#YakinSehat dengan Gaya Hidup Kamu Selama Ini? Coba Baca Tulisan yang Satu Ini Deh

| On
November 29, 2017

Masih inget gak sama program ‘Diet Kenyang’ nya Mbak Dewi Hughes? Iya, diet yang bisa menurunkan berat badan Mbak Dewi Hughes hingga setengahnya itu loh. Berat badannya yang semula 150 kg, berkurang hingga 75 kg. Beuh, idaman emak sedunia ini mah.

Berkaca pada diet yang dilakukan oleh Mbak Dewi Hughes, ternyata tren atau gaya hidup sehat kembali bangkit dan berkembang di era milenial seperti sekarang.

Seperti kita tahu, berbagai jenis gaya hidup sehat dan diet sehat lainnya sedang jadi trending topic di media sosial kan?

Gak usah saya sebutin deh, temen-temen pasti udah banyak tau tentang jenis diet dan gaya hidup sehat yang lagi hype sekarang ini.

Tapi apakah gaya hidup sehat yang sedang horang lain jalankan itu apakah yakin sehat? Apa cuma buat sekedar ikutan tren atau gegayaan aja?

Kampanye #YakinSehat

Kiri ke kanan, Pak Budi Gunawan, Chef Steby, dan Mbak Helga

Selasa, 28 November 2017 Zurich Topas Life mengajak masyarakat untuk lebih kritis akan masalah kesehatan melalui kampanye #YakinSehat

Acara yang bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menerapkan pola hidup sehat ini diharapkan memberikan dampak bagi kualitas kehidupan masyarakat Indonesia sendiri.

Kampanye #YakinSehat yang bertempat di Almond Zucchini Jalan Prapanca No.6 ini dihadiri oleh 3 narasumber, yaitu Bapak Budi Darmawan sebagai Chief Agency Officer Zurich Topas Life, Chef Steby Rafael yang merupakan Healthy Food Specialist dan Mbak Helga Angelina, co Founder Burgreens yaitu restoran organik yang menyajikan berbagai Healthy Plant Based Food.

Saya tergelitik dengan ucapan Pak Budi Gunawan, menurutnya orang zaman sekarang itu tau bahwa gaya hidup sehat itu penting. Banyak diet dan gaya hidup sehat yang dilakukan, namun kesadaran untuk benar-benar hidup sehat itu belum banyak disadari oleh masyarakat.

Bahkan, ada loh orang yang dengan bangganya bilang, “Nih, saya udah pasang ring di jantung loh.” Ucap Pak Budi Gunawan. “Punya penyakit tapi kok berasa keren.” Lanjutnya.

Ha, iya sih. Lagian emang kita juga yang muda *cie mudaaa* selalu aja berpikiran, “yaelah mumpung muda kelesss, banyakin makan yang enak-enak. Biarin lah entar diabetes atau kolesterol kalau udah tua aja.”

Laaahhh. Tapi iya sih kadang suka kepikiran begitu juga, haha. Nafsu oh nafsu, pengennya kulineran melulu.

Padahal nih, faktanya adalah:

Menurut data WHO, 63% atau sekitar 36 juta kematian dari total 57 juta kematian di dunia, itu diakibatkan oleh Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dipicu oleh rokok, diet yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, dan konsumsi alkohol.

Penyakit yang menyerang terutama adalah jantung, kanker, penyakit pernafasan dan diabetes.
Di Indonesia, PTM juga merupakan penyebab kematian terbanyak. WHO memperkirakan kematian akibat PTM di Indonesia telah meningkat dari 50,7% pada tahun 2004, menjadi 71% di tahun 2015.

Menurut Chef Steby Rafael, pola makan dan gaya hidup kita memang harus diubah. Yaitu menuju gaya hidup yang lebih sehat. “Gak udah terlalu ekstrim sih berubahnya, pelan-pelan aja menyesuaikan tubuh kita.”

Diet yang Sehat

Chef yang concern di dunia makanan sehat ini pun mengatakan bahwa sekarang di media sosial sedang gencar-gencarnya program diet A, B, C, D,  E dan lain sebagainya.



