Milad 3 Komunitas Blogger Muslimah dan Segala Keseruannya

| On
December 15, 2017

Milad 3 Blogger Muslimah

Blogger Muslimah sebenernya adalah salah satu komunitas blogger yang grownya bareng sama blog saya ini.

Awal ngeblog dulu, salah satu komunitas yang ‘nyangkut’ di ingatan saya, ya komunitas Blogger Muslimah ini. Dulu sih komunitasnya gak seramai sekarang, dan saya lupa juga dulu ‘nyasar’ ke komunitas Blogger Muslimah itu dari mana ya, tau-tau saya masuk menjadi anggota dan beberapa kali diminta membantu menjadi admin social media komunitas ini.

Kalau founder komunitasnya sendiri sih gak udah ditanya lagi, orangnya udah femesss dari dulu. Kakak Novia Syahidah Rais, penulis novel, cerita bersambung di majalah, yang sudah malang melintang di dunia kepenulisan dan tergabung pula di Komunitas Lingkar Pena, komunitas yang membidani banyak penulis handal di Indonesia.

Duh, dari dulu impian banget masuk FLP tapi ga kesampean, tapi alhamdulillah bisa gabung di Komunitas Blogger Muslimah.


Sejak pertama didirikan, dan merayakan Milad pertama kalinya, saya udah ikut serta. Karena selain untuk menjalin tali silaturahim, bertemu dengan sesama anggota Blogger Muslimah bisa jadi penyemangat tersendiri untuk semangat menebar virus kebaikan di era digital.

Sebagai seorang muslimah tentunya kita punya kewajiban dong untuk memberikan manfaat dan mengajak orang lain dalam kebenaran dan bertaqwa kepada Allah SWT.

*berasa jadi Mamah Tetty kalo begini

Ya intinya sih, umat Islam itu kan punya kewajiban menyampaikan kebaikan walau satu ayat kan? Setuju apa setuju?

Nah, media blog ini udah pas lah ya buat kita para muslimah memberikan informasi, sharing pengalaman, tukar pikiran yang positif tentunya, kepada orang lain via blog dan media sosial lainnya.

“Yah, aku kan belum sempurna, belum sholehah, masa harus ngajak orang menuju kebaikan sih? Malu atuh.”

Issssh, namanya ngasih informasi bermanfaat dan mengajak kepada kebaikan mah gak usah nunggu sempurna keleeessss, nanti keburu meninggal dunia, gak punya amal jariyah hayooo.

Milad Ketiga Bertabur Ilmu

Sambutan dari Uni Novia
Minggu, 10 Desember 2017, bertempat di Kantor Proxsis IT Learning Centre, gedung Permata Kuningan Lantai 17, Kuningan Mulia kav. 9 Jakarta Selatan. Milad ketiga Komunitas Blogger Muslimah ini dibuka oleh sambutan hangat Mbak Novia Syahidah kepada rekan-rekan Blogger Muslimah.

Mbak Novia yang akrab disapa Uni Novia ini berharap, silaturahmi dalam rangka Milad Ketiga ini bisa menambah eksistensi Muslimah di dunia digital saat ini, khususnya dalam dunia blogging.

Sambutan dari Proxsis diwakili oleh Coach Aditya Akila

Suka sama suasana kantor Proxsis

Setelah sambutan yang diberikan oleh Uni Novia, selanjutnya kami mendapatkan materi tentang kepribadian muslimah yang disampaikan oleh Mbak Ratih Sophie Azizah.

Kepribadian Muslimah

Mbak Ratih menyampaikan materi 'Kepribadian Muslimah'

Udah lama rasanya saya gak duduk dan hadir menyimak kajian muslimah. Makanya pas kemarin Mbak Ratih membawakan materi tentang kepribadian muslimah, kok ya nyess banget ya. Lama banget gak dapet siraman rohani, apalagi seputar kemuslimahan.
Ketauan deh udah jarang ke majlis taklim, hikz.

Sebenernya materinya gak plek tentang muslimah, Mbak Ratih sendiri mengkaitkan ilmu psikologis yaitu melakukan tes DISC untuk mengetahui tipe kepribadian kita secara umum.
Jadi, diawal materi, kita dijelaskan mengenai beberapa tipe karakter yang secara umum ada pada diri manusia, yaitu:

1.Tipe Dominance
2.Tipe Influence
3.Tipe Steadiness
4.Tipe Complience

Kami semua diberikan alat tes berbentuk kertas kuisioner yang harus kita isi, yaitu dengan memilih kepribadian yang paling mencerminkan diri kita.

