Jangan Jadi Penulis!

| On
September 08, 2015
Fotonya rada OOT, tapi biarkanlah. 

Hammpuunnn.. 

Udah berapa abad ini blog ga ditengok, notif komen dah banyak *belagu* 
Visitors udah naik *padahal cuman segitu-gitunya* 
Yaudah sih biarin aja si emaks ini muji-muji diri sendiri *dilempar granat sekarung*

Gak tau juga mau update apaan, 
Udah ada beberapa draft yang belum selesei *entah kapan aku selesaikan* 

-_____- sampe reportase kopdar blogger muslimah juga belum sempet ditulis. *kemudian dikick jadi admin*

Hem.. hah.. eh.. apa yah..

Jadi gini, 
alesan saya gak 'menyentuh' blog ini beberapa hari adalah karena.. karena.. karena.. apa cobbaaa.. kepooo dehhh... 

Haha..

Karena saya ada proyek tulisan (untuk diri sendiri) lebih tepatnya. Proyek tulisan yang bener-bener baru pertama kali dibuat, pertama kali ditulis, pertama kali menyusun kata-kata lewat genre itu..

*kemane aje*

Gak tau deh saya kemane aje dari dulu...

Ya mudah-mudahan nanti hasil keringat saya, hasil ngopi-ngopi cantik tengah malam, hasil nyuci baju sore-sore, hasil ke tukang sayur subuh-subuh bisa berakhir manis di sebuah rak toko buku..


aamiinninn dong aamiininnnnn...


Kalau mu jujur, cita-cita kepingin bisa nulis tuh udah dari lama banget, bisa jadi dari saya SD, tapi ya begitulah.. cita-cita yang berubah seiring berjalannya waktu membuat saya gak fokus, dan sempat kehilangan arah *hweeekk banget deh* 

Waktu SMP sempet ngisi mading hore-hore di kelas,
Dan gak tau keknya isinya puisi-puisi 4L4y gitu deh. Di tempel di mading kelas, dipajang, dikomen-komen sama guru, entahlah aku tak mengerti apa yang terjadi selanjutnya.

Berlanjut waktu SMA,

saya sempet ngisi mading juga, bukan mading sekolah sih, tapi mading ROHIS. Tapi walau mading ROHIS gak tentang agama semua isinya, sebisa mungkin kita kasih rubrik-rubrik yang kekinian, seputar psikologi, dunia remaja, cerpen, tips, gambar, puisi, dan lain-lain. Sempet juga mading ROHIS saya ikut kejuaraan mading di sebuah sekolah terkenal di kawasan BSD.

Alhamdulillah, gak menang. 

wkwkwkwkwk...


Etapi kata panitianya kita ada di posisi lima besar waktu itu, berhubung hadiahnya cuman ada 3, ya jadi kita gak dipanggil ke depan.

Waktu kuliah?

Apa ya, kuliah sebenernya gak ada tulisan apapun yang saya buat, selain tulisan karya ilmiah yang menguras energi, air mata, keringat, kopi, kertas HVS, printer yang jebol, dan tentunya dana yang tidak sedikit. 

Yaaeeetoooo SKRIPSWEEEEETTTTT


Itu karya besar tulisan saya satu-satunya waktu kuliah T______T yang sekarang dipajang di perpustakaan kampus. Terharu banget rasanya kalau dibaca-baca sama adik-adik tingkat. 

Bikinnya setengah tidur banget ituuuu, waktu itu Kifah masih ASI. Setiap malem harus bangun jam 2 pagi buat ngerjain sambil ngantuk sangattt, dan kelaparan karena habis nge-ASI. Dan pas ngambil data penelitian Kifah harus dititipin ke ibu mertua atau sama abinya, dan sebelum itu harus pumping ASI super banyak buat nyetok di kulkas.

Nulis skripsi itu perjuangaannnn banget yah. Apapun bentuknya, makanya hargailah para S1 ini, jangan pandang sebelah mata, berikan upah yang layak.


*naoonn sih, jadi kesana*


Setelah itu.. setelah itu.. 

Back to the topic *lah emang dari tadi topiknya apa, gak jelas begini*

Topiknya tentang tulis menulis aja kalau begitu...

Ya gitu deh, saya pengen banget bisa nulis, jadi penulis, tapi jarang atau sama sekali gak pernah nulis. NGIIMMPIIIII banget rasanyaaa.. 

Gak mungkin ada hasil tanpa usaha, gak mungkin ada reward tanpa pengorbanan, ya begitulah kira-kira.. 

Sampai akhirnya saya putuskan keputusan paling sakral di dunia yaitu NGEBLOG. 

Ini mah telaaaattt juga keeeuuleeesss... orang-orang udah jadi selebblog, udah jadi endorser, udah punya buku, udah punya apalah-apalah dari blognya. 

Aku mah apa atuh, bikin blog bener aja baru tahun kemaren, itu pun karena gak ada kerjaan. Sebelumnya bikin blog pada ALAY semua. Heuuummmhhh.

Okelah, 

Walau begitu, konsisten ngeblog itu sekarang ada manfaatnya, banyaakk malahh. Gak nyangkaa pisan pisan pisan.

Dulu saya selalu kagum sama orang yang bisa lancar nulis. Sekarang, alhamdulillah saya nulis lancar jaya, berkat apa? berkat apa? 

