Bebas Ikhtiar: Asuransi Komprehensif Syari'ah yang Melaju Bersama Passionku

| On
September 29, 2017

Saat ini, saya sangat yakin telah memasuki era milenials, dimana semua masalah hidup saya tanpa saya sadari selalu "terkoneksi" dengan dunia digital. Curhat di blog, misuh di sosial media, dan berbagi pesan lewat grup whats app bersama teman-teman.

Banyak hal yang saya ceritakan dalam blog ini, dan ada pula sharing dari teman-teman digital saya mengenai banyak problematika hidup. Termasuk masalah pilihan hidup dalam berasuransi. 

Kegalauan terbesar saya dan juga mungkin teman-teman adalah stigma bahwa asuransi adalah Riba'. 

Ya, walau saya merasa belum menjadi muslimah yang sepenuhnya taat, masih sering berbuat khilaf, tapi tetap dalam hati kecil saya tentu saya ingin bisa mentaati segala aturan syariat agama dalam segala aspek kehidupan saya dan terhindar dari dosa. 

Termasuk dosa riba' itu tadi. 

Bersyukur dengan populasi muslim terbesar di dunia, Indonesia mampu berinovasi salah satunya dari sektor keuangan, yakni dengan menciptakan dan membuat regulasi produk keuangan berprinsip syariah.

Dimana inovasi ini tentunya menjadi salah solusi bagi saya dan mungkin teman-teman yang ingin berikhtiar dalam produk jasa keuangan salah satunya adalah berasuransi.

Majelis Ulama Indonesia sendiri mengeluarkan Fatwa (No: 21/DSN-MUI/X/2001) bahwa seorang muslim boleh mempunyai asuransi selama tidak melanggar syari’at Islam, seperti adanya unsur judi atau ghoror (ketidakjelasan). 

Asuransi yang diperbolehkan adalah asuransi yang dilakukan dalam rangka ikhtiar untuk menyongsong kehidupan yang akan datang, seperti biaya pendidikan anak, biaya pensiun di hari tua, biaya kesehatan, dan lainnya. Juga adanya unsur tolong menolong dan bermualah diantara sesama umat muslim.

Sumber: www.cermati.com

Asuransi Syariah adalah asuransi berdasarkan prinsip syariah dengan usaha tolong-menolong (ta’awuni) dan saling melindungi (takafuli) diantara para Peserta melalui pembentukan kumpulan dana (Dana Tabarru’) yang dikelola sesuai prinsip syariah untuk menghadapi risiko tertentu.

Asuransi Syariah menghindarkan dari fungsi asuransi konvensional yang mengandung Riba (Bunga) Maisir (Judi) dan Gharar (Ketidakjelasan). Dana Tabarru’ akan dipergunakan untuk menghadapi dan mengantisipasi terjadinya musibah/bencana/klaim yang terjadi diantara peserta asuransi. Melalui asuransi syariah, kita dapat mempersiapkan diri secara finansial dengan tetap mempertahankan prinsip – prinsip transaksi yang sesuai dengan fiqh Islam. Jadi tidak ada keraguan untuk berasuransi syari’ah.

sumber: http://www.asei.co.id/id/asuransi-syariah/

Asuransi Bebas Ikhtiar dari FWD Life

Asuransi Bebas Ikhtiar dari FWD Life

Seperti yang sudah saya singgung di atas, sebagai muslimah tentunya saya ingin sekali berikhtiar yang terbaik dalam hidup ini. Bagi diri saya pribadi, bagi keluarga, anak-anak, suami, orang tua dan juga masyarakat tempat tinggal saya.

Mengasuransikan diri, terutama asuransi jiwa pun menjadi salah satu hal yang terbersit dalam benak pikiran saya. Karena saya merasa kesehatan, kematian, merupakan rahasia Allah SWT. Sudahkah kita mengikhtiarkan dengan sebaik-baiknya? Baik itu ikhtiar dunia maupun ikhtiar akhirat.

Dan asuransi jiwa ini menurut saya termasuk dalam ikhtiar dunia untuk mempersiapkan keluarga yang ditinggalkan agar mendapatkan hidup yang baik setelah kita tiada.

Serem sih ngomonginnya, tapi ini realitas hidup kan ya? Hehehe.

Dan sesuai dengan prinsip ikhtiar, bahwa kita hanya bisa BERUSAHA SEMAKSIMAL MUNGKIN urusan hasil yang tetap bergantung pada Allah SWT.

Salah satu produk yang menjadi unggulan FWD Life ini adalah asuransi unit-linked berbasis syariah yaitu BEBAS IKHTIAR. 

Yaitu asuransi komprehensif syariah yang adaftif dan terencana sehingga membuat para nasabah dapat membebaskan langkah untuk menikmati hidup dan mengejar passion dalam kebersamaan dengan tetap bersyukur atas segala kebaikan yang datang hari ini.

