Copyright by tettytanoyo. Powered by Blogger.

Mengatasi Hambatan Belajar pada Anak dengan Online Learning Sinotif

 

bimbel online matematika fisika dan kimia hanya di sinotif


Assalamu’alaikum Mama semua, alhamdulillah anak-anak sudah hampir satu bulan ya, Ma belajar kembali di sekolah. Bagaimana nih, kabar anak-anak di kelas atau sekolah barunya? Apakah sangat bersemangat? Atau menghadapi beberapa tantangan?

 

Apapun tantangannya, semoga Mama tetap optimis dan segera menemukan solusi atas berbagai tantangan yang terkait dengan dunia sekolah anak-anak, ya.

 

Anak sulung saya, Kifah, alhamdulillah masuk ke Sekolah Menengah Pertama tahun ini, sedangkan adiknya, Aldebaran, masuk ke kelas 2 Sekolah Dasar. Mereka berdua masih beradaptasi dengan berbagai pembelajaran yang ada di sekolah masing-masing. Karena memang sedang terjadi perubahan kurikulum nasional ya, Ma. Sebelumnya, anak-anak menggunakan kurikulum tematik sedangkan sekarang beralih ke kurikulum Merdeka yang mengusung tema besar yaitu MERDEKA BELAJAR.

 

Bicara soal Merdeka belajar, memang banyak hal yang harus kita perhatikan, ya, Ma, menyoal pembelajaran anak di sekolah. Yakni bagaimana menyiapkan lingkungan dan atmosfer pembelajaran bagi anak yang bisa mendukung bakat dan minat mereka secara individual, memberikan kenyamanan lingkungan pembelajaran yang anti bullying/kekerasan mental dan fisik, serta memberikan akses atau kebebasan anak-anak dalam mengeksplor berbagai ilmu pengetahuan tanpa batasan ruang-ruang kelas.


 

Secara garis besar, perubahan kurikulum dari masa ke masa ini memang memunculkan kontroversi ya, Ma. Sebagai warga negara yang mempercayakan pendidikan anak-anak kita kepada pemerintah Republik Indonesia ini, memang kita tidak bisa berbuat banyak, yang bisa kita lakukan tentunya mempelajari dan mendukung penyelenggaraan pendidikan di Indonesia agar anak-anak kita mendapatkan pendidikan yang terbaik.

 

Maka dari itu, beberapa waktu lalu saya mengikuti pelatihan Ibu Penggerak yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek beserta Sidina Community untuk lebih banyak belajar tentang kurikulum nasional, berbagai pola-pola pembelajaran di sekolah, dan bagaimana saya sebagai orang tua juga mampu berperan aktif sebagai ibu penggerak yang mendukung dan berkontribusi dalam program Merdeka belajar baik di sekolah maupun di rumah.


Baca juga: Anak Membuat Kita Tidak Bahagia?

 

Peran Pendidikan Keluarga untuk Mendorong Minat dan Bakat Anak



bimbel online matematika fisika dan kimia hanya di sinotif


Setelah mengikuti pelatihan Ibu Penggerak dari Kemendikbudristek kemarin, saya semakin sadar bahwa sekolah hanyalah sarana untuk memberikan pendidikan karakter, ilmu pengetahuan, mengasah dan mengolah kompetensi anak-anak kita. Arsitek Pendidikan anak yang sesungguhnya tentunya kita sebagai orang tua. Memiliki visi dan misi yang jelas agar anak-anak mendapatkan pendidikan yang holistic baik itu untuk meningkatkan IQ, EQ, dan juga SQ.

 

Pendidikan keluarga juga berperan dalam memetakan kelebihan/potensi dan kekurangan anak, jadi bukan serta merta menyalahkan pihak sekolah ketika ada hambatan atau masalah belajar pada anak. Tetapi orang tua lah yang harusnya tahu dan paham lebih dahulu ketika anak memiliki hambatan belajar pada mata pelajaran tertentu atau pun pada aspek lainnya, kemudian berusaha mencari solusi bersama pihak sekolah atau pun solusi lain yang lebih memungkinkan.


Baca juga: Pengalaman Melakukan Pindai Sidik Jari untuk Menemukan Bakat dan Minat Anak

 

Menghadapi Hambatan Belajar pada Anak


bimbel online matematika fisika dan kimia hanya di sinotif

Saya pernah mengalami beberapa kasus hambatan belajar pada si sulung ketika sekolah di Sekolah Dasar kemarin. Salah satu hambatan belajar yang dirasakan adalah interaksi sosial dengan teman-temannya di kelas. Mengalami beberapa tindakan bullying di kelas (walau tidak parah) dan akhirnya bisa diselesaikan dengan baik bersama pihak sekolah.

