Semakin bertambahnya usia seseorang, kulit manusia akan menjadi lebih kendor dan keriput. Ini sebabnya banyak yang menginginkan kulit tidak cepat menua. Faktor penuaan pada kulit biasanya disebabkan oleh perawatan pada kulit pada tubuh maupun wajah yang kurang.
Meski kehilangan elastisitas, tidak menutup kemungkinan untuk menunda atau memperlambat jaringan serta sel-sel pada kulit agar tidak mengalami kerutan.

Ada beberapa makanan yang dapat memiliki fungsi untuk memperlambat sel kulit menjadi keriput. Pendapat ini telah diungkapkan oleh beberapa ahli di dunia, serta sudah diadakan penelitian untuk mencegah terjadinya kerutan pada wajah.
Bahkan, Seorang ahli gizi dan juga profesor di Boston bernama Joan Salge Blake mengungkapkan bahwa mengubah pola makan akan membuat tubuh mendapatkan nutrisi yang selayaknya agar organ didalamnya dapat berjalan dengan alur yang sesuai. Tubuh diibaratkan sebagai mesin yang harus memiliki pelumas sesuai dengan kebutuhan. 

Pola makan yang baik untuk tubuh agar dapat membuat kulit mengalami kelambatan kinerja sel penuaan dini adalah mengimbanginya dengan mengkonsumsi banyak air putih, sayuran, buah-buahan, ikan, susu yang rendah akan lemak, serta membatasi penggunaan garam dengan takaran yang sesuai.
Saat mengkonsumsi makanan sehat, juga harus mengatur pola tidur yang cukup dan berolahraga ringan terlebih dahulu.

Agar tidak kebingungan memilih apa saja makanan yang sesuai untuk membuat Anda menjadi lebih awet muda, berikut daftar makanan yang cocok untuk meminimalisir resiko penuaan dini sebagai berikut :

1. Mengonsumsi Gandum


Berbagai macam makanan yang mengandung glikemik yang tinggi dapat mengakibatkan timbulnya jerawat serta kulit akan menjadi lebih berkerut. Dengan mengkonsumsi gandum dapat membantu untuk mencegah meminimalisir kerusakan pada kulit serta iritasi yang timbul saat salah konsumsi makanan.

Gandum sendiri, memiliki sifat yang rendah glikemik yang mampu untuk tidak membuat meningkatnya kadar gula dalam darah seperti yang terkandung dalam pasta maupun beras.

2. Mengonsumsi Pepaya


Buah pepaya ketika sudah berwarna oranye artinya sudah matang dan siap untuk dipanen. Buah ini mengandung banyak sekali vitamin, Anti oksidan, dan juga mineral yang mampu membantu untuk meningkatkan elastisitas pada kulit.
Pepaya juga dapat meminimalisir timbulnya garis-garis halus yang dapat mengakibatkan kerutan. Kandungan dalam buah pepaya terdapat vitamin A, B, C, K, E, kalium, kalsium, fosfor, dan juga magnesium. 

Ketika seseorang mengkonsumsi buah yang satu ini, maka manfaat yang akan didapatkan adalah mampu membantu untuk melepaskan berbagai macam sel kulit mati sehingga kulit akan tampak lebih bersinar dan cerah.

Hal ini dikarenakan, ada kandungan antioksidan yang mampu membantu agar kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas dapat diminimalisir. Ada juga enzim yang terkandung dalam buah pepaya, dikatakan oleh para ahli dapat menunda penuaan tambahan karena merupakan salah satu dari berbagai macam buah yang memiliki agen anti inflamasi paling baik di alam bebas.
 
3. Mengonsumsi Buah Jeruk



Selain rasa dari buah yang begitu manis dan segar, ternyata jeruk memiliki kaya akan air yang berfungsi sebagai bahan untuk melembabkan kulit bahkan sampai kedalam sel-sel dalam tubuh Manusia. Sudah tak heran lagi, dengan mengkonsumsi buah jeruk yang banyak mengandung vitamin C ini, dapat menjadikan kulit menjadi lebih kenyal disebabkan oleh hasil kolagen.

4. Mengonsumsi Sayur Bayam



Bayam merupakan salah satu tumbuhan yang biasa dimanfaatkan daunnya sebagai sayuran. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropik ini dikenal oleh banyak orang karena sangat mudah pengolahannya serta memiliki zat besi yang penting untuk tubuh.
Selain zat besi, bayam juga mengandung antioksidan yang mampu mengoksidasi dan bisa membantu menghidrasi seluruh anggota tubuh. 