Bebas Ikhtiar merupakan produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi berbasis syariah yang dirancang khsusus untuk membantu kita dalam mempersiapkan asuransi dan investasi jangka panjang yang komperhensif dan terencana yang dapat disesuaikan dengan keperluan keuangan kita di masa mendatang sesuai dengan prinsip syari'ah sekaligus berbagi berkah dengan sesama yang membutuhkan.

sumber: FWD Life

Dengan produk ini kita bisa berbagi berkah dengan mendonasikan sebagian harta dalam bentuk zakat, infak, wakaf tunai, atau dana hibah.


Kelebihan Asuransi Bebas Ikhtiar dari FWD Life adalah:

1. Komperhensif

Yaitu mendapatkan kesempatan untuk berdonasi, alokasi investasi sejak tahun pertama, masa asuransi hingga 100 tahun. 

2. Adaptif

Yaitu bebas memilih frekuensi pembayaran kontribusi, bebas memilih kontribusi, bebas menambah dana investasi setiap saat.

3. Terencana

Yaitu kesempatan mendapatkan bonus loyalitas sampai dengan 25% mulai tahun ke-7 dan kesempatan mendapatkan bagi hasil atas surplus under writing. 

Surplus/Defisit Underwriting adalah selisih lebih/kurang dari total kontribusi Peserta ke dalam Dana Tabarru' setelah dikurangi pembayaran santunan/klaim, kontribusi reasuransi, dan cadangan teknis, dalam satu periode tertentu.

sumber: http://www.asei.co.id/id/asuransi-syariah/


Asuransi Dasar Bebas Ikhtiar

1. Manfaat Meninggal

Kita akan mendapatkan santunan asuransi manfaat meninggal Bebas Ikhtiar apabila pihak yang diasuransikan mengalami risiko meninggal dunia sebelum usia 100 tahun ditambah nilai investasi yang terbentuk sejak tahun pertaman.

2. Manfaat Meninggal Akibat Kecelakaan

Kita akan mendapatkan tambahan santunan asuransi manfaat meninggal akibat kecelakaan apabila pihak yang diasuransikan meninggal karena kecelakaan sebelum berusia 70 tahun.

3. Manfaat Investasi

Apabila pihak yang diasuransikan tetap hidup sampai Masa Akhir Asuransi, maka akan dibayarkan total Nilai Investasi yang terbentuk sejak tahun pertama.


Selain asuransi dasar, produk asuransi syari'ah Bebas Ikhtiar ini juga memiliki produk tambahan yang tentunya bisa menambah rangkaian ikhtiar kita dalam melindungi kondisi diri dan juga keluarga.

1. FWD Critical Illness Accelerated Syariah/FWD Critical Illness Non Accelerated Syariah 

Yaitu manfaat asuransi tambahan apabila pihak yang  diasuransikan terdiagnosa penyakit kritis  sebelum berusia 80 tahun. Khusus untuk FWD Critical Illness Accelerated, santunan asuransi penyakit kritis yang dibayarakan akan mengurangi manfaat asuransi dasar.

2. FWD Waiver of Contribution Insured Syariah/FWD Waifer of Contribution Insured Plus Syariah

Yaitu manfaat asuransi tambahan berupa pembebasan pembayaran kontribusi sampai dengan usia 65 tahun apabila peserta terdiagnosa penyakit kritis, cacat tetap total atau meninggal dunia.

3. FWD Waiver of Contribution Family Syariah/FWD Waifer of Contribution Family Plus Syariah

Yaitu Yaitu manfaat asuransi tambahan berupa pembebasan pembayaran kontribusi sampai dengan usia 65 tahun apabila peserta sebagai pihak yang diasuransikan terdiagnosa penyakit kritis, cacat tetap total, atau meninggal dunia. Jika terjadi risiko meninggal terhadap peserta, polis akan dilanjutkan oleh pasangan.

4. FWD Payor Term Syariah

Yaitu manfaat asuransi tambahan apabila terjadi risiko meninggal dunia terhadap peserta sebagai peserta yang diasuransikan sebelum berusia 100 tahun. 

5. FWD Family Term Syariah 

Yaitu manfaat asuransi tambahan apabila terjadi risiko meninggal dunia terhadap pasangan atau buah hati sebelum berusia 100 tahun. 

Klik https://www.fwd.co.id/id/invest/bebas-ikhtiar/ untuk mengenal lebih dekat produk asuransi FWD Life Bebas Ikhtiar.

Bagaimana jika tertarik dengan produk Bebas Ikhtiar?

FWD Life memberikan cara yang lebih baik jika kamu ingin mendapatkan edukasi seputar asuransi tanpa harus merasa takut dikejar-kejar oleh agen asuransi.

Kamu bisa memilih berbagai opsi di atas, salah satunya click to meet
Inovasi yang dilakukan oleh FWD Life ini sangat membantu untuk memilih sendiri agen asuransi yang kita ingin temui.

Keterangan dan infromasi lebih lengkap bisa dibaca di artikel mengenai Click to Meet yang pernah saya muat di blog ini beberapa waktu lalu. 


FWD Fashion Rock 2017! Bebaskan Ikhtiarmu, Bersama Passionmu!



Apakah kamu familiar dengan radio Hard Rock FM?

