Begini Caranya Memilih dan Membeli Batik Cirebon

| On
January 05, 2018


Batik Cirebon ialah salah satu kerajinan kain tradisional Nusantara yang memiliki keunikan tersendiri.

Jenis batik asal kota cirebon memiliki beragam motif dan warna menarik. Kamu juga dapat menemukan kualitas bahan beragam. Makna filosofinya kental dengan kebudayaan setempat di cirebon.

Seperti ini ciri khas batik Cirebon

Diantara berbagai jenis batik Nusantara, yang satu ini memiliki cirinya sendiri. Berikut ini adalah ciri khas yang perlu kamu ketahui.

1. Cirebon memiliki dua jenis motif, yaitu keratonan dan pesisiran. Motif keratonan menyerupai ornamen keraton, sementara motif pesisiran menggambarkan flora fauna berwarna terang. Biasanya digunakan berupa sutra, prima, katun, dan katun primisima untuk membuatnya.

2. Motif Mega Mendung paling populer hingga dijadikan lambang kota Cirebon. Motif ini berupa garis-garis awan berbentuk lancip, lonjong, dan segitiga, terinspirasi dari budaya Cina. 

Garis-garis gambar Mega Mendung melukiskan simbol perjalanan hidup manusia dari lahir hingga akhir hayat. Coraknya menggambarkan kepemimpinan serta kesuburan.

Menarik bukan?

Makna filosofi batik Cirebon yang gak banyak diketahui orang.

Setiap jenis kain memiliki filosofinya tersendiri. Makna filosofi batik Cirebon sendiri tergolong menarik lho, yaitu:

Kain ini mengandung makna simbolis akan nilai yang diyakini warga Cirebon. Contohnya, Taman Arum Sunyaragi muncul sebagai simbol keharuman taman tempat rekreasi keluarga sultan. 

Selain itu, motif Ayam Alas menggambarkan dimulainya syiar Islam dan menyimbolkan keberanian.

Kebudayaan Cina memengaruhi seni Cirebon. Dalam sejarah, salah satu istri Sunan Gunung Jati merupakan tokoh putri dari negeri Cina. 

Selain itu, di daerah tersebut juga terdapat perkampungan Cina muslim. Kemudian mereka kerap mengembangkan kebudayaan dan perdagangan batik di kota Cirebon.

Jenis keratonan hanya digunakan oleh bangsawan. Pada awalnya, jenis keratonan hanya digunakan oleh bangsawan pada acara khusus. Hal ini dikarenakan batok keratonan memiliki kualitas dan harga paling baik. 

Namun, dengan mengakarnya budaya Islam yang menghapuskan sistem kasta, rakyat biasa pun dapat memakainya

Cara aman mencuci batik Cirebon tanpa takut luntur

Kain yang memiliki nilai jual tinggi namun tidak dicuci dengan benar, seringkali cepat rusak. Karena itu, kamu perlu tahu cara mencuci dan merawatnya agar tidak cepat luntur. Berikut 7 cara untuk mencuci tanpa takut luntur:

1. Hindari mesin cuci. Penggunaan mesin cuci dapat merusak kainmu. Gunakan pencucian dengan tangan supaya kualitas batikmu tetap terjaga.

2. Pisah dengan bahan lain. Hal ini perlu untuk menghindari kain terkena luntur dari pakaian lain.

3. Mencuci dengan sampo. Sampo merupakan bahan yang sangat lembut, tidak sekuat detergen.

4. Mencuci dengan bahan alami. Bahan alami juga dapat berperan sebagai pembersih serta pelembut. Lerak dapat digunakan untuk mencuci batik. Selain mudah ditemukan, lerak mengandung zat saponin. Zat saponin berguna sebagai pembersih dan dapat menghasilkan busa.

5. Hindari pelembut. Pelembut dapat membuat serat kain mudah rusak. Apabila terlalu sering dicuci dengan pelembut, kain cepat robek.

6. Rendam dengan air hangat. Merendam dengan air hangat dapat mempermudah kotoran untuk terlepas dari serat kain. Hal ini mencegah kerusakan kain akibat dikucek terlalu keras.

7. Rawat secara berkala. Perawatan berkala diperlukan pada semua barang kamu supaya umurnya lebih panjang.

Pesan kemeja batik Cirebon di toko online ini. Dijamin asli!

Bila kamu ingin mendapat barang langsung dari pengrajinnya, pasti akan terkendala waktu dan biaya perjalanan. 

Namun, inovasi di bidang teknologi memungkinkan kamu untuk membelinya langsung dari rumah. Seperti apa sih inovasi yg telah dibuat?

