Pilih Cloth Diapers atau Popok Sekali Pakai?

| On
October 18, 2017

Pilih Cloth Diapers atau Popok Sekali Pakai?

Ngomongin soal diapers pasti udah gak asing lagi kalau topik ini kadang dijadiin bahan Mom Wars. Cape deh, Mom Wars kenapa gak habis-habis sih bahasannya. Kurang panas ya Mak di rumah? Kompor kurang banyak apa mataharinya ketutupan jemuran?

Bagi yang Pro Cloth Diapers atau Clodi, pasti dukung banget sama yang namanya Go Green atau kesehatan lingkungan. Karena Clodi itu kan bisa dicuci, dan gak bikin sampah semakin menggunung.

Sementara yang Pro diapers sekali pakai atau Pospak, biasanya ibu yang memilih hidup lebih praktis, karena beban pekerjaan, beban punya banyak anak, beban tanpa ART, beban mengurus orangtua yang sudah sepuh dan lain sebagainya.

Saya sendiri pilih mana?

Untungnya saya udah pakai dua-duanya. Jadi, mudah-mudahan bisa ngasih opini atau pandangan yang lebih ke tengah karena memang saya pengguna dua-duanya. And ‘cause I Hate Mom War so much!

Tentang Clodi

Alasan saya dulu memilih menggunakan clodi tidak lain dan tidak bukan karena IDEALISME. 

review  Cloth Diapers atau Popok Sekali Pakai
Clodi yang saya punya di rumah

Yaps, idealisme untuk menyelamatkan bumi dari pencemaran lingkungan dan mendukung Green Life memang beneran membuat saya berniat banget buat beli clodi.

Selain itu, clodi juga dikenal aman dari bahaya ruam popok. Karena clodi itu kan dari kain, gak ada bahan kimianya, jadi aman buat kulit bayi dan anti iritasi juga.

Saya sendiri punya Clodi 10 buah di rumah.

Kalau harganya masing-masing 60 ribuan, berarti saya sudah berinvestasi sebanyak 600 ribu untuk Clodi. Hmmm, dibilang mahal ya lumayan aja sih. Saya harus nabung dulu supaya bisa terbeli sebanyak itu. Puasa lipen, Mak, puasa. Tunggu THR lebaran 1440 Hijriyah dulu.  


Siapa aja yang dipakein clodi?

Kifah dan Aldebaran sama-sama pakai clodi, sebagian clodi Aldebaran itu lungsuran juga dari Kifah. Tapi semuanya hanya bertahan di usia kurang dari 6 bulan.

Katanya clodi itu adalah investasi? Karena bisa dicuci kering pakai dan bisa dipakai sama adeknya.

Yaps, bener banget. Saya seneng beli banyak clodi supaya bisa cuci kering pake. 10 Clodi itu beneran cuci kering pake, tapi bukan di musim hujan ya. Kalau musim hujan, gak bisa deh cuci kering pakai. Karena semuanya bisa basah dan lagi di jemur.

Dan meskipun clodi ini bisa dibilang investasi yang long life, tetep aja akan ada bagian clodi yang rusak dan gak bisa dipakai lagi atau fungsinya jadi kurang maksimal sih.

review  Cloth Diapers atau Popok Sekali Pakai
Makin lama, daya serap insert akan semakin berkurang seiring cuci kering pakai

Misalkan karetnya yang kendor, dan ini bikin cepet bocor. Juga insertnya yang udah mulai ga bisa nampung urine banyak, solusinya harus ganti insert dan reparasi karetnya.

Kenapa suka pake clodi?

Jujur aja saya suka clodi karena ramah di kulit bayi dan gak perlu capek buang sampah. Tinggal buang aja kotorannya di toilet, beres. Urinenya sendiri tinggal dicuci pakai sabun cair, yaelah urine bayi mah gak ada bau-bau yang aneh, masih wangi, wkwkwk.

Warna-warni clodi juga bikin saya gemes, jujur aja itu produsen clodi bisa banget pilih motif dan warna. Bikin gak bisa berpaling dari layar hape (soalnya semua clodi saya beli secara on line).

Dan Saya pernah nih nulis review clodi pempem di sini.

Apa yang gak saya suka dari Clodi?

1.Capek nyucinya

Beneran, nyuci clodi itu lumayan menguras energi kalau keseringan, apalagi kalau udah ada kotoran yang nyangkut disela-sela kain, beneran menguras tenaga, waktu, pikiran. Dan keseringan nyuci clodi juga jadi agak boros sabun cuci.