Selain kandungan diatas, bayam juga mengandung banyak sekali vitamin yang baik bagi tubuh. Seperti, vitamin A, E, C, besi nabati, Lutein, dan juga magnesium. Berbagai macam kandungan inilah yang membuat sayur bayam sangat cocok dikonsumsi agar kulit terlihat awet muda.

5. Mengonsumsi Buah Alpukat

Buah alpukat mungkin tidak asing di telinga para penikmat minuman jus. Ya, alpukat sering digunakan sebagai bahan minuman yang sangat menyegarkan dikala musim panas tiba. Meskipun terkadang ada rasa masam, akan tetapi buah ini masih memiliki banyak penikmat.

Alpukat banyak dikenal sebagai buah yang kaya akan asam lemak untuk membuat kulit agar lebih halus serta mampu menangkal radang. Mengandung berbagai macam nutrisi yang berguna untuk mengurangi dan menunda resiko penuaan. Ada vitamin A, B, C, E, K, dan Kalium. 

Vitamin A yang terkandung dalam  alpukat gunanya untuk membuat kulit lebih bercahaya dan membantu melepaskan sel kulit yang mati. Buah ini diyakini mampu membuat tubuh agar terhindar dari racun serta kanker kulit yang disebabkan oleh sinar matahari.

Demikian ulasan mengenai makanan yang mampu membuat kulit menjadi lebih awet muda dan terhindar dari penuaan dini.

Semoga bermanfaat yaa ☺




 
rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor

Assalamu'alaikum, apa kabarnya Buibu online sekalian?


Bagaimana kondisi rumah? masih BDR dan WFH kah? Mudah-mudah semua diberikan kemudahan dan kesehatan ya, amiin.


Pandemi Covid-19 yang menerjang Indonesia sejak Maret lalu memunculkan banyak sekali perubahan-perubahan terhadap hidup kita.


Mulai dari aktivitas kerja, sekolah,  hingga aktivitas lainnya, termasuk aktivitas rekreasi dan hobi. Apalagi hobi traveling ya, pasti sangat terdampak, karena ga bisa kemana-mana sama sekali akibat wabah ini.


Akibat banyaknya aktivitas dan hobi yang dibatasi, banyak bermunculan hobi-hobi baru di masa pandemi ini.


Salah satu hobi yang makin hits di kala pandemi seperti sekarang ini adalah: 


Berkebun, olah raga/bersepeda, memasak, memelihara hewan, dll.


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Image from Pexels


Karena banyaknya orang yang jenuh dan stres di rumah aja, hobi-hobi tersebutlah yang akhirnya menjadi release atau dijadikan saluran untuk meredakan stres dan obat jenuh.


Saya sendiri lebih senang berkebun dan memelihara kelinci. Karena dua hal ini bisa bersimbiosis mutualisme. Kotoran kelinci sangat bisa digunakan menjadi pupuk kandang yang membuat tanaman menjadi semakin subur.


Saya memanfaatkan lahan terbatas untuk berkebun (urban farming) dengan cara menanam menggunakan pot bunga, wadah bekas, atau pun dengan sistem hidroponik.


Berkebun ternyata memiliki banyak manfaat lho. Dilansir dari Web Alodokter, berkebun banyak memiliki manfaat, diantaranya:


1. Meningkatkan daya tahan tubuh


Berkebun biasanya dilakukan diluar rumah, tubuh dengan mudah terpapar sinar matahari yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sinar matahari juga sangat baik untuk meningkatkan penyerapan kalsium pada tubuh kita lho!


2. Mengusir rasa jenuh dan stres


Rutinitas yang sangat padat, walaupun hanya di rumah karena pandemi, tentunya membuat kita jenuh dan stres.


Berkebun bisa digunakan untuk mengusir perasaan-perasaan tersebut. Ketika kita menanam tanaman, kita melihat progres tanaman tersebut sejak benih hingga tumbuh tinggi. Dari situ akan ada perasaan bahagia dan bangga.


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor


Apalagi setelah pekarangan rumah menjadi hijau dan berwarna-warni, rumah pun terasa lebih asri dan sejuk.


3. Sebagai sarana latihan fisik dan olah raga


Mengangkat pot, tanaman, media tanam, menyiram air, adalah kegiatan-kegiatan ringan yang mampu membuat tubuh aktif bergerak, otot-otot pun kembali terlatih, dan tentunya mengeluarkan zat-zat beracun dari dalam tubuh kita melalui keringat.


