu itu habis beberapa hari aja karena memang minum susunya rutin banget.

kampanye frisian flag saatnya keluarga minum susu sekarang
Boothnya lucu. Hayo ini quotesnya artinya apa ya?

Alhamdulillah, kebiasaan minum susu dari kecil itu terbawa sampai sekarang. Ya walau sekarang sih agak divariasiin kalau minum susu. Kadang ditambahin sedikit bubuk kopi atau dikasih teh celup. Wkwkwk nakal.

Ada yang kek aku juga gak ya?

Seperti yang aku bilang, kebiasaan minum susu kental manis sudah mendarah daging. Merknya aja sampe hafal diluar kepala, susu bendera alias Frisian Flag. Semenjak anak-anak dan sekarang udah punya anak, susu kental manis Frisian Flag ya ada aja di rumah.

Oh iya, sampai sini ada yang pernah denger atau baca sejarah dari susu kental manis belum? Kenapa dikemas kental dan di dalam kaleng seperti begitu?

Kalau belum, tonton video yang satu ini yuk.


Jadi memang sejak zaman dulu, ilmuan telah menemukan khasiat susu yang memang baik untuk kesehatan. Buktinya, "dopping" para tentara aja susu kental manis untuk menambah stamina dan tenaga saat perang berlangsung.

Tapi jangan jauh-jauh bahas perang ya, serem. Mending kita bahas aja manfaat yang tekandung di dalam segelas susu kental manis Frisian Flag.

Memang ada apa aja sih di dalam segelas susu Frisan Flag? Sampai tentara aja wajib minum susu segala saat berperang.

Sabtu, 1 April 2017 kemarin, saya berkesempatan menjadi salah satu blogger yang diundang dalam kampanye ‘Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang’ yang diluncurkan oleh Frisian Flag. Acara yang berlokasi di kawasan Kemang Jakarta Selatan ini, dibuka oleh pembawa acara yang cetar abissss , Pevita Pearce Kw. Super. Mwahaha.

kampanye frisian flag saatnya keluarga minum susu sekarang
Kakak Pevita Pearce 

Pembicara blogger gathering tersebut terdiri dari praktisi kesehatan dan psikologi. Jadi, memang ada dua manfaat susu yang disoroti kali ini, yakni dari segi kesehatan fisik dan dari segi kesehatan jiwa atau psikologis.

Manfaat Minum Susu untuk Kesehatan Fisik

Dr. Diana F. Suganda, Mkes, SpGK seorang Spesialis Gizi Klinik mengatakan bahwa susu merupakan bahan pangan sumber Makronutrien dan Mikronutrien yang bermanfaat bagi kesehatan kita.

kampanye frisian flag saatnya keluarga minum susu sekarang
Kiri ke kanan, kak Pevita Pearce, dr.Diana, Mbak Ajeng, dan Mas Rio

Apa itu sumber Makronutrien?

Yaitu protein yang berfungsi dalam proses pertumbuhan, sebagai zat pembangun, pembentuk sel-sel otot, dan juga mempercepat proses penyembuhan.

Sedangkan sumber Mikronutrien yaitu vitamin dan mineral yang berfungsi dalam seluruh metabolisme tubuh. Sehingga sebenarnya susu itu baik dikonsumsi oleh siapapun tanpa pandang usia. Susu baik dikonsumsi oleh anak-anak, orang dewasa, hingga usia lanjut pun masih sangat baik untuk minum susu setiap hari.

Selain itu, menurut dr. Diana, segelas susu yang difortifikasi mengandung energi sebanyak 130 kkal dan menyediakan sekitar 20% kebutuhan harian gizi manusia.

kampanye frisian flag saatnya keluarga minum susu sekarang
Ini dia berbagai manfaat susu

“Banyak orang beranggapan bahwa hanya anak-anak saja yang harus minum perlu minum susu. Padahal, remaja dan dewasa bahkan orang berusia lanjut juga perlu minum susu. Susu menyediakan kebutuhan gizi seperti vitamin D dan kalsium bagi remaja dan dewasa juga berguna untuk kekuatan tulang dan tentunya tabungan agar tetap bisa menjalani gaya hidup aktif di masa tua. Maka dari itu, mulai dari sekarang perlu dibangun kebiasaan minum susu di tengah keluarga.” Jelas dr. Diana yang sehari-hari bekerja dan berinteraksi di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak ini.