Belum lagi bayinya nangis, atau kakanya minta dilayanin. Mamah jadi pusing juga kadang-kadang, dan kemudian jadi uring-uringan karena kelelahan. 


2.Cepet penuh ketika bayi beranjak besar

Karena pipisnya makin banyak, clodi makin cepet penuh dan basah. Apalagi kalau malem, clodi pasti basah banget sampe nembus ke kasur. Bayi jadi bangun dan rewel, saya juga harus pakein clodi yang baru sambil ngantuk-ngantuk.

3.Gak Praktis Dibawa Jalan

Yes, kalau di jalan ini susah banget kalau pake clodi, karena clodi kan gak bisa dibuang di tempat sampah? Ya silakan aja sih kalau ada yang mau buang, mungkin dia horang kayah. Kalau aku sih ya eman-eman atuh lah. Paling bawa kresek item, trus disimpen dulu. Di rumah entar baru dicuci, tapi plus dengan wangi yang sudah semerbak.

Tentang Popok Sekali Pakai atau Pospak

review  Cloth Diapers atau Popok Sekali Pakai
Aldebaran lagi coba pakai Goo.n Smile Baby yang ekonomis di rumah

Waktu masih idealis, saya anti banget sama pospak. Takut kutub utara mencair, takut nyampah di bumi dan bakalan kena azab, dan ikut bertanggung jawab kalau orang-orang harus pindah ke mars karena bumi sudah nggak sehat lagi.

Ya, seidealis dan separno itu saya dulu. Wkwkwk.

Tapi semuanya berubah karena pemikiran saya yang makin REALISTIS.

Anak dua, gak ada ART, waktu gak banyak kerjaan rumah numpuk, dan aku tak sanggup kalau harus berjibaku lagi nyuci clodi. Kebayang bakal kelelahan banget setiap harinya.


Awalnya waktu zaman Kifah balita agak ragu beli pospak, dan coba beraniin beli pospak yang ekonomis merk apa ya lupa, Kifah langsung ruam. Huu saya merasa bersalah banget waktu itu, selangkangan Kifah merah dan perih banget keliatannya.

Berasa dosa banget karena bikin Kifah ruam, tapi lama kelamaan setelah dikasih salep dan obat, saya coba lagi pakein Kifah pospak, dan ternyata berhasil gak ruam. Mungkin waktu itu Kifah gak cocok sama merk X tersebut. Makanya jadi ruam dan merah semua bagian belakang dan selangkangannya.

Kenapa suka pakai pospak?

Ya pastinya karena praktis, selesai dipakai bisa langsung dibuang di tempat sampah. Walau pada awalnya aku merasa berdosa, mwahaha. Saya juga jadi lebih santai di rumah, gak dikejar deadline buat nyuci. Alhamdulillah, jadi gak terlalu capek buat ngerjain ini itu.

Apa yang saya gak suka dari pospak?

1.Mahal

Sebel kalau harga pospak mahal, dan solusinya adalah harus segera melanglang buana ke mini market atau supermarket nyari diskonan. Tapi kebukti sih kalau aktif cari diskon mah lumayan. Kemaren aja aku beli Goo.n premium diskonnya 50% di alfamart.

review cloth diaper dan popok sekali pakai
Ekonomis lebih murah daripada premium, lumayan ngehemat budget popok


2.Bisa Ruam

Kalau anak atau bayi gak cocok sama bahan pospaknya, pasti deh ruam. Dan ini bikin kzl dan agak stress juga, soalnya bayi yang lagi ruam popok itu pasti rewelnya bukan main. Apalagi kalau kena urine atau kotorannya sendiri, itu kasian banget sampai jerit-jerit.

Untungnya sih saya udah punya obat andalan kalau udah muncul bintik merah di nappy area anak-anak. Dan buru-buru deh ganti merk yang cocok.


Pilih mana? Antara Clodi dan Pospak?

Kalau selama ini sih akhirnya saya milih dua-duanya. Pakai clodi ketika bayi masih merah sampai usia kurang dari 6 bulanan, dan pakai pospak ketika bayi mulai aktif bergerak.

Tentunya saya pilih clodi dan pospak ini dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing ya. Karena mana adalah di dunia ini yang sempurna kecuali bulu matanya Syahrini? Tell me, Mak, tell me, please.