Ketika sedang tes kepribadian

Sebelumnya, mau tau gak nih 4 tipe kepribadian di atas itu maksudnya seperti apa?

1.Tipe Dominance

Cepat dalam memutuskan, tegas, ada ego yang tinggi, dapat diandalkan, berani mengambil resiko, inisiatif yang tinggi.

Kekuatan dalam kelompok: Bottom line, organizer, menghargai waktu, menentang status quo, inovatif.

2.Tipe Influence

Antusias, bersemangat tinggi, percaya diri, optimistis, persuasif, bicara aktif, impulsif, emosional.

Kekuatan dalam kelompok: Punya ide kreatif, penyemangat, memotivasi orang lain, selera humor yang postif, menengahi konflik, pembawa damai.

3.Tipe Steadiness

Bisa jadi pendengar yang baik, team player, possessive, stabil, dapat diprediksi, memahami orang lain, bersahabat.

Kekuatan dalam kelompok: Dapat dipercaya, dapat diandalkan, anggota team yang loyal, taat akan otoritas, pendengar yang baik, sabar dan berempati, mendamaikan konflik.

4.Tipe Complience

Akurat, analitis, cermat, hati-hati, Fact finder, Presisi tinggi, Standar kerja tinggi, sistematis.

Kekuatan dalam kelompok: Perspektifnya “sumber realitas”, Rajin dan hati-hati, tuntas dalam kegiatan, menggambarkan situasi, mengumpulkan, mengkritisi dan menguji informasi.

Menurut Mbak Ratih, fungsi kita mengetahui tipe karakter atau kepribadian kita bukan untuk sekedar gaya-gayaan, atau pilih-pilih dalam berteman.

Pengetahuan tentang kepribadian ini lebih kepada agar kita aware terhadap diri sendiri dan juga orang lain.

Manfaat mengenali kepribadian diri sendiri adalah:

Kepribadian bagai sebuah buku yang harus dibaca dan dipahami isinya

1.Understanding, mengerti kenapa orang lain melakukan hal yang mungkin saja kita anggap aneh. Contoh: ada orang yang hobinya beresin rumah terus supaya rapi, bisa jadi kepribadiannya memang Complience, yang harus selalu perfect dalam segala hal.

2.Recognizing atau memahami, yaitu kita bisa memahami kepribadian orang lain dan mampu memprediksi, kira-kira tindakan apa yang selanjutnya akan ia lakukan.

3.Adapting, dengan memahami karakter orang lain, sebisa mungkin kita pun akan mampu beradaptasi, jikalau kita bertemu dengan karakter yang jauh berbeda dengan kita atau sama persis dengan kita.

Pernah loh saya ketemu orang yang karakternya hampir sama dengan saya. Dan benarlah, terjadi ‘perang dunia ketiga’ karena kita sama-sama menunjukkan karakter yang sama dan gak ada yang mau mengalah. Hingga akhirnya terjadilah salah paham, hahaha.

Untung aku mah dewasa ya orangnya, akhirnya akulah yang meminta maaf duluan dan mengerti karakter orang tersebut.

Mwahaha, muji diri sendiri.

4.Apreciating The Difference. Yaps, menghargai perbedaan itu penting gaes. Kalau selamanya kita bertemu dengan orang yang sama, pasti bosen kan? Dengan bertemu banyak orang yang berbedakarakter, kita lebih bisa menghargai dan mengapresiai setiap orang yang pernah ‘mampir’ dalam hidup kita.

Kaitannya apa sih dengan muslimah di era digital?

Nah, setelah kita mengetahui karakter, kelebihan, dan kekurangan kita, seharusnya kita harus lebih bisa mawas diri (((MAWASS DIRIII))) ketika bergaul di social media.

Setiap postingan kita, harus senantiasa dipertimbangkan, seperti:

“Apa ya manfaat postingan ini untuk saya dan orang lain?”

“Apakah postingan ini akan menyakiti orang lain?”

“Apakah postingan ini akan berdampak negatif pada lingkaran pertemanan saya?”