Padahal yang namanya diet itu beda-beda loh setiap orang, gak bisa disamain. Bisa jadi berhasil dengan orang A tapi gagal di orang B, begitupun sebaliknya. 

Dan satu lagi, yang namanya diet itu bukan untuk kurus atau bahkan anoreksia. Diet itu untuk mengembalikan berat badan kita ke berat badan normal atau ideal, sesuai dengan tinggi dan berat badan kita masing-masing.

Chef Steby juga mengatakan, jangan sampai kita salah dalam melakukan diet atau gaya hidup sehat. Misalkan, makan sayuran terus, atau buah terus. Atau sebaliknya, makan daging terus, protein terus, gak makan lemak sama sekali.

Makanan itu dibutuhkan tubuh untuk meregenerasi sel di tubuh, memberikan energi, menjaga tubuh kita tetap fit. Kalau sampai zat yang seharusnya masuk ke dalam tubuh ini berkurang, bisa-bisa kita malah jadi sakit yang ada. Bukannya sehat malah masuk rumah sakit.

Dalam sepiring makanan yang kita makan, harus ada yang namanya karbohidrat, protein, lemak baik, mineral, vitamin. Semua zat yang diperlukan tubuh harus masuk, kuncinya satu, jangan berlebihan.

Hmm, saya juga jadi mikir nih, kira-kira program diet apa yang cocok buat saya ya? Ini abis ngelahirin perasaan timbangan kok belum balik lagi ke angka cantik. Masih aja betah di posisi hamil 9 bulan 10 hari.


Dan satu lagi, Co Foundernya Burgreens ini inspiring banget menurut saya, namanya Mbak Helga Angelina.

Jadi, ceritanya sejak kecil Mbak Helga ini udah punya banyak penyakit kronis yang divonis oleh dokter akan sangat sulit disembuhkan. Ia alergi dengan 26 item alergen, jadi kalau lagi kambuh alergi termasuk asmanya juga, dia bahkan bisa sampai pingsan loh.

Berbagai obat dan penanganan medis ia jalani, dan memang kebetulan sekali ibunya seorang dokter, hingga ia berusia remaja sekitar 15 tahun ia mengalami insomnia dan beberapa komplikasi seperti penyakit ginjal dan lever/hati.

Mbak Helga sih menduga kalau itu adalah dampak dari segala macam obat-obatan yang ia konsumsi sejak ia masih kecil tadi.


Dan sejak itulah ia berpikir bagaimana caranya untuk bisa sembuh dan menjalani hidup yang lebih sehat. Sampai suatu waktu ia terinspirasi oleh sebuah buku berjudul “The Miracle of Enzym” dan ia terinspirasi untuk melakukan pola hidup yang lebih sehat dengan mengkonsumi makanan yang sehat, diperlukan oleh tubuh, dan tidak berlebihan.

“Aku kalau makan ya seperlunya aku makan, jarang banget aku sampai ngidam makanan tertentu, pokoknya sebisa mungkin aku bener-bener makan makanan yang sehat buat tubuh aku.” Ungkapnya.

Setelah menjalani gaya hidup sehat selama 2 tahun, ia merasa penyakitnya berangsur sembuh dan membaik. Bahkan ia merasa kondisi fisiknya sangat fit sekarang ini, dan satu hal yang bikin iri, timbangannya gak pernah geser-geser kanan dan jadi night mare, apalagi buat perempuan.

Kalau kamu mau tau lebih tentang burgreens dan gaya hidup sehat Mbak Helga, bisa kepoin IGnya di akun @burgreens

Selain itu, motivasi Mbak Helga untuk hidup sehat adalah agar ia bisa menjalani masa tua nanti dengan keluarga, anak, dan cucunya tanpa dihantui oleh rasa takut akan penyakit-penyakit yang menyeramkan yang sudah saya sebut di atas tadi.

