Review Scarlett Glowtening Serum [Lebih Bagus Mana dengan Serum Sebelumnya?]

| On
November 26, 2021

 

“Rawat kulit wajah dari sekarang, sebelum usia 40. Pokoknya diusia 30-tahunan udah harus mulai  care sama wajah, supaya gak kaget sama perubahan wajah diusia 40.”


Itu adalah nasehat Mba Eni (@duniaeni) teman nge-blog plus tim dibalik layar Connecting Mama, sebuah komunitas Mama Digital yang kami bangun bersama. Nasehat yang ia berikan ketika kami ngobrol masalah skin care dan perubahan kulit wajah diusia 40 tahun.

Iya, saya setuju. Banyak artikel yang saya baca mengenai kesehatan kulit, dan bagaimana cara kita mempersiapkan kulit wajah menuju usia kepala 4 nanti.


Kok malah mentingin kulit wajah, sih? Emang penting banget?

 

Eitss, jangan salah, kesehatan kulit ini salah satu bentuk ikhtiar kita untuk selalu menjaga dan bersyukur atas pemberian Alloh SWT. Baik itu kesehatan kulit wajah, tubuh, dan anggota badan lainnya. Lagi pula, yang namanya persiapan dan pencegahan itu kan memang dilakukan jauh hari, kan? Takutnya malah menyesal karena perawatan akan jauh lebih sulit jika kondisi kesehatan kulit wajah sudah terlanjur bermasalah di usia 40-an nanti.

 

Apa saja permasalahan kulit diusia 40-an nanti?




 

1. Kulit terasa kering

2. Muncul garis halus dan kerutan

3. Kulit mulai kendur dan berkurangnya elastisitas kulit

4. Noda atau flek hitam

 

Masalah tersebut akan muncul secara alami seiring berjalannya waktu, dipengaruhi oleh gaya hidup, perawatan wajah yang dilakukan, dll. Maka dari itu, sebelum semuanya terjadi dan lebih sulit lagi untuk merawatnya, lebih baik kita merawat kulit sejak awal usia 30-tahun.

 

Usia saya sekarang menginjak 31 tahun, sejak awal usia 30 tahun (usia 28-29 tahun) saya mulai rutin merawat kesehatan wajah saya. Pasalnya,  dulu saya pernah mengalami jerawat yang cukup parah (berbekas) dan kulit terlihat sangat kusam.


Sebenarnya, diusia 30 tahuann pun, gejala seperti garis halus, kerutan dan flek hitam bisa saja muncul jika kesehatan kulit wajah tidak dirawat dengan baik, atau biasa disebut dengan penuaan dini.


Dilansir dari Alodokter, cara merawat kulit wajah usia 30 tahun yaitu dengan cara:


1. Rutin Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah adalah koentji untuk merawat kesehatan kulit wajah. Jangan lupa untuk membersihkan kulit wajah sesuai dengan jenis kulit kita. Namun jangan berlebihan dalam membersihkan wajah ya, cukup 2x sehari ketika pagi dan malam hari atau pun setelah berkeringat.


Biasanya, saya sendiri melakukan double cleansing pada malam hari, dan membawa facial wash ketika di dalam perjalanan atau setelah beraktivitas yang menghasilkan keringat berlebih. Karena jika tidak bersihkan, memicu kotoran menempel pada wajah, sehingga bisa menyumbat pori dan membuat wajah jadi berjerawat.

 

2. Gunakan Pelembab

Menginjak usia 30, sebum atau minyak alami pada kulit wajah akan berkurang dengan sendirinya. Hal ini menyebabkan kulit menjadi mudah kering dan akhirnya munculah si garis halus atau kerutan. Penting untuk selalu menggunakan pelembab agar kulit wajah tetap lembab dan elastis.

 

3. Gunakan Tabir Surya

Panas/cahaya sinar matahari secara langsung dapat merusak lapisan kulit wajah dan memecah kolagen. Sehingga bisa menimbulkan bercak atau noda hitam pada kulit wajah, dan bisa juga membuat kulit wajah lebih mudah keriput. Sangat penting untuk menggunakan tabir surya ketika di dalam rumah maupun ketika menjalankan aktivitas di luar rumah.


Disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 30 dan digunakan berulang selang dua jam sekali.

 

4. Gunakan Krim Mata

Mata panda oh mata panda, ini juga jadi hal yang paling ditakuti oleh perempuan. Apalagi dengan banyaknya rutinitas di rumah, menyebabkan begadang, kurang istirahat/tidur, dan akhirnya menyebabkan mata kita menjadi berkantung atau terdapat lingkaran hitam di sekitar mata (mata panda).


Kita bisa menggunakan krim mata yang mengandung vitamin C, untuk mencerahkan kulit di area mata, vitamin E dan minyak mineral, agar bisa mengembalikan elastisitas kulit di sekitar area mata.

 

5. Gunakan Anti Aging


Produk anti aging sudah banyak sekali beredar di pasaran ya. Yuk, kita mulai menggunakan produk anti aging seperti serum atau krim wajah. Pilih produk anti aging yang sesuai dengan jenis kulit dan aman digunakan, terutama jika sedang hamil atau menyusui.

 

6. Melakukan Eksfoliasi Kulit


Eksfoliasi adalah proses pembersihan atau pengangkatan sel kulit mati yang ada pada kulit wajah. Eksfoliasi kulit bisa menggunakan scrub yang lembut ataupun dengan produk senyawa kimia yang mengandung AHA dan BHA.

 

7. Minum Air Putih

Wah, kalau ini langsung inget temenku Amelia @amelia_fafu yang rajin ngingetin buat minum air putih minimal 2 liter sehari. Sebagus apapun perawatan kulit wajah di luar, jika kita tidak merawatnya dari dalam, ya percuma juga.

Caranya yaitu dengan banyak minum air putih agar hidrasi kulit tetap terjaga. Karena bagaimana pun kadar air dalam tubuh kita turut mempengaruhi ‘penampakan’ kulit di luar.

 

Review Scarlett Glowtening Serum




Kalau yang ngikutin tulisan di blog saya ini, pasti udah sering baca review saya tentang produk Scarlett. Mulai dari Body Care hingga perawatan wajah.

 

Kali ini, saya akan mereview tentang Glowtening Serum by Scarlett. Produk yang saya gunakan adalah Glowtening Serum by Scarlett dan Brightly Essence Tonernya.


Sebenarnya, saya pakai juga rangkaian Brigthly Ever After Cream Day and Night. Jadi, alhamdulillah sekarang pakai satu rangkaian dari Scarlett semua.


Seperti pada review sebelumnya, produk Scarlett ini cocok di wajah saya, tidak ada efek seperti break out, bruntusan, atau jerawat. Perjalanan saya mencoba produk Scarlett mulus sampai sekarang.

 

Brightly Essence Toner by Scarlett




Awalnya saya gak nyangka juga kalau Scarlett bakal keluarin toner. Karena sebelumnya, saya pakai Brightly Ever After Cream and Night Scarlett tanpa pakai toner. Memang rasanya ada yang kurang, makanya setelah Scarlett mengeluarkan Brightly Essence Toner, saya merasa lebih suka menggunakan rangkaian Scarlett ini. Karena merasa lebih meresap aja gitu di kulit.

 



Komposisi Brightly Essence Toner by Scarlett:


1. Vitamin C untuk meningkatkan produksi kolagen

2. Glutathion untuk mencerahkan kulit

3. Witch Hazel Extract untuk meredakan peradangan dan mengencangkan pori-pori

4. Jeju Propolis Extract meregenerasi kulit untuk membantu kulit lebih halus dan kenyal

5. Allantoin melembabkan, menenangkan, dan sifat anti-iritasi

6.Niacinamide membantu meminimalkan pori-pori yang membesar

7.Grape Water melembabkan, menenangkan dan menyegarkan kulit


Cara menggunakan Brightly Essence Toner:


1. Pastikan tangan dalam kondisi bersih

2. Tuangkan toner essence ke telapak tangan lalu tepuk-tepuk secara perlahan ke kulit wajah

3. Atau bisa tuangkan toner secukupnya pada kapas, kemudian mulai usapkan kapas yang telah dibasahi toner essence hingga ke seluruh wajah.

