Rahasia Sukses Jual Batik Keris yang Melegenda

| On
November 30, 2016
Image from batikkeris.co.id


[ADV]

Ada yang pernah dengar nama "Batik Keris?"

Sejarah

Awal mula jual Batik Keris dan kemudian berkembang hingga sekarang, dimulai dari Alm. Kasom Tjokrosa putro beserta dengan istrinya yaitu Gitini di tahun 1947. 

Pengetahuan seputar batik yang dikenalkan dari orang tua Alm. Kasom, menjadi modal untuk berdagang batik dan toko yang dibuka tersebut bernama Kerisdan berada di Jl. Kom. Yos Sudarsoa tau yang sekarang bernama Jl. Nonongan No. 62, Solo. 

Batik Keris saat ini memiliki pusat di Cemani, Grogol, Sukoharjo setelah berkembang dan mendirikan pabrik di Kleco. Batik Keris menjadi terkenal hingga saat ini karena beberapa alasan. 

Alasan batik keris terkenal dan melegenda yaitu:

Pertama adalah Batik Keris  sudah berdiri sejak 1947 dan mempertahankan keanekaragaman yang ada di Indonesia. 

Batik Keris memiliki corak yang tidak hanya corak batik klasik, namun juga modern dan kontemporer sehingga menggabungkan nuansa klasik atau vintage dengan modern dan membuat siapa saja dapat mengenakan batik. 


Kedua adalah batik Keris ini dapat digunakan oleh siapa saja dan dapat mencakup kalangan anak-anak hingga orang tua. Tidak hanya berdasarkan pada motif yang klasik seperti mega mendung ataupun motif batik kontemporer yang cocok digunakan oleh anak muda yang memiliki semangat muda, namun juga pada design pakaian. 

Untuk batik yang digunakan oleh anak muda, biasanya memiliki potongan yang lebih modern dibandingkan dengan batik yang dibuat untuk orang tua yang lebih memiliki potongan baju dan motif serta perpaduan warna yang lebih sederhana. 

Ketiga adalah bahan pewarna yang digunakan adalah pewarna alami sehingga lebih ramah lingkungan serta menimbulkan warna yang lebih khas. 

Beberapa bahan alami yang digunakan untuk memberikan warna pada batik sehingga jual Batik Keris tetap dapat berjalan dan berkembang namun tetap ramah lingkungan yaitu: 

Daun jati yang masih muda yang dapat memberikan warna merah kecoklatan.

Tarum. Indigo atau nila yang merupakan tanaman suku polong-polongan untuk warna biru. 

Kulit pohon serta daun mangga untuk memberikan warna hijau. 

Akar mengkudu untuk memberikan warna merah.

Daun andong untuk menghasilkan warna hijau. 

Kunyit untuk menghasilkan warna kuning. 

Sabut kelapa untuk memberikan warna krem kecoklatan.

Keempat adalah Batik Keris selalu memperkenalkan produknya atau koleksi terbarunya lewat pameran ataupun fashion show. 

Untuk melayani permintaan dari konsumen akan Batik Keris, banyak toko yang dapat dengan mudah ditemui tidak hanya di Solo namun juga di kota lainnya. Batik Keris memberdayakan masyarakat sekitar sehingga tidak hanya dapat mengembangkan bisnisnya hingga ke manca negara namun juga membantu perekonomian masyarakat sekitar. 

Kelima adalah Batik Keris selalu memperbarui design dan gaya untuk diaplikasikan ke produknya namun tetap menyelipkan budaya dari Indonesia sehingga tidak hanya dapat mengembangkan bisnis akan tetapi juga ikut untuk melestarikan kebudayaan di Indonesia. 

Banyaknya batik tentang budaya Indonesia adalah rahasia jual Batik Keris dan salah satunya adalah koleksi Puspa Nusa yang diperkenalkan di tahun 2013. 


Ciri dari batik ini adalah penggunaan warna yang cerah dan motif yang lebih bebas namun tidak meninggalkan motif klasik seperti untuk koleksi pria dengan motif sekar jagad ataupun bawonorejo dan memiliki warna gelap seperti sogan

Untuk wanita, design seperti baju terusan atau dress dan outer yang dilengkapi dengan ikat pinggang serut untuk pengikat melengkapi koleksi Puspa Nusa. 

Sedangkan untuk remaja, didominasi kemeja slim fit dengan motif yang bervariasi dan menggunakan warna yang cerah seperti kuning, orange dan ungu.

Itu ya informasi seputar Batik Keris yang melegenda di Indonesia, ada yang suka pakai batik juga? Motif apa sih yang paling kamu suka? Share yuk!
4 comments on "Rahasia Sukses Jual Batik Keris yang Melegenda"
  1. hebat ya, sekarang ini batik keris sudah terkenal dan harganya juga bersaing :)

    ReplyDelete
  2. batik keris, legend banget deh. dan kesannya mewaah

    ReplyDelete
  3. bagus bagus batiknya,, kreatif

    ReplyDelete
  4. Tadi siang aku baru lihat lihat koleksi batik keris. Cakep cakep motif nya.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D