Nah, itu tadi kan manfaat susu dalam segi kesehatan fisik. Lalu bagaimana dengan manfaatnya secara psikologis? Memang ada ya?

Ada dong!

Manfaat Minum Susu dalam Tinjauan Psikologis

Di dalam segelas susu, selain terdapat manfaat langsung yang diserap oleh tubuh, ternyata ada manfaat psikologis yang bisa didapat ketika kita minum segelas susu bersama keluarga setiap hari.

Psikolog Ajeng Raviando, Psi. Seorang psikolog yang juga menjadi narasumber blogger gathering bersama Frisian Flag kemarin mengatakan bahwa minum segelas susu di setiap hari merupakan kebiasaan baik yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga.

Selain itu, Ajeng Raviando juga menambahkan “Perilaku minum susu perlu ditumbuhkan ditengah keluarga Indonesia. Langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah menjadi model yang baik dan mengajari anak dengan teladan.” Ujar Ajeng.

“Saat berkumpul bersama keluarga merupakan momen yang tepat untuk membentuk dan mengajari prilaku sehat, salah satunya adalah minum susu. Ada berbagai jenis kegiatan yang bisa dilakukan keluarga, ritual yang menarik dicoba adalah milk toast setiap pagi.” Tambahnya lagi.

kampanye frisian flag saatnya keluarga minum susu sekarang
Milk Toast bersama sebelum acara dimulai

Ritual minum susu bersama setiap hari bisa dijadikan “Family Time” bagi keluarga Indonesia. Sehingga mampu meningkatkan bonding atau hubungan personal antar anggota keluarga.

Minum susu bersama keluarga juga memunculkan memori baik dikemudian hari ketika anak tumbuh dewasa. Sehingga anak menyimpan sebuah kenangan bahwa minum susu bersama keluarga adalah hal yang membahagiakan.

Fakta Menyakitkan

Namun, fakta di lapangan berkata sebaliknya. Ternyata, konsumsi susu orang Indonesia masih jauh ketinggalan dibandingkan dengan negara Asia lainnya.

kampanye frisian flag saatnya keluarga minum susu sekarang
dr. Diana sedang memaparkan betapa rendahnya konsumsi susu masyarakat Indonesia

Orang Indonesia hanya mengkonsumsi 12,1 liter saja per orang per tahunnya (Berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2015)

Kalau aku analogikan, orang Indonesia hanya meminum susu sebanyak kurang lebih 33,6 ml setiap harinya.


kampanye frisian flag saatnya keluarga minum susu sekarang
Coba deh lihat, masih sedikit banget kan konsumsi susu masyarakat Indonesia

Jadi kepingin flashback sebentar ke belakang, waktu zaman masih imut-imut dulu, sekitaran usia Sekolah Dasar.

Setiap 3 bulan sekali, sebuah truk besar bermuatan logistik datang ke kampung tempat aku tinggal. Dan setiap kepala keluarga mendapatkan beberapa lembar kupon yang nantinya akan ditukarkan dengan beberapa kaleng susu kental manis yang dibawa oleh truk besar tersebut di kantor kelurahan.


Aku sendiri sering ikut mengantre untuk menukar kupon dengan beberapa kaleng susu kental manis untuk dibawa pulang ke rumah. Dan hal ini baru aku sadari sekarang bahwa memang konsumsi susu di Indonesia sejak dulu masih sangat kurang, sampai pemerintah “turun tangan” memberikan susu kental manis yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Ckckck.

Berdasarkan “fakta menyakitkan” tersebut lah yang menggerakan Frisian Flag untuk meluncurkan Kampanye ‘Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang’

kampanye frisian flag saatnya keluarga minum susu sekarang
Bu Tanti dari PT. Frisian Flag Indonesia

Head of Prepared Beverages Frisian Flag Indonesia, Tanti, mengatakan “Kampanye ini diharapkan dapat mendorong keluarga Indonesia untuk lebih bersemangat memulai kebiasaan minum susu, minimal satu gelas sehari.”  

