Copyright by tettytanoyo. Powered by Blogger.

5 Destinasi Wisata di Makassar, Wajib Didatangi Oleh Wisatawan!

 


Assalamu'alaikum, teman-teman on line-ku!


Sesekali cobalah untuk berliburan ke kota Makassar, banyak sekali destinasi wisata dan wisata kuliner yang bisa memanjakan mata kita. Jika bingung memilih hotel di Makassar, terdapat satu hotel bermana Favor Hotel Makassar yang bisa menjadi tempat tinggal pilihan kita, selama menghabiskan waktu di Makassar. Lokasinya terbilang strategis dan mendapatkan rating yang memuaskan dari pengunjung yang sudah lebih dahulu menghabiskan malam di hotel tersebut.


Nah, jika sudah berada di Makassar jangan lupa mendatangi tempat-tempat di bawah ini, ya!



1. Pantai Losari Makassar




Pantai Losari merupakan salah satu ikon terkenal bagi kota Makassar. Rasanya tidak afdol jika tak menyempatkan diri mengunjungi pantai dan sambil berfoto ria. Objek wisata yang satu terkenal akan pemandangannya ketika matahari terbenam. 


Pantai Losari akan cenderung lebih ramai ketika waktu sore menuju maghrib tiba, jadi bisa dibilang waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai ini adalah pada waktu tersebut.


Teman-teman bisa menyaksikan betapa indahnya langit senja di Makassar dengan pemandangan matahari terbenam. Letak pantai ini di sebelah barat kota Makassar. Jika Anda mengunjungi pantai ini, jangan lupa pula berkunjung ke masjid terapung yang ada di sekitarnya. 


Masjid tersebut dinamakan Masjid Amirul Mukminin, dimana masjid itu merupakan masjid terapung pertama yang ada di Indonesia. Interiornya menyerupai rumah panggung tradisional Makassar, dimana menjadi salah satu keunikannya. Tidak hanya dapat mengunjungi masjid terapung, teman-teman juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti jalan santai di sekitar pantai, menaiki perahu bebek di lepas pantai, dan mencicipi kuliner di sekitar pantai.


Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor, Mama Pernah ke Sini?


2. Coto Makassar




Lanjut ke kuliner, rasanya belum ke Makassar jika belum menjelajahi wisata kuliner di kota ini, coto nusantara salah satunya. Bagi teman-teman yang masih asing dengan makanan tersebut, coto adalah makanan yang berisikan perut sapi yang sudah direbus lama. Lalu, rebusan tersebut dicampur dengan daging sapi yang diiris dan diberi bumbu kacang. 


Selain bisa disantap hanya sekedar cotonya saja, coto juga biasanya disantap bersama ketupat, unik, ya? Anda bisa menemukan penjual coto Makassar di sepanjang daerah kota tersebut. Harganya pun bervariasi di setiap penjualnya. Namun, umumnya coto Makassar dibanderol dengan harga mulai dari 15 ribu per sajinya.


3. Tebing Apparalang




Wisata yang satu ini lokasinya memang tidak di kota Makassar, namun tidak ada salahnya jika memiliki waktu lebih dengan menyempatkan datang ke tempat wisata ini. Tebing Apparalang sendiri berlokasi di desa Ara, Bontobahari, Bulukumba. Jika teman-teman datang dari kota Makassar, lokasi Tebing Apparalang berjarak sekitar 190 kilometer, memakan waktu sekitar kurang lebih 5 jam perjalanan jika memakai kendaraan bermotor. 


Daya tarik utama dari wisata ini tentunya tebing kokoh yang berada di tepi pantai. Formasi tebing tersebut setinggi 12 hingga 20 meter yang dilengkapi dengan jalur yang khusus sehingga kita sebagai pengunjung bisa menjelajahi dengan tebing tersebut. Namun tetap harus waspada ya! Walaupun jaraknya yang jauh dari kota Makassar, apa yang didapatkan tidaklah sia-sia. 


Teman-teman akan mendapatkan pemandangan pantai yang luas dengan lautan biru yang menakjubkan. Dijamin, segala pikiran mumet di otak kita akan seketika menghilang begitu melihat pemandangan dari tebing ini. Jangan lupa pula untuk mengabadikan momen dengan melakukan foto ataupun selfie


Selain dapat menikmati suasana laut dari tebing ini, kita juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti cliff jumping dan berenang, tentunya kegiatan tersebut bisa dilakukan tetapi dalam pengawasan petugas tempat wisata.


Baca juga: Wisata dan Wisuda di Taman Safari Indonesia Bogor 2022


4. Sop Konro dan Iga Bakar Karebosi




Balik lagi ke bagian wisata kuliner, teman-teman harus mencicipi Sop Konro dan Konro Bakar khas kota Makassar. Salah satu penjualnya berlokasi di Jalan Gunung Lompobattang, Pisang Utara, tepatnya di belakang gedung Bank Indonesia. Warung milik H. Hanafi ini tak pernah luput dari ramainya pengunjung, walaupun sempat berpindah tempat dari alun-alun kota Makassar ke belakang gedung Bank Indonesia, warung ini selalu menjadi favorit masyarakat Makassar dan sekitarnya. 


Bagi yang belum tahu, Konro sendiri memiliki arti sapi, namun isi dari sop konro sendiri bukanlah daging sapi seperti sop pada umumnya, melainkan tulang iga. Kuah dari sop konro khas kota Makassar ini menggunakan banyak rempah-rempah mulai dari bawang, kemiri, cengkeh, ketumbar, merica, dan kayu manis sehingga rasa dan aromanya begitu kuat. 


Selain sop, warung ini juga menjual tulang iga bakar yang tidak kalah enaknya. Untuk dapat menikmati sajian ini, teman-teman harus menyiapkan uang sekitar 40 ribu.


Baca juga: Cara Menikmati Liburan Bersama Bayi


5. Taman Batu Balocci





Jika dilihat sekilas, Taman Batu Balocci hanya terlihat seperti deretan bebatuan hitam yang tampak berkumpul di suatu tempat. Namun, jika memandangnya lebih dekat, kita akan menyadari bahwasannya bebatuan dengan warna hitam legam tersebut memiliki unsur seni di dalamnya. 


Sebelum terkenal, dulunya kawasan ini dijadikan sebagai tempat untuk menggembala sapi dan kerbau sebab tidak cukup populer dan sepi pengunjung. Namun jika dilihat sekarang, tempat ini kerap didatangi pengunjung yang penasaran akan bentuk dari bebatuan di Taman Batu Balocci ini.


Jika datang ke Makassar, destinasi mana yang kira-kira akan menjadi favorit teman-teman? 

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D