Ramadhan Bawa Berkah, Bersama Dompet Dhuafa

| On
May 11, 2018

Jika tiba bulan Ramadhan, maka dibuka pintu-pintu syurga dan ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggu semua syaitan. HR. Bukhari dan Muslim.

Bulan suci Ramadhan telah di pelupuk mata, matahari hampir tenggelam mengakhiri bulan Sya’ban hanya dalam hitungan hari saja. Insya Allah, mudah-mudahan usia kita disampaikan kepada bulan penuh kemuliaan dan keberkahan, yaitu bulan suci Ramadhan 1439 H.

Amiin.

Sejak kecil, saya selalu bahagia jika menyambut bulan Ramadhan. Bahkan di beberapa daerah, ada tradisi untuk membersihkan rumah sebelum datangnya bulan Ramadhan. Semua peralatan rumah dicuci, setiap sudut rumah dibersihkan, sebagai simbol persiapan dan pembersihan lahir dan batin dalam rangka menyambut datangnya bulan penuh kebaikan.

Dalam sebuah Hadits Nabi Muhammad SAW, diriwayatkan bahwa bulan Ramadhan pintu-pintu Syurga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu.

Maka dari itu, tidak ada alasan bagi kita untuk menghindarkan diri dari kebaikan yang sangat besar, yang diobral besar-besaran oleh Allah SWT, di bulan suci Ramadhan.

Persiapan Menjelang Ramadhan

Alhamdulillah, Selasa 8 Mei 2018 lalu, bertempat di Jakarta, saya diundang dalam acara Media & Blogger Gathering, 25 Tahun Membentang Kebaikan bersama Dompet Dhufa.




Dalam acara Media & Blogger Gathering tersebut, hadir Kak Syaf, atau M. Syafii El-Banatanie, Direktur Dompet Dhuafa Pendidikan. Dr. Reza Romadhoni, salah satu dokter dari Lembaga Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa, Bapak Urip Budiarto, GM Resources Mobilitation Dompet Dhuafa, merangkap Ketua Ramadhan Dompet Dhuafa 1439 H, Bapak Bambang Suherman, Direktur Resource and Mobilitation Dompet Dhuafa, dan Ihsan Tarore seorang Public Figur.

1.Persiapan Mental

Kak Syaf mengatakan bahwa dalam agama Islam, beribadah merupakan salah satu perlombaan, yakni perlombaan dalam kebaikan. Begitupun dalam mengisi bulan Ramadhan nanti. Kita harus mempersiapkan diri berlomba dalam meraih pahala dari Allah SWT.

“Di bulan Ramadhan nanti, kita harus mempersiapkan diri untuk berlomba dalan kebaikan. Misalkan menghatamkan Al-Qur’an, menghafal ayat Al-Qur’an, mendalami makna Al-Qur’an, jauh lebih intens dibandingkan bulan sebelumnya.” Ungkap Kak Syaf.

Selain itu, agar ‘tidak kaget’ di bulan Ramadhan nanti, kita juga bisa berlatih di bulan Sya’ban ini. Misalkan membiasakan shaum sunnah, atau bangun di sepertiga malam untuk qiyamul lail. Karena nanti, selama sebulan penuh, kita akan bangun dini hari untuk makan sahur, kemudian berlapar-lapar sepanjang hari. 

Jangan sampai diri kita jadi kaget, ibarat kata nih, kalau mobil jarang dipanasin mesinnya, tiba-tiba nginjek gas 100 km/jam, bisa-bisa mental nanti kitanya.

2.Persiapan Tubuh atau Kesehatan

Selain mempersiapkan mental, kita pun perlu mempersiapkan kesehatan kita dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1439 H nanti. Menurut dr. Reza, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan selama bulan suci Ramadhan, agar ibadah shaum dan ibadah lainnya tidak terganggu.

Pertama adalah, banyak mengkonsumsi air putih, agar kita terhindar dari dehidrasi pada saat bulan puasa nanti. Selain itu, banyak mengkonsumsi air putih juga membuat kerja ginjal tidak terlalu berat seperti saat kita terlalu banyak mengkonsumsi minuman berwarna seperti teh, kopi, dan minuman lainnya.

Kedua, memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah. Serat pun sangat penting dikonsumsi ketika sedang berpuasa nanti. Hindari camilan yang mengandung gula atau karbo berlebih. Lebih baik mengkonsumsi buah dan sayur sebagai camilan sehari-hari.