4. Menjaga kesehatan otak


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor


Berkebun juga bisa memelihara kesehatan otak kita lho. Sebuah penelitian mengatakan, bahwa kegiatan berkebun membuat pikiran kita menjadi lebih fokus karena sibuk berpikir dan beraktivitas.


Berkebun juga bisa sekaligus menjadi kegiatan yang positif untuk berinteraksi secara sosial. Selain itu, berkebun sangat baik dilakukan apalagi bagi lansia, untuk mencegah demensia di usia lanjut.


5. Membantu terbiasa mengonsumsi makanan sehat


Berkebun bisa menimbulkan kebiasaan baik dan positif, yakni membuat kita dan keluarga makan makanan sehat.


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor


Sayur-sayuran yang kita tanam dengan bersusah payah (dari benih) tentunya akan sangat senang jika kita makan/konsumsi sendiri.


6. Mengeratkan bonding dengan anak dan keluarga


Dengan berkebun bersama, kita bisa melakukan aktivitas dengan anak dan keluarga, hal ini tentunya memperat bonding dengan anak juga pasangan.


7. Sebagai sarana belajar


Bagi anak-anak, berkebun di lahan yang terbatas tentunya menjadi sebuah hal baru. Dengan begitu, kegiatan berkebun akan menjadi sebuah pengalaman baru dan menjadi sebuah pembelajaran tersendiri jika kegiatan tersebut dikemas dengan baik.


Manfaat berkebun saat BDR (Belajar dari rumah) bagi Anak Usia Dini, diantaranya:


1. Mengembangkan keterampilan motorik

2. Baik untuk perkembangan bahasa

3. Belajar bertanggung jawab

4. Eksplorasi sensorik

5. Belajar Sains dan Matematika


(Sumber: instagram PaudPedia Kemdikbud)


Awalnya, saya merasa aneh, lho kok bisa ya saya suka tanaman dan hewan? Padahal awalnya saya paling gak suka tanaman hias dan hewan-hewan hias/peliharaan.


Yah begitulah, Pandemi ini memang sedikit banyak membawa perubahan pada kebiasaan-kebiasaan sehari-hari.


Kebetulan sekali rumah saya terletak di Kecamatan Tajur Halang Kabupaten Bogor.


Kalau lihat-lihat di Google, daerah sini cukup banyak yang bertani tanaman hias dan toko-toko peralatan berkebun.


Nah, karena suami masih WFH dan anak-anak pun BDR, disela kesibukan itulah saya 'hunting' beberapa lokasi penjual bibit tanaman dan juga peralatan berkebun.


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Saya berada persis di depan Toko Segar Alam

Hingga sampailah saya ke Toko Peralatan Pertanian dan Perkebunan, Toko Segar Alam yang terletak di Jalan Kampung Baru Desa Citayam Kecamatan Tajur Halang Kabupaten Bogor.


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
  


Toko Segar Alam, Jalan Raya Kp. Baru RT  05/05 Desa Citayam Kecamatan Tajur Halang Kabupaten Bogor.

Letaknya gak jauh dari rumah, di Google Maps hanya sekitar 15-20 menit saja untuk menuju ke Toko Segar Alam Citayam.


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Di seberang Toko Segar Alam ada ruko-ruko gitu, kalau weekend kadang parkirnya sampe ke sini


Saya sudah dua kali ke sini. Pertama kali naik motor dengan pak suami, saat weekend, kondisinya sangat ramai pengunjung.


Karena sudah pengalaman, pas weekend itu ramai sekali, maka dari itu, untuk kali kedua, saya ke sana pada saat Weekdays aja, agar meminimalisir kerumunan dan antrian.


Dan alhamdulillah, ketika weekdays toko tidak begitu ramai dan saya lebih bisa leluasa jalan-jalan dan memilih barang-barang yang saya butuhkan.


Banyak sekali barang-barang atau peralatan bertani dan berkebun dijual di toko ini. Seperti pot-pot kecil, pot besar, pot keramik, hingga pot-pot putih kekinian yang ciamik banget buat difoto untuk uplod di instagram, hehehe.


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Pot putih yang lagi kekinian

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Pot warna-warni

Selain itu, banyak juga standing pot dari besi yang juga gak kalah hits. Biasanya standing pot ini dipakai untuk menghias rumah di bagian dalam atau untuk di teras rumah.