Apalagi susu kental manis Frisian Flag memang aku akui memiliki harga yang ramah di kantong dan mudah ditemukan di warung tetangga sekalipun. Gak mesti jalan ke mini market.

“Ini sejalan dengan nilai yang dianut oleh brand kami yang tahun ini genap 95 tahun berada di Indonesia yaitu Building Strong Families.” Tambah Tanti.

“Susu kental manis Frisian Flag Gold hadir untuk memenuhi asupan gizi keluarga Indonesia karena mengandung 9 vitamin dan 5 mineral dengan rasa yang lezat. Penyajian susu Frisian Flag juga dapat diminum langsung atau dikombinasikan dengan minuman atau makanan yang lainnya. Dan 1 kaleng susu Frisian Flag Gold ini dapat disajikan menjadi 8 gelas susu.” Ujar Mas Rio, Tim Marketing PT. Frisian Flag Indonesia yang menjadi salah satu narasumber blogger gathering.

Toll Free dan Cerita Minum Susu

Agar lebih dekat dengan keluarga Indonesia, dalam Kampanye ini, Frisian Flag menyediakan nomor bebas pulsa atau toll free yakni di no 021-2975 1355 untuk mendengarkan cerita para public figur dan artis idola tentang kebiasaan mereka sekeluarga meminum susu setia hari.

Selain itu, keluarga Indonesia juga bisa berbagi cerita kebiasaan minum Susu Kental Manis Gold Frisian Flag di tengah keluarga mereka dan berkesempatan untuk dikunjungi oleh artis idola.

Sekilas Tentang Frisian Flag Indonesia

PT. Frisian Flag Indonesia (FFI) adalah perusahaan yang memproduksi susu khusus untuk anak-anak dan keluarga Indonesia dengan merk Frisian Flag.

kampanye frisian flag saatnya keluarga minum susu sekarang
Frisian Flag Gold

Di Indonesia sendiri, merk Frisian Flag ini lebih dikenal dengan “susu saya, susu bendera!” haa iya bener, kita lebih familiar nyebutnya susu bendera ketimbang Frisian Flag.  

Baru sekarang-sekarang ini masyarakat menyebutnya Frisian Flag (mungkin karena sekarang lidahnya udah banyak makan makanan enggress dan eropahh kali ya, hehehe)


Padahal Frisian Flag sudah hadir selama 95 tahun di Indonesia loh, tepatnya sejak tahun 1922.

Frisian Flag sendiri merupakan bagian dari Friesland Campina yakni koperasi peternak sapi terbesar di dunia yang ebrpusat di Belanda. FFI mengacu pada pengalaman global dan kemitraan jangka panjang dengan peternak sapi lokal agar dapat menghasilkan gizi terbaik untuk keluarga Indonesia.

Fasilitas produksi Frisian Flag sendiri terdapat di kawasan Pasar Rebo dan Ciracas, Jakarta Timur.

Apa itu Friesland Campina?

Tadi aku singgung sedikit tentang Friesland Campina. Nah, sebenernya apa sih Friesland Campina itu?

Friesland Campina merupakan salah satu produsen susu terbesar di dunia. Setiap harinya, Friesland Campina memasok produk konsumen dan profesional, serta bahan-bahan dan produk setengah matang bagi produsen keperluan gizi dan balita, industri makanan dan sektor farmasi di seluruh dunia.

Friesland Campina memiliki kantor cabang di 33 negara dengan 114 fasilitas produksi dan memiliki hampir 21.927 karyawan, serta produknya tersedia di lebih dari 100 negara. Serta beranggotakan 13.300 peternak sapi perah di Belanda, Jerman dan Belgia.

...

Saking serunya acara blogger gathering bersama Frisian Flag yang dipandu kak Pevita kemarin, gak terasa waktu berbincang kami bersama pakar kesehatan dan psikologi sudah habis. Padahal masih banyak informasi yang aku mau gali mengenai prosuk susu dan kaitannya dengan kesehatan.

Sayangnya Kak Pevita membatasi sesi tanya jawab dengan para narasumber. Hikz, zedih.

