Review Gamis Seply by Ethica, Gamis Casual Buat Kamu yang Berjiwa Muda

| On
December 14, 2017
review gamis seply by ethica


Dulu, ketika masih duduk di Sekolah Dasar, saya selalu berfikir bahwa negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia adalah Arab Saudi. Saya keukeuh sureukeuh berpikir Arab Saudi karena mayoritas pakaian masyarakatnya (yang saya lihat) menggunakan pakaian serba tertutup dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Ketika saya tau fakta bahwa Indonesia merupakan negara dengan mayoritas muslim di dunia saya agak mengernyitkan dahi. Kenapa? Karena masyarakat Indonesia sendiri, walaupun beragama muslim, belum tentu berpakaian serba tertutup seperti orang-orang di Arab Saudi sana.

Waktu kecil sih mikirnya gitu ya, pakaian tertutup, panjang, menutup aurat (seringnya kita sebut gamis) hanya dipakai di Arab  Saudi sana, padahal memang kewajiban menutup aurat itu miliki semua muslim dan muslimah di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Sebenernya gak salah juga sih saya mikir bahwa pakaian panjang seperti gamis itu identik dengan masyarakat Arab Saudi. Karena beberapa artikel mengenai sejarah baju gamis mengatakan bahwa pakaian panjang yang tertutup hingga kaki dan tangan ini memang pakaian yang berasal dari kawasan timur tengah.

Di kawasan timur tengah, gamis atau pakaian yang tertutup dan berwarna dominan gelap disebut dengan Abaya, di Iran sendiri sering disebut Chador. Baju gamis ini hanya menutupi kaki dan tangan saja, oleh karena itu, wanita sering menambahkan niqab ataupun cadar untuk menutupi area wajah.

Asal-usul gamis sendiri memang belum jelas. Ada yang menyebutkan bahwa baju gamis ditemukan sejak 4.000 tahun yang lalu di peradaban kuno Mesopotamia dan ketika Islam muncul di abad ketujuh.

Sumber:Kompasiana.com/sylva21/sejarah-gamis_54f666e185a3331153098b48a6

Gamis Masa Kini

Review Gamis Seply by Ethica, Gamis Casual Buat Kamu yang Berjiwa Muda
Saya emang paling suka pake gamis

Tren pakaian muslimah menurut saya sudah sangat berkembang ya dari masa ke masa. Dulu orang masih risih pakai jilbab dan gamis. Sekarang, orang malah berlomba-lomba menggunakan pakaian yang syar’i dan menutup aurat.

Apapun motivasi para muslimah untuk tampil stylish dalam berhijab baiknya sih jangan dijudge berlebihan. Bersyukurlah dahulu ketika orang lain bersemangat dan percaya diri ketika menggunakan pakaian yang menutup aurat.

Jangan sampai terlontar kalimat, “Pakai pakaian syar’i kok buat pamer dan gaya-gayaan sih.”

Hihihi, hormati dulu proses orang lain ya gaes, jangan sampai kita jadi oknum yang merusak proses hijrah seseorang. Naudzubillah.


Indonesia hari ini juga terus berusaha menjadi kiblat pakaian muslimah di Asia Tenggara bahkan dunia.

Buktinya, Kementrian Pariwisata kembali menggelar Festival Pesona Fesyen dan Hijab Indonesia 2017 yang berlangsung di out door area Lippo Plaza Kramat Jati Jakarta Timur pada 9-10 September 2017 lalu.

Wah, alhamdulillah ya. Di era keterbukaan dan kemerdekaan, hijab atau pakaian muslimah makin diterima oleh semua kalangan.

Gamis dan Kebutuhan Sehari-hari

review gamis seply by ethica
Everyday and Eveywhere gamisss

“Ummi, kenapa sih pake gamis melulu.” Abbiy protes.

“Hehehe.” Saya jawab sambil nyengir aja.

Kenapa ya sekarang saya hobi pake gamis? tepatnya setelah nikah. Jawabannya satu sih, SIMPLE.

Yaelah, pake gamis itu adalah cara berpakaian paling gampang sejagad raya. Tinggal ‘blus’ ke badan, pakai hijab instan atau berjarum pentul, langsung deh cus mau pergi kemana pun.


“Abis Abbiy kan kangen sama penampilan Ummi yang dulu.” Tambah Abbiy.

