Gak Mesti Jago Masak, Berbekal 5 Peralatan Dapur Ini, Kamu Siap Menjadi Chef Andalan Keluarga di Rumah

| On
September 20, 2017



Sebelumnya, saya pernah menulis kegalauan saya di tulisan ‘haruskah perempuan harus jago masak?’ beberapa waktu lalu.

Memang sih, sekarang zamannya berubah, perempuan gak melulu berada di dapur, fasilitas yang memanjakan perempuan sudah tersedia dimana-mana. Jajaran warteg, warnas dan rumah makan padang, terhampar seluas mata memandang. Tinggal masuk, pilih menu makanan, bayar, urusan perut emak sekeluarga beres sudah. Gak perlu repot belepotan bumbu dapur dan bermandikan keringat di depan kompor.

Bahkan, jika kita males turun kasur buat jalan ke rumah makan, tinggal menatap layar gawai sambil kayang pun, seorang kurir makanan atau ojek on line akan segera mengetuk pintu rumah kita membawa sekantong keresek makanan yang kita idam-idamkan, tapi hati-hati ya, jangan lupa dibayar, kasih tip sekalian.

*amal mak amalll

Mudahnya ya jadi emak zaman sekarang, urusan pribadi jadi mudah dan itung-itung turut andil mengembangkan bisnis orang lain, eeeaa alibi.


Tapi pernah gak sih, Mak. Sesekali pengen masak buat diri sendiri dan keluarga, tapi terbentur dengan skill masak? Kalau saya sih sering bangeettt. 

Nah, berbekal dari seringnya saya nonton Food Network khususnya program Ayesha’s Home Kitchen. Saya jadi terinspirasi untuk memiliki (sebagian udah ada yang punya juga sih) 5 peralatan masak yang paling diandalkan oleh Ayesha. 

Ayesha Curry

Sumber gambar: cookhomemade.com
Ayesha ini dulunya adalah seorang Youtuber yang suka masak makanan yang simpel, baik secara teknik, peralatan masak, bahan, ah pokoknya menurut saya paling simpel untuk diikuti dibanding program yang lain di Food Network. Dan, karena memang masakannya simpel tapi enak, Ayesha didaulat untuk membawakan program memasak di Food Network dengan judul program Ayesha Home Kitchen.

Apa saja 5 peralatan masak andalan Ayesha?

1.Wajan Besi



Peralatan dapur yang paling sering dipakai atau diandalkan banget sama Ayesha sebenernya adalah wajan besi. Beneran dia kreatif banget loh. Wajan besi bisa dia jadiin loyang adonan kue, tempat bikin steak, dan aneka makanan lainnya.

Bikin kue.

Ayesha pernah bikin kue bermodalkan wajan besi dan its so inspiring buat emak-emak pemalas yang ngebayangin bikin kue itu ribet banget.

Pertama-tama, kita bikin adonan kue dari bahan kue instan, kemudian sisihkan. Panaskan wajan, masukkan butter, gula merah, dan buah-buahan (bisa nanas, stroberi, blue berry, black berry, buah apapun lah pokoknya) sampai buah-buahan itu terlihat lembek, masukkan adonan kue yang sudah dibuat tadi. Setelah itu masukkan wajan ke dalam oven, tunggu beberapa menit. Jadi deh.

Selain itu, Ayesha juga pernah membuat steak wajan yang bikin “Apa? Kok aku baru kepikiran ya?”
Caranya gampang banget, potong-potong daging sapi yang akan dibuat steak. Panaskan pada wajan menggunakan butter sampai permukaannya kering kecoklatan, taburkan garam, lada, dan beberapa rempah, kemudian masukkan wajan ke dalam oven, tunggu dalam beberapa menit.

Dan, hwaaaa steak daging sapinya udah jadi. Sekilat dan semudah itu. Gak perlu bikin nyiapin panggangan dan ngipasin sampe gerah.

Asli, wajan besi model begini bisa jadi andalan banget di dapur ternyata. Sungguh, aku terinspirasi.

2.Oven


Setelah wajan yang bisa jadi the magic pan di tangannya Ayesha. Kehadiran oven bagaikan partner in crime buat sebuah wajan untuk menciptakan menu makanan yang enak dan mudah dibuat.

Iya sih, itu wajan tinggal masuk oven, beberapa menit kemudian udah jadi aja makanan. Gampang banget liatnya. Kue dimasak di wajan, masuk oven, beres. Daging dimasak bentar di wajan, masuk oven kemudian berubah jadi steak dengan daging yang empuk banget dan gak pake lama.

