Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Berobat Ke Luar Negeri

| On
January 08, 2019

Halo pembacaku, apa kabar? Bagaimana kondisi kesehatan Kamu? Apakah baik-baik saja? Karena kali ini Saya akan membahas mengenai berobat ke luar negeri.

Ketika berobat di rumah sakit-rumah sakit di dalam negeri sudah dilakukan dan hasilnya tidak memuaskan atau ketika ingin mendapatkan second opinion, berobat keluar negeri sering menjadi pilihan. 

Mengapa? Tidak dapat dipungkiri bahwa di luar negeri, tenaga medis maupun peralatan medisnya dinilai jauh lebih baik, begitu juga dengan fasilitas dan layanan yang diberikan. 

Meskipun demikian, ada sejumlah pasien yang mengurungkan niat mereka untuk melakukan hal ini karena merasa takut dan tidak tahu apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum berobat ke luar negeri. 

Mereka tidak mau bila harus menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan juga uang di negara orang tanpa mendapatkan hasil yang memuaskan.

By the way, apakah Kamu berminat untuk berobat ke luar negeri tapi masih ragu untuk melakukannya karena tidak tahu apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan?

Jika ya, tak perlu khawatir karena Kamu sebenarnya hanya perlu mempersiapkan hal-hal di bawah ini agar Kamu bisa berobat ke negara yang ingin dituju dengan lancar:

Pilih dokter yang akan dituju



“Bagaimana memilih dokter yang ingin dituju sedangkan dokternya saja tidak tahu, apalagi nama rumah sakitnya?” 

Pertanyaan ini mungkin muncul dalam benak Kamu jika diminta untuk memilih dokter yang akan dituju sedangkan Kamu belum pernah berobat keluar negeri. 

Tenang, tidak perlu khawatir karena saat ini, kebanyakan rumah sakit di luar negeri, terutama Malaysia dan Singapura sudah memiliki perwakilan di Indonesia. 

Silakan konsul ke perwakilan tersebut untuk meminta rekomendasi dokter dan rumah sakit yang tepat. Untuk rumah sakit di Malaysia (Penang, Melaka, dan Kuala Lumpur) dan Singapura, bisa hubungi:

BerobatKePenang.com

Alamat: Grand PuriNiaga, Blok K6/1N, Kembangan, Jakarta Barat 11610
Telp: 021-58351522

Passport


Sudah menjadi kewajiban bagi Kamu yang ingin bepergian ke luar negeri untuk memiliki passport karena ini adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah yang memuat identitas diri dari penggunanya. 

Itu artinya bahwa jika Kamu belum memilikinya, diwajibkan untuk membuatnya terlebih dahulu. Oh ya, bagi Kamu yang ingin membawa anak atau bayi, dokumen ini juga wajib dimiliki untuk anak atau bayi yang memang harus punya passport sendiri. 

Jika Kamu sudah punya, cek kapan exprirednya. Pastikan masih lebih dari 6 bulan. Kalau tidak sampai 6 bulan lagi, segera perpanjang passport Kamu agar tidak ada masalah di bagian imigrasi bandara. 

Perlu diketahui bahwa Kamu bisa saja batal berangkat jika dokumen ini akan segera expired.

Dana


Berapa dana yang harus dibawa untuk berobat keluar negeri? Banyak pasien yang kebingungan menjawab pertanyaan ini karena mereka tidak memiliki patokan sama sekali. 

Tak heran pula bila beberapa dari mereka pada akhirnya harus mengalami masalah keuangan selama di luar negeri karena membawa uang yang terlalu sedikit. 

Sebenarnya, berapa jumlah uang yang dibawa itu tergantung pada biaya berobat dan berapa lama Kamu akan berada di sana. 

Untuk itu, sangat dianjurkan untuk konsultasi ke kantor perwakilan rumah sakit, agar biaya yang dibutuhkan dapat perkiraan. 

Rumah Sakit Island Hospital Penang

Ingat, sebaiknya bawa sekitar 25% lebih dari angka yang diperkirakan karena semua bisa berubah tergantung kondisi pasien. Siapa tahu kondisi pasien memburuk selama perjalanan sehingga yang tadinya tidak butuh rawat inap menjadi harus dirawat di sana selama beberapa hari. Jika membawa uang lebih, hal ini tentu tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Pendamping


Pendamping ialah orang yang akan menemani pasien selama berobat. Sebaiknya pendamping adalah orang yang masih cukup muda sehingga mudah kemana-mana dan membantu pasien jalan. 

Kamu bisa memilih siapa saja, entah itu anak, sepupu, atau teman selama orang tersebut benar-benar mau membantu dan alangkah baiknya jika dia sudah pernah keluar negeri atau setidaknya pernah mengurus orang yang sedang sakit.

Well, dengan mempersiapkan kelima hal ini dengan baik sebelum keberangkatan, Kamu bisa menjalani pengobatan di luar negeri dengan nyaman dan memperkecil resiko mendapatkan masalah selama di sana.

Selamat mencoba berobat ke luar negeri, dan semoga kita selalu sehat ya.

Amiinnn.


Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silakan tinggalkan komentar yang baik dan positif ya :D