Eeeaaaaaaa.

Hahaha, iya sih, waktu pertama kali kita ketemu di kampus, pakaian saya dulu masih ‘Two Piece’ gitu deh, alias pake atasan dan rok.

Kalau zaman kuliah sih oke-oke aja, tapi kalau sekarang sih, hmmm bisa tapi jarangggggg. Soalnya emang udah ribet banget sama anak-anak. Bahkan di rumah pun, saya lebih milih pake gamis dibanding pake daster.

Biasanya saya pake gamis bahan katun.

Soalnya kalau abang paket datang, atau ada perlu ke luar rumah praktis tinggal jalan aja, ga repot cari-cari baju tambahan lagi buat keluar atau nerima tamu.

Gamis is my best friend lah buat sekarang ini.

Pakai Gamis=Keliatan Tua


Hahaha, ini sering banget jadi celetukan ibu-ibu zaman ayeuna.

“Ah, aku mah ga mau pake gamis, entar keliatan tua banget kayak ibu-ibu.”

Laaaahhh, kan emang udah jadi ibu-ibu.

For your information gaes, ibu-ibu itu kalau udah beneran jadi ibu pun gak mau loh dipanggil dengan sebutan ‘ibu’. Makanya, seneng banget tuh kalau ada orang yang manggil ‘teh’ atau ‘mbak’ berasa muda katanya mah.

Termasuk dalam urusan berpakaian, sebisa mungkin ibu-ibu itu milih pakaian yang membuatnya terlihat muda dan gak kayak emak-emak banget lah intinya mah.

Nah, kalau saya sendiri sebenernya sih sepakat juga, hahaha. Ketahuan deh, pengen juga tampil muda. Kalau pilih gamis jangan sampe yang bikin kita seperti emak zaman old. Penting lah nyari gamis yang bisa bikin tampilan kita stylish, fashionable, dan aura mudanya tetap terpancar seperti masa remaja dahulu kala.


Mwahaha.

Jadi sebenernya, pakai gamis itu gak akan terlihat tua selama kita pas dan tepat dalam memilih model yang sesuai dengan bentuk tubuh, cutting, warna dan akesesoris di gamisnya dan juga kualitas bahan gamis itu sendiri.

Menurutku loh itu, sebagai pecinta gamis sejati.

Gamis Seply

Pernah denger gak merk Seply?

Saya sendiri, jujur aja baru denger. Gamis Seply ini adalah gamis keluaran brand Seply yang merupakan bagian dari brand Ethica.

Kalau Ethicanya sendiri saya pernah denger, karena produknya sering wara-wiri di timeline facebook.

review gamis seply by ethica
Gamis Seply Gissel warna biru
review gamis seply by ethica
Gimana? Mirip kan sama wajah modelnya? eh, maksudnya sama gamis yang dipakai model Seply

Brand Ethica ini adalah salah satu brand hijab di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2007 dengan sistem penjualan melalui reseller dan keagenan yang sudah memiliki ribuan channel distribusi di berbagai penjuru tanah air.

Gerai Ethica sudah banyak tersebar di kota besar di Indonesia, diantaranya: Malang, Garut, Bandung, Cimahi, Palembang dan Makkasar. 

Produk Ethica mensupport berbagai kebutuhan fashion muslimah seperti dress, top, shirt, skirt, outer, inner, scarf, hijab dan varian fashion item lainnya.

Ethica sendiri memang mengusung tema fashion yang chic, energic, cocok untuk kalangan ibu muda yang memiliki semangat dan passion yang menggebu-gebu, terutama pada poduk Seply ini.

*eeeaaa gue banget dong, hahaha siap-siap terima endorsement.

Kualitas bahan gamis Seply

Jujur sih ini gamis bahannya adem syekali. Cocok dipakai di daerah yang cuacanya ‘hangat’ karena emang pas nempel di badan berasa adem. Nama bahannya sendiri adalah kasiana. Nah, baru denger juga kan saya. Maklum lah bukan tukang baju, tapi asli ini bahan enak bener dipakenya.

review gamis seply by ethica
Pakai gamis Seply bareng Novi, temen kuliahku yang sekarang lagi kuliah Magister di Jepang

Pertama kali saya ‘blus’ ke badan bikin badan nyaman dan gak bikin gerah. Cuman mungkin ketika pencucian nanti, kayaknya harus hati-hati, karena ini bahannya halus, jadi mungkin nyucinya entar dikucek aja diember, jangan ikut masuk ke mesin cuci.