Qlapa ialah situs jual beli yg menjebatani antara pengrajin dan pembeli. Situs ini menyediakan berbagai kerajinan mulai dari aksesoris, perhiasan, furnitur, perabot, hingga pakaian. Kini, kamu bisa membeli batik Cirebon langsung dari pengrajinnya tanpa jauh-jauh ke lokasi pembuatannya.

Tidak perlu takut terkena penipuan, situs Qlapa melakukan seleksi terhadap produk yang dijualnya. Hal ini dilakukan untuk menjamin mutu produk terhadap pembeli. Kamu juga bisa memesan produk custom sesuai keinginan sendiri untuk dikerjakan oleh pengrajin.

Biasakan melakukan beberapa hal ini sebelum membeli batik Cirebon

Sebelum membeli, tentu kamu perlu memiliki kriteria produk agar tidak kecewa setelah membeli. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan:

1. Ukuran. Ukuran sering menjadi masalah dalam pembelian pakaian. Batik siap pakai kerap kali memiliki proporsi ukuran kurang bagus. Perhatikan ukuran standar kemeja atau blus sebelum memilih untuk mengorder.

2. Bahan. Bahan merupakan salah satu pembeda suatu kain. Untuk batik sendiri biasanya digunakan bahan sutra sampai katun. Sutra adalah material termahal namun juga memiliki kualitas terbaik.

3. Warna. Perhatikan warna dasar dalam memilih. Sesuaikan dengan keperluan kamu terkait pemilihan warna gelap atau terang.

4. Motif. Batik Cirebon memiliki beragam motif. Kamu bebas mengeksplor motif sesuai karaktermu sendiri.


Meski telah dipaparkan kriteria batik yang baik, pada akhirnya  pemilihan bergantung seleramu. Kamu dapat menyesuaikan unsur-unsur di atas dengan karakter yang kamu banget.

sumber gambar: batikcirebonan.com
18 comments on "Begini Caranya Memilih dan Membeli Batik Cirebon"
  1. Bagus ya batik yang motif mega mendung >.< Jadi kepingin beli deh. Tapi bahan yang dari sutra itu mahal gak ya xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga belum punya mbak, dan kepengen beliii

      Delete
  2. Motif batik yang kontras dengan warna, kalo kisaran nya berapa ya.? Kunjungi blog ku ya

    ReplyDelete
  3. Motif batik yang kontras dengan warna, kalo kisaran nya berapa ya.? Kunjungi blog ku ya

    ReplyDelete
  4. Wah batik batik Cirebon emang primadona tapi emang harus tahu daranya agar nggak mudah luntur. Asik ya skarang bisa beli online ya di Qlapa dan aku liat produk produk yang dijual di Qlapa emang kece. Pilihan warnanya juga cakep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, pengrajin dan umkm kita harus senantiasa didukung supaya indonesia makin maju dan sejahtera rakyatnya.

      Delete
  5. Batinya keren keren yah mba

    ReplyDelete
  6. Aku tau batik Cirebon dari baca novel. Mau cek situsnya ah siapa tau harganya cocok.

    ReplyDelete
  7. Oooh ternyata kl mencuci batik sebaiknya ga usah pakai pelembut ya? Khawatir lekas koyak..wah jd tau nih. Sampo juga udah cukup membersihkan kain batik karena ga sekuat deterjen biasa ya.

    ReplyDelete
  8. jadi pengen ke cirebon, suka liat teman klo habis dari cirebon suka bawa kain batik yang cakep-cakep

    ReplyDelete
  9. Ooo cuci batik cirebon tuh pake shampoo ya. Baru tau. Biasanya main cemplung2in aja. Xixixi.

    ReplyDelete
  10. Aku sama sekali gak mudeng soal batik apalagi coraknya. Paling klo mo beli batik yg kutanya, luntur ngga? Udah sih itu aja wkwkwk

    ReplyDelete
  11. Aku suka batik, termasuk batik warna warni

    ReplyDelete
  12. Cirebon emang gak lepas dari batik khasnya dan tempe enaknya yaa... Wiw nggak usah jauh-jauh kesana ternyata buat dapetin batik cirebon. Ntar ku cek di Qlapa deh buat liat-liat motif lainnya

    ReplyDelete
  13. Aku fav mega mendung warna hijau biru waktu ke Cirebon juga beli. Ekh onlen juga gampil yah. Tips nyucinya baru ngeh nih

    ReplyDelete
  14. Tipsnya bagus nih mak. Baru tahu juga aku tentang batik Cirebon.

    ReplyDelete
  15. Batik Cirebon itu bagus ya, jadi kepingin deh punya koleksi baju batik dengan motif Cirebon. Kayanya di rumah adanya ya motif batik yang biasa aja.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D