Dan lain sebagainya.

Kita, sebagai muslimah di era digital harus bisa memfilter diri terhadap ‘godaan’ untuk memposting hal-hal yang sensitif dan memicu perdebatan atau pertengkaran.

Kalau sekiranya postingannya akan memicu konflik, udah sih set private aja setiap post, jangan sampai terbaca oleh publik.

See?

Ngerti lah ya, kalau zaman sekarang itu, jempolmu harimaumu. Salah dikit bisa-bisa memecah belah persatuan, kesatuan, kemanan, dan stabilitas negara. Hahaha.

Daan, setelah tes DISC, tahukah apa tipe kepribadian saya?

Influence donggg saudara-saudara (sudah kuduga), berarti udah on the track kan jadi blogger? Lalala yeyeye, kumerasa happy sekali.


Materi tentang SEO

Setelah membahas kepribadian muslimah di era digital, masih ada materi seru di Milad 3 Blogger Muslimah kali ini.

Yaitu materi tentang SEO atau Search Engine Optimization. Bahasa sederhananya sih, gimana caranya blog kita teroptimasi atau mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google.

Coach Rian menerima plakat dari Blogger Muslimah

Materi tentang SEO ini dibawakan oleh Coach Riandi Rahmat, SEO Specialist dari digitalfinger.id yang juga bagian dari Proxsis, yang sudah malang melintang membahana badai di dunia IT. Proxsis IT Learning Centre terletak di gedung Permata Kuningan lantai 17, jalan Kuningan mulia Kav #9 Kawasan Bisnis Epicentrum Jakarta Selatan. IG dan Twitter @Proxsisconsulting

Proxsis IT adalah bagian dari Proxsis Consulting Group yang berfokus pada penyediaan jasa konsultasi sistem manajemen dan tata kelola teknologi informasi. Proxsis IT berpengalaman dalam penyediaan jasa konsultasi teknologi informasi di berbagai bidang yang tergabung dalam Proxsis Consulting Group.

Cek websitenya di www.proxsisgroup.com

Seperti yang saya bilang sebelumnya, intinya SEO itu adalah usaha kita supaya blog kita ada di halaman pertama Google.

Kenapa harus halaman pertama?

Ya supaya diklik dan dibaca orang yang lagi nyari informasi dongggg. Semakin sering diklik dan dibaca, tentunya angka kunjungan ke blog kita akan semakin ramai. Seneng kan kalau blognya rame pengunjung, punya trafik yang bisa dibanggakan *halah* *hamba page view*

Ada SEO ada pula SEM?

Nah loh, apa bedanya?

SEO sendiri adalah optimasi blog atau web kita di halaman pertama di pencarian Google dengan cara yang organik (sering diklik dan dibaca orang).

Sedangkan SEM adalah optimasi blog atau web kita di halaman pertama pencarian Google denga cara BERIKLAN. Kalau judulnya beriklan, otomatis ada budget yang harus dikeluarkan untuk memasang iklan ini.

Keuntungannya, SEO tentunya akan bertahan lama. Semakin sering dibaca artikelnya, maka akan semakin panjang umur berada di pejwan Google. Sementara SEM, tentunya akan memiliki batas setelah iklan itu berakhir.

Tapi kekurangannya memang, SEO akan cenderung lama sekali prosesnya karena harus organik. Sedangkan SEM tentunya akan lebih cepat berada di pejwan Google, karena kita kan bayar buat iklan.

Begitu kira-kira.

Bagaimana Mempersiapkan Blog Kita Agar Ter-SEO dengan baik?

1.Kita harus punya blog dulu. Yaiyalah, kalau gak ada blognya, apa yang mau dioptimasi coba? Siapin dulu blog yang mau kita optimasi, bisa via Wordpress, Blogspot, Joomla, dan lain sebagainya.

2.Riset kata kunci. Gunakan fasilitas GOOGLE ADWORDS untuk mendapatkan kata kunci yang tepat dan presisi untuk dijadikan acuan dalam menulis artikel di blog kita. Dengan menggunakan fasilitas Google Adword ini, kita bisa dengan mudah mencari kata kunci yang populer atau yang sering dicari di mesin pencari.

3.SEO On Page.