Karena pengalaman saya punya gamis yang bahannya mirip kasiana ini, bahan bajunya jadi cepet tipis, karena dicuci di dalam mesin cuci.

Ya lagian gak berat sih, enteng lah nyuci gamis satu di ember mah.

*emak pasti quat

Buat bahannya sendiri, aku kasih nilai 4,5 bintang dari 5 ya.

Model dan Warna

review gamis seply by ethica
Blogger Depok City juga pake Seply.
Siap datang ke Indosiar.

Kalau liat katalognya Seply, warnanya emang cerah dan energik khas anak muda. Saya sendiri ini pake warna biru langit. Jujur saya jarang loh pake warna biru langit agak muda begini. Seringnya saya pake baju itu monochrom, aka abu-abu atau hitam, atau navy juga. Ya pokoknya warna-warna agak gelap gitu deh.

Dan pakai warna biru begini ternyata penampakan diriku, leh ugaaa.

Berasa jadi anak kuliahan lagi, hahahah. Kuliah S3 gitu, aamiinnnnnn.

Modelnya juga lumayan kusuka, garisnya rada melengkung gitu ya, gak lurus-lurus aja, jadi ini kancing bajunya langsung ke pundak gitu, dan bisa dibuka tentunya untuk para BUSUI.


Saya ini pake ukuran M, dengan lingkar badan sekitaran 94 cm. Ukurannya pas banget, lingkar badan dan panjang bajunya (panjang bajunya 135 cm).

Jadi gak perlu potong, atau ngecilin baju lagi. Karena saya biasanya pake ukuran L tapi gamisnya kepanjangan jadi harus diopname dulu ke tukang jait deket rumah.

Tapi mungkin buat yang biasa pake gamis super lebar bawahnya, gamis Seply model ini gak gitu lebar keliling gamisnya. Tapi ya ngga bikin susah gerak juga sih, buat jalan dan gerak masih dalam kisaran nyaman.

Buat model dan kenyamanan ketika dipakai, saya kasih 4 bintang dari 5 ya.

Harga Gamis Seply

Untuk harga sendiri sebenernya bervariasi juga, kisarannya sekitar 200ribuan. Ya hampir sama sih sama gamis dari brand-brand lain harganya, worth it dengan kualitas bahan yang nyaman menurut saya.

Oke, jadi kesimpulan review dari saya adalah:

Plus:

Bahan adem dan nyaman banget, gak bikin gerah body.
Model dan warnanya gak bikin kita jadi tua-tua banget, keliatan muda dan bersemangat.

Minus:

Untuk model yang saya pake ini, keliling gamisnya gak terlalu lebar, cukup sih buat jalan sama bergerak. Untuk yang suka gamis lebar kelilingnya, bisa pilih model lain di katalog produk Seply.

Total nilai keseluruhan:

Menurut saya 4 dari 5 bintang

Gamis Seply cocok buat yang mau nyaman, tampilan simpel dan berjiwa muda. Gak ribet blink-blink sana sini. Bisa dipakai di acara yang gak formal atau semi formal. Buat ke nikahan juga bisa sih sebenernya, tinggal pake kerudung yang formal aja sama bros cantik.

review gamis seply by ethica
Blogger Muslimah featuring Seply, cucok meong ya kaannn

Buat yang mau liat gaya apa aja yang bisa dikreasiin dari gamis Seply, kamu bisa cari di Instagram dengan hestek #SelfiewithSeply buat jadi sumber inspirasi pas pakai gamis ini, atau bisa juga follow Instagram Seply di @seply.id

Katalog dan keunggulan produk Ethica dan Seply lainnya bisa dibuka di www.ethicafashion.com dan www.seply.id ya gaes.


So, kalau kamu lebih suka gamis model gimana nih? Ceritaaaainnnn dong.

24 comments on "Review Gamis Seply by Ethica, Gamis Casual Buat Kamu yang Berjiwa Muda"
  1. Setuju banget. Sekarang banyak gamis yang keren dan nggak kelihatan old gitu. :D Kapan-kapan coba beli di Ethica Gamis deh. :D

    ReplyDelete
  2. Aku juga suka banget sama gamis ini.. untuk pertama kalinya pakai gamis bahannya beda... btw aku depok juga mbaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya adem ini menurutku, mbak etika depoknya dimana mbak?

