Yes, We Made Memories at Cibinong City Mall

 


“Kehilangan orang tua berarti kehilangan masa lalu, kehilangan anak berarti kehilangan masa depan. Jika Anda tidak ingin kehilangan anak, maka berikan pengasuhan terbaik untuknya, berikan waktu terbaik untuknya, berikan kenangan terbaik untuknya, dan ajari kebiasaan terbaik untuknya.” Elly Risman- Pakar Psikologi dan Pengasuhan Anak.


Hari ini tanggal 30 Mei 2022, tepat 32 tahun yang lalu, saya lahir ke dunia ini, yakni pada hari Rabu, 30 Mei 1990. Rasanya baru saja saya merasakan masa kanak-kanak, dan masa sekolah, hingga akhirnya saya tumbuh dewasa dan memiliki anak-anak dan keluarga.


Masa kecil adalah masa yang sangat saya rindukan. Banyak hal yang terjadi, banyak kenangan yang masih terekam jelas di benak saya. Saya ingat, Ketika saya berusia sekitar 6 atau 7 tahun, saya sering diajak bermain (kalau sekarang mungkin semacam Play ground atau area bermain, ya) di daerah Pamulang (Sekarang Tangerang Selatan) yaitu Plaza Tomang Tol, dan Plaza Borobudur yang ada di daerah Ciputat.


Happy birthday to you Little Girl


Saya masih mengingat dengan jelas, bagaimana saya duduk di dalam angkutan umum berwarna putih, bersama kedua orang tua saya, berharap saya mendapatkan permainan yang sangat menyenangkan di area bermain nanti.


Mall penuh kenangan pada zamannya


Sayangnya, ada kejadian tragis di masa itu, yakni bertepatan dengan bulan ulang tahun saya ke 8, yakni tragedi kerusuhan Mei 1998. Dimana kota Jakarta dan sekitarnya dilanda kerusuhan hebat, reformasi negeri ini menumbalkan banyak orang, harga yang sangat mahal untuk dibayar oleh rakyat.

 

Malam itu sangat mencekam, usia saya baru 8 tahun. Di jalan-jalan terdengar kendaraan berlalu lalang, suara sirine mobil polisi, pemadam kebakaran, bahkan ambulance menguasai malam. Saya dan orang tua saya tentu tak bisa tidur. Kami hanya mampu mengintip dari lubang pintu dan jendela, apa yang sedang terjadi, kami sama sekali tak berani untuk membuka pintu.


Kejadian yang sangat mencekam saat itu, yang tidak bisa saya lupakan seumur hidup


Kerusuhan Mei 1998 sangat membekas di ingatan saya. Saat pagi tiba, kami baru berani membuka pintu dan saling bertegur sapa dengan para tetangga. Di halaman rumah saya terdapat beberapa barang, mainan, alat elektronik, entah siapa yang menyimpannya di sana.

 

Beberapa tetangga juga berkata mendapatkan banyak makanan, diapers, peralatan bayi, dll. Barang-barang ini katanya adalah hasil penjarahan Mall yang ada di sekitar tempat kami tinggal. Dan benar saja, Plasa Tomang Tol tempat saya sering bermain, sudah hangus terbakar. Mall tersebut dijarah dan dibakar massa yang kecewa dengan pemerintah saat itu, dan dipicu adanya bentrokan antar etnis yang seharusnya tidak terjadi.


Kisah itu sudah terjadi 24 tahun silam, namun masih menyesakkan jika diingat Kembali. Mudah-mudahan, saat ini dan sampai kapan pun, jangan pernah terjadi kembali tragedi memilukan seperti pada tahun 1998 di bumi Indonesia.


Kita akan Kehilangan Kenangan/Memori di Masa Kecil




Menurut beberapa artikel yang saya baca, kita akan kehilangan Sebagian besar memori atau kenangan kita di masa kecil, terutama saat berusia 3-5 tahun. Kemudian kita akan memulai Kembali ingatan masa kecil kita saat berusia 7 tahun (sekitar usia SD). Walaupun ada beberapa orang yang mampu mengingat kenangan ketika usia belajar berjalan. Namun, tentunya tidak banyak orang yang memiliki ingatan seperti ini.