 

Hambatan mengenai akademik pun pernah dirasakan si sulung ketika duduk di kelas 5 Sekolah Dasar, transisi pasca pandemi covid-19 yang disinyalir memunculkan fenomena ‘Learning Loss’ ini juga pernah dirasakan oleh si sulung. Ia merasa terseok-seok ketika belajar kembali di sekolah. Karena memang pembelajaran daring yang mendadak karena situasi pandemi covid-19 tidak bisa 100% membuat anak-anak bisa menguasai seluruh materi pembelajaran.

 

Akhirnya untuk mengatasi hal tersebut, sekolah juga memberikan solusi pembelajaran tambahan di sekolah untuk ‘menambal’ kembali pembelajaran seperti Matematika, Sains, Bahasa, dll yang sempat terhambat ketika Pandemi Covid-19.

 

Persiapan Ulangan Harian dan Ujian Semester



bimbel online matematika fisika dan kimia hanya di sinotif

Walau baru sebulan melakukan pembelajaran kembali di sekolah, biasanya guru akan memberikan ulangan harian untuk melihat sejauh mana pembelajaran diserap oleh siswa. Dan selanjutnya ulangan harian ini akan menjadi ‘modal’ untuk melakukan ujian semester nanti. Si sulung pun bercerita kemarin ia sudah melakukan ulangan harian untuk mata pelajaran Matematika, sedangkan Aldebaran, ulangan hariannya masih bersifat kuis dan praktek lisan.

 

Saya sendiri sering bertanya kepada anak-anak, “Pelajaran apa yang paling kalian suka? Dan Pelajaran apa yang paling kalian tidak suka? Dan apa alasannya?”

 

Jawaban anak-anak tentunya bervariasi, karena si sulung, Kifah suka dengan sekolah barunya, hampir tidak ada pelajaran yang tidak ia sukai, tapi memang katanya yang agak sulit itu Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Begitu pun Aldebaran, ia kesulitan di Bahasa Arab tapi dia sangat suka pelajaran Matematika.

 


bimbel online matematika fisika dan kimia hanya di sinotif


Saya yakin memang namanya belajar banyak mata pelajaran itu tidak mudah, ya. Pasti ada mata pelajaran yang mudah bagi anak dan juga sulit untuk anak. Kita pun dulu ketika sekolah pasti merasakannya ya, Ma. Tidak semua mata pelajaran kita kuasai dengan baik.

 

Namun tidak ada salahnya kalau kita bisa lebih mendorong anak-anak untuk meningkatkan kemampuan belajarnya pada pelajaran yang sulit, dan mengasah minatnya pada pelajaran yang sangat mereka sukai.

 

Mencoba Bimbel Online Matematika


bimbel online matematika fisika dan kimia hanya di sinotif


Beberapa waktu lalu, saya mencoba mendengarkan paparan Bimbel Online Matematika dari Sinotif untuk Aldebaran. Karena memang dia sangat suka pelajaran matematika dan sangat ingin menjadi peneliti/ilmuan atau arsitek.

 

Salah satu hal yang unik dari Sinotif adalah mengklasifikasikan anak yang masuk bimbingan belajar menjadi 2 kelompok, yakni anak yang terhambat dalam pembelajaran, dan anak yang memiliki potensi atau ketertarikan terhadap ilmu eksakta, yang kemudian  dapat  dibimbing agar makin mantap dan faham terhadap dasar-dasar pembelajaran matematika, fisika, dan kimia.



bimbel online matematika fisika dan kimia hanya di sinotif


Hal ini sesuai dengan kelebihan dari bimbel Sinotif yakni personalized, dimana anak akan diberikan pembelajaran dan bimbingan sesuai dengan kebutuhan anak terhadap mata pelajaran matematika, fisika, dan kimia.

 

Tulisan sebelumnya mengenai bimbingan belajar online Sinotif bisa dibaca di link ini.


 Baca juga: Belajar Matematika Makin Mudah dengan Bimbel Online Sinotif


Saya sendiri berkonsultasi untuk anak seusia Aldebaran (kelas 2 SD) yang memiliki ketertarikan terhadap matematika, akan diberikan pembelajaran yang seperti apa? Kemudian saya mendapat penjelasan dari tim Sinotif yaitu:

 

“Untuk anak usia Aldebaran (kelas 2 SD) yang kebetulan menyukai matematika, akan dibimbing dengan pembejaran yang menyenangkan ‘Fun Learning’ dan penguatan terhadap dasar-dasar matematika, sehingga ketika Aldebaran menghadapi soal seperti apapun (dibolak-balik sedemikian rupa) dia akan tetap mengerti dengan logika dasar matematika soal tersebut dan mampu mencari jawabannya.” Jelas Kak Rommy dari Sinotif.