*menatap nanar oven di dapur yang jarang banget dipake

3.Blender


Biasanya kita punya blender buat bikin jus atau smoothies aja kan ya? Nah, satu lagi ide kreatifnya Ayesha ini adalah selalu bikin saus sendiri pakai blender. Banyak banget resep saus yang bisa kita ikutin di internet, baik itu buat biki dressing salad, atau pun saus manis buat temen makan kue.

And, again.

Kenapa aku baru kepikiran kalau rasa makanan gak hanya bisa didapat dari makanan itu sendiri. Tapi kita bisa menciptakan varian rasa melalui saus, yaps saus yang dibikin sendiri pakai blender.

Selain itu, blender sendiri kadang saya pake buat bikin nugget home made buat anak-anak. Selain buat penghematan, enaknya bikin nugget sendiri adalah bisa nyampurin bahan lain ke dalam adonan nugget, seperti sayuran dan keju.

Buat emak yang punya anak picky eater kayak Kifah, I’m feel so blessed dengan penemuan blender karena bisa masukkin apa aja ke dalam makanannya, tapi gak ketauan, hahaha.

4.Mixer

Membuat kue sekarang bukan lagi hal yang sulit

Sebenernya dulu saya punya mixer, tapi di rumah mamah. Setelah nikah, saya nggak beli lagi karena merasa gak akan bikin kue (masih mikir bikin kue itu ribet). Tapi setelah keseringan nonton Food Network, akhirnya saya memasukkan mixer ini sebagai wish list barang yang mau saya beli.

5.Rice Cooker atau Slow Cooker

Membuat aneka macam nasi, bisa!

Ini sih pasti semua rumah udah punya yah, udah gak ada kayaknya yang masak nasi pake panci/langseng. Kecuali mungkin orang tua, nenek atau saudara yang tinggal di desa, karena stok kayu bakar di desa masih banyak.

Beda sama di kota yang udah gak mungkin masak pakai kayu bakar atau di kompor karena terlalu makan waktu.

Selain buat masak nasi putih biasa, rice cooker juga saya jadikan alat andalan untuk membuat nasi uduk atau nasi liwet. Abis gampang banget sih, tinggal masukkin santan, daun salam, serai dan garam, tinggal pencet, jadilah nasi uduk.

Atau kalau mau bikin nasi liwet, tinggal masukin aneka bumbu dapur dan ikan asin, tinggal pencet, jadi deh nasi liwet. Tinggal bikin sambel aja buat temen makannya. Hahaha.

Bahkan, waktu kuliah dulu, rice cooker udah kayak kantong ajaib doraemon. Masak nasi di situ, rebus mie disitu, goreng telur di situ, wkwkwk. Siapa hayo yang pernah ngalamin jadi anak kost model begini?

Di rumah, saya juga punya slow cooker yang dulu sering dipakai buat MPASI Aldebaran. Tapi ternyata slow cooker juga bisa digunain buat masak makanan yang lain. Bukan cuma makanan bayi aja.

Slow cooker bisa digunain buat bikin bubur ayam, atau buat bikin puding roti juga loh. Resepnya banyak banget tersebar di internet. Kalau lagi gak ada kerjaan, coba aja deh buka cook pad.

***

Nah itu, gambaran peralatan masak yang bikin saya jadi ngangguk-ngangguk sendiri karena ternyata bisa dijadiin ‘alat tempur’ di dapur yang multi fungsi dan membuat masak jadi mudah. 

Awalnya sih saya gak ngeh, alat-alat masak itu saya anggurin di dapur dan berujung buat pajangan doang. Wkwkwk.

Sebenernya, info ini pas banget buat kamu yang berencana menikah atau mau kasih kado buat temen kamu yang sebentar lagi nikahan. Karena beneran, 5 peralatan Home & Kitchen di atas saya rekomendasikan untuk dibeli dan menjadi pelengkap peralatan dapur di rumah.

Saran saya, membeli peralatan Home &Kitchen itu harus benar-benar bisa bermanfaat dan akan sering digunakan oleh pemiliknya. Karena, selain bisa menambah semangat untuk memasak, seluruh keluarga juga jadi ikut melar bahagia kan?


 **gambar pendukung diambil dari pexels.com

2 comments on "Gak Mesti Jago Masak, Berbekal 5 Peralatan Dapur Ini, Kamu Siap Menjadi Chef Andalan Keluarga di Rumah"

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D