Para pakar psikologi menyebutnya dengan amnesia masa kanak-kanak (infantile amnesia), istilah ini pertama kali dicetuskan oleh Sigmund Freud, pencetus ilmu Psikologi. Dimana seorang anak tidak bisa mengingat masa-masa awal kehidupan mereka.


Apa yang menyebabkan kita tidak bisa mengingat kenangan atau memori di masa kecil? Jawabannya adalah karena perkembangan otak bayi atau balita pada saat itu masih belum optimal. Dan Ketika kita tumbuh besar, maka sel otak baru akan menggantikan sel otak lama, maka bisa jadi kenangan yang terekam pun akan ikut menghilang.

 

Saya (Paling kanan) masih meraba ingatan ketika melihat foto ini


Saya sendiri, hanya mampu mengingat masa kecil saya Ketika usia 5 tahun (usia TK) kemudian kelas 1 SD, dan Ketika kelas 2-3 SD saya lupa dengan apa yang terjadi. Ingatan terkuat saya adalah peristiwa kerusuhan Mei 1998, karena berkaitan dengan tempat yang paling saya sukai, yakni Plasa Tomang Tol yang dijarah dan dibakar massa pada saat itu.


Kamu sendiri, mampu mengenang ingatan di waktu kecil sejak usia berapa tahun? Memori apa yang paling kamu ingat? Tulis jawabannya nanti di kolom komentar, ya.

 

Namun, di beberapa artikel pun dituliskan, sama seperti saya, ada yang tidak bisa mengingat masa kecil walapun pun sudah berusia 7 ke atas. Memori atau kenangan tersebut tidak dapat diingat kembali, padahal diri ini sangat ingin mengenang masa kecil dulu.


Bagaimana cara membangkitkan ingatan masa kecil?




Ingatan masa kecil laksana serangkaian puzzle, yang harus kita temukan di dalam memori atau ingatan kita. Beberapa cara untuk membangkitkan kembali ingatan di masa kecil yaitu dengan cara:

 

1. Berbicara tentang masa lalu. Bisa kita lakukan dengan orang tua kita, kita minta orang tua atau saudara kita menceritakan kembali bagaimana cerita masa kecil kita dulu.


2. Melihat foto. Ini adalah hal yang paling bisa kita lakukan. Jika kita memiliki foto saat kita berulang tahun, jalan-jalan, sekolah, dan lainnya, kita bisa memulai mengingat kembali apa yang terjadi di masa lalu.


3. Mengunjungi tempat yang familiar bagi kita. Sebenarnya saya ingin sekali melihat Mall tempat saya sering bermain dulu. Namum, sekarang, hanya tersisa reruntuhan bangunan yang sudah rata dengan tanah. Rasanya waktu berjalan mundur jika saya melihat puing-puing bangunan tersebut, seperti tertarik kembali ke tahun 1990-an.


4. Berkunjung ke rumah lama atau ke rumah nenek. Ya, bangunan atau barang yang ada di rumah, bisa mengingatkan kita akan masa kecil.


5. Mendengarkan musik atau lagu ketika kecil dulu. Huhu, kadang saya justru menangis Ketika mendengar lagu-lagu Ketika saya kecil, rasanya rindu sekali dan kenangan-kenanagan pun mulai bermunculan.


Family Time at Cibinong City Mall


We are so Happyyyy




Saya sudah beberapa kali menulis artikel mengenai Cibinong City Mall di blog ini. Cibinong City Mall atau CCM adalah Mall yang dibuka bersamaan dengan kepindahan kami sekeluarga dari Bandung ke Cibinong.


Tulisannya ada di sini: Our Family Time at Cibinong City Mall


Mall yang membuat kami merasa kerasan atau betah tinggal di sini, karena kami merasa dekat dengan hal-hal yang membuat hidup kami lebih menyenangkan walau dalam perantauan. Ya, CCM memiliki ruang tersendiri di hati kami.


Karena kenangan atau memori itu adalah sesuatu yang sangat berharga, seperti yang sudah saya tulis di atas, maka dari itu, saya ingin membuat anak-anak mendapatkan kenangan kebersamaan keluarga terbaik di sini.