      Delete
  3. Mba Tetty, aku salut dengan Mba Tetty yang konsiten bergamis. Kalau aku lebih banyak pakai gamis pas ada acara keluarga saja. Apalagi kalau ada acara keluarga. JAdi ingat [as kemarin pulang Kudus rencana pakai celana lebar dan baju langsung diceletuk suami "Ummi lengannya kurang panjang ya". Langsung deh aku ganti gamis. Hehhee. Aduh belum punya Ethica Gamis dan pengen punyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entahlah malah kadang aku ga pede pake celana, kecuali yg lebar ky kulot itu mbak.

      Delete
  4. Bahannya enak ya Adem jadi suka Pas Liat model bahannya, Aku juga klo ngajar seringnya pakai gamis mba praktis.

    ReplyDelete
  5. Wah.... ternyata pakai gamis Ethica ini mb Tetty kelihatan cantiiiikkk... ada katalognya juga ya Seply? Btw aku malah belum pede pakai gamis. Masih senang bercelana panjang atau kulot. Bahannya ga gerah ya dan motifnya kalem tapi seger jadi kelihatan gak emak2 banget meskupun udh jadi emak hehehe...keren 😀

    ReplyDelete
  6. Kalau liat pere pakai gamis suka aku. Anggun berjalan. Nggak banyak koleksi gamis aku. Kayaknya brand ini simple ya model2nya.

    ReplyDelete
  7. sesuai dengan konsepnya casual dan berjiwa muda. Gamisnya sederhana tapi kekinian,

    ReplyDelete
  8. Saya juga lihatnya simple kalau wanita pakai gamis. Apalagi kalau badannya semampai, tambah cakep jadinya

    ReplyDelete
  9. sama, aku pun suka gamisan, simple tinggal blus. cocokan denga jilbbab deh, kalau yg potongan biasanya suka bingung padu padannya. Abbis gimana ya ga ngerti fashion 😂😅

    ReplyDelete
  10. Sekarang gak pede bepergian jauh pake gamis soalnya body endut. Tapi kalo ke sekolah anak2 masih pake.

    ReplyDelete
  11. Suka sama gamisnya. Tapi sekarang cari gamis yg ada kancing depan atau resleting. Maklum busui

    ReplyDelete
  12. Suka sama gamisnya. Tapi sekarang cari gamis yg ada kancing depan atau resleting. Maklum busui.. hehe

    ReplyDelete
  13. Sekarang makin banyak ibu2 bergamis. Apalagi skrng artis2 yg berhijab jg pada pakai, jd contoh buat fansnya.

    Aku pun suka pakai gamis tapi gak suka pakai kerudung yang menjuntai banget ke bawah, cukuplah menutup dada :D

    ReplyDelete
  14. Sempat juga selalu pakai gamis sebelum kejadian keserimpet gamis sendiri waktu turun dari bis dan bis lgsg ngacir pdhal blm ada satu kaki pun yg sampai aspal dan akhirnya aku jatuh kebanting keaspal dan bikin gak bisa jln 4 bln
    Sejak saat itu paling males pakai gamis, takut jatuh lagi

    ReplyDelete
  15. Belum banyak punya gamis Mbak..karena ngojek anak plus kemana-mana naik motor jadi sering pakai yang two pieces. Padahal suka banget karena itu tadi..sekali slurrp, pake hijab instant sudah..jalan :D

    ReplyDelete
  16. Enggak pernah pakai gamis. Karena kebayaan kemana-mana...hihihi...tapi pas pakai Gamis Seply, pantes juga ya... Hehehe

    ReplyDelete
  17. Gamis pertama yang saya suka, hehehee

    ReplyDelete
  18. Suka sama gamisnya mbak, gak bikin gerah hati dan gerah body :D

    ReplyDelete
  19. Idem Mba, sukaa deh produk Seply, modelnya cantik dan klasik, bisa pilih sesuai karakter atau acara.

    ReplyDelete
  20. Yang model satu lagi agak lebar tuh bawahnya Tet, yang ada kembang-kembangnya.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D