Ia pun sangat bersemangat untuk mensosialisasikan gaya hidup sehat ini kepada masyarakat luas, karena ia sendiri sudah merasakan dampaknya secara langsung.

“Kalau kita sehat, hidup kita tentunya akan lebih produktif dan berkualitas.” Ungkapnya lagi.

Zurich Topas Life Punya Zurich Pro-Care

Sayuran hijau yang dipegang Chef Steby ini namanya Kale.
Sayuran yang mengandung lemak dan juga omega 3 juga.

Pak Budi Gunawan, memang mendukung sekali gaya hidup sehat. Ia sendiri sekarang sedang berproses dan berhasil menuju berat badan idealnya sekarang.

“Saya berpikir hidup sehat ini untuk keluarga. Saya masih punya anak yang masih kecil, saya harus senantiasa bergaya hidup sehat demi anak tentunya.” Ucap Pak Budi Gunawan.

“Walaupun Zurich merupakan perusahaan asuransi, tapi saya ingin para nasabah Zurich pun bergaya hidup lebih sehat lho.” Tambahnya.

Zurich Topas Life atau ZTL merupakan bagian dari Zurich Group yang memperluas usahanya di industri asuransi jiwa di Indonesia sejak November 2010. Salah satu produknya adalah Zurich Pro-Care sebagai sebuah solusi perlindungan kesehatan yang membantu mengantisipasi biaya perawatan medis.

Manfaat dari Zurich Pro-Care adalah:

1.Komperhensif, Zurich Pro-Care menyediakan empat pilihan Plan dengan Total Limit Tahunan 2 Miliar Rupiah hingga 15 Miliar Rupiah.

2.Jaminan penggantian biaya medis di seluruh dunia. Kita bisa menikmati fasilitas kesehatan bukan hanya di Indonesia, tapi bisa di luar negeri juga menggunakan Zurich Pro-Care ini.

3.Layanan opini medis kedua, yang memungkinkan kita mendapatkan tambahan informasi berdasarkan diagnosa dari para ahli medis dunia.

4.Layanan medis pramutamu, yaitu fitur pelayanan administrasi 24 jam sehari, 365 hari setahun, agar nasabah mendapatkan pelayanan terbaik.

5.Pemeriksaan kesehatan tahunan. Nasabah berhak mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan gratsi setiap tahunnya.

6.Tersedia berbagai pilihan manfaat tambahan lainnya yang memberikan perlindungan untuk penyakit kritis.

Temukan lebih banyak tentang Zurich Pro-Care di media sosial Zurich:

Twitter @zurichindonesia
Instagram @zurich.id
Facebook: ZurichID

Demo Masak dan Cooking Challenge

Chef Steby mulai memperagakan menu pertama

Tidak hanya melakukan kampanye #YakinSehat dengan talk show, kami para blogger dan media juga disuguhi dengan demo masak oleh Chef Steby dan ditantang untuk mengulang resep yang sudah diperagakan oleh Chef Steby.

Menu pertama, roti jala isi ayam dengan thousand island

Menu kedua, ini adalah smoothies yang terbuat dari sayuran dan pisang
Icip-icip smoothiesnya

Ceileh cooking challenge, mau ngaduk adonan aja tadi bingung. Ketauan deh di rumah jarang semedi ke dapur.

Kami dibagi menjadi beberapa kelompok, dan tadi saya berdua dengan Mbak Dewi masak-masaknya.

Jadi, tadi kita diminta bikin menu satu yaitu Roti Jala Isi Ayam. Resepnya sih sederhana sebenernya, Cuma tadi kita bingung aja, step by step diresepnya gak begitu detail, dan bingung mau mulai bikin adonan rotinya dari mana dulu.

Bikin roti jala ala ala 

Dan sempet tadi bikin rotinya kebanyakan minyak, mwahaha. Tuh kan ketauan kan kalau di rumah ngapain aja. Ngelambe Turah mulu nih jangan-jangan. Haha, enggak kok, enggak. Istri solehah mah bacanya akun-aku inspiratif dong ah.