Lemon UC dan Pepaya Calina, salah satu buah hasil produk pemberdayaan Dhuafa 
Beras merah Berlian SAE yang juga salah satu hasil dari produk pemberdayaan Dompet Dhuafa
dalam sektor pertanian
Ketiga, menu seimbang saat buka dan sahur. Karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral sangat penting ada di dalam seporsi makanan kita saat berbuka dan sahur. Jangan sampai melewatkan satu pun, dan jangan juga berlebihan. Karena setiap komponen gizi seimbang tersebut dibutuhkan oleh tubuh, terutama jika kita sedang berpuasa.

3.Persiapan Amal

Satu lagi, yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan amal kita nanti ketika sudah memasuki bulan suci Ramadhan. Karena hanya di bulan ini lah berbagai kebaikan akan dilipatgandakan. Jangan sampai kita telat atau bahkan tidak mempersiapkan diri sama sekali.

Menurut Pak Bambang Suherman, Direktur Resource and Mobilitation Dompet Dhuafa sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan, tentunya dicatat oleh Allah SWT. Apalagi di bulan Ramadhan, kita harus makin semangat membentang kebaikan, karena pahalanya akan berkali-kali lipat.

Dompet Dhuafa, 25 Tahun Membentang Kebaikan.


Produk pemberdayaan, kopi, gula, dan lain sebagainya dari seluruh Indonesia

Bicara soal membentang kebaikan, Insya Allah, tahun ini, Dompet Dhuafa genap berusia 25 tahun atau seperempat abad. Dengan berbagai aral dan rintangan yang dihadapi oleh Dompet Dhuafa, dengan izinNya, Dompet Dhuafa sampai di usia 25 tahun dalam memberdayakan kaum Dhuafa di seluruh penjuru Indonesia di berbagai sisi kehidupan, yakni Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi, dan lain sebagainya.

Dan untuk menyambut bulan suci Ramadhan, Dompet Dhuafa pun kian semangat dalam berlomba-lomba dan membentang kebaikan bersama para donatur untuk memberdayakan dan mensejahterakan para Dhuafa, seperti salah satu visi dari Dompet Dhuafa yaitu mengubah Mustahik menjadi Muzakki, Insya Allah.

Ramadhan adalah sebuah momentum bagi umat Islam diseluruh penjuru dunia untuk menggulirkan kebaikan dalam bentuk Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (Ziswaf). Oleh karena itu, Dompet Dhuafa tidak akan menyia-nyiakan momentum ini untuk terus membentang kebaikan ke seluruh penjuru Indonesia bahkan ke seluruh penjuru dunia.

Program Ramadhan Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa sendiri memiliki program Ramadhan yaitu:

1.Sahabat Berbagi Harapan
2.Parsel Ramadhan
3.Da’i Ambassador
4.70 konter yang tersebar di Jabodetabek untuk makin dekat dengan para Muzakki

Tentang Dompet Dhuafa


Lokasi: Rumah Sehat Terpadu, Rumah Sakit Dhuafa yang dikembangkan oleh Dompet Dhuafa di kawasan Parung Kabupaten Bogor

Bagi teman-teman yang belum kenal dengan Dompet Dhuafa, sedikit saya akan menceritakan tentang Lembaga Filantropi yang ada di Indonesia ini.

Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf), serta dana lainnya yang halal dan legal dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga).

Selama 25 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi dan kebencanaan serta CSR.

Baca juga: 25 Tahun Dompet Dhuafa, Membentang Kebaikan dan Memberdayakan Dhuafa

Saya sendiri pernah memiliki beberapa pengalaman terkait dengan Dompet Dhuafa. Suatu hari, anak tetangga saya yang dhuafa tidak memiliki biaya untuk berobat, kebetulan sang anak menderita penyakit yang cukup berbahaya dan harus segera dibawa ke rumah sakit.

Kemudian saya menghubungi Dompet Dhuafa dan menceritakan kondisi tetangga saya itu. Tidak lama kemudian, petugas dari Dompet Dhuafa menghubungi saya dan tak lama berselang datang ke rumah pasien yang sedang sakit dan memeriksa keadaannya. Dan saat itu juga, pasien diberikan surat untuk langsung bisa dibawa ke IGD Rumah Sehat Terpadu Dhompet Dhuafa di Parung Bogor.

Saya juga pernah memeriksakan kandungan ke Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa sebagai pasien umum. 