Nah, Radio Hard Rock FM ini adalah salah satu radio 'anak muda' yang sering mengadakan perhelatan fashion dan musik bagi kamu yang berjiwa muda.  Dan di gelaran Fashion Rock yang ke-7 tepatnya tanggal 25 Agustus 2017 di pelataran parkir Sarinah Thamrin lalu, Hard Rock FM bekerja sama dengan FWD Life mengadakan gelaran Fashion dan Musik bertajuk:

 "Bebaskan Langkah, Tetap Syariah"

Pada saat konfrensi pers FWD Fashion Rock 2017.
Foto: dok Rach Alida Bahaweres

Tema ini tentunya terinspirasi dari produk asuransi syariah FWD Life yakni Bebas Ikhtiar yang sudah saya ulas di atas.

...

Kolaborasi bersama FWD Life itu sekaligus bermaksud untuk memperkenalkan asuransi jiwa kepada anak muda.

“Memperkenalkan asuransi tidak harus menakutkan. Ada cara yang lebih menyenangkan dan tidak melulu  konvensional,” ujar Rudi Kamdani, Wakil Direktur Utama FWD Life.

Menggandeng salah satu desainer populer di Indonesia, Barli Asmara. Ia menampilkan 10 busana dalam 3 koleksi.

“Pada koleksi pertama, saya menggunakan motif warisan dari Provinsi Jambi. Yang kedua, tunik ala Arab dengan bahan satin. Terakhir, busana modern dengan konsep layering dan warna monokrom,” jelas Barli Asmara pada konferensi pers yang diadakan beberapa saat sebelum fashion show.

sumber: femina.co.id

Salah satu koleksi dari Barli Asmara
Foto: FWD Life.
Seperti yang kita tahu, Barli Asmara merupakan sosok anak muda Indonesia yang setia terhadap passionnya dibidang fashion. Dan beberapa koleksinya merupakan pakaian yang santun, syar'i, tapi tetap terkesan modern dan stylist.

Selain Barli Asmara, hadir pula musisi yang juga masih 'berdarah muda', semuda semangat FWD Life untuk mengenalkan asuransi jiwa kepada seluruh lapisan masyarakat yaitu White Soes and The Couples Company, Stars and Rabbit, and the one and only my favorite singer Andien Aisyah.

Andien sedang tampil di panggung FWD Fashion Rock 2017
Foto: FWD Life.

Passion dan Ketenangan Jiwa

Barli Asmara, Andien merupakan sosok anak muda yang mampu menginspirasi saya untuk terus mengikuti passion mereka bertahun lamanya.

Kalau inget Andien, inget zaman saya masih SD atau SMP gitu ya suka nonton MTV. Andien dari dulu emang keliatan banget suka dan terkait dengan musik, dan ternyata sampai saya dan Andien sama-sama punya anak, Andien masih menggeluti dunia musik tanah air.

Bedanya kalau Andien terus ngikutin dan memperjuangkan passionnya, sedangkan saya masih suka ababil aja dari dulu. 

Mwahaha.

Untuk itu, saya merasa sekaranglah waktunya untuk saya menggeluti passion saya di dunia blogging. Gak ada kata terlambat. 

Saya harus berani membebaskan langkah saya untuk berikhtiar menekuni apa yang saya suka tanpa harus menabrak rambu-rambu syariat agama saya.

Sama seperti yang dilakukan oleh FWD Life, produk asuransi syariah Bebas Ikhtiar menjadi salah satu solusi bagi kita, yang ingin berikhtiar dalam memproteksi diri dan keluarga tanpa harus menggadaikan ketenangan dalam jiwa.

...

Baca artikel terkait tentang FWD Life:


8 comments on "Bebas Ikhtiar: Asuransi Komprehensif Syari'ah yang Melaju Bersama Passionku"
  1. Keren serta syariah, jrang2 loh.. Tpi ini menyesuaikan sekali dengan zaman

    ReplyDelete
  2. FWD bebas ikhtiar ini memberikan kebebasan kita sesuai passion juga ya mbak Tetty 😊 menjauhkan kita dari riba sehingga nyaman melangkah ke depan. Bisa dapat bonus loyalitas sampai 25% ya mulai tahun ke-7. Boleh nih... Nice info 😊

    ReplyDelete
  3. Bebas Ikhtiar termasuk memakai asuransi selama memenuhi prinsip syariah ya.

    ReplyDelete
  4. Kalau udah ada keterangan "syariah" nya bikin hati tentrem deh. Bebas melangkan, ga takut dikejar bayang2 riba

    ReplyDelete
  5. Aku juga inginnya punya asuransi tapi yang benar benar sesuai syariah. Bukan hanya namanya saja yg syariah tapi prosedur dan pelaksanaannya memang benar benar syariah. Ngerilah sama yg namanya riba.

    ReplyDelete
  6. asuransi yg udah syariah bikin hati tenang mak

    ReplyDelete
  7. Kembali ke niat masing2 sih ya dalam asuransi. Tapi ada asuransi syariah gini ya lebih memilih yg syariah.

    ReplyDelete
  8. Koq aku.mupeng bajunya hihi. Nah klo yg syariah bisa lebih nyaman

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D