Clodi bisa dipakai ketika anak atau bayi memang butuh “istirahat” dari pospak, dan sebaliknya pospak bisa dipakai ketika clodi gak bisa “diandalkan” pada suatu kondisi dan keadaan tertentu.

Pakai pospak ataupun clodi  itu sih cuma soal pilihan. Gak usah dibikin jadi ajang berantem-berateman atau merasa pilihannya paling benar.

Yang penting anak jadi bebas bergerak, dan jangan lupa pilih pospak atau clodi yang tidak menggembung, punya daya serap tinggi supaya anak gak ruam popok. Intinya mah kalau anak keliatan active and fun mah emaknya juga sama bahagianya kan?


Punya pengalaman pakai kedua macam diapers ini untuk si kecil? Sharing Yuk!
23 comments on "Pilih Cloth Diapers atau Popok Sekali Pakai?"
  1. Wah .. nambah info nih teh.. emg lg prefare bwt debay nanti klw udh lahir..jdi rencananya mwu bli clodi sma pospak aku mah..pas aku ngajar debay nya d pakein pospak klw aku nya udh plg ngajar bru pkein clodi..😊😊..tadinya mwu pake pospak aja suruh mamah mah..tapi kasian juga ya takut ruam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku pun akhirnya campur, yg penting ga bulky aja popoknya, ga gampang bocor dan anaknya bisa bebas gerak2, clodi jg kadang kegedean sih buat bayi newborn, cuman kadang emang takut aja bakal ruam, padahal kalo popoknya cocok sih ngga.

      Delete
  2. aku kok gak pernah kepikiran pake clodi mbak... gak kuat mental bayangin kudu nyuci clodi tiap hari. kulelaaaahhh, hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku si waktu itu niatnya emang buat newborn aja. Kalau udah agak gedean susah jg pake clodi emang, makanya aku pakein pospak yang gak gampang gembung dan bikin anak bebas bergerak aja paling mbak, heu.

      Delete
  3. Zaki pun sama.. campursari, clodi iya pospak iya. Tapi karena punya clodi nya dikit (cuman 4), jadi seringan pake pospak.πŸ˜‚

    Cita2 sih nanti kalo anak ke2 pengen pake clodi aja. Tapi gatau ďeh ntarπŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu kifah jg cuma punya 4 clodu Reni, trus pas al lahir beli lagi 6. Jadi total 10.

      Susah2 gampang cari clodi yg gak gampang gembung dan bikin anak bebas bergerak. Soalnya makin gede, biasanya jd bulky gtu. Makanya aku campur deh pake pospak lagi.

      Delete
  4. Aku pake clodi buat bubuky sampai 18 bulan,g setiap waktu sih. Sore-pagi pake pospak mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hebat bgt Mbak, aku mah cuman 2-3 bulan aja. Anaknya udah ga pada mau diem abisan, gerak2 mulu. Terus agak bulky jg pas anak makin gede. Yaudah aku pale pospak lagi, cari yg ga gampamg gembung dan anak bebas gerak kesana kesini.

      Delete
  5. Waktu Keke masih kecil, saya pakai popok sekali pakai. Itupun dipakai hanya kalau bepergian. Dulu belum mengenal clodi

    Saat Nai kecil, pakai popok sekali pakai saat bepergian dan tidur di malam hari. Ketika frekuensi pipis malamnya udah gak terlalu sering, pindah deh ke clodi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebalikan ya Mak Mira. Aku pake clodi malah pas masih bayi bgt, udah gedean malah agak susah makein clodi ke anak karena ga bisa diem.

      Nyari clodi/diapers yang nyaman buat anak gerak dan ga cepet gembung sebelum lahiran biasanya dimana Mak Mira?

      Delete
  6. Untuk anak kedua yang lagi ditunggu kelahirannya ini, saya rencananya mau cobain clodi. Walau di awal mungkin bakal pakai pospak dulu. Tunggu emaknya fit, baru deh pakai clodi.

    Tapi clodi saya masih kurang banget nih. Baru 4 euy. hahahahah. Itu mah gak bisa buat cuci-kering-pakai ya mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah senengnya lagi nunggu kelahiran baby, lagu seneng2nya ngumpulin printilan bayi biasanya.

      Biasanya cari clodi/diapers yang gak cepet gembung, gak bikin ruam dan anak bebas gerak dimana Mak? Toko online apa offline ni?

