5 Model Pakaian Baju Wanita Jadul yang Kembali Booming Hari Ini

| On
July 20, 2018


Percaya gak kalau yang namanya fashion itu sebenernya cuman muter-muter aja? Apalagi pakaian baju wanita, yang hampir setiap tahun berganti model atau style, tapi sesunggunya kalau kita mau menengok ke belakang, fashion tersebut sudah pernah hits lho di beberapa tahun yang lalu.

Memang sih, ini cuman pengamatan ‘abal-abal’ aku aja sebagai konsumen pasar fashion, terutama pakaian baju wanita. Tapi di beberapa tempat yang aku kunjungi atau ketika aku lagi jalan-jalan di suatu tempat, banyak banget perempuan yang memakai model pakaian jadul berikut ini.

1. Celana Kulot

Celana kulot sejuta umat
Entahlah, apa aku yang salah liat atau gimana. Waktu kemarin aku ke Jakarta naik Commuter Line Jabodetabek, cukup banyak wanita yang pakai celana jenis kulot ini. Dan yang paling sering aku lihat adalah celana kulot warna hitam dengan stripes vertikal ke bawah.

Dan parahnya, ketika kulihat penampilanku sendiri, aku pun lagi pake celana kulot hitam stripes vertikal, wkwkwk. Ku heran, kenapa bisa samaan begini celana yang aku pake sama celana orang-orang.

Jadilah diriku mesam-mesem sendiri di dalam hati, karena pakai celana kulot hitam bergaris ini. Padahal sebelumnya yang kutahu, celana kulot yang sedang hits itu adalah yang motif batik atau pun bunga-bunga. Ternyata sekarang orang lebih suka motif garis hitam, mungkin supaya lebih kelihatan tinggi kali ya.

Hihi.

And For Your Information, celana kulot yang sedang ramai dipakai oleh kaum hawa ini, pernah hits di Indonesia pada tahun 90-an hingga tahun 2000.

Emang sih, pakai celana kulot ini nyaman ketika dipakai, tidak ketat, dan seperti sedang memakai rok (karena ukurannya yang lebar).

2. Jilbab Segi Empat


Masih inget gak waktu para Hijabers booming di Indonesia awal tahun 2010-an?

Hijab warna-warni khas Dian Pelangi dan model pemakaian jilbab yang belit sana belit sini lagi hits banget? Apa kamu juga termasuk yang ikutan menggunakan pakaian baju wanita ala-ala Hijabers tersebut?

Kalau iya, toss dulu sama aku. Yang pernah cukup ‘teracuni’ dengan gaya hijab para Hijabers, artis, ataupun selebgram yang maha ribet tersebut.

Tapi, voila.

Di tahun ini, hijab yang agak sulit dipakai, menggunakan banyak jarum pentul dan banyak simpul itu, sudah mulai ditinggalkan. Yang kembali hits dan laris manis di pasaran justru hijab segi empat motif atau pun polos ala taplak meja zaman dahulu.

Dulu, pake jilbab kudu liat tutorial
(sumber gambar: pinterest.com)
Para Hijabers, artis, selebgram lebih sering pakai kerudung segi empat dengan motif sederhana atau pun polos dengan hanya menggunakan satu jarum pentul, bahkan tanpa aksesoris apapun. Sungguh simpel dan sederhana, seperti seragam SMP aku dulu, hahaha.

Sekarang, pakai jilbab jauh lebih simpel
(sumber gambar: pexels.com)
Mungkin dunia fashion hijab ini mulai lelah dengan segala kerumitan yang ada, hingga akhirnya balik lagi ke jilbab segi empat yang simpel dan sederhana untuk dipakai.

3. Bergo Instan

Model bergo gini dulu sering dipake buat pergi ngaji TPA tahun 90’an
(sumber gambar: hijabprincess.com)


Bergo itu kerudung langsung, atau jilbab yang bisa langsung dipakai. Biasanya cuman pakai satu tali untuk diikat di belakang kepala, ataupun gak pakai tali sama sekali.

Dannnn, bergo instan seperti ini pun sekarang hits lagi lho. Padahal, di tahun 90-an, bergo macem begini sering aku pake waktu ke sekolah Madrasah, atau Taman Pendidikan Al-Qur’an.

Aku tak menyangka, model kerudung bergo ala anak TPA zaman dahulu kembali hits lagi di era milenials. Dan yang pakai pun bukan lagi anak-anak kecil yang mau berangkat ngaji, tapi jadi tren pakaian baju wanita tersendiri di Indonesia.

4. Gamis Polos

Masih inget dengan corak gamis dan model gamisnya Mbak Dian Pelangi yang full colour itu?

Aduh, Mbak Dian, maaf ya, bukan maksud Ghibah. Etapi beneran deh, dulu di awal 2010-an, hits banget baju gamis yang full colour dan baju gamis dengan banyaknya aksesoris, payet, hiasan, dan lainnya yang terlihat “wah” ala Dian Pelangi.

Dulu, zamannya serba warna-warni
(Sumber gambar: bitebrands.co)

Sekarang? Ow-ow. Kayaknya udah jarang ya, yang pakai baju model seperti itu, bahkan saat ke undangan pernikahan sekalipun.

Para wanita, khususnya wanita berhijab, lebih sering menggunakan gamis polos dengan sentuhan warna yang kaleum dan natural. Dipadu dengan jilbab segi empat yang juga sederhana, baik dalam corak maupun cara pemakaian.

Gamis polos jadi andalan

Padahal, dulu itu gamis polos model seperti ini sering dipakai Mamah ke pengajian atau pun sekedar pergi keluar rumah. Gamis polos minim aksesoris, dengan warna yang biasa aja (gak rame atau full colour). Gak nyangka ya, bakal tren lagi gamis model simpel begini.

