Rekomendasi Tempat Liburan untuk Mama di Kawasan Bogor, Sudah Pernah ke Sini?

 

rekomendasi bobocabin bobobox gunung mas puncak bogor



Rekomendasi Tempat Liburan untuk Mama di Kawasan Bogor, Sudah Pernah ke Sini?
 

Assalamu’alaikum Ma, bagaimana liburannya? Sudah selesai kah? Karena anak-anak harus bersiap kembali ke sekolah? Bagaimana Mama menghabiskan liburan sekolah kemarin? Ke gunung, ke pantai, wisata belanja, atau lebih suka rebahan santai di rumah aja?

 

Bicara soal liburan, sebagai seorang ibu, sulit rasanya ya merasakan BENAR-BENAR LIBURAN. Karena Ketika kita liburan atau di perjalanan pun, kita masih sibuk untuk mengurus anak-anak. Mengurus keperluan keluarga, seperti makan dan obat-obatan, bahkan sibuk juga jadi fotografer dadakan, hehe.

 

Maka dari itu, saya lebih suka liburan yang bersifat menenangkan (relaksasi) seperti kembali ke alam atau pun ke tempat-tempat yang banyak memiliki suasana alam (suara hewan-hewan liar, pohon rindang, matahari yang bersinar hangat, dll). Karena semenjak jadi ibu, rasanya sudah jaraaanggg sekali kita mendengar suara-suara alam semesta.


Setiap hari, yang saya dengar adalah, “Ummi, mau makan.”, “Ummi, mau ke kamar mandi.”, “Ummi, kaos kaki dimana?”, “Ummi, buku pelajaran dimana?” dan lain sebagainya.


rekomendasi bobocabin bobobox gunung mas puncak bogor
Kangen mendengar suara deburan ombak, huhu


Betul apa betul? Kapan terakhir kali Mama mendengar suara burung berkicau merdu? Atau suara deburan ombak yang saling berkejaran? Eeaaaa, kalau jawabannya ‘Entah kapan’ berarti kita seperguruan, haha.

 

Menunggu liburan hanya di musim liburan anak memang agak lama ya, Ma. Atau menunggu liburan idul fitri dan akhir tahun pun masih jauhhh. Untuk sekedar refreshing , tak perlu menunggu libur Panjang Bersama anak-anak. Kita bisa liburan ‘tipis-tipis’ untuk sekedar melepas penat.  Bagi Mama yang tinggal di JABODETABEK, saya memiliki beberapa tempat rekomendasi untuk melepas penat sejenak dari rutinitas dan kembali mendengar senandung alam di telinga kita.

 

Hutan Pinus Kawasan Sentul Bogor

Rasanya orang-orang sudah tak asing lagi mendengar Kawasan Sentul Bogor. Banyak sekali wisata alam yang bisa dinikmati di sini, walau hanya untuk sekedar duduk-duduk melepas Lelah, merasakan dinginnya udara dan hembusan angin, serta suara pepohonan yang saling bergesekan.


rekomendasi bobocabin bobobox gunung mas puncak bogor


rekomendasi bobocabin bobobox gunung mas puncak bogor


 

Saya sendiri sering ke Kawasan Sentul Bogor untuk sekedar duduk-duduk di bawah pohon di hutan Pinus. Rasanya sangat calming dan rileks, merasakan hembusan angin dan wangi dari pohon, tanah, dan dedaunan di sekitar.

Jaraknya pun dekat dan mudah diakses dari arah manapun, karena terkoneksi pula dengan TOL Jagorawi. Harga tiket masuk pun masih sangat terjangkau.

 

Curug Nangka


Masih di daerah Bogor Jawa Barat, Curug Nangka juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata untuk sekedar menyegarkan pikiran dan menambah mood bersama alam. Kita bisa melihat pemandangan curug yang indah, serta sejuknya air sungai.

rekomendasi bobocabin bobobox gunung mas puncak bogor
Menyusuri sungai yang dingin sambil gendong Aksara


Jadi, sebelum kita ke curug ada sungai yang harus kita susuri dengan berjalan kaki, wuihh rasanya dingin sekali, tapi seru! Jangan banget kan kita ‘Main Air’ biasanya main air tuh kalau lagi nyuci piring, nycui baju, atau  mandiin anak. Hahaha.

 

rekomendasi bobocabin bobobox gunung mas puncak bogor

Curug Nangka ini berada dalam Kawasan Taman Nasional Halimun Salak, lokasinya berada di Desa Sukajadi Kecamatan Ciapus Kabupaten Bogor. Tiket masuknya 20-30 ribu rupiah saja per orang.

 

Kawasan Puncak Bogor


Udah gak asing lagi lah ya kalau main ke daerah Puncak Bogor? Paling dekat jaraknya dan sangat mudah diakses, walau memang resikonya adalah bermacet ria di jalan kalau terjebak lalu lintas padat dengan sistem buka tutup jalan oleh kepolisian setempat.


Walau pun begitu, rasanya kita tidak pernah bosan ya untuk berkunjung ke daerah Puncak, hawa dingin, hamparan kebun teh yang menghijau memanjakan mata, itu justru yang bikin ‘ngangenin’.