      Delete
  7. Informatif artikelnya mbak, terimaksih sdah berbagi. Kunbal Ya

    ReplyDelete
  8. Waktu anakku kena ruam sempat juga kepikiran beli clodi tapi akhirnya nggak jadi karena sadar nggak bakalan sempat nyucinya

    ReplyDelete
  9. Setuju mak... Saia juga pake dua2nya untuk si adek. Kalo jaman kakaknya dulu mah ngepel lantai tiap hari. Blm ada clodi clodi an diapers jg masih langka, mungkin hanya horang kaya yg beli xixixi. Tapi pas si adek ini sejak hamil emang sengaja pengennya yg go green gt sok idealis hahachim, nabung beli clodi tapi cm sanggup beli 6 biji doank dg insert cadangan 6 bj jg jd total insert 12 biji, soalnya ini yg bakal lama keringnya, asumsi sy saat itu 2 dipake pagi sore, 2 dijemur, 2 udah kering, kl insert khan ada lebih hahaaha...tapi ternyata baru sebentar pake udah pub #eh, trs hujan dan ga kering itu jemuran 2 hari, yoweslah akhirnya beli diapers jg buat selingan. Dan skr si adek udah setahun jd makin ga mempan kalo cm pake clodi, capek ganti dan pasti kekurangan clodi. Akhirnya saia siasatin, abis mandi pagi pakenya diaper, kl siang udah penuh ganti pake clodi, selain irit pemakaian diaper yg makin mahal itu #curhat, jg biar kulit dan area vital sekitarnya istirahat dari bahan kimia si diaper. Setelah mandi sore saia kasih clodi lagi, baru sebelum tidur saia ganti dg diaper, biar bobok nyenyak saia nya wkwkwk... kalo lagi bepergian ya sy pakenya full diaper, soalnya biar ga bnyak bawaan xixixi. Tapi apapun itu emang kembali lagi ke pilihan sih, kl sy emng kdg sok setengah idealis tp ttp hrs menyesuaikan keadaan jg biar sy ga ribet sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mwahaha, ini aku banget juga, setengah idealis setengah realistis.

      Aku dulu makein clodi pas pagi, sore. Siang malem pake diapers supaya ga bocor.

      Iya kalau pergi bawa clodi jd banyak bgt bawaan, belum lagi anaknya susah buat diganti kalau pake clodi yang gak pull up/tipe celana.

      Akhirnya menyerah karena realistis, pindah ke diapers yang ga gampang bocor dan gembung. Anak2 bebas gerak dan ga keberatan pake diapers.

      Nah kadang pake clodi itu keliatannya berat, apalagi pipisnya udah banyak.

      *emak galau

      Delete
  10. aku jg pk goon smile baby ceu...
    toooossss :D

    ReplyDelete
  11. Waktu bintang pernah nyoba pake clodi. Tapi ya dasarnya saya ga telaten jadinya ga sukses. Cuma beberapa kali pakai. Balik lagi ke pospak. Sekarang dengan tiga balita hmmm sepertinya saya tak bisa lepas dari pospak. Untungnya nemu pospak yang bagus. Saya pakai GooN juga mba yang premium. So far cocok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwa 3 balita mah pasrah mak aku juga kalau jadi dirimu. Ya goon premium aku jg pernah pake, enak dan lembut bgt diapersnya, al cocok. Gambarnya juga ucul2, ga gampang gembung lagi, nyerap pipisnya cepet. Bayi jg aktif gerak ga keganjel popok.

      Delete
  12. Aku masih pake dua-duanya :D. Tapi kalo pergi2 mah babay clodi deh, dan alhamdulillah anak2 kalo ruam popok ga sampe parah, dan semua merk cocok wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak mel kalau cocok semua, aku alhamdulillah ini al cocok pake goon yg premium atau ekonomis jg. Gak ruam.

      Delete
  13. Aku belum pernah pakai clodi mbaaa...
    dari bayiku newborn diskusi sama Mama Mertua yang tandem ngasuh, kami memutuskan menggunakan diapers.
    Cuma memang harus milih merk diapersnya ati-ati banget biar ga ruam.... :) Semangaaattt Mbaaaaa!

    ReplyDelete
  14. kalau aku sih pilih clodi mbak, soalnya selain bisa di cuci clodi juga aman untuk di pake oleh baby. bisa irit juga sih kan gak harus beli popok terus.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D