 

Dilansir dari Popmama.com, banyak sekali manfaat positif Ketika kita memberikan kenangan atau memori yang indah dan membahagiakan di masa kecil untuk anak-anak kita.



Aldebaran bahagia sekali bisa main di Kidzooona



1. Kenangan masa kecil menentukan kehidupan masa kini

Kenangan-kenangan masa kecil anak ternyata berpengaruh terhadap masa dewasanya kelak. Kebiasaan dan kenangan yang mereka terima, perlahan akan ikut menyusun keberhasilan masa depannya kelak. Karena masa kecil adalah masa yang tak pernah terlupakan, apalagi kertika kita sudah sukses di masa depan.

 

2. Kenangan masa kecil dapat memberikan emosi positif

Kenangan masa kecil dapat memberikan emosi positif Ketika anak tumbuh dewasa. Kenangan yang menyenangkan dan membahagiakan, akan memberikan semangat hidup yang positif bagi anak-anak. Semakin dewasa, kita akan menghadapi berbagai macam masalah kehidupan, dengan mengenang masa kecil yang Bahagia, kebahagiaan itu seketika datang membuat kita kembali tersenyum. Kenangan ini lah yang akan menjadi self motivation untuk anak kita nanti.

 

3. Kenangan masa kecil memengaruhi karakter

Kenangan terhadap yang terjadi di masa kecil tentunya akan memengaruhi karakter anak di masa depan. Maka dari itu, apa yang kita berikan pastikan menumbuhkan karakter baik pada anak.

 

4.Kenangan masa kecil ikut membentuk nilai dan prinsip hidup

Kejadian dan pelajaran hidup yang kita terima saat kecil tentunya akan menjadi landasan bagi kita (setelah dewasa) untuk membentuk nilai dan prinsip hidup. Maka penting sekali memberikan ingatan, kenangan, dan pembiasaan hidup yang baik sejak anak masih berusia dini.

 

5. Moment menggembirakan akan diingat selamanya

Sebagai orang tua, tentunya kita ingin selalu diingat oleh anak-anak kita, dan tentunya dalam moment yang membahagiakan hati mereka.


Perlu diingat ya Ma, kejadian negatif juga akan membekas di hati anak-anak kita. Maka dari itu, sebisa mungkin kita harus mengikisnya dengan memori-memori yang indah.


Usia Aksara baru 3 tahun, mungkin di masa depan, ia tak akan ingat moment ini.
Mudah-mudahan, Kakak-kakaknya lah yang nanti akan bercerita tentang masa kecil
mereka bertiga.



Beberapa waktu lalu, dalam moment perayaan hari ulang tahun Aldebaran, kami sekeluarga berekreasi ke Cibinong City Mall. Anak-anak, khususnya Aldebaran ingin bermain di Kidzoona, salah satu area bermain favorit di Cibinong City Mall.


Bermain di Kidzooona Cibinong City Mall

 

So exited! Memacu adrenalin dan aktivitas Psikomotorik anak

Harga tiket masuknya, saat itu kita datang weekday, yaitu 80.000/anak (selama dua jam bermain). Tempatnya sangat bersih, terawat, dan banyak sekali permainan anak yang juga menstimulasi kognitif dan psikomotorik.


Anak-anak juga bisa bermain 'Role Playing' atau bermain peran. Anak-anak bisa menjadi Dokter, Pedagang, Pemadam Kebakaran, dan lain-lain.


Abbiy lagi jajan nih, di Kedai Aldebaran


Adek Aksara juga ngga mau kalah, mau beli burger dulu, ya


Kali ini Aksara, nih, yang jadi penjual Ice Cream


Kakak Kifah juga habis jajan Sushi di Kedai Aldebaran


Saat masuk ke Kidzooona, kita harus mempersiapkan kaos kaki untuk anak dan orang tua, ya. Jika tidak membawa, bisa membeli di Kidzooona juga, jadi jangan khawatir.

 

Harga tiket masuk Kidzooona:


Harga ini saya lihat di https://harga.web.id/ 
Ketika saya ke sana kemarin harganya memang 1 jam weekday 70.000 
dan 2 jam weekday 80.000. 