Alhamdulillah, pelayanan Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa sama seperti Rumah Sakit pada umumnya. Walaupun Rumah Sakit ini diperuntukkan oleh Dhuafa, fasilitas dan tenaga medis yang ada, tidak kalah dengan Rumah Sakit yang lain.

Dan untuk program pendidikan sendiri, Dompet Dhuafa juga memiliki sekolah gratis 'Smart Ekselensia Indonesia' bagi para anak kaum Dhuafa yang ada di seluruh Indonesia. 


Smart Ekselensia Indonesia di kawasan Parung Bogor

Produk Pemberdayaan Umat

Ketika menghadiri acara Media & Blogger Gathering bersama Dompet Dhuafa kemarin, Dompet Dhuafa juga mendisplay beberapa produk pemberdayaan ummat yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa.

Sektor pertanian, peternakan, perikanan, kerajinan, dan lainnya diberdayakan oleh Dompet Dhuafa bersama para Dhuafa yang tersebar dari Sabang hingga ke Merauke.


Bilis nasi dari Anambas, Kepualaun Riau.
Rasanya enak ditumis pakai bumbu balado.

Aneka kripik buah. Ada keripik mangga, melon, salak, apel, dll.
Kerupuk udang
Berbagai biji kopi dikembangkan, dari Tanah Aceh, hingga ke Makasar


Berbagai kerajinan pun dikembangkan sebagai produk pemberdayaan oleh Dompet Dhuafa



Kita bisa membeli berbagai produk hasil pemberdayaan di gerai Daya Mart, dan De Fresh milik Dompet Dhuafa.

Daya Mart sendiri bisa kita temukan di Parung Bogor, dekat dengan Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa. Sedangkan De Fresh ada di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.


Daya Mart, Parung Bogor






Daya Mart Parung Bogor, tempatnya bersih dan rapi
Berbelanja kebutuhan sehari-hari sambil memberdayakan pada Dhuafa

Review Bilis Nasi Khas Anambas


Alhamdulillah, saya berkesempatan mencicipi salah satu produk pemberdayaan Dompet Dhuafa. Dan yang paling saya suka adalah Bilis Nasi khas Anambas Kepulauan Riau.

Bilis nasi ini ikan asin kecil, seperti ikan teri. Namun teksturnya lebih lunak dibandingkan ikan teri.


Bilis nasi yang diporduksi oleh "Kampung Bilis" Desa Piabung Kecamatan Palmatak
Kabupaten Anambas Kepulauan Riau
Bentuknya kecil-kecil seperti ikan teri, namun teksturnya lebih lunak
kebetulan sekali, saya dan Abbiy lagi seneng banget bikin sambel bawang ikan teri. Nah, karena ada Bilis Nasi ini, kenapa nggak nyoba bikin sambel bawang Bilis Nasi. 

Bahannya gampaanggg bangettt, buat emak-emak pamalesan model saya, hehehe. Mudah bahannya, praktis juga bikinnya.



Gak ada patokan khusus buat bikin sambel bawang bilis ini, kalau suka pedes ya cabenya banyakin aja, kalau gak suka ya sedikit aja dong. Kebetulan abbiy ga terlalu suka pedes, jadinya saya bikin level 1 aja.

Bahannya:

Ikan Bilis Nasi
Cabe Rawit semaunya
Bawang sesukanya
Daun jeruk secukupnya
Gula dan garam secukupnya
Minyak goreng buat numis

Cara membuat:

1. Tumbuk kasar cabe rawit, bawang dan Bilis Nasi (Bilis Nasinya saya cuci dulu, dan rasanya udah lumayan asin). Enaknya pakai Bilis Nasi, ternyata numbuk atau nguleknya gak begitu susah, karena teksturnya lebih empuk dibanding ikan teri. Bilis Nasinya jadi mudah tercampur dengan cabe rawit dan bawang merahnya.

2. Iris daun jeruk.

3. Panaskan minyak goreng untuk menumis di wajan.

4. Masukkan campuran Bilis Nasi, cabe rawit, dan bawang merah yang sudah ditumbuk kasar tadi.

5. Tumis semua bahan hingga harum

6. Sajikan


Tadaaaa, sudah jadi sambel bawang Bilis Nasinya




Makannya cukup pakai nasi putih aja (kalau saya) udah enakkk tenan dan dijamin nambah lagi dan lagi
Gampang kan bikinnya?