Saya udah punya standing pot ini di rumah, trus sekarang pengen punya lagi dan lagi, wkwkwk ketagihan.


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Standing besi untuk pot tanaman buanyakkk

Rak-rak tanaman yang terbuat dari besi pun di jual di Toko Segar Alam, pengen juga punya rak tanaman besar seperti itu, supaya bisa lebih banyak tanaman yang dipajang untuk menghijaukan halaman rumah.


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Poto dulu di tengah yang ijo-ijo

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Ada beberapa jenis tanaman yang juga dijual, banyaknya pohon-pohon yang cukup besar seperti palem-paleman dan pohon-pohon buah

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Ada juga step untuk taman


­čîÁHarga

Untuk harga sendiri (penting ya buat ibu-ibu) ramah di kantong dan cukup murah.


Pot ukuran kecil hingga sedang dibandrol mulai dari 3.000-an aja gaes, pot tawon ukuran standar pun dijual 11 ribuan aja.


Berikut beberapa produk+harganya yaa.


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Decis pembasmi hama Rp.18.500/pcs

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Media tanam Trubus Rp. 30.000/karung

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
RAM Besi ukuran 45x90cm Rp.65.000/pcs

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Pot Grace SGP 50cm, Rp.16.000/pcs Rp.178.500/lusin

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Aneka pot gantung


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Pot gantung rotan anyam, diameter 15cm Rp.27.000/pcs 

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Polybag 30cm, Rp.20.000/kg

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
NPK mutiara 161616 Rp.12.000/kg, Rp.550.000/karung ukuran 50kg

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Paranet Rp.13.500/meter

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Pot botani hitam, diameter 20cm, Rp.3.000/pcs, Rp.22.000/lusin

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Pot lebah/tawon diameter 21cm Rp.8.000/pcs dan
Rp. 81.000/lusin 

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Pot mahkota, ukuran diameter 25cm, Rp. 12.000/pcs dan Rp.132.000 per lusin

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Pot kaktus diameter 10 cm Rp. 2.500/pcs dan Rp.25.000/lusin

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Rak botol isi 7 Rp.95.000

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Rak sate lengkung kecil Rp. 110.000

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Rak standar kode 3820 Rp. 26.000

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Rak minimalis isi 3, Rp.95.000

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Aneka bibit unggul mulai dari Rp.9.500an per pack

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Bibit unggul berbeda dengan bibit biasa, angka harapan tumbuhnya lebih besar dibanding bibit biasa yang harganya jauh lebih murah

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Pakis lempeng isi 5 ikat Rp.15.000

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Sekam bakar Rp.15.000 per karung

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Pasir malang untuk kaktus Rp 12.000 per karung



rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Batu hias Rp.30.000 per karung

rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor
Media tanam SK Rp.9.000/pack


rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor


­čîÁPelayanan


Karyawannya cukup banyak, jadi ya cukup bisa lah melayani konsumen satu-satu, tapi kalau lagi weekend sih ya gitu, rameee.


­čîÁLahan Parkir


Buat yang mau beli banyak dan bawa mobil, area parkirnya cukup luas dan posisi tokonya ada di tikungan/hook gitu, jadi sangat terlihat dari jalan raya dan mudah untuk berhenti/parkir.


­čî▒Kekurangan 


Menurut saya, kekurangan Toko Segar Alam ini mungkin di lokasinya. Karena terletak di Kabupaten Bogor/pinggiran kota Depok dan Bogor, masuk ke dalam Desa Citayam Kecamatan Tajur Halang, bukan ada di pusat kota.


­čî▒Kelebihan  


Tapi, walau pun cukup masuk ke dalam wilayah pinggiran kota, harga yang ditawarkan di sini cukup murah dan kompetitif. Banyak yang memang membeli barang-barang/peralatan perkebunan di sini untuk dijual kembali.


Sambil jalan-jalan, bisa banget membeli banyak item dengan harga grosir dan terjangkau.


Video lengkap waktu saya ke Toko Segar Alam sudah tayang di Youtube:





rekomendasi toko pot, tanaman, peralatan berkebun di citayam tajur halang kabupaten bogor


Akhirnya, siap juga nih peralatan untuk berkebun di rumah.☺


Gimana? Udah siap berkebun di rumah? Siapa yang memang sudah hobi berkebun sejak atau sebelum pandemi Covid-19? 


Sharing di kolom komentar yaa.