 





Cibinong City Mall, Mall Ramah Anak dan Nyaman untuk Menghabiskan Waktu untuk Keluarga


Selain ramah anak, dengan fasilitas tempat bermain yang nyaman dan bersih, Cibinong City Mall juga ramah untuk kita menghabiskan waktu Bersama keluarga.


Mall-nya luas dan besar sekali, anak-anak tidak khawatir menabrak orang lain atau jatuh karena Mall yang sempit. Atau Ketika kita membawa stroller anak, masih sangat nyaman karena tidak berdesakkan dengan orang lain.


Cibinong City Mall ini memang salah satu Mall terbesar di Kabupaten Bogor. Lokasinya pun sangat strategis, mudah diakses dan bebas macet.


CCM itu luas dan lapang banget, jadi gak sempit kalau kita jalan bareng anak-anak


Banyak tenant makanan, fashion, home living, Kesehatan, kecantikan, edukasi, gadget, groceries, dll.


Selain itu, parkir di CCM juga luas, Musholanya bagus, toiletnya bagus dan bersih, jadi benar-benar membuat kita gak merasa di tempat umum.

 

Pernah ngga, sih kita kalau pergi ke mall atau tempat/gedung, mau sholat dan ke kamar mandi itu risih banget? Kadang kita tahan buang air kecil sampai di rumah, dan mau sholat juga susah, kalau sholat di rumah takut kehabisan waktu, tapi kalau di Mall gak nyaman.




Nah, menurut saya, CCM itu Mall yang HOMMYYY BANGET. Gak risih untuk ke toilet atau ke Mushola. Mau bawa baby juga bisa ganti diapers atau menyusui dengan aman dan nyaman.















Nah, iya, tenant di CCM banyak banget, ratusaaann. Jadi, bisa dilihat sambil
main ke sini aja, ya.



Sejauh ini, CCM adalah salah satu Mall terlengkap, terluas, dan terbesar yang membuat saya nyaman untuk menghabiskan waktu. Dan menjadi ONE STOP SOLUTION untuk memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari.

Saya pernah menulisnya di sini: 




Selain itu, CCM sangat mengerti kebutuhan generasi saat ini, Generasi Milenial Y and Z, yakni kebutuhan akan dana digital dan baterai gadget supaya tetap ON. Ada tempat pengisian saldo Gopay dan penyewaan Power Bank juga, nih, di CCM.





Berbelanja kebutuhan Groceries bisa dilakukan di Carefour. Belanja gadget pun banyak sekali tersedia di CCM. Bahkan untuk belajar Bahasa Inggris dan Sunatan/Khitanan pun ada di Cibinong City Mall ini.





Jalan-jalan ke CCM juga bisa dapat hadiah I-Phone, motor, dan mobil!!!


Hadiah Grand Lucky Draw


Selain untuk berbelanja kebutuhan dan jalan-jalan, eh ternyata cash yang kita keluarkan untuk belanja dan jalan-jalan juga bisa ditukar menjadi point reward yang bisa diundi untuk mendapatkan I-Phone, motor, dan grand prize mobil Kijang Innova. WOOOWWW.


Gambar hadiah hanya ilustrasi yaa


Mau tau gimana caranya?

 

Ini saya buatkan infografisnya ya supaya mudah untuk melakukan step-stepnya. Info lebih lanjut bisa menghubungi pusat informasi di Cibinong City Mall, ya.

 

Untuk pertanyaan lebih lanjut, bisa menghubungi Redemption Counter di
Upper Groun Floor dan Ground Floor CCM. 



Akses Menuju CCM Lewat Mana, ya?

 



Alamat Cibinong City Mall yaitu Jalan Tegar Beriman No, 1 Cibinong. (Buka pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.)

 

1. Kendaraan pribadi bisa mengakses Jalan Raya Jakarta Bogor, atau bisa melalui Jalan Pabuaran (Citayam) kemudian ke Pemda Cibinong. Bisa juga mengakses TOL Cibinonga atau TOL Sentul.

2. Transportasi umum bisa juga menggunakan KRL Jabodetabek (Stasiun Bojong Gede atau Stasiun Cibinong) kemudian bisa dilanjutkan dengan OJOL atau angkutan umum.