 

Memang benar ya, Ma. Di zaman sekarang, anak-anak sudah tidak lagi belajar tentang hafalan dan pemahaman belaka, namun anak harus bisa menganalisis dan mensintesis soal-soal yang diberikan dengan penalaran yang kuat, atau istilahnya sekarang soal-soal HOTS (High Order Thingking Skill).

 

Gak mudah, lho, Ma, mengerjaan soal HOTS ini, saya pernah melihat soal-soal matematika Aldebaran saat ia mengikuti lomba matematika secara daring, wah, soalnya bikin geleng-geleng kepala untuk ukuran anak SD kelas rendah, hehehe.

 

Makanya saya setuju banget, bahwa dasar-dasar ilmu hitung atau matematika ini harus diperkuat dengan cara memberikan soal-soal yang memerlukan daya nalar yang tinggi serta perlu dilakukan pengulangan dan pembiasaan ‘bertemu’ soal seperti itu, sehingga ketika di sekolah mendapatkan soal-soal sejenis saat ulangan harian atau ujian semester sudah tidak kaget lagi, ya, Ma.

 

Program Bimbingan Belajar Online Sinotif

 

Ada 4 program yang bisa diambil ya, Ma, di Sinotif, yakni program Diamond, Platinum, Gold, dan Silver. Masing-masing program ini memiliki bebeapa kelebihan, yakni:

 


bimbel online matematika fisika dan kimia hanya di sinotif


Kalau menurut saya, untuk anak yang memang ingin mengembangkan potensinya di bidang Matematika, Fisika, dan Kimia seperti Aldebaran, bisa mengambil program Gold atau Platinum ya, Ma. Untuk program Diamond sendiri, biasanya program intensif yang ingin mendalami Matematika, Fisika, dan Kimia untuk mengikuti ajang atau kompetisi Matematika, Fisika, Kimia, baik nasional maupun internasional.

 

Sinotif juga melakukan perencanaan pembelajaran untuk setiap siswa agar sesuai target yang diharapkan serta memberikan report hasil belajar secara berkala untuk para siswa yang mengikuti bimbingan belajar online di Sinotif, agar orang tua juga tetap bisa terlibat dalam memantau progress atau perkembangan belajar anak.

 

Khusus untuk produk Diamond dari Sinotif, siswa akan diberikan garansi uang kembali 100% jika memang tidak cocok dengan guru maupun metode pembelajaran yang diberikan oleh Sinotif. Kelebihan lainnya adalah semua produk bimbingan belajar on line dari Sinotif, diberikan akses 24 Jam untuk mengakses pembelajaran, latihan soal, hingga tanya jawab PR pada E-Learning seratusinstitute.com dan aplikasi tanya jawab soal. 

 

Belajar di Era Digital


bimbel online matematika fisika dan kimia hanya di sinotif


Setelah mengetahui berbagai hambatan belajar pada anak, tentunya sebagai orang tua, kita akan merasa gelisah dan segera mencari solusinya, ya, Ma. Begitu pun ketika kita menemukan potensi yang ada pada diri anak, sebisa mungkin tentunya kita ingin mengasah potensi tersebut.

 

Step pertama mungkin kita akan berkonsultasi dengan guru kelas dan pihak sekolah anak terkait hambatan belajar atau pun potensi yang dimiliki oleh anak-anak kita, namun tidak ada salahnya jika kita pun memberikan opsi lain yakni memberikan bimbingan belajar secara online di luar sekolah yang mampu mengatasi hambatan belajar atau pun mengasah kemampuan anak dalam bidang akademik.


bimbel online matematika fisika dan kimia hanya di sinotif


Di era digital seperti sekarang ini, belajar secara daring atau online bukan lagi hal yang tabu, karena memang kebutuhan akan pendidikan yang merata dari Sabang sampai Merauke, kemudahan diakses Pendidikan dimanapun dan kapanpun menjadi tuntutan zaman.

 

Seperti nasehat yang sering kita dengar dari Sayidina Ali bin Abi Thalib: “Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya, bukan dengan zamanmu, karena memang mereka hidup pada zamannya, bukan pada zamanmu.”


bimbel online matematika fisika dan kimia hanya di sinotif


Sungguh sangat relate sekali ya nasehat ini dengan hari ini, padahal ‘quotes’ ini sudah diucapkan sejak ribuan tahun lalu. Semoga anak-anak kita menjadi generasi yang dididik sesuai dengan zamannya ya, Ma. Agar anak-anak bisa belajar dengan lebih menyenangkan baik di sekolah maupun di luar sekolah.