Tapi ada hal yang bikin seru kemarin, yakni waktu pembagian door prize dan pengumuman pemenang live tweet.

kampanye frisian flag saatnya keluarga minum susu sekarang
Pemenang Door Prize dari Frisian Flag, ada Mbak Rach Alida 


*misi-misi, mau pencitraan dulu*


Gak sangka, aku dapet hadiah door prize super gede dari Frisian Flag, yeaahhh.

kampanye frisian flag saatnya keluarga minum susu sekarang
Alhamdulillah

Biasanya mah gak pernah dapet door prize setiap acara, tapi alhamdulillah ternyata pilihan tangan Kakak Pevita tokcerrr juga. Makasih kak Pevita, makasih Frisian Flag. Tau aja mau lebaran hadiahnya oven listrik, yeaahh.

Big thanks juga buat Mbak Arin/Murtiyarini yang mau ikutan nganter door prizenya ke rumah. 

kampanye frisian flag saatnya keluarga minum susu sekarang
Keseruan Blogger Gathering bersama Frisian Flag

 
kampanye frisian flag saatnya keluarga minum susu sekarang
Ketemu Blogger yang gak taunya tetangga rumah sendiri ya Alloh, Teh Rina. 

 
kampanye frisian flag saatnya keluarga minum susu sekarang
Mbak Istiadzah dan Mbak Lidya Fitrian.
Emak-emak pada heppi nih bawa pulang banyak hadiah. 
Itu ya, sekelumit cerita keseruan blogger gathering bersama Frisian Flag. Jangan lupa ya Emak, Mamah, Mamak, Ummi, Ibu, Ambu, Mami, yuk kita minum susu bersama keluarga setiap hari. 

saatnya keluarga minum susu sekarang bersama frisian flag


Karena "Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang!"
14 comments on "Keluarga Sehat dan Bahagia 'Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang!'"
  1. Alhamdulillah ya kita diberikan wawasan tentang manfaat susu. Sedih ya kalau kebiasaan minum susu masih sangat minim. Asik alhamdulillah aku dapat doorprize :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya alhamdulillah, isinya apa mbak? Wkwkwk kepo

      Delete
    2. Alhamdulillah isinya mikser, mba. Sebelum nyampe rumah juga tahu karea ada tulisannya. Hahhaa :p (Udah aku jawab ya :p)

      Delete
  2. huaaaaa gede2 banged hadiahnyaaaaa hahaha seruuuuu yaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, mbak qiah apa kabar? Lama ga muncul niii

      Delete
  3. Legend banget ya susu yang satu ini.Sejak nenek, mamah, sampai sekarang aku pun masih minum susu ini. Bener kata tety, susu ini banyak dikonsumsi orang karena mudah didapat even di warung sebelah rumah :) Aku paling suka pakai susu ini buat olesan roti, sedap banget. Kalau anak-anak suka aku bikinin segelas susu sebelum berangkat sekolah. Tapi sering juga tuh mereka jilatin susu, kalo ngga dilarang bisa abis sekaleng :)

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah dapat oven listrik. Mbak Tyas gemukan sekarang yaaak. MC paling renyah seantero ruangan...

    Aku sampai saat ini masih minum susu, Mbak

    ReplyDelete
  5. seru banget yaa acaranya, ayo mulai sekarang minum cucu lagi, cucu cegaaarr ^_^

    ReplyDelete
  6. huwaa..doorprizenya mantap ya mba...jadi harus makin rajin minum susu nih..

    ReplyDelete
  7. duh yang dapat doorprize, mupeng ih...kapan atuh main ke sini . sama donk susu saya susu bendera hehehe

    ReplyDelete
  8. seruu ya. mau lagi deh kalo ada campaign diundang hehe

    ReplyDelete
  9. Waa gak cuma aku yang masih terngiang-ngiang jingle suus bendera yaa...
    Btw selamat ya Mbaa dapet doorprize super besar

    ReplyDelete
  10. Astaga. Itu minum susu apa minum wine? Dikit amat. :( Semoga dengan kampanye ini makin menyadarkan keluarga indonesia ya mbak. :)

    ReplyDelete
  11. Saya suka minum susu tapi kadang ada perasaan agak gimana kalau dibilang susu bikin gemuk. Padahal doyan banget minum susu :-)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D