 

Yes, We Made Story and Memory at Cibinong City Mall!


Mudah-mudahan kenangan bersama ini bisa menjadi memori indah bagi
anak-anak di masa depan.



Saya berharap, anak-anak menyimpan memori ini seumur hidup mereka. Karena, sebagai orang tua yang tak luput dari banyak kesalahan, yang kami inginkan adalah anak-anak mengenang kami sebagai orang tua yang baik.


*Jadi sedih nulis ini


Ya, seperti yang kita tahu, banyak dari kita sebagai orang tua, merasakan berbagai inner child (luka batin) yang pernah kita terima Ketika kecil dulu. Namun, bagaimana sekarang kita memaafkan luka batin tersebut? Salah satunya yakni dengan mengenang momen bahagia bersama orang tua kita, di tempat yang penuh kenangan bahagia di waktu kecil.




Itu pun yang saya harapkan, semoga memori waktu kebersamaan kami sekeluarga ini, bisa memberikan semangat dan kehangatan di masa depan mereka nanti. Dan memberikan sebuah maaf, atas segala ketidak sempurnaan kami sebagai orang tua. Kami ingin selalu mengatakan bahwa, kalian akan selalu disayangi, kapanpun dan dimanapun, we love you kiddos!

 

Setelah lelah bermain, kami beristirahat di CFC yang tepat berada di seberang Kidzoona
(karena sudah lapar sangat, heuheu)




Sesekali, makan bersama keluarga akan menjadi kenangan indah dalam hidup kita. Kita sering makan makanan yang pernah kita makan dengan orang tercinta jika sedang rindu, bukan?




*Tahun 2020 kita mengalami ujian Pandemi Covid-19, 
jadi waktu itu hampir ngga keluar rumah sama sekali*








Terima kasih Cibinong City Mall, telah jadi bagian kenangan dan memori indah, untuk mengisi momen kebahagiaan anak-anak, yang mudah-mudahan akan selalu mereka ingat, 10, 20, 30 bahkan puluhan tahun ke depan.

 

“The memories we make in our childhood are the ones that will carry with us for the rest of our lives.” — Anonymous

 

 

Notes:

Masuk ke Cibinong City Mall wajib menggunakan masker, dan ada pemeriksaan suhu tubuh dan aplikasi Peduli Lindungi di pintu masuk. Pastikan sudah melakukan vaksinasi ya, karena itu adalah salah satu ikhtiar kita untuk melindungi diri dan keluarga dari penyebaran virus Covid-19.


Mau lihat Cibinong City Mall versi Vlog/video? Silakan nonton di sini, ya!







More information: 





***



Sumber: 

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-1345556/penyebab-susah-mengingat-kenangan-masa-kecil

https://www.sehatq.com/artikel/mengapa-kita-tidak-ingat-masa-kecil-ini-alasannya

https://www.idntimes.com/health/fitness/nena-zakiah-1/infantile-amnesia-alasan-kesulitan-mengingat-memori-masa-kecil/1

https://www.lastly.com/blog/the-definitive-list-of-important-childhood-memories

https://www.sehatq.com/artikel/mengapa-kita-tidak-ingat-masa-kecil-ini-alasannya

https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/alfon/kenanagan-masa-kecil-akan-tersu-diingat-sampai-besar-mengapa-ya/2

https://merahputih.com/post/read/kangen-masa-kecil-6-cara-sederhana-ini-bisa-mengingatkanmu-kembali

https://id.theasianparent.com/ingatan-masa-kecil-anak

https://harga.web.id/info-harga-tiket-masuk-kidzoona-seluruh-indonesia.info

https://cibinongcitymall.com/





Comments

  1. Wah luar biasa momen di sana yang ga akan terjadi kedua kali, sempat dengar juga masalah mal dijarah dan dibakar ini. Menurutku sih berdampak buruk sama orang yang berkaitan dengan mal, apapun masalahnya ini tempat umum kan, ya? Aih anaknya udah besar semua, eh yang cowok yang paling besar senyumnya mirip sama ibunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba peristiwa 1998 memang serem banget untuk dikenang, makanya aku pengen banget membuat memori indah untuk anak-anak :)

      Delete

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D