Hayooo, siapa yang mau bikin juga di rumah?

***

Saya terharu dan bersyukur sekali, ternyata produk pangan dan kerajinan yang saya lihat, pegang, dan saya konsumsi ini merupakan hasil dari Zakat teman-teman semua yang berhasil mengubah kehidupan para Dhuafa yang ada di Indonesia.

“Dengan Zakat, Infak, Wakaf, dan Sodakoh yang dikoordinir dengan baik, maka kita bisa menarik satu demi satu gerbong kemiskinan yang menjerat para Dhuafa.” Ujar Pak Bambang, Direktur Resource and Mobilitation Dompet Dhuafa.

“Potensi Zakat di Indonesia, menurut Baznas tahun 2017 adalah sekitar 281 T, dan yang baru bisa terhimpun baru sekitar 5,9 T saja.” Pak Bambang menambahkan.

Hal ini tentunya masih bisa menjadi ‘angin segar’ untuk makin memberdayakan kaum Dhufa. Hanya saja memang perlu waktu dan proses untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya Zakat dan penyalurannya untuk bersama-sama memberikan pemberdayaan para Dhuafa untuk menuju ke kehidupan yang lebih baik dan sejahtera.

Zakat yang terhimpun dan dikelola dengan baik oleh Lembaga zakat akan lebih mudah didesain, terukur, dan akan jauh lebih produktif dibandingkan dengan zakat yang dikeluarkan langsung kepada perorangan.


Peluncuran Platform Terbaru Dompet Dhuafa, bawaberkah.org




Apa itu bawaberkah.org?

Bawaberkah.org adalah salah satu website yang memudahkan lembaga sosial, atau komunitas maupun personal terverifikasi utnuk menggalang dana zakat, sedekah, dan wakaf secara online dengan lebih transparan serta terpercaya.

Pernah dong, kita melihat sebuah komunitas atau yayasan yang bekerja keras untuk mengumpulkan donasi di suatu tempat tertentu. Nah, agar jangkauannya lebih luas, Dompet Dhuafa mendirikan bawaberkah.org ini agar komunitas atau yayasan kita bisa bergabung dengan Dompet Dhuafa dalam menggalang dana amal tersebut.

Semua program yang sedang berjalan di yayasan atau komunitas kita, akan terpampang di website bawaberkah.org

Mengapa Harus Bergabung dengan bawaberkah.org?




1.Transparan, setiap campaign yang kita dukung dikelola oleh yayasan, organisasi, dan komunitas terpercaya, yang telah diverifikasi oleh bawaberkah.org

2.Jangkauan Nasional, kita bisa berdonasi dengan tahapan yang singkat dan berbasis teknologi pembayaran online terbaru yang aman

3.Dipercaya, kita bisa sama-sama mengetahui berapa jumlah donasi yang terkumpul, jumlah pendukung, serta perkembangan terbaru atas program yang dilaksanakan oleh pemilik campaign secara real time di website bawaberkah.org


Kampanye yang sedang berjalan di bawaberkah.org

4.Bawaberkah.org memonitor pemilik campaign dalam memastikan penggunaan donasi kita sesuai peruntukan serta menghubungkan dengan Dompet Dhuafa untuk penguatan pelaksanaan program jika dibutuhkan.

Nah, siapa tau kamu punya yayasan atau komunitas yang sering menggalang donasi kemanusiaan, bisa banget bergabung dan bergerak bersama Dompet Dhuafa di bawaberkah.org ini.

Alhamdulillah ya, semoga inovasi yang diluncurkan oleh Dompet Dhuafa ini makin memperluas jangkauan Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf kita sebagai bukti cinta kita kepada para kaum Dhuafa.

***

Yuk, ah. Kita persiapkan diri kita untuk menyambut bulan yang mulia ini, bulan suci Ramadhan, dengan terus membentang kebaikan dan Insya Allah membawa berkah bersama Dompet Dhuafa.

Karena dari zakat kita lah lahir berbagai produk pemberdayaan dan harapan baru bagi para kaum Dhuafa di seluruh Indonesia.


Salam.

23 comments on "Ramadhan Bawa Berkah, Bersama Dompet Dhuafa"
  1. zakat iru manfaatnya buanyaak ya selain bernilai ibadah

    ReplyDelete
  2. Tks for sharing 😊 tulisannya inspiratif. Membuat pengetahuan saya lebih luas lagi ttg dompet dhuafa. Sudah seharusnya kita mendukung yg seperti ya mbak. Dari kita untuk kita bersama 😘

    ReplyDelete
  3. Mental, tubuh dan amal ya 3 point penting yang saling berhubungan tuk jelang ramadhan ya nih..Maaf lahir batin kak mau puasa .

    ReplyDelete
  4. Masya Allah lengkap ya dompet dhuafa. Selengkap tulisannya. Ini jnformatif banget. Baru tau kalau dompet duafa punya pelayanan kesehatan sebanding denga rumah sakit.

    ReplyDelete
  5. Semoga berkah selalu ya untuk dompet duafa. InsyaAllah dengan menajemen
    yang amanah saya yakin dompet duafa bisa semakin berkembang

    ReplyDelete
  6. Dompet dhuafa semoga bisa terus membantu masyarakat dengan program-program unggulannya ya

    ReplyDelete
  7. Aku baru tau, kalo dompet dhuafa memiliki rumah sakit dan bisa digunakan untuk umum. Makasih kaka info nya

    ReplyDelete
  8. Aku baru tau, kalo dompet dhuafa memiliki rumah sakit dan bisa digunakan untuk umum. Makasih kaka info nya

    ReplyDelete
  9. Aku baru tau, kalo dompet dhuafa memiliki rumah sakit dan bisa digunakan untuk umum. Makasih kaka info nya

    ReplyDelete
  10. Aku baru tau kalo dompet dhuafa juga memiliki rumah sakit dan bisa dipakai untuk umum. Makasih kak infonya

    ReplyDelete
  11. Aku baru tau kalo dompet dhuafa juga memiliki rumah sakit dan bisa dipakai untuk umum. Makasih kak infonya

    ReplyDelete
  12. Keren y inovasi DD, transparan hasilnya terus ada buktinya pula utk mnyalurkan k yang membutuhkan, kemarn seblah rumahku memang rada gk punya ( janda dah tua) eh dokter DDnya lsg dtg ke rumahnya utk ngobatin

    ReplyDelete
  13. Wow aku baryu tahu DD punya RS. Selain di Parung ada diman alagi ya?
    Wah kepoin bawa berkah.com ah.
    DD ini emang salah satu lembaga amil zakat yg terpercaya dlm menyalurkan zakat yo mbak :D

    ReplyDelete
  14. Aku mah suka amaze sama DD tuh, program pemberdayaan umatnya itu lho keren2, udah lama ga ke parung, tau2 udah nambah aja inovasinya, ada Daya Mart segala, jadi kangen maen2 kesana...

    ReplyDelete
  15. Platform bawaberkah ini kayak kitabisa ya Mba Tetty? Ini bagus banget buat orang-orang yang mau donasi ya, lebih mudah dijangkau dan terpercaya.. Aku jadi terharu sama program pemberdayaan DD.. Semoga bisa makin banyak yang bisa dibantu DD.. Sekarang pun ada RS-nya ya, penanganannya juga cepat..

    ReplyDelete
  16. Hanya Dompet dhuafa inilah menjadikan orang penerima zakat menjadi pemberi zakat. Alhamdulillaah ya segala upaya dilakukan agar masyarakat terutama di pedesaan menjadi makmur dan dapat merata kesejahteraannya. Ada rumah sakit, sekolah, dll. Produk2 unggulannya juga sangat berkualitas.

    ReplyDelete
  17. Dompet Duafa banyak sekali kegiatan posititnya yah

    ReplyDelete
  18. Wah Dayamart ada di Parung ya. Deket gak dari rumah kita? Mau ke sana kapan2.

    ReplyDelete
  19. Salut dengan DD, semakin kesini semakin banyak program2nya yang Masya Allah positif ya :)

    ReplyDelete
  20. Dompet dhuafa semakin kece ya...semakin lengkap bgtt, luar biasa dedikasi nya untuk orang² yg tdk mampu

    ReplyDelete
  21. salit sama dompet dhuafa tiap waktu selalu berbuat kebaikan. Bilisnya enak banget apalagi dimakan pas nasi masih hangat-hangat

    ReplyDelete
  22. Saya sll senang dan antusias jika mengikuti acara DD. Bagi saya, DD memberikan kerja nyata bkn hny sekedar formalitas saja

    ReplyDelete
  23. Injek gas sampai pol saat puasa. Ibadah jalan sedekah jalan

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D