Review: Pengalaman Menggunakan Betadine Sabun Cair untuk Menghilangkan Gatal di Kulit Akibat Bakteri dan Jamur

| On
July 17, 2017
Review betadine sabun cair sebagai sabun pembasmi kuman bakteri dan jamur

Ummi: “Kifah, udah gede mau jadi apa?”
Kifah: “Mau jadi dokter.”
Ummi: “Dokter apa?”
Kifah: “Dokter Kulit.”
Ummi: “Hah? Dokter Kulit?”

Kemudian Umminya bengong.

Kifah usianya masih 6 tahun, cita-citanya udah spesifik banget mau jadi dokter kulit. Hehehe. Kalau boleh emaknya tebak, kenapa dia mau jadi dokter kulit, itu karena Kifah emang kulitnya seringkali bermasalah.

Pertama, karena dia alergi. Waktu kecil pernah kena dermatitis atopik parah karena alergi protein dari susu sapi.

Bisa baca cerita alergi Kifah di postingan ini.

Kedua, karena cuaca. Ya, cuaca di rumah memang panas kebangetan. Kifah gampang keringetan, sering banget ganti baju setiap harinya, karena keringetnya itu mudah sekali bercucuran.

Yaps, kayaknya saya udah pernah cerita deh di blog ini, kalau semenjak pindah dari Bandung tiga tahun yang lalu, kondisi kulit Kifah termasuk Abbiy dan Umminya gampang bermasalah. Mudah terserang gatal-gatal dan sangat mengganggu kondisi kulit.

Selama ini, saya sendiri lebih sering menggunakan sabun kecantikan, dibanding sabun kesehatan. Kifah dan adiknya pun sama, seringnya pakai sabun atau shampoo ya shampoo untuk anak dan bayi. Jarang sekali menggunakan sabun yang memang mengandung antiseptik untuk membasmi jamur dan bakteri.

Padahal, saya sendiri kurang yakin. Apakah pakai sabun kecantikan aja cukup? Apa bisa membunuh bakteri dan jamur sekaligus?

Dalam sebulan, kami sekeluarga bisa membeli beberapa salep untuk gatal-gatal di kulit. Berbagai merk dan jenis salep sudah seperti koleksi di dalam kantong obat. Tapi ya tetap, ketika cuaca sangat panas, kulit mudah berkeringat dan akhirnya gatal pun menyerang.

Bahkan Kifah sampai ke dokter untuk mendapatkan obat yang pas untuk kulit yang gatal-gatal.

Sampai dokter pun bilang, “Biasanya gatal seperti ini karena jamur atau bakteri, kalau berkeringat harus segera mandi yang bersih dan sering-sering ganti baju ya”

Ya, hidup di iklim panas memang beresiko tinggi mengalami masalah di kulit. Dari ujung kaki hingga ujung kepala. Ya salam. Nambah lagi kan PR Emak, cari cara untuk mengatasi masalah kulit sekeluarga.

Baca juga: Drama ke Dokter Gigi

Coba Sabun Anti Septik

Sebenernya ini udah jadi opsi waktu kita sekeluarga agak bermasalah di kulit. Sering gatal dan gak nyaman, ampun dah rempong abis kalau udah gatel. Kifah maunya digarukin sama Umminya, punggungnya, perutnya, tangannya, pokoknya sebadan-badan harus digarukin sama Ummi. 

Review betadine sabun cair sebagai sabun pembasmi kuman bakteri dan jamur
Saya mencoba Betadine Sabun Cair untuk keluarga di rumah

Dulu waktu kecil sih masih lucu, “Ummi, gawuk gawuk mi.”

Lah kalau sekarang udah makin gede, ya gimana gitu, Emaknya udah mulai hoream aka males malesan, apalagi Kifah udah punya ade.

Pernah, nyoba beberapa sabun anti septik, lumayan cocok, tapi harganya mihil banget. Ya kalau satu orang satu sabun itu, empat orang udah bisa buat bayar tagihan listrik uangnya. Jadi, saya putuskan gak pakai sabun anti septik yang harganya menguras kantong itu lagi. Hiks.

Menggunakan Betadine Sabun Cair

Sebelumnya saya mau cerita yang lain dulu. Waktu awal puasa kemarin, saya sakit tenggorokan. Panas banget di dalem leher, nelen sakit, mulut berasa pahit. Tapi saya gak mau puasa batal karena harus minum obat dan lain-lain.

Tapi saya inget, temen Blogger saya Handdriati pernah posting tentang Betadine obat kumur, untuk sakit tenggorokan. Kemudian saya coba, alhamdulillah tenggorokan baikkan dan sembuh sampai sekarang. Saya pakai ketika sahur dan buka puasa aja waktu itu.

Review betadine sabun cair sebagai sabun pembasmi kuman bakteri dan jamur
Betadine Sabun Cair ampuh membunuh kumah, bakteri, dan jamur

Ternyata, selain obat luka, Betadine juga ampuh untuk memberangus kuman ditenggorokan sekalipun. Dan, tanpa pikir panjang, karena pengalaman menggunakan produk Betadine, baik untuk luka dan obat kumur. Kemudian, saya mencoba Betadine Sabun Cair untuk memberantas bakteri dan jamur yang bersarang dan membuat penyakit di kulit.

Awalnya saya agak kaget juga, oh ada ya Betadine Sabun Cair. Saya beli di apotek dengan harga sekitar 30ribuan.

Kenapa Betadine bisa membunuh bakteri dan jamur dengan efektif?

Karena Betadine ini adalah anti septic yang sudah dipercaya lebih dari 50 tahun di seluruh dunia. Baik di rumah, rumah sakit, banyak ya kita temui produk Betadine.

