Ramadan Ekstra : Ini Dia! Trik Berbelanja Online Hemat di Bulan Ramadan

| On
May 04, 2018



Alhamdulillah, 12 hari lagi Ramadan tiba. Gak kerasa ya, sebentar lagi, bulan suci yang ditunggu oleh seluruh umat muslim di dunia, hadir ke tengah-tengah kita. Semoga saja, usia kita dipanjangkan oleh Allah SWT hingga bulan Ramadan, amiin ya Rabb.

Ngomongin soal Ramadan, menurut saya, Ramadan itu adalah bulan yang EXTRA, termasuk dalam pengeluaran, yang bisa dibilang cukup lumayan menguras uang belanja. Iya apa iya?

Coba deh, kalau dihitung-hitung, biaya untuk membuat makanan pasti lebih tinggi di bulan Ramadan. Kalau kata orang sih, gara-gara laper mata, setiap bahan makanan atau makanan jadi maunya dibeli aja buat takjil di waktu Magrib.


Begitu juga belanja online, beuh kalau gak distop, bisa kebobolan juga. Apalagi di bulan Ramadan, kita biasanya mempersiapkan kebutuhan hari raya Idhul Fitri, ngasih THR buat saudara, asisten rumah tangga, keponakan, dan anggota keluarga lain.

Saya pun begitu, tapi alhamdulillah udah dihitung sih mau beli keperluan apa, kalau belanja online. Biar gak jebol banget ini kantong. Dan memang, dari Ramadan tahun lalu pun, saya membeli perlengkapan untuk Ramadan, keperluan lebaran dan THR di Tokopedia. Rasanya lebih praktis, lengkap, dan memang sudah langganan aja sama Tokopedia.

Dan untuk menyambut Ramadhan tahun ini, ada tips belanja online keperluan Ramadan di Tokopedia. Agar pengeluaran Extra di bulan Ramadan tahun ini, bisa kita handle dengan baik.


Mau tau apa aja tipsnya?

Tips belanja online hemat kebutuhan bulan Ramadan Ekstra di Tokopedia :

  1. Bandingkan harga setiap toko online di Tokopedia
Memiliki banyak toko online berkualitas, Tokopedia memungkinkan kita untuk membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Cukup cari produk yang dibutuhkan, ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Untuk menghemat pengeluaran belanja online saat Ramadan, cukup pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yang pas.

  1. Pilih produk berkualitas dari kreator lokal
Untuk membuat Ramadan Ekstra, bukan berarti harus selalu gunakan barang branded dengan harga selangit. Tokopedia, e-commerce dengan produk terlengkap memiliki koleksi  berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Hemat pengeluaran belanja kita di bulan Ramadan dengan memilih produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing namun dengan harga yang lebih miring.

Saya memang bukan tipe orang yang suka barang branded juga sih. Bagi saya, asalkan modelnya saya suka, bahannya berkualitas, dan harganya terjangkau, bisa jadi pilihan banget buat memenuhi kebutuhan selama Ramadhan.

  1. Cari toko online terdekat
Saat berbelanja online, komponen biaya yang tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Pilihlah toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir berlebihan. Di Tokopedia, kita dapat mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik.

Kalau saya pribadi lebih memilih seller di Jabodetabek, atau yang terdekat dengan rumah supaya ongkirnya murah, dan bisa menggunakan jasa pengiriman ojek online.

  1. Pilih cara pembayaran yang tepat
Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia adalah dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat kita gunakan mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online.

Kalau budget lagi ngepas, saya biasanya melakukan pembayaran via minimarket. Karena kalau pakai saldo tabungan, bisa habis dalam sekejap. Hehehe.

  1. Pilih metode pengiriman paling efisien
Dalam melakukan pengiriman barang yang kita beli, Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dalam memilih metode pengiriman ini, kita dapat membandingkan biaya ongkos kirim terbaik diantara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online kita.

  1. Manfaatkan promo dan diskon
Promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran kita dalam berbelanja online. Di bulan Ramahan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Dengan rangkaian promo sepanjang bulan Ramadhan yang bisa kita gunakan untuk buat Ramadan kali ini makin Ekstra.

Etapi bener banget loh. Manfaatin diskon itu adalah cara yang ampuh buat menghemat pengeluaran Extra di bulan Ramadan. Saya pernah beli diapers buat Aldebaran di Tokopedia  dengan diskon 50% dari harga normal. Wuihh, langsung deh saya beli 1 karton isi 8 pack. Dan alhamdulillah, diapersnya awet sampai 2 bulan ke depan. Alhamdulillahh, pengeluaran buat bayi jadi bisa dikurangi kan.