5. Atasan Polos

Simple is the best!
(sumber gambar: detikHOT)
Sama halnya dengan gamis polos dan sederhana. Baju atasan yang polos, gak banyak motif ataupun aksesoris, booming kembali di tahun ini.

Tren ‘serba simpel’ tapi elegan kayaknya sih lagi meracuni tren fashion wanita di Indonesia. Apalagi atasan polos yang simpel ini bisa dipadukan dengan rok, celana berbahan katun, atau pun jeans sekalipun.

Tampilan kita jadi lebih sederhana tapi justru tetep fashionable dalam kesederhanaan itu.
Sekian analisa ‘abal-abal’ tren pakaian baju wanita di Indonesia ala tettytanoyo.com. Kalau kamu termasuk yang suka ngikutin tren pakaian gak sih? Atau lebih seneng pakai baju yang mencerminkan karakter kamu sendiri?

Sharing yuk, di kolom komentar :D

19 comments on "5 Model Pakaian Baju Wanita Jadul yang Kembali Booming Hari Ini"
  1. Keruding instan yg nyeplak jidat itu aku banget pas jaman SD trus awal awal konsisten pake jilbab, wkwk. Eh pas keluar lagi saat itu aku mah biasa aja, malah gak mau pake lagi soalnya jidat serasa jenong :D. Sekarang senengan pake segi4 dan baju polosan gitu..

    ReplyDelete
  2. Celana kulot itu yang bikin terkenang masa lalu..hehe

    ReplyDelete
  3. Gaya pakaian akoh mah dari dulu sampai sekarang ya ngga bnyk bermetamorfosa *halaaah bahasanya hahahaha. Ya gitu gitu aja. Atasan kaos warna gelap, kulot dan bergo. Alasannya simpel, nyaman dan praktis. Ngga pakai ribet wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Kulot emang udah legend deh, dari dulu senengnya kulot. Aku malah baru tau kalo warna warni colourfull itu ngetrend, wkwk krn emang gak pernah suka, jadi gak perhatiin..

    ReplyDelete
  5. Jilbab segi empat tuh kayaknya ngehits lagi dan kayaknya nggak bakalan lekang oleh waktu ya mbaa

    ReplyDelete
  6. Sampai sekarang aku masih demen pakAi kulot. Enak pas naik motor nyaman deh. Kalau buat duduk lama di dlm mobil saat keluar Kota juga nyaman. Kalau kerudung sih aku kadang pakai bergo. Paling sering jilbab segi empat atau sekali2 Pasmina hehe tq infonya mb Tetty 😘

    ReplyDelete
  7. Sesekali liat trend tapi balik ke selera atau style awal sih, saya team polosan haha jarang banget punya koleksi baju motif, paling banyak polos dan simpel, long Life sih dan aman aja punya baju polos dan warna BASIC

    ReplyDelete
  8. Kayaknya kita emang kembali ke zaman dimana model pakaian jadul kembali booming lagi ya... btw dulu aku sama sekali ngga suka jilbab segi empat, eh sekarang jilbabnya semua segi empat loh...

    ReplyDelete
  9. iya juga yaa.. berarti kalau punya baju lama jangan langsung disingkirkan, siapa tahu nanti booming lagi

    ReplyDelete
  10. Kaau saya mbak nggak terlalu ngikutin trend sih, yang penting pakai bajunya nyaman di badan, ya saya pakai. Tapi sesekali pernah sih ngikuti trend, syar'i yg pastinya

    ReplyDelete
  11. Aku justru baru-baru aja pakai segi empat, dulu awal berhijab pashmina mania deh

    ReplyDelete
  12. Aku suka celana kulotnya. Pengen beli yang garis2 itu juga deh.

    ReplyDelete
  13. sekarang eranya yg simple dan praktis sih ya. kalau menurutku simple itu keliatan elegan jatohnya, pernah pas sma pake baju warna-warni, dikatain pake bunga setaman sama guruku, wkwk

    ReplyDelete
  14. Menurut aku semua yang mbak Tetty sebutkan di atas itu akan selalu jadi trend. Paling perubahannya hanya di pemilihan bahan dan motif saja. Makanya aku seneng beli yang model-model gitu biar mudah dipadu padankan juga.

    ReplyDelete
  15. Aku lebih suka yang polos sih mba untuk apapun...tapi sll gk pede klo pake jilbab segi4 nyaman dg pashmina malah

    ReplyDelete
  16. Kayaknya aku pakai semua tuh, jd aku ketinggalan zaman sekaligus masih ngejar trend yg akan datang wkwkwkwk.
    Kulot itu enaknya bisa bikin bebas kemana aja, tapi gak membentuk kaki :D

    ReplyDelete
  17. 7 tahun berhijab gak punya bergo huhuhuhu akunya gak betah dan berasa jadi ibu2 banget *eaaaaa, jadi klo mau ke tukang sayur selalu sedia kerudung segi empat paris yg udah dipenitiin

    ReplyDelete
  18. gagal fokus lihat bumil hihiih keren banget macam fotomodel. iya sih mbak, saya juga merasakan fashion itu sebenarnya gaya yang berulang, tinggal kasih pernik aja, jadi dan menjadi trend kekinian, padahal dulu sempet dicibir misalnya hihi kayak bergo pakai tali itu.

    ReplyDelete
  19. Dari dulu ade konsisten sih ga gampang ke pengaruh ama model. Semua paling kena di gamis katun kembang2 sama jilbab panjang kayak mukena itu doang. Selebihnya emang suka yg old fashion.. xixixi..

    Dan semua model yang mba tetty tulis emang pakaian sehari2 ade tuh. Kecuali kulot garis2 yaa.. soalnya lebih suka kulot polos.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D