Komik Digital untuk Pembelajaran yang Menyenangkan

| On
May 14, 2015
Komik hasil karya suamiku tercintaahh

Mengapa Komik Digital?

Definisi komik sendiri adalah bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar yang tidak bergerak dan disusun sedemikian rupa sehingga membuat suatu alur cerita. Biasanya komik diproduksi dalam bentuk cetak seperti koran, majalah, atau berbentuk buku tersendiri. Sedangkan definisi digital sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesi  adalah berhubungan dengan angka-angka untuk sistem perhitungan tertentu; berhubungan dengan penomoran.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa komik digital adalah komik yang dibuat tidak menggunakan printed material, yaitu dengan menggunakan angka-angka untuk sistem perhitungan tertentu. Dalam hal ini biasanya dilakukan oleh si mesin pintar komputer, gadget, smartphone dan sejenisnya.


Peminat komik sendiri di Indonesia masih sangatlah banyak. Bisa kita lihat di televisi atau pun di media lainnya. Komik buatan negeri sakura Jepang memiliki pangsa pasar tersendiri di tanah air.

Selain itu, cepatnya perkembangan Teknologi dan Informasi di Indonesia juga merupakan potensi yang luar biasa untuk mengembangkan komik digital. Sebuah survey yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengatakan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia ditahun 2012 mencapai 63 juta orang atau 24,23 persen dari total populasi penduduk Indonesia. Dan pada tahun 2015 ini angka tersebut diperkirakan naik menjadi 139 juta orang atau setara dengan 50 persen populasi penduduk Indonesia (Kompas.Com Desember 2012)


Ramah Lingkungan, Hemat Biaya, dan Fleksibel


Wikipedia mengatakan bahwa, “Penelitian Greenpeace mencatat tingkat kerusakan hutan di Indonesia mencapai angka 3,8 juta hektare  pertahun...” Masih dari sumber yang sama Wikipedia mengatakan, “… Badan Penelitian Departemen Kehutanan menunjukkan angka Rp 83 milyar perhari sebagai kerugian finansial akibat penebangan liar.”

Data di atas tentunya membuat kita berpikir ulang untuk menggunakan printed material berbahan dasar kertas bukan?

Selain ramah lingkungan, komik digital ini juga hemat biaya. Kita bisa menghemat biaya percetakan, setting naskah, membuat plat, menjilid, pengepakan, pengeleman dan juga biaya menggandakan buku. Seperti yang kita tahu, bahwa komik digital pastinya sangat mudah digandakan dan disebarluaskan dibandingkan komik dalam bentuk printed material.
Komik digital juga sangat mudah diakses dimanapun dan kapan pun. Apalagi dengan hadirnya smart phone, belajar tak harus lagi membawa bahan belajar printed material yang memberatkan siswa. The information only in student's hand!

Cara Pembuatan
Pembuatan komik diawali dengan pembuatan Garis Besar Program Media. Dimana disini kita menentukan Mata pelajaran apa yang akan dibuat komik digital, dan tentunya penentuan tujuan pembelajaran, materi, standar kompetensi, kompetensi dasar, dan juga indikator.

Tahap selanjutnya adalah membuat Story Boardyang merupakan penjabaran dari GBPM tadi dimana disitu pun sudah dimuat cerita (alur, tokoh, sudut pandang, visualisasi dan lain sebagainya). Story board ini lah yang akan memandu kita untuk membuat cerita yang utuh dalam komik digital dan tentunya sesuai dengan tujuan pembelajaran yang kita inginkan.

Teknis pembuatan komik digital ini tidak begitu sulit. Bagi yang sudah terbiasa menggambar, akan sangat mudah untuk membuatnya. Biasanya diawali dengan pembuatan sketsa, kemudian proses scanning, dan proses pewarnaan dan finishing menggunakan software grafis melalui komputer.


Baca artikel selengkapnya di www.guraru.org


2 comments on "Komik Digital untuk Pembelajaran yang Menyenangkan "
  1. Wah, keren maaak... aku dulu suka bikin komik juga (waktu masih SMP), tapi rupanya profesi lebih cenderung ke nulis karena bikin komik mesti tekun yak. Oya, aku di Citayam, Mak. Kapan2 kopdar yak.

    ReplyDelete
  2. Obat: Masih ada, suami saya memang suka bikin komik pembelajaran :)

    Mak Leyla: Hayu hayuuu Mak, saya di bojong gede, desa rawa panjang, komplek puri citayam permai (lipi) Mak :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D