 

Apakah anak-anak sudah mulai mengikuti ulangan harian di sekolahnya, Ma? Atau masih beradaptasi dengan transisi kurikulum yang baru? Sharing yuk, di kolom komentar :D

 


20 comments

  1. Anak pernah ikutan free trial di Sinotif, bagus ya beneran mengatasi masalah belajar pada anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya mba Tian, memang hambatan belajar pada anak harus diatasi dengan baik ya supaya tidak jd kendalan yg terus menerus

      Delete
    2. Wah iya mba Tian, memang hambatan belajar pada anak harus diatasi dengan baik ya supaya tidak jd kendalan yg terus menerus

      Delete
  2. Infonya ku simpan yah buat SID. Dia suka matematika dan numerasi. Rencananya kalau kelas 4 ke atas mau kuajak ikut bimbel, khawatir emaknya udah ga nutut kalau ngajarin. Hahaha jadi mending kasih ke ahlinya aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kakak SID udah mau kelas 4 ya, iya aku pun udah kurang mudeng ngajarin anak2 apalagi kalau udah ada soal HOTS, memang bener serahkan pada ahlinya aja yaa

      Delete
  3. Wah, Kifah udah SMP aja ya mba.. Kalo Aldebaran sama nih kayak Mika kelas 2.. :D Iya sekarang kurikulum berubah, buku-buku kakak jd gak bisa dipakai adik lagi.. Hihi Tapi berharap semoga kurikulum baru makin meningkatkan potensi anak-anak, ya. Nah, aku suka nih kalo ada tempat kursus belajar yang memetakan kategori anak yg terhambat sama yg memang suka dan berkembang. Soalnya pasti pendekatan belajarnya kan juga beda yah mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, kadang kita selalu berfikir bimbel buat anak yg terhambat aja, padahal bimbel juga cocok buat menggali minat dan bakat anak di bidanh eksakta ya

      Delete
  4. Sekarang ini memudahkan pastinya ya mba kalau belajar matematika dengan cara seperti ini. Bener sekali apa yang disampaikan karena bagaimanapun didik anak sesuai dengan jamannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ummi alhamdulillah ya, zaman anak2 kita sekarang memang sudah berubah, dan kita orang tua wajib menyeseuaikan ya

      Delete
  5. Wah, semoga belajarnya makin menyenangkan.

    ReplyDelete
  6. Wah udah ada yang SMP ya. Emang bener masa2 covid itu paling berat menurutku. Aku sampai 1 th mendampingi anakku yg divonis perlu shadow teacher. Alhamdulillah ada Sinotif ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang covid kemarin moment2 yang bikin riweuh ya kalau diinget2, kita ikut mendampingi anak belajar setiap hari, tapi hikmahnya anak2 jd udah paham cara belajar online

      Delete
  7. Jujur emang pembelajaran sekarang tuh berat banget, anak-anak seperti terseok-seok mengerjakan tugas, diburu waktu, akhirnya ketinggalan, memang orangtua tetap harus peka mendukung mereka di rumah, saya setuju dengan adanya bimbel tambahan seperti Sinotif ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuull, kalau ngga ada repetisi dan latihan2, hanya mengandalkan guru di sekolah, rasanya emang berat bgt yaa

      Delete
  8. Kalau orang tua bekerja agak sulit juga ya mam, mengajarkan anak mata pelajaran di sekolah..solusi biasanya ortu mengikutsertakan anak ke bimbel. sinotif bisa jadi solusi bimbel Online anak

    ReplyDelete
  9. Solusi bimbel buat anak yang ogah disuruh jalan ke tempat bimbel nih. Salim masih bimbel sama emaknya aja xixixi.

    ReplyDelete
  10. Masih ada sih hafalan di sekolahnya anak2 saya. Cuma memang lebih banyak soal HOTS nya.. Perlu banget nih sinotif ya buat Adek nih. Ntar ceki2 ah

    ReplyDelete
  11. Bimbel Sinotif ini emang khusus buat mata pelajaran science aja berarti ya mbak? Nggak ada yang sosial kah? Trus bisa dimulai dari anak usia berapa tahun sampai berapa?

    ReplyDelete
  12. Wah jadi enaknya bisa masuk sesuai dengan kelas yang pas ya, bukan sesuai umur. Tapi enaknya bimbel online gini tuh anak gak perlu keluar keluar rumah lagi sih. Soalnya mereka suka capek kalau pulang sekolah sudah siang terus harus les lagi keluar rumah lagi sorenya.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D