 

rekomendasi bobocabin bobobox gunung mas puncak bogor
Aroma kebun teh yang selalu membuat rindu

Saya sendiri salah satu penikmat Kawasan Puncak Bogor, bahkan hanya sekedar naik motor ke sana pun saya sudah bahagia, memandangi hijaunya kebun teh dan merasakan udara segar nan dingin yang menyentuh kulit, duh rasanya pengen deh tinggal di daerah Puncak gitu, setiap pagi pake sweater sambil minum teh hangat dan ubi bakar. *halu deh halu, hahahah*


Baca juga: Touring Bogor-Bandung


Nginep di Puncak emang paling enak dan nyaman sih kalau dari sisi suasana, juara banget gak ada lawan, kalau untuk daerah wisata yang paling dekat dengan Jabodetabek sini.

 

Salah satu tempat menginap terbaru yang ada di Puncak Bogor yakni di daerah Gunung Mas adalah BobocabinGunung Mas Puncak Bogor. Sebelumnya saya liat review-nya di Tik Tok dan beberapa foto di internet. Wuihhh ini, sih, wish list bangetttt.

 

rekomendasi bobocabin bobobox gunung mas puncak bogor
Bobocabin Gunung Mas Puncak Bogor


Tempatnya so calming and relaxing jika ingin melepaskan Lelah di jiwa dan raga ini, pergi sebentar dari rutinitas yang membuat kita penat sehari-hari.  Terletak di daerah Gunung Mas Puncak Bogor, Bobocabin di sini memiliki 31 jumlah cabin, ya.

 

Bobocabin yang ada di Puncak Bogor ini memliki banyak kamar dengan gaya interior kekinian (Instagram approved, lah), lahan parkir, WiFi, kamar mandi yang nyaman, serta peralatan makan seperti meja, teko, dll juga sudah tersedia, tinggal seduh teh hangat sambil mendengar musik klasik atau lagu-lagu Gibli, nih, kalau saya.


rekomendasi bobocabin bobobox gunung mas puncak bogor
Suasananya bikin betah, ya.


Bobocabin ini memang konsepnya adalah tempat untuk  melepas penat dari rutinitas, maka dari itu tempatnya pun dipilih yang memang dekat dengan alam, menenangkan dan juga bisa membuat kita merasa ter-recharge karena telah menghabiskan waktu di sini.


rekomendasi bobocabin bobobox gunung mas puncak bogor
Cabinnya cakeup beneurrr


Kenapa disebut dengan ‘Cabin’ karena tempatnya memang dibuat ekslusif untuk kita, bersih, tenang, nyaman, dekat dengan alam sekitar. Dan Ketika ‘Ups’ tiba-tiba mendadak ada pekerjaan, atau mau me time sambil nonton Netflix, fasilitas WiFi yang disediakan juga sangat baik.


rekomendasi bobocabin bobobox gunung mas puncak bogor
Fasilitas yang nyaman dan view yang amazing 


Ada fasilitas api unggun. Yaps, malam di Puncak itu seperti di dalam kulkas ya, hehe. Jadi gak salah banget kalau ada fasilitas api unggun untuk menghangatkan suasana dan hati kamu juga, eeaaa. Duh, kalau gini tuh serasa kembali ke zaman dulu kalau lagi Pramuka ya, seneng banget kalau ada api unggun menyala di tengah keheningan malam.


rekomendasi bobocabin bobobox gunung mas puncak bogor
Tempatnya bersih dan rapi, fasilitas juga nyaman


Bobocabin juga menyediakan lahan parkir yang luas, bab parkir juga sangat penting ya, karena biasanya kalau  bawa kendaraan itu yang paling sulit adalah mendapatkan lahan parkir yang aman dan juga luas.


rekomendasi bobocabin bobobox gunung mas puncak bogor
Harganya berkisar 500 ribuan per malam


Berapa budget yang harus disiapkan? Berdasarkan penelusuran saya di internet, untuk menginap per malam di Bobocabin ini sekitar 500ribuan per malam, syarat untuk memesan kamar ini adalah sudah berusia 18 tahun atau sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk. Untuk kapasitas cabin sendiri, bisa ditempati oleh dua orang dewasa dan satu anak dibawah 10 tahun, dan ada juga tipe Cabin yang bisa ditempati oleh 4 orang.


rekomendasi bobocabin bobobox gunung mas puncak bogor
Download aplikasi Bobobox untuk memesan Cabin yang Mama suka, ya!


Cara booking penginapan di Bobocabin ini sangat mudah, tinggal download aplikasi Bobobox dan melakukan booking dan pembayaran via aplikasi saja. Gampang deh buat generasi digital sekarang. Kayaknya gak perlu tutorial, ya, karena aplikasinya memang sangat mudah untuk digunakan. Aplikasi Bobobox ini nanti kita gunakan juga untuk check in.

 

Bobocabin ini sudah tersebar di banyak tempat ya, seperti Cikole, Ranca Upas Bandung, Kaldera (Danau Toba), Kintamani Bali, dan yang terbaru (Bulan Juli ini) ada di Coban Rondo Jawa Timur, yakni di dekat air terjun Coban Rondo Malang.