*Aminin aja

Tarararaaaaa...

Mirip kan mirip sama buatan Chef Steby

Ini dia hasil kreasi kita. Jangan diliat dari bentuknya ya, lihatlah dari perjuangannya. Ini bikin jala-jalanya susah loh, kadang kegedean, kadang kekecilan. Ini bentuknya udah paling maksimal yang bisa kita bikin. 

Ampun deh kalau disuruh masak-masak begini lagi.

 
Ini dia hasil karya kita
Jadi, gaya hidup sehat itu seperti apa sih?

1. Sadar bahwa gaya hidup sehat memang harus benar-benar kita lakukan dalam keseharian kita.

2. Makan makanan yang sehat, lemaknya, proteinnya, karbohidratnya, vitaminnya, semua harus diperhatikan asupannya ke dalam tubuh.

3. Jangan asal ikutan diet. Perhatikan kebutuhan tubuh kita, jangan asal ikut-ikutan karena setiap orang memiliki kebutuhan gizi yang berbeda-beda.

4. Makanlah sesuai kebutuhan tubuh, jangan terbuai oleh nafsu pada makanan belaka.

5. Proteksi kesehatan diri sebijak mungkin.

Hidup sehat itu bisa kita lakukan loh, asal kita mau dan yakin bisa melakukannya. Kalau kamu udah #YakinSehat boleh dong sharing gimana sih cara kamu menjalani pola hidup sehat setiap hari di kolom komentar.

Aku tunggu yaa :D


Salam.



34 comments on "#YakinSehat dengan Gaya Hidup Kamu Selama Ini? Coba Baca Tulisan yang Satu Ini Deh"
  1. Alu lagi coba banyakin makan sayur sm buah krna tiap kayaknya makannany karbo mulu sm lemak, sm pengen rutinin olahraga,badan jarang gerak nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu mah badannya udah idel mude, aku nih yang harus diet dan mulai hidup sehat

      Delete
  2. wah tertampar sekali baca artikel ini lalu mengaca pada diri ini sedih sekali.. huhuu maksih nice artikel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku makan masih asal, aku bingung mau mulai dari mana kira2, dan akupun jarang olah raga pula.

      Delete
  3. Aku mulai membiasakan diri mkan sayur yg bnyak dan buah2an jg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak sama, aku juga di rumah senenh nyetok tomat, jeruk nipis, timun, mangga, pokoknya buah buat ngemil2, sama sayuran jg kadang aku stok banyak buat beberapa hari

      Delete
  4. Aku akhir-akhir ini agak bandel, makan sembarangan. Bawaan hawa dingin, wuaaa, hawa disalahin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakso, mie ayam, kebab, memang sangat menggoda dingin2 begini.

      Delete
  5. Lhaaa ini ngejleb banget, nafsu oh nafsu berat badanku naik 10kg di Palembang ini 😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. Palembang surga kuliner ya teh, jangan lupa banyak olah raga yaaaa

      Delete
  6. Gaya hidup sehat kalau diterapkan jadi jauh dr pnyakit apapun,, Keren ya plating masakannya sayang bnget kalau di makan ini mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di rumah jarang plating, langsung habis. Ini iya eman2 bgt dimakannya. Kenyang buat difoto2 dulu.

      Delete
  7. Enak ya kalo jarang ngidam makanan. Lah aku mah ngidam terus, bingung dah nguranginnya hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus bisa atur2 nafsu makan ini mah ya. Apalagi kalo weekend deh, jalan ngidam jajanan melulu kalo akuh

      Delete
  8. Cetak roti jala itu memang pakai alat khusus yang semprotan dua ya (lupa bahasannya apa) tapi memang keliatan jadi mewah banget deh. Aih nyesel deh nggak ikut acaranya seru bangeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini roti jalanya ala ala Ummi alida, heuheu. Aku lagi nyoba nih cari resep/menu sehat tapi bikinnya gampang, mau banget aku hidup sehat tiap hari.