Ya berkat ngeblog dong...

Awal saya nulis di blog ini tuh kaku parah, aneh, gak jelas, gak sistematis (sampe sekarang ini mah masih) ya begitu deh, coba aja liat postingan saya pertama kali, bahasanya ampun deh, formal nggak, cair nggak. *tutup muka pake laptop*

Sekarang alhamdulillah syekali, bikin tulisan lancar, gak malu, ide cepet ngalir, kalau buntu tinggal blogwalking. 

Jangan pernah kepingin jadi penulis kalau nggak mau nulis, jangan ngarep bisa nulis kalau gak pernah ngasah diri untuk nulis. Walau menulis untuk diri sendiri. Nulis aja, jadi diri sendiri, jangan malu. 

Jadi?

Jadi apa? Gak jelas ini postingan.

Intinya, kalau mau jadi penulis, mau bisa nulis, mau lancar nulis, yaudah sih ngeblog aja. Awalnya pasti malu, kagok, kaku, dan tektek bengek lainnya, tapi lama-lama kita akan menikmatinya.

Buat saya, menulis bukan lagi tentang bagus atau nggak, dibaca orang atau nggak, tapi tentang kepuasan diri, ekspresi diri, kepercayaan diri. Ngeblog buat hore-hore banget lah. Dan benar saja, ketika ikhlas dan apa adanya, rezeki dari ngeblog itu ngikutin, bonus lah itu mah itungannya.

Ini curhat ya kategorinya?

Aduh, makasih banget loh yang udah baca, isi kepala saya akhirnya cair juga. 

Yuk sama-sama kita nulis, apapun itu, mau dibaca orang atau nggak, mau dikenal orang atau nggak, menulislah untuk kebahagiaan hati kita sendiri.




*Dari perempuan yang ngakunya blogger, terlepas profesional atau amatir, belum pernah mengeluarkan sebuah buku tapi bahagia ketika isi kepala, hati, dan tangan menyatu dalam sebuah tulisan, dan mudah-mudahan ada manfaatnya*



SEE YAAAA :)
30 comments on "Jangan Jadi Penulis!"
  1. jadi bukunya kapan terbit? #teteupppp hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. aduh menohok syekali nih mbak nay.. :D

      Delete
  2. Hayoo mana repirtase kopdar hahaha *nodong

    Hayyu ah semangat teh, semoga cepet kelar bukunya, biar rajin ngeblog lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kudu rajin ngeblog.. gatel jg sih ga nengok2 ksini.. hihi

      Delete
  3. Bener yaaa ala bisa karena mau dulu
    Kemudian bisa karena biasa deh...
    Semangat mbak tetty
    Berikan yg terbaik dari yg terbaik untuk diri.
    (๑・ω-)~♥”

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak qiah.. klo udah biasa pasti lama lama jadi bisa.. :)

      Delete
  4. hihihi... produktif terus ya maak, kalau aku lg ngeblank nih nulisnya

    ReplyDelete
  5. Wiih kereen blog baru bikin tapi prestasi segambreng

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh aq mah apah atuh dibanding mbak el.. hihi

      Delete
  6. ditunggu bukunya mba tetty...semangattttt :)

    ReplyDelete
  7. Hahahaaa

    Ngakak baca ini dari awal sampai akhir

    ReplyDelete
  8. nunggu bukunya terbit nih...bakalan ada giveaway gak ya..??? *ngarep*

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an.. smga Allah mengizinkan :)

      Delete
  9. Entah kenapa postingan ini kaya ngaca ke diri sendiri. Terutama sama2 punya cita2 nulis sejak SD.. Hahaha.. Semangat mba^^

    ReplyDelete
  10. ga disentuh gara2 proyek tulisan tentang drakor ty? hihi. sepertinya kamu udah mulai sembuh ini ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. drakor apaan dee.. ah itu mah bikin ssh move on.. kapok kapok.. jgn racuni akuuuu..

      Delete
  11. kepppooo, lagi bikin buku ya mba...blogger muslimah bikin antologi yuk rame-rameee

    ReplyDelete
  12. Bagi bagi yaa klo udah jadi bukunyaa *dikeplak

    ReplyDelete
  13. semangat maak... setiap perjuangan pasti ada hasilnya ^_^

    ReplyDelete
  14. bahagia banget rasanya kalo udah nulis di blog hehehe

    ReplyDelete
  15. Semangat Tetty nulisnya, biarin aja bertahun-tahun juga yang penting diberesin XD
    Pengalaman aku juga kok itu, nulis gak beres-beres.

    ReplyDelete
  16. Ditunggu launching bukunya :)
    Yuk sama-sama semangat menulis.

    ReplyDelete
  17. Aku awalnya ngeblog juga krn cuma melampiaskan kesedihan eh akhirnya malah jd keterusan deh. Kalo nulis2 4L4Y dari jaman sekolah jg sering, samaan mak apalagi kalo lagi naksir cowok ato baru putus tulisannya nendang banget lebaynya, haha...

    ReplyDelete
  18. aamiiiiiinnnnnnnn..
    semangat mbk tetty yeay yeay yeay

    ReplyDelete
  19. Garap skripsi sambil gendong anak?
    Kayaknya bakal jadi dramaku di masa depan. XD

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D