Makin Ekstra lagi, masih ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Layaknya festival belanja online “Black Friday”, kejutan seperti apa yang bakal buat pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih special? Hmmm jadi penasaran kan.

Sebagai pelanggan Tokopedia, apalagi di bulan Ramadan nanti bakal banyak banget pengeluaran Extra untuk kebutuhan Ramadan juga lebaran, saya gak sabar nunggu kejutan apa yang bakal dikasih sama Tokopedia di tanggal 25 Mei nanti.


Kalau kamu penasaran juga gak nih?

27 comments on "Ramadan Ekstra : Ini Dia! Trik Berbelanja Online Hemat di Bulan Ramadan"
  1. Aku lumayan sering nih mbk belanja di toped. Alhamdulillah dpet hrga yg murce produk pun oke. Dan kayaknya persiapan buat ramadhan or lebaran jg bakal belanja di toped, secara skrg udh mulai nih program gratis ongkir. Cucok.
    Makasih share pengalamannya ya mbk 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, akupun langganannya sama tokopedia dari dulu

      Delete
  2. Kira2 pas bulan puasa ada promo bebas ongkir ga yaaa? :D

    ReplyDelete
  3. Semenjak ada banyak toko online belanja ramadhan jadi lebih mudah, gak perlu desak-desakan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, capek antri, keliling, pusing sendiri..aku pernah ngalamin ramadan 3 thn lalu ky gtu. Dan malah barang yg dimau ga dpt.

      Delete
  4. Aku pun tak sabar le Tokopedia ah buat belanja-belanja :)
    Apalagi ada promonya. Tapi tetap ya harus belanja cerdas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah dapet pas promo, alhamdulillah jd hemat bgt

      Delete
  5. Akupun pilih belanja online aja biar gak rempong, praktis pula. Belanja di Tokopedia itu enak bisa bayar di minimart jd gak ribet kudu ke ATM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mel, parah banget kalo kudu ke tenabang mah.

      Delete
  6. Aku belum pernah nih belanja di Toped. Tapi tips nya memang ok ya karena kadang belanja online itu nafsu liat tampilan doang hasil nggak maksimal. Kita perlu juga tahu barang tersebut pas offline langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belanja di tokped baca2 dlu sellernya mbak, testinya juga, jd alhamdulillah jarang kecewa pas barang datang

      Delete
  7. Aku malah dari sekarang udah belanja di toped untuk kebutuhan ramadan. Hehehe. Makasih tipsnya mbak

    ReplyDelete
  8. Wahh ada apa ya tanggal 25 Mei nanti di Tokopedia. Harus pantengin di bulan Ramadhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayoo kita pantengin tokopedia yook

      Delete
  9. Haiyaaah udah siap belanja ramadan aja nih. Aku siapin budgetnya dulu dah.

    ReplyDelete
  10. Aku juga sambil nabung mbak, nyicil2 biar ga terlalu berasa beli2nya.

    ReplyDelete
  11. Bulan Ramadhan emang aneh ya, harusnya pengeluaran berkurang karena jatah makanberkurang, tapi malah sebaliknya, hahaha. Perlu banget nih tipsnya biar dompet nggak jebol lebaran ini..

    ReplyDelete
  12. Iyees, aku pun kalo belanja online selalu miloh yang Jabodetabek mba.. Hehe.. Eh, kecuali produk lokal yang handmade dan cuma itu seller-nya Dan aku memang pingin it's ok kalau pun diluar Jabodetabek.. :) Di bulan Ramadhan nanti aku mau coba agak ngerem buat belanja yang berlebihan.. Niatnya begitu.. hihi

    ReplyDelete
  13. Wah harus pantengin tanggal 25 Mei nih, banyak kejutan kan, lumayan kalo dapet yg diinginkan dgn diskon yg lumayan 😍

    ReplyDelete
  14. tokopedia salah satu yang sering aku kunjungi karena pilihannya buanyak apa aja ada sampe lampu seukuran milimeterpun hahaha

    ReplyDelete
  15. Aku sellau nyari toko onlen terdekat juga kalau belanja di tokped, alasannya supaya cepet nyampenya dan bayar ongkir lbh murce hehe

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah sdh bbrp thn ini Mak sewajarnya saja belanja dan masak di bln Ramadhan. Gak yg over gitu. Yg pntg tau kemauan atau selera anak dan suami itu apa saja dan tidak berlebihan menyiapkan mknan.

    ReplyDelete
  17. Kayaknya ade paling sering yg no 3 tuh.. hahaha.. mak2 ga boleh liat diskonan.

    ReplyDelete
  18. saya juga sekarang lebih suka belanja online, kadang lebih murah kalau jeli dan gak capek muter muter pasar ..

    ReplyDelete
  19. Eah, biasa ramadhan tuh lapar mata ya, mak

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D