Betadine Sabun Cair mengandung 7,5% Providone Iodine yang terbukti efektif membunuh kuman, bakteri, jamur, dan mencegah penyebaran virus. Betadine Sabun Cair bisa digunakan saat cuci tangan, dan sudah terbukti 99.99%  membunuh virus penyebab utama HFMD.

Virus HFMD/Hand, Foot, and Mouth Disease adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus (Coxsackie A/B. Enterivirus, echovirus) yang dalam dunia kedokteran dikenal sebagai flu singapura/penyakit kaki, tangan, dan mulut.

Cara mencegah HMFD adalah:

1. Hindari berdekatan atau kontak fisik, seperti berpelukan dengan orang yang terinfeksi HMFD.

2.Jangan berbagi makanan atau peralatan makan dengan orang lain jika kita menduga bahwa orang lain terkena virus HMFD. 

3. Jika anak sakit, tetaplah di rumah. Karena penyakit HMFD bisa menulari yang lain di day care atau di sekolah. 

4.Rajinlah cuci tangan dengan sabun anti septic yang sudah terbukti membunuh virus HMFD 99,99%.

5. Perbanyak makan buah, sayur, kacang-kacangan untuk menambah imunitas tubuh. 

Pengalaman Menggunakan Betadine Sabun Cair Selama Seminggu

Karena ada beberapa bagian kulit di tubuh yang memang seringkali bermasalah dengan gatal-gatal akibat keringat, saya mencoba membersihkan tubuh menggunakan Betadine Sabun Cair.

Review betadine sabun cair sebagai sabun pembasmi kuman bakteri dan jamur
Kemasannya praktis dibawa Travelling, pergi haji atau umroh

Teksturnya mirip dengan sabun cair biasa, namun tidak banyak mengeluarkan busa sabun. Untuk wanginya sendiri, ya wangi Betadine pada umumnya. Warnanya pun juga sama, tidak jauh berbeda dengan Betadine luka atau Betadine obat kumur.

Review betadine sabun cair sebagai sabun pembasmi kuman bakteri dan jamur
Betadine Sabun Cair mirip sabun cair pada umumnya. Warna dan aromanya khas Betadine. 

Setelah menggunakan Betadine sabun cair, alhamdulillah keluhan gatal karena keringat di beberapa bagian tubuh alhamdulillah berkurang. Biasanya saya menggunakan salep atau krim penghilang gatal, tetapi dengan menggunakan Betadine sabun cair saja ternyata gatalnya berkurang dan hilang.

Jadi bisa saya bilang, Betadine sabun cair ini cocok untuk kita yang punya kulit sensitif terhadap keringat, bakteri atau jamur. Betadine sabun cair juga cocok banget buat kita yang tinggal di daerah yang air tanahnya atau air PDAM kurang baik kualitasnya. Supaya terhindar dari penyakit kulit yang disebabkan kuman, bakteri, dan jamur yang terkandung di dalam air.

Bawalah Betadine Sabun Cair Saat Travelling.

Betadine Sabun Cair sebenernya bukan hanya bisa digunakan di rumah saja loh. Kemasannya yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana, dapat kita gunakan sebagai anti septic dimanapun kita berada.

Misalnya, ketika kita jalan-jalan ke luar kota atau pun keluar negeri (Misalkan Haji atau Umroh).

Banyak toilet yang kurang dijaga kebersihannya, ataupun barang-barang di tempat umum seperti stasiun, bandara, yang terpegang oleh ribuan orang yang bisa jadi terpapar bakteri atau virus.

Apalagi, belum lama ini, penyakit seperti Flu Singapura, MERS dan SARS yang konon katanya berasal dari negara Timur Tengah sedang mewabah.

Ada baiknya, ketika berpergian ke luar negeri dengan resiko terpapar virus yang berbahaya, kita membawa anti septic yang terbukti ampuh membunuh bakteri.

Nah, mungkin buat pembaca blog yang sebentar lagi akan menunaikan ibadah haji atau pun ibadah umroh, Betadine Sabun Cair bisa banget dijadikan Tips Naik Haji agar terhindar dari virus atau bakteri yang berbahaya selama berada di Tanah Suci.


Sekian review Betadine sabun cair dari saya, selamat mencoba yaa :D

6 comments on "Review: Pengalaman Menggunakan Betadine Sabun Cair untuk Menghilangkan Gatal di Kulit Akibat Bakteri dan Jamur"
  1. Kayanya aku bisa coba buat anakku yang kecil, ya? Soalnya gampang banget kena masalah kulit. :(

    ReplyDelete
  2. Betadine emang ampuh banget. :D Basmi kuman dan jamur

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah nih mba pakai betadine cair. Mau nyoba ah kapan kapan ah :)

    ReplyDelete
  4. baru tau Betadine ada sabun cairnya, karena biasanya hanya pakai yang obat merah dan obat kumur nya saja dirumah..sepertinya harus coba sabun cairnya juga nih saya karena kebetulan air PAM dirumah kualitasnya nggak bagus..

    ReplyDelete
  5. Di rumah yg sering bermasalah gatal badan itu ayahnya.. sampe bingung gonta ganti sabun badan yg antiseptic. Aq coba dlu deh ya pakai sabun betadine thankyou reviewnya mom khifah

    ReplyDelete
  6. Oiya, kenapa aku ga kepikiran nyobain betadine sabun cair ya. Anak keduaku nih rada sering bermasalah kulitnya. Mau beli aaahh betadine ini. Thks informasinya ya Mak Tetty.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D