      Delete
  9. Berarti kalau kita mau diet harus sesuai dg kebutuhan tubuh ya. Ga boleh asal ikut2an diet ala orang lain. Kalau aku sih suka makan sayur2an dan buah2an juga dan kadang kalau mau makan banyak aku jadi utang berenang hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok sama mbak, aku kalo makan banyak berasa utang berenang. Dan udah lama bgt nih aku ga renang. Gak banyak gerak justru bikin badan sakit ya.

      Delete
  10. Orang yang pasang ring jantung berasa kerenn wuihh ada gitu ya, mungkin karena merasa banyak duit kali ya, bisa pakai ring. yaah padahal mah sehat tetap lebih oke ya, duit abis kalau kita sakit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sayang bgt ya mbak nu, uang yang kita tabung di waktu muda dihabiskan di waktu tua buat biaya rumah sakit.

      Delete
  11. Wuiiih makanan sehat. Br tau kalo kalee itu mengandung lemak pdhal daun daunan loh. Iya ya skrg bnyk bgt metode diet tinggal cari niat utk dietnya aja hahaha

    ReplyDelete
  12. Aku juga gak pernah diet yang pegimana itu, yang ada malah nanti makin kurus. Tapi jarang makan buah nih, hahaha, kalau sayur mah udah doyan sekarang. Tapi emang jarang ngemil, lebih suka makan besar sekalian. Olahraga juga nih malah jarang pas punya anak 2 huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting sehat mel, rajin olah raga yess

      Delete
  13. Waaah ada chef steaby.. roti jalanya bisa kuning gitu pake apa ya? Sayang ga ada resepnya yaaa.. ngiler liat rotu jalanya heheh..

    Sepertinya skrg oemerintah sedang menggalakan gaya hidup sehat ya. Hampir di semua talkshow atau seminar yg ada hubungannya dengan kesehatan, menyarankan begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lupa aku tulis saking geroginya battle masak. Hihi

      Delete
  14. Wah alergi 26 alergen tu makan apa yaaaa. Ini aja anakku alergi aja aku dah bingung kasi makan. Kalau makan di luar was-was.
    Mbak, mau resep lengkap kreasinya donk :D
    Aku gk pernah diet sih, tapi pengennya banyakin oleh raga #entahkapan :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anakku pun alergi, bingung mau ngasih makan apa, kudu makan sayur dianya ga suka sayur, hikz

      Delete
  15. diet ala aku kurangi karbo dan gula, makan sayur dan buah serta perbanyak minima ait putih. sudah 2 tahun aku jalanin itu dan InsyaAllah sehat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak elly cantik aneut, dietnya suksesss

      Delete
  16. Biar gemuk tetap ya wajib olahraga dan jaga pola makan

    ReplyDelete
  17. Hadeeh, aku pengen diet, gak bisa-bisa. Nggak kuat imaan 😂
    Btw, mau usahalah dikit-dikit mengubah pola makan, dan gaya hidup yang males banget gerak 😁

    ReplyDelete
  18. Kece banget kakaaaaak, roti jalanya.... kayanya kalau makanan sehat semua secakep itu, ngiler aku. Btw, aku tertarik banget tentang mbak helga ni.... Aku punya alergi + asma juga, tapi ga sesakit beliau sampai ada ginjal, dsb, cuma sedihnya alergiku nurun ke gayatri ni mak.... cuma asmanya blm tau. Kayanya gaya hidup kami pun memang blm sehat betul.... aku jadi kepikiran. thanks for share ya maaak!

    ReplyDelete
  19. Baru baca judul postingannya aja aku udah bisa bilang kalau gaya hidup aku nggak sehat pake banget ^.^ Anyway, gagal fokus sama makanan sehat yang dibuat chef. Duuh, andai makanan sehatnya kaya gitu dijamin eike langsung langsing deh.

    Kadang ya, kitanya udah tahu nih nggak sehat (gaya hidup, pola makan, dll), tapi karena lemah iman jadinya ya gitu deh. Diet gagal melulu. Hiks.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D