 

Kalau saya sendiri, lebih suka menggunakan kapas, agar hasilnya lebih merata, tapi memang minusnya jadi lebih boros, sih, heheu.

 

 

Glowtening Serum by Scarlett VS Brightly Ever After Serum




Sebelumnya saya menggunakan Brightly Ever After serum (bisa dibaca reviewnya juga di sini ya). Menurut saya, aroma Brightly Ever After Serum itu agak berbeda, jadi tidak ada wangi sepert bunga atau pun apa, hanya wangi zat yang terkandung di dalamnya, jadi memang buat saya yang suka ada aroma tertentu agak kurang nyaman.


Baca: Review Brightly Ever After Serum


Tapiiii, Glowtening Serum by Scarlett ini beda ternyata. Aromanya gak murni zat yang terkandung di dalamnya, tetapi ada wangi seperti bunga tapi wanginya soft tidak menyengat (saya sukaaa).




Tekstur serumnya pun agak berbeda. Untuk Brightly Ever After Serum, warnanya bening dan agak seperti oil, tapi gak lengket sih, tetep cair. Nah, untuk Glowtening Serum by Scarlett ini, teksturnya lebih mirip lotion dan warnanya pun putih, tidak bening.




Kandungannya terdiri dari: Tranexamide Acid, Calendula Oil, Olive Oil, Allantoin, Licorice Extract.


Manfaatnya adalah:

 

1. Membantu mencerahkan kulit

2. Membantu membuat kulit menjadi lebih glowing

3. Membantu memudarkan bekas-bekas jerawat

4. Menyamarkan garis halus dan flek hitam pada wajah

5. Menenangkan dan memperbaiki skin barrier

 

Cara menggunakan Glowtening Serum by Scarlett:


1. Teteskan 2-3 tetes serum, usap dan pijat secara perlahan

2. Ratakan serum ke seluruh kulit wajah

3. Diamkan beberapa saat agar serum meresap ke kulit wajah

4. Gunakan pada pagi dan malam hari

 



Jadi urutan pakainya adalah gunakan face care (facial wash Scarlett) kemudian keringkan wajah, pakai essence toner, kemudian serum, terakhir adalah day and night cream.

 

Kalau saya boleh pilih, saya cenderung lebih cocok dengan Glowtening Serum by Scarlett. Kenapa?


1. Aromanya lembut, ada seperti wangi bunga

2. Teksturnya seperti lotion, cocok untuk tipe wajah berminyak seperti saya

 

Jadi, sekarang saya pakai Glowtening Serum by Scarlett, karena merasa lebih cocok yang ini dibanding Brightly Ever After serum sebetulnya.

 

Kesimpulan




Ecie, kayak skripsi aja pake kesimpulan. Setelah menggunakan rangkaian produk Scarlett Brightly Ever After Cream Day and Night, Brightly Essence Toner, Glowtening Serum by Scarlett, selama dua minggu, kulit saya lebih sehat dan cerah.


Cerah di sini bukan jadi putih melebihi kulit asli ya, tapi cerah di sini, kulit saya tampak rata warnanya, tidak kusam, dan terasa lebih lembab.


Satu catatan saya, nih. Please jangan suka cari produk yang memutihkan secara ekstrim ya, justru produk tersebut cenderung tidak aman. Lebih baik, cari produk yang memang membuat kulit wajah kita lebih sehat dan lebih baik. Jadi, putih itu bukan jadi ukuran, apalagi lebih putih dari kulit kita yang seharusnya.


Catatan: Produk Scarlett sudah terbukti aman dan mendapatkan sertifikat keamanan dari BPOM ya.

 

Sekian review saya kali ini, siapa yang sudah coba Glowtening Serum by Scarlett atau Brightly Essence Tonernya Scarlett? boleh tulis komentarnya di kolom komentar.

 

 


Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D