 

Saya sendiri sih, pengennya ngajak bestie-bestie buat nginep di sini, Insya Allah kalau ada izin suami dan anak-anak sudah kondusif untuk ditinggal sebentar. Karena Mamanya ini pun  butuh ‘ruang sendiri’ untuk sekedar beristirahat, berkontemplasi, atau sekedar ingin lebih dekat dengan teman-teman seperjuangan dan sefrekuensi.

Terakhir kali saya pergi ke Puncak Bogor ketika wisuda Aldebaran di Taman Safari Indonesia bulan Juni lalu, mudah-mudahan next bisa nginep di Bobocabin bersama keluarga atau teman dan sahabat.


Baca Juga: Wisuda Taman Kanak-Kanak di Taman Safari Indonesia 


Itu dia rekomendasi wisata dekat Jabodetabek yang bisa Mama kunjungi baik bersama keluarga atau pun ingin pergi berasama teman-teman atau sahabat.

 

Apa Mama punya pengalaman mengunjungi tempat yang saya sebutkan di atas? Yang mana tempat favorit Mama? Share, yuk, di kolom komentar :D

 

 

 

 


Comments

  1. Wah menarique nih, aku udah lupa kapan terakhir kali refreshing karena pergi2an kemana2 pasti kalo ada perlu doang kayak kondangan lah, ke rumah saudara lah, dll. Mupeng banget ke puncak deh ini dan menghirup udara segar di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kan kalau ibuk2 tuh suka lupa refreshing sama nyenengin diri sendiri, saking sibuknya sama anak2 dan keluarga ya

      Delete
  2. Belum pernah selain ke Dufan kalau untuk daerah Jabodetabek
    Bahkan di airport sendiri sudah terasa wisata saking luasnya dan banyak hal baru jika ke sana lagi
    Siap kucatat nih jika nanti trip bareng anak anak dan suami

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bandara, stasiun dll sekarang udah kayak tempat wisata ya, tp memang wisata alam ini paling aku suka, soalnya ky healing dari hiruk pikuk perkotaan, tsaaah

      Delete
  3. Bogor! Jauh di mata dekat di hatiku ini... Secara dulu anak ITI kan praktikum nya selalu di IPB DARMAGA

    aku ngiri sama Bobocabin pengen banget ke sana belum kesampaian juga... Sama Sentul dan hutan pinusnya CK ckckck keren ya buat foto oke banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk Mak Tanti, kita refreshing yuk nginep di Bobocabin

      Delete
  4. Sebagai mantan warga kabupaten Bogor saya sedih karena cuma pernahnya ke Puncak Bogor itu pun 12 tahun lalu hihihi. Tapi setuju banget, nih. Kalau liburan tuh pengennya ke alam aja yang adem trus nyaman. Kalau kapan-kapan ke Bogor lagi mau ah coba ke tempat rekomendasi mama Tetty.

    ReplyDelete
  5. Konsep menginap di bobocabin terbilang unik ya..sejauh ini di kawasan puncak selain villa/hotel yg cukup marak glamping
    Menikmati rileksasi di alam tuh emang bikin refresh

    ReplyDelete
  6. Mbak aku mau tanya dong, kalau mau ke Puncak dan sekitarnya atau ke tempat wisata di area Bogor, apa tipsnya atau dari Jakarta enaknya berangkat jam berapa ya biar di jalur menuju Puncak nggak keburu kena buka tutup jalur? Ada ganjil genap nggak di jalur itu?

    ReplyDelete
  7. wah, jadi penasaran ama bobocabin nya, kapan2 boleh ah coba nginep di sana, hehe. Anw, aku dan keluarga juga pernaah ke curug Nangka, seru ya ternyata harus ngelewatin sungai dulu. Hutan pinus ini ternyata ada juga ya di Sentul, gak terlalu jauh jadinya dari Depok atau Jakarta.

    ReplyDelete
  8. Menarik nih rekomendasinya, daripada staycation di hotel sesekali nyoba staycation di Bobocabin yang kayanya refreshing banget. Kemarin kami sekeluarga sempat mau camping tapi batal karena beberapa hal.

    ReplyDelete
  9. Makasih banget rekomendasinya mbak! Kayanya mau coba ke Bobocabin ini deh, apalagi pas lihat foto-fotonya kok cakep banget ya dan cocok untuk healing dan relaksasi. Kemarin kami sekeluarga sempat ada rencana mau camping tapi terpaksa batal. Mungkin ini pertanda kami harus mencoba Bobocabin. hehehe

    ReplyDelete
  10. Menarik sekali lokasinya rekomendasi deh buat mama-mama yang mau healing atau juga melepas penat bersama keluarga pasti makin bahagia usai ke sini

    ReplyDelete
  11. Namanya unik yaa... Bobocabin.
    Hihi..yang kebayang bobok di dalam cabin. Tapi ini kabinnya cantik, bersih dan bikin nyaman. Berlibur bersama keluarga memang super seruu.. Apalagi ke rekomendasi kak Tetty yang semuanya berhubungan dengan alam. Rasanya healing..

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D