SEO On Page sendiri terdiri dari:

a.Tittle Tag atau Meta Tag

b.Heading (H1), (H2),(H3), dst.

c.Struktur URL

d.Alt Text Gambar

e.Kecepatan loading page

f.Konten situs web

g.Internal link

Apa aja sih yang mempengaruhi kepuasan pengunjung ketika berkunjung di blog kita?


  • Sebenernya simpel sih, kalau mau blog kita banyak pengunjungnya:

Pertama, buatlah tulisan yang bermanfaat tinggi bagi pengunjung. Kedua, memudahkan pengunjung dalam melakukan eksplorasi. Ketiga, buat pengunjung merasa betah di dalam blog kita. Keempat, mesin pencari mengerti struktur blog atau web kita.


1.Konten

Konten yang baik dan berkualitas yaitu memberikan manfaat maksimum bagi pengunjung, lebih menonjol dibandingkan konten lain yang sejenis, disimak dengan waktu yang panjang oleh pengunjung, membangkitkan perasaan seperti kagum, terinspirasi, bahagia dan menyelesaikan permasalahan pengunjung.

2.Keyword

Gunakan keyword populer pada konten, judul, URL, dan deskripsi.

3.Judul

Judul harus menarik dan mengundang klik.

4.URL

URL harus singkat dan deskriptif. Contoh: domain.com/belajar-seo

5. Meta description

Meta description juga harus mengundang klik.

6.Media gambar

Gambar harus berkualitas tinggi dan berukuran optimal, jika ada gambar besar jangan lupa untuk diresize terlebih dahulu.

7.Outbound link

Memberikan link kepada website yang berkualitas bagus dan relevan juga akan menambah reputasi blog kita menjadi lebih baik.

8.Internal link

Internal link untuk memudahkan navigasi. Ada istilah yang namanya bounce. Jika bounce rate tinggi, bisa jadi karena, kualitasnya mengecewakan atau navigasinya sulit.

9.Social sharing

Mudahkanlah pengunjung untuk menshare artikel dari blog kita ke media sosial.

10.Kecepatan website

Website yang loadingnya cepat akan mendapatkan reputasi bagus. Ada hal yang mempengaruhi kecepatan yaitu: Kualitas hosting yang digunakan, jumlah file .js dan .css di <head>, dan ukuran halaman yang tidak terlalu besar sehingga mengganggu pengunjung.

Kecepatan loading blog kita bisa dites di Google Page Speed Test, jika skornya dibawah 75 maka harus segera dilakukan perbaikan.

Bagaimana agar ranking blog kita bagus? Yaitu dengan cara mendapatkan backlink natural berkualitas. Bagaimana caranya?

1.Sediakan konten berkualitas sebagai ‘pondasi’

2.”Minta” kepada pemilik website lain.

3.Broken link building.

4.Resource link building.

5.Intip backlink dan strategi milik kompetitor (http://moz.com/researchtools/ose)


***
Panjaaanggg yaa materinya, tapi Insya Alloh bermanfaat kan?

Nah, setelah mendengarkan materi yang panjang dan bagus ini, kami makan siang dengan menu makan siang dari Ayam Bahagia yang berlokasi di Kelapa Gading Jakarta Utara. IG dan Twitter @ayambahagia

Kemasan Ayam Bahagia

Masakan ayam yang disajikan cukup enak, ada sayur asem dan sambelnya juga, dan yang paling saya suka itu bumbu ayamnya. Berasa kayak bumbu-bumbu rempah tapi gurih.

Bumbu ayamnya enaaakkkk

Dan memang sejarahnya ternyata ayam bahagia ini berawal dari resto Minang Bahagia di Kota Medan, dengan resep yang telah bertahan hingga 3 generasi. Maka dibuatlah ayam bahagia dengan konsep yang lebih simpel dan modern. Hingga kini ayam bahagia telah memiliki 5 cabang yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Depok, dan Cibubur.

Alamat Ayam Bahagia Kelapa Gading:

Jl. Klp. Kopyor No.Blok O1/12A, RT.17/RW.2, Klp. Gading Tim., Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Hp. 08111868900

Sukses dan bahagia selalu yaaa Ayam Bahagia.

Selain itu, kamipun merasakan cantiknya gamis Seply (baca review gamis Seply by Ethica di sini) IG dan Twitter: Ethica.id @seply.id dan accessories Evaldinart IG dan Twitter: evaldin_art

Pakai gamis Seply bareng Novi


Ciput  anti sakit kepala dari Hana Mozlima dan bros dari Evaldin Art


Ada juga Supertwinshop @supertwinshop dan Sheba yang ikut memeriahkan acara Milad yang Ketiga Blogger Muslimah.

Supertwinshop yang berdomisili di Depok menjual aneka jaket, tas, hijab, buku, dan lainnya dengan kualitas super. Sedangkan Sheba adalah pioneer jas hujan muslimah cantik yang produknya dibuat limited edition, menggunakan bahan tahan air berkualitas yang bisa digunakan dalam keseharian muslimah.

Selamat Milad ketiga yaa Blogger Muslimah

Sekali lagi, selamat Milad Ketiga Komunitas Blogger Muslimah. Semoga kedepan, Blogger Muslimah makin mantap menjadi wadah kreatifitas muslimah di dunia digital.


Amiin ya Robbal ‘alamiin.
15 comments on "Milad 3 Komunitas Blogger Muslimah dan Segala Keseruannya"
  1. Serunya masih terasa Yo Mba.. hihihi

    ReplyDelete
  2. Wow pantes blognya keren begini..hampir seumur sama BM rupanya..:D
    Semoga makin sukses ya Mbak :)

    ReplyDelete
  3. Iya bagaimanapun jg walau udah nerapin SEO jangan lupakan konten. AKu jg dapat info kalau Google tu skrng makin manusiawi lho, jd dia jg baca konten, gk kyk dulu yg cuma kebanyakan bahasa robot penuh kata kunci.

    ReplyDelete
  4. Beruntung bisa hadir di acara ini ya bnyak ilmu Yang di dapet ngga rugi pokoknya apalagi SEO ilmu Mahal banget itu

    ReplyDelete
  5. Sponsornya banyak banget ya. Semoga makin pinter semua yg dateng.

    ReplyDelete
  6. aku sampai lupa ikutan RT karena ada acara hahaha. Seru ya kayaknya aku tipe ke 2 nih hahahaha

    ReplyDelete
  7. Wow...keren bangetb Tetty join Blogger Muslimah ini ternyata banyak sekali manfaat yg diperoleh ya. Ulang tahun yang ketiga BM semoga makin sukses. Ilmu SEO dll dr BM pasti bikin blog mb Tetty makin dikenal dan disukai pembaca.

    ReplyDelete
  8. lengkap banget mba, sampe ada ayam gorengnya, berasa ikut hadir di acara,jadi dapat ilmunya..mantaap

    ReplyDelete
  9. Kereeen banget asli acara miladnya.. Jadi banyak nambah ilmu ya mba Tetty.. Aku yang gak ikut jadi nambah juga deh ilmunya.. :D Ada SEO pun.. Kayaknya aku tipe steadiness deh.. :D Btw aku belum masuk komunitas BM hihihi :D

    ReplyDelete
  10. Aku tergabung di fb Blogger Muslimah tp blm pernah ikut acaranya sekalipun. Smoga nextlah bisa ikutan. Milad yg seru dan bermanfaat ya, ngga cm sekedar happy happy aja tp bnyk ilmu yg didpt.

    ReplyDelete
  11. ilmunya keren2 banget mak, terutama soal SEO, kemarin pengin ikutan miladnya tapi ndak iso huhuhu semoga taun depan aku bisa ikutan, kali2 lebih kece eventnya

    ReplyDelete
  12. Masya Allah.. lengkap banget ya tulisannya.. dr bahas tipe2 org sampai ke SEM segala. Ade kayaknya yg no 4 deh.. hahaha. Menurut ade yaa.. ga tau kalau maa anang.. hehe.

    Bener banget kalau kita bertemu dgn org yg sifatnya sama malah berantem mulu. Mending milih yg misinya sama.

    ReplyDelete
  13. wah keren komunitas blogger muslimah berulangtahun sambil berbagi ilmu

    ReplyDelete
  14. Selamat 3 tahun Komunitas Blogger Muslimah, semoga aku bisa ikutan ah di acara milad yang keempat.. hihihii

    ReplyDelete
  15. kalo kumpulan blogger bapak2 ada gak sih? saya bingung mau belajar tentang blog , kebanyakan kok wanita ia